Ijin untuk sdri Puji Budi Lestari


Terharu mendapat surat dari sdri Puji Budi Lestari. Bagaimana tidak, yang bersangkutan merasa bersyukur dengan buku Struktur Baja yang aku tulis, dianggapnya itu adalah sarana penting untuknya dalam menguasai ilmu struktur baja. Sampai-sampai karena merasa “mendapat banyak dan akan mengutipnya” untuk tugas akhir, perlu meminta ijin kepada penulisnya.

Etika dalam keilmuan di Indonesia  tentunya nggak sebegitunya. Memang sih untuk di luar negeri, untuk publikasi yang bersifat komersil, maka memakai gambar atau materi dari suatu buku perlu meminta ijin. Itu komersil sifatnya, kalau hanya untuk keperluan akademis, tentunya nggak perlu seperti itu.

Terlepas dari perlu atau tidaknya meminta ijin, tetapi tentu saja saya senang dengan isi surat sdr Puji Budi Lestari. Bahwa buku yang saya tulis membawa manfaat. Jadi selain saya memberi ijin yang bersangkutan untuk mengutip isi bukunya, maka atas kiriman emailnya diucapkan terima kasih juga. Materi surat seperti yang anda tulis, dapat menjadi penambah enerji saya untuk terus menulis. Bahwa ada pembaca-pembaca di luar sana, yang menunggu tulisan saya berikut.

Ini isi suratnya yang membuat saya bahagia sebagai penulis.

Salam Sejahtera,

Dear pak Wiryanto yang telah saya kagumi sejak 9 tahun yang lalu. Perkenalkan saya Puji Budi Lestari, lulusan Politeknik Negeri Jakarta tahun 2009. Bekerja di PT. Murinda Iron Steel, yang sekarang sedang mengambil extension di Universitas Mercu Buana.

Pak Wir, Saya mohon izin menggunakan buku Bapak sebagai referensi Tugas Akhir saya, yang mana mungkin akan banyak mengutip, atau mempergunakan tabel pada buku Bapak. Sebab buat saya, buku bapak lebih cepat dipahami ketimbang saya baca langsung SNI 1729:2015. Besar harapan saya bapak mengizinkan sebab Saya merasa ada yang mengganjal sebelum minta izin pada Bapak, seperti mengambil jambu tetangga tanpa izin yang dahannya menjuntai kehalaman rumah. apalagi Saya berteman dengan Bapak di Facebook.

Saya pertama tahu Bapak, ketika Bapak menjadi Juri dalam Kompetisi Jembatan Indonesia yang diadakan di Politeknik Negeri Jakarta tahun 2007, kalau Saya tak salah ingat. Saya termasuk salah satu mahasiswi yang menghampiri Dan berjabat tangan dengan Bapak.

Sebelumnya Saya ucapkan terima kasih atas Karya Bapak “Struktur Baja : Perilaku, Analisis dan Desain – AISC 2010”. Dari yang Saya tahu tentang beliau2 yang diberi kemampuan lebih dalam hal ilmu perbajaan, baru Bapak yg saya temui berbagi ilmu lewat buku. Walau mungkin ada beberapa cibiran, tapi buat Saya pribadi yang masih cetek sekali ilmunya, Karya Bapak merupakan jembatan untuk memahami ilmu baja. Dan Alhamdulilah Buku Bapak sudah Saya miliki edisi pertamanya. Sangat Bagus dan Saya menggunakan “post it” utk menandakan bacaan Saya, (karena sayang kalau halamannya terlipat). Saya juga berminat pada edisi keduanya (dari yg saya ikuti pada blog bapak, sangat berbeda dari kebanyakan buku lainnya, edisi ke-2 Dan seterusnya hanya mengedit sedikit, tapi Bapak menambahkan materi baru).

Semoga Bapak selalu diberi kesehatan dan ilmu untuk selalu berbagi ilmu dengan kami. Karena menurut kepercayaan yang saya yakini, “ilmu akan bertambah bila diamalkan, dan dibagikan“.

Terima Kasih telah menyempatkan membaca E-mail Saya.

Salam Sejahtera
Hormat Saya
Puji Budi Lestari

Salam hormat dan sukses juga untuk anda, sdri Puji Budi Lestari. Semoga waktu nanti bisa membuktikan bahwa ilmu anda tidak kalah dengan ilmu saja. Tuhan memberkati.

3 thoughts on “Ijin untuk sdri Puji Budi Lestari

  1. Salam sejahtera,
    Dear Pak Wiryanto

    Alhamdulillah, terima kasih atas izin yang Bapak berikan, saya sangat terharu balasan dari Bapak juga merupakan Tambahan Semangat dan pemicu bagi Saya, semoga Saya dapat menjalankan Dan menyelesaikan Tugas Akhir ini dengan baik dan mendapatkan hasil yang baik pula, Dan diberikan kesempatan serta kemampuan untuk berbagi ilmu dengan sesama, seperti yang Bapak lakukan.

    Sukses selalu Pak, Dan selalu Memberi manfaat pada sesama. Aamiin.

    Salam Sejahtera
    Hormat Saya
    Puji Budi Lestari

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s