The 3rd – SCESCM – September 5-7, 2016


Adanya persyaratan kenaikan kum dosen yang harus memasukkan kinerja di bidang karya tulis yang semakin besar, kelihatannya memicu terjadinya peningkatan kegiatan konferensi atau seminar ilmiah yang diselenggarakan oleh perguruan tinggi.

Saat ini kalau ketemu rekan sesama dosen, tidak ada lagi suatu kebanggaan bilamana dia mengajar begitu banyak sks untuk setiap semester berjalan. Ini tentu dapat dimaklumi karena pada setiap pelaporan kinerja dosen ke DIKTI, kalau hanya sekedar mengajar saja maka dianggap tidak tuntas kinerjanya. Harus ada unsur lain yang seimbang dari kinerja di bidang penelitian dan di bidang pengabdian masyarakat. Jadi bagi dosen yang waktunya di kampus hanya habis untuk mengajar, itu berarti hanya seorang “dosen tidak tetap” atau “dosen sambilan”, kalaupun dosen tetap, maka pastilah masih dianggap “yunior”, bukan seorang “dosen profesional” yang diakui oleh DIKTI.

Bagi seorang dosen profesional, maka keberadaan adanya konferensi ilmiah atau seminar ilmiah adalah penting. Maklum saat ini, hal itu menjadi sarana publikasi ilmiah formal yang relatif mudah dibandingkan memasukkan pada jurnal ilmiah terakreditasi apalagi jurnal ilmiah tingkat international yang bereputasi. Yang terakhir ini bahkan menjadi syarat mutlak untuk meraih gelar guru besar di bidang ilmunya.

Nah dalam rangka hal tersebut, keberadaan konferensi international yang terindeks Scopus tentunya sangat membantu untuk mewujudkan hal itu. Kebetulan saja, ketika kemarin di acara EACEF-5 di kampus Petra bertemu dengan pak Ali Awaluddin (UGM) yang akan menyelenggarakan The 3rd – SCESCM di Bali bulan September 2016 mendatang.  Ini brosurnya.

Brosur-scescm-2016-1

Jadi bagi teman-teman dosen, silahkan dipersiapkan jauh hari. Masih banyak waktu koq.

Ini brosur lengkap : Brosur scescm 2016.pdf  (6.8 Mb)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s