penipu di kampus UPH – hati-hati


Saat ini kita harus hati-hati, terhadap yang namanya penipu. Maklum segala cara digunakan, mereka bisa memberikan data-data yang terkesan lengkap, yang membuat korbannya menjandi terkesan. Apalagi jika ditambahi dengan sikap represif (mengancam). Itu jelas hanya bisa dilakukan oleh seseorang yang mempunyai otoritas tertentu. Nggak sembarangan. Itu yang gawat.

Kejadiannya bahkan diinformasikan resmi di kalangan civitas akademi di kampus UPH. Jadi hati-hati, siapa tahu ini bisa saja terjadi di kampus anda juga.

Ini info resmi dari rektor kami tentang penipuan yang terjadi di kampus UPH.

Kepada Yth.,
Para Dekan
Para Direktur
Para Kajur
Para Dosen
Para Staf
Universitas Pelita Harapan
Dengan hormat,
Pada Selasa 7 September telah beredar modus penipuan terhadap para mahasiswa UPH. Dengan mengatakan dirinya adalah Rektor (Bp. Jonathan Parapak), penipu menelepon mahasiswa dan mengatakan hal demikian :
  • Rektor hendak memberi donasi untuk para mahasiswa, sehingga minta nomor rekening, namun sebelumnya mahasiswa diminta melakukan transfer terlebih dahulu. Yang telah terjadi adalah, diminta transfer ke rekening BNI a/n Aji Darmawan – BNI # 044.3782.732. Nomor telepon yang menghubungi mahasiswa adalah 0823.1046.1197 & 0856.793.0789. Penipu berhasil mendapatkan transfer 2 juta rupiah. Mahasiswa sudah diminta lapor ke jurusan (TIF), dan membuat laporan di posko sekuriti. Norek BNI sudah kami laporkan, dan oleh BNI pusat sudah diblokir.
  • Rektor mengatakan bahwa ybs (mahasiswa FH) adalah 1 dari 7 mahasiswa yang terpilih untuk ikut seminar kementerian tanggal 9 & 10 Sept di hotel Aston Bandung, dan diperlukan nomor rekening untuk mentransfer dana. Saat ditanya balik oleh mahasiswa berapa NIM nya yang dimaksud, telepon langsung ditutup dan tidak dapat dihubungi kembali. Nomor telepon itu adalah 0823.1046.1157
Penipu akan terdengar memaksa dan bahkan membentak, sehingga pada kasus pertama mahasiswa menjadi gugup dan takut dan melakukan yang diminta. Penipu juga mampu memberikan nama lengkap mahasiswa beserta jurusannya, sehingga bagi mahasiswa terdengar meyakinkan. Dimohon agar segenap civitas akademika UPH lebih waspada dan dapat menyebarluaskan informasi ini untuk mencegah lebih banyak korban mahasiswa yang tertipu. 
Rektor

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s