beli buku saya di Medan


Sudah ada sepuluh orang yang menyatakan bahwa buku karanganku yang berjudul “Struktur Baja – Perilaku, Analisis & Desain – AISC 2010” yang baru terbit bulan April kemarin, terlalu murah.

Tentang hal itu, tentu saja aku hanya bisa bersyukur bahwa pembaca bukuku ternyata bisa menghargai hasil kerjaku. Bagaimana tidak, dengan harga dasar sebelum ditambah ongkos kirim sebesar Rp 240 ribu tersebut mereka bisa menilai bahwa spesifikasi buku terbitan LUMINA Press jauh di atas spesifikasi buku dengan harga yang sama, yang dijual di toko-toko buku.

Itu bisa terjadi karena LUMINA Press memakai sistem penjualan on-line. Jika buku tersebut dijual di toko buku, tentu harga segitu tidak bisa diberikan. Tahu sendiri bahwa bagi hasil antara toko buku & penerbit adalah 70 : 30. Jadi untuk mendapatkan keuntungan seperti sekarang ini  maka buku tersebut kalau dijual di toko buku harus pasang harga sebesar Rp 560 ribu (itu belum termasuk ongkor kirim lho). Sangat mahal bukan. Padahal dengan harga segitu mahal tersebut pihak penerbitnya sendiri tidak mendapatkan keuntungan apa-apa. Itulah alasannya mengapa aku ngotot tetap pakai cara on-line saja melalui http://lumina-press.com.

Jadi dengan sistem on-line tersebut, buku dapat dijual dengan harga terjangkau dan dianggap relatif murah. Harapannya bahwa buku dapat tersebut ke seluruh Indonesia. Dengan demikian tujuan hidupku untuk disebut sebagai guru dapat menjangaku keseluruh penjuru tanah air. << He, he, sok ideal mode on >> Keinginanku agar buku tersebut dapat tersebar secara luas ternyata ditanggapi positip oleh bapak Daniel Teruna, dosen di Universitas Sumatera Utara (USU), Medan. Sebelumnya memang beliau telah membeli dan membaca buku karanganku tersebut. Setelah melihat isinya, dan kebetulan cocok (maklum beliau mengajar juga tentang stuktur baja), beliau memberi apresiasi.

Kecuali apresiasi, beliau juga menyarankan bahwa sebaiknya buku saya tersebut dijual di toko-toko buku karena banyak calon pembaca yang asing dengan pembelian dengan cara on-line. Tetapi ketika aku ungkapkan problem bagi hasil yang sangat “berat” tersebut maka beliau memaklumi. Tetapi karena beliau melihat pentingnya buku tersebut dibaca oleh teman-teman insinyur, yang mungkin tidak familier dengan cara on-line, khususnya di kota Medan, maka beliau menawarkan diri untuk menjadi perwakilan penerbit di kota tersebut.

Jadi calon pembaca di kota Medan dan sekitarnya yang tertarik untuk membeli buku saya, khususnya “Struktur Baja” maka dapat memesan langsung ke pak Daniel Teruna atau pegawai kantornya, yaitu pak Maksum, no HP : 0813-7519-7319 untuk no telpon Kantor : 0614- 528251. Harga buku ditambah ongkos kirim sampai kota Medan adalah Rp 300 ribu.

Harga di atas adalah sama jika anda membeli buku tersebut secara on-line. Jadi dalam hal ini pak Daniel Teruna tidak mengambil untung sama sekali. Ini tentunya mengherankan, tetapi setelah berbincang-bincang dengan beliau via telpon, saya dapat memahaminya. Beliau ternyata mempunyai idealisme yang sama dengan saya, maklum sama-sama guru untuk ilmu Struktur Baja.  Beliau di USU, Medan, adapun saya di UPH, Tangerang.

Jadi yang penting saat ini adalah bagaimana buku tersebut dapat tersebar merata di seluruh Indonesia.

5 thoughts on “beli buku saya di Medan

  1. Pak Wir,
    Kalau boleh ikutan saran. Apakah bapak ada rencana untuk menjual buku ini dalam bentuk softcopy? Kebetulan bapak juga sudah pakai sistem online, sekalian saja di kembangkan ke dalam bentuk penjualan softcopy, sehingga kami yang kebetulan berada di luar negeri bisa ikutan membaca. Sebab akan kesulitan untuk pengiriman ke luar negeri dan ongkos nya pun mahal.
    Terima kasih

    Suka

    • Terima kasih atas masukannya. Ini akan menjadi bahan pertimbangan berikutnya . Saat ini prioritas pemikiran kami adalah bagaimana buku tersebut dapat di-translate ke bahasa Inggris, sesuai saran banyak pembaca.

      Adapun tindakan pasti yang dilakukan LUMINA Press saat ini, selain mempertahankan penjualan via web on-line. Juga membuka peluang wakil-wakil di daerah seperti halnya bapak Faqih Ma’arif (UNY – Yogyakarta), juga bapak Daniel Teruna (USU – Medan) dan juga yang lain. Juga selain itu, pihak LUMINA Press membuka diri kepada panita-panitia seminar teknik sipil untuk berpartisipasi. Untuk yang terakhir itu, kita sedang menyasar acara-acara besar di Jakarta.

      Harapan dengan digunakannya buku saya tersebut adalah dapat dikembangkannya materi perkuliahan Struktur Baja di Indonesia, yang saya lihat di banyak tempat masih memprihatinkan. Bayangkan saja, ada teman yang berstatus mahasiswa master masih bertanya tentang balok kompak dan non-kompak. Padahal itu pengetahuan dasar Struktur Baja di level S1.

      Untuk level S2 sebaiknya sudah masuk pada level lanjut, misal Struktur Baja Tahan Gempa. Ini penting karena sebelumnya orang-orang menganggap bahwa struktur baja yang memang secara material bersifat daktail, maka ketika dibuat jadi struktur maka otomatis juga akan daktail (tahan gempa secara alami). Faktanya, ketika merujuk dampak gampa Northridge di Amerika (1994) dan Kobe (1995), hal itu tidak sepenuhnya terbukti. Sehingga sejak itu ilmu struktur baja dievaluasi ulang. Ini rencananya akan menjadi buku ke-2 saya tentang struktur baja.

      Kembali ke softcopy, ini menjadi pertimbangan terakhir atau bahkan sampai saat ini belum terpikirkan karena karakter pembaca di Indo pak, yang kelihatannya tidak bisa diharapkan untuk mendukung perkembangan penerbitan LUMINA Press. Jadi kalau nanti penerbit itu sudah berkembang seperti Amazon, maka itu baru dipikirkan lagi.😀

      Suka

  2. Terima kasih pak wiryanto..bukunya sudah saya terima…saya sangat terkesan dengan isi dan ulasannya…akan sangat membantu saya dalam mengaplikasikan struktur baja dilapangan…

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s