tentang s.t.m (strut-and-tie-model)


Ilmu tentang “Strut-and-tie model” atau sering disingkat s.t.m bukanlah sesuatu yang asing bagiku. Aku telah menggelutinya sejak puluhan tahun lalu, sejak menjadi mahasiswa pasca sarjana di UI, yang diberikan pertama kalinya pada mata kuliah “Struktur Beton Lanjut”, yang dosennya waktu itu adalah juga seniorku, Dr.-Ing. Harianto Hardjasaputra (sekarang Profesor). Saat itu tentu saja ilmu tersebut belum sepopuler seperti saat ini. Beliau menguasainya karena ahli penemunya , yaitu Prof Jörg Schlaich, adalah promotornya sewaktu studi S3 di Uni Stuttgart, Jerman.

Karya Prof Schlaich tentang s.t.m yang dipublikasikan adalah “Special Report – Toward a Consistent Design of Structural Concrete (PCI Journal/May-June 1987), ini ada link copynya. Materi itulah yang diajarkan kepadaku di UI.Saya yakin, pada waktu itu tentu belum ada orang Indonesia lain yang serius mempelajarinya seperti sekarang ini. Selanjutnya materi s.t.m menjadi ilmu yang populer setelah ACI 318M-2002 memasukkannya dalam Appendix, sehingga kita sekarang semua perlu mempelajarinya karena juga terdapat pada SNI beton kita yang terbaru.

Sebelum s.t.m populer seperti sekarang ini, aku sudah pernah mengaplikasikannya untuk perencanaan bangunan silo pabrik semen Cibinong (saat ini telah diakuisisi Holcim), yaitu untuk membuat gambar detail penempatan PC Strand di bagian pintu bangunan silo. Tahu sendiri, waktu itu tidak ada referensi tentang  gambar detail penempatan PC strand untuk daerah lubang silo tersebut. Nah dengan bantuan ilmu tersebut, akhirnya aku dapat mendetailkannya dengan baik. Syukurlah konstruksi silo waktu itu dapat dikerjakan dan dilaksanakan sesuai rencana. Sejak itulah, aku melihat ilmu s.t.m menjadi salah satu ilmu penting.

Ketika tahun 2002 mendapatkan beasiswa penelitian singkat 3 bulan di Jerman, ikut magang pada murid Prof Jörg Schlaich, yaitu Dr.-Ing Karl Heinz Reineck (sekarang Profesor juga) maka tentu saja aku mengajukan topik penelitiannya adalah s.t.m juga.Kehidupan selama tiga bulan di sana, merubah cara berpikirku. Jika sebelumnya aku lebih seperti tukang-insinyur, setelahnya aku menjadi insinyur-penulis. Jadi kalau anda membaca tulisan-tulisanku dan terkesan, maka itu adalah karena peristiwa tersebut. Aku mengungkapkannya dalam tulisan berikut :

Memang hanya sesaat tinggal di negeri Jerman,
tetapi Aufklärung telah menemukan dirinya.

Itu aku tulis di bagian belakang sampul buku Struktur Baja Edisi ke-2 yang merupakan buku karyaku ke-9.

Tulisan adalah sesuatu yang abadi. Tulisanku dalam bentuk bab dalam suatu buku, yaitu :

Dewobroto, W., and Reineck, K.H. “Beam with Indirect Support and Loading”, Strut-and_tie Models, SP-208, K-H. Reineck, ed., American Concrete Institute, Farmington Hills, 2002.

Ternyata tulisan tersebut sampai sekarang masih bekerja mengharumkan nama penulisnya. Itu baru aku tahu karena Googgle Schollar merujuknya.

wiryanto-googleschollar

Hanya satu sih yang men-Cited-nya, tetapi karena dari ACI Journal terbaru, jadi wow rasanya. Ini pakar dari luar negeri yang telah membaca dan merujuk karyaku.

wir-cited

Ini adalah fakta yang menunjukkan bahwa meskipun boleh saja saat ini dianggap orang sebagai ahli di bidang struktur baja (karena sudah ada dua buku karyaku tentang itu), dan juga ahli dengan sap2000 (sudah ada tiga judul buku yang diterbitkan tentang itu) maka rasanya ada tanda-tanda aku diminta untuk menggeluti lagi ilmu s.t.m yang mengantarku pertama kali untuk menjadi insinyur-penulis. Semoga.

Catatan : jika anda tertarik untuk membaca karya anak murid Prof Collins yang merujuk karyaku tersebut, silahkan download materi jurnal tersebut di sini.

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s