respons pembaca buku Struktur Baja


Menulis itu gampang, setiap orang yang mengaku diri sarjana pasti malu jika dianggap tidak bisa menulis. Apalagi yang punya gelar lebih, pastilah lebih biasa untuk menulis. Jika banyak menulis, dan kemudian dikumpulkan tentu bisa dirangkum menjadi buku. Tapi pada kenyataannya mungkin tidak sesederhana itu. Maklum, bisa membuat buku masih saja bisa membuat orang berdecak. Wah . . . . Profesor apalagi, . . .

Jaman sekarang, apalagi dengan adanya sertifikasi dosen, dimana dosen dan profesor diberi tunjangan dari pemerintah. Salah satu tolok ukur kinerjanya adalah produk tulis. Bahkan seorang profesor adalah wajib hukumnya untuk setiap tiga tahun sekali harus membuat buku. Kalau tidak, maka bisa-bisa tunjangannya akan dicabut. Nah profesor di Indonesia khan sudah banyak. Adanya kebijakan tersebut tentu akan dihasilkan banyak buku. Jadi dengan asumsi di atas, dan fakta adanya tunjangan untuk produktifitas profesor, maka buku-buku ilmu pengetahuan tentu semakin banyak. Jadi kalau akupun juga membuat buku, lalu apanya yang menarik. Maklum, tidak ada bedanya dengan profesor-profesor yang memang kewajibannya itu.

Memang sih, menulis dan membuat buku adalah hal-hal biasa bagi profesor. Meskipun demikian, walaupun ada kewajiban buku setiap tiga tahunnya, para profesor itu jarang disebut sebagai penulis. Bagi yang masih di kampus, coba perhatikan para profesor di sekitar anda. Apa buku-bukunya yang telah anda baca. Yakin deh, tahunya mereka mempunyai buku, pastilah dari daftar curriculum vitae-nya saja.

Jadi pada dasarnya membuat buku itu bukan sesuatu yang istimewa, yang istimewa itu jika buku itu dapat ditanggapi bangga oleh pembacanya. Itu semua ibarat seperti penyanyi, banyak orang yang bisa menyanyi, tetapi yang disebut penyanyi adalah relatif sedikit. Orang dapat disebut penyanyi jika nyanyian yang dibuat mendapatkan respons positip dari para pendengarnya. Penulis juga demikian adanya, bukan hanya sekedar bisa menulis, tetapi lebih kepada bagaimana respons pembaca terhadap tulisan yang dibuatnya.

Karena respon pembaca akan buku karya tulisnya yang dibuat adalah sangat penting, maka thread ini akan mencoba merekam setiap respon yang diberikan pembaca akan buku terbaru saya, yang berjudul : Struktur Baja – Perilaku, Analisis & Desain – AISC 2010.

.

[1]    Muhammad Zakir – 21 April 2015

Buku baja udah sampe dengan selamat pak Wiryanto Dewobroto, tampilan bukunya bagus pak. Muhammad Zakir

.

[2]   Ahmad Abidin – 21 April 2015

Terima kasih Pak Wiryanto Dewobroto, buku Struktur Baja sudah sampai. Ahmad_AbidinSelanjutnya, setelah beliau membaca secara seksama. Ini komentar yang pak Abidin buat. Ahmad-Abidin-Menara-Astra.

[3]  Zaenal Arifin – 22 April 2015

Buku barunya sudah diterima pak … Makin berbobot. Kontennya mahal tapi bukunya (yang mewah) harga bersahabat. Wajar kok pak kalau banyak yang bilang harganya terlalu murah.

.

[4]  Mochammad Aswanto – 22 April 2015

Baru datang paketnya, kualitas kertasnya bagus sekali.. Mochammad-Aswanto .
[5]  Rendy Wijaya‎ – 23 April pukul 14:58 ·

Pak, bukunya sudah sampai dengan selamat.. (Setelah harap-harap cemas karena lihat di FB Pak Wir sudah banyak yang dapat kiriman tapi saya belum).. He he…

Rendy-Wijaya

Sedikit testimoni dari saya ya pak :

Kualitas dari cetakannya sangat bagus (terutama kertasnya,, saya suka sekali),, untuk harga 200 rb menurut saya mungkin agak sedikit terlalu murah ya pak..

Mungkin untuk saat ini Pak Wir belum terlalu memikirkan keuntungan pribadi,, tapi untuk selanjutnya harga bukunya dinaikkan sedikit tidak apa-apa.. (Jangan terlalu mahal juga pak, nanti jadi banyak pembajakan karena tidak sanggup beli yang asli . . Hehe . . )

Yang kedua mungkin dari proses pengiriman pak, kalau bisa mungkin diberi kotak atau bubble wrap sehingga bukunya lebih terlindung. Karena kebetulan buku yang saya terima ada sedikit tekukan di bagian ujungnya pak.. Mungkin karena kurir ketika mengantar cuek-cuek saja, jadi mungkin terlempar atau tertekan dengan barang-barang yg lain.. Yg ketiga dan terakhir pak, mengenai cover jaketnya.. Buku ini kan ditujukan mayoritas untuk mahasiswa ya, saya takut ketika kuliah buku dimasukkan dalam tas dan tercampur dengan barang2 lain jaket bukunya ini akan gampang sobek. Mungkin dengan hardcover tanpa jaket akan lebih praktis.. Sekian testimoninya pak, maaf kalau agak sedikit panjang. Ini pendapat pribadi saya pak, mungkin teman-teman yang lain punya pendapat yang berbeda.. Maju terus Pak,, ditunggu buku-buku selanjutnya..

.

Selasa 28 April 2015

[6]  Indah Rosanti

Terima kasih pak. Bukunya sudah sampai. Bagus banget bukunya. Buku seperti ini yang saya butuhkan. Banyak contoh-contoh soal yang semuanya terurut dengan sistimatis. Siapapun membacanya pasti angkat jempol buat pak Wir. Thank’s pak.

Indah-RosantiDosen di Politeknik Negeri Pontianak Kajur Jurusan Teknik Sipil & Perencanaan periode tahun 2015-2019.

.

[7]  Tb Parulian 

Kalau bapak Dosen satu ini bercerita soal struktur, rasanya tidak ada yang membosankan, justru menyegarkan pikiran. Bahkan kadang harus diulang karena merasa apa yang diucapkan sangat penting, apalagi kalau kita buka-buka blog beliau, rasanya seperti library reference, begitu mentok pikiran kita, bisa langsung terbuka. Kadang-kadang aku berpikir, seandainya para dosen di Indonesia berbuat seperti beliau, apa jadinya Indonesia di mata dunia, terus lah berkarya pak atas talenta yang bapak miliki, Tuhan memberkati., …

[8]  Mochammad Aswanto  2 jam ·

Bukunya pak Wir ternyata dapat mengkonklusi pemahaman struktur baja saya dan plus tambahan pengetahuan D.A.M (Direct Analysis Method) dalam bahasa yang sederhana gak mbulet..

Mochammad-Aswanto-2
.

Daripada baca berita politik yang penuh dengan intrik … mendingan baca buku ini. Thanx Pak Wiryanto Dewobroto dan LUMINA Press bukunya baru nyampe. Bukunya benar-benar berbobot (tebal 758 halaman). Heheheh… so far… buku ini sangat bagus. Top markotop dehh.

Benaron-Sulancana .

.

[10]   Andre Novan Alfatih Djambak  2 jam · Kota Pekanbaru ·

APRESIASI BUAT ANAK BANGSA

(Kategori Buku Dasar Keilmuan Struktur Baja, kalau keilmuan lanjut / advanced struktur baja masih terbatas pada referensi asing)

Andre-Novan-Djambak Salut buat pak Wiryanto Dewobroto atas karyanya ditengah kelangkaan buku referensi berbahasa indonesia di bidang keahlian dasar Struktur Baja. Walaupun baru dibaca cepat dan bolak balik sekilas saja (buku baru nyampe sore tadi), saya komentari dalam perspektif umum saja dulu (karena bidang saya juga pengampu struktur baja di kampus)

  1. Dibandingkan buku baja berbahasa indonesia yang lain (dalam foto), buku karya pak Wiryanto lebih komprehensif dalam ulasan konsep dan perilaku. Materinya sudah pasti lebih updating (SNI 2002 vs AISC 2010). Contoh soal dalam buku pak Wir juga lebih banyak. Kualitas cetakan buku jangan ditanya. Ilustrasi dan foto oke banget.
  2. Dibandingkan bukunya William Segui terbitan Amerika (dalam foto), sekali lagi buku pak Wiryanto lebih unggul segi kompleksitas bahasan berikut kaya contoh soal. Kalau illustrasi dan foto-foto kalah jauh dah Segui.
  3. Namun jika dibandingkan buku kanuragan Charles Salmon-Johnson terbitan amerika (dalam foto) dengan berat hati saya masih menggangap buku ini sedikit lebih unggul. Konsep torsional, konsep elemental buckling, konsep plate buckling yang berkaitan langsung dengan dasar formulasi local buckling penampang , perilaku composite lebih komplit tersedia pada buku tersebut.
  4. Apresiasi terbesar saya pada Bab 9 dan Bab 10 terkait metode DAM (Direct Analysis Method – AISC 2010) beserta aplikasinya, bab ini iconnya pak Wiryanto. Point terbesar berada disini.

Kesimpulan : Buku referensi berbahasa indonesia dengan sajian lugas dan uraian khas namun touching banget pada konsep dasarnya. Buku lokal yang berkualitas, baik isi maupun kemasannya yang SANGAT DIANJURKAN untuk dimiliki mahasiswa tingkat dasar yang ingin mempelajari struktur baja. Silahkan order ke Lumina Press segera mahasiswaku. Hormat dan apresiasi atas karya pak Wir, jujur usaha dan pencapaian bapak menginspirasi serta menyulut semangat saya untuk berkarya. Semoga sukses selalu buat pak Wiryanto. Mohon maaf jika ada komentar dan penilaian saya yang tidak berkenan, semata untuk kesempurnaan dan rasa hormat saya atas prestasi anak bangsa yang lebih banyak berkarya dibanding hanya bicara.

Dibandingkan bukunya Sriramullu Vinnakota (terbitan amerika juga, ASCE based) menurut saya lebih bagus bukunya pak Wiryanto Dewobroto. (Semoga semangat saya untuk menulis buku bisa terealisasi juga hehehe maklum sampai sekarang baru sebatas diktat bahan ajar yang saya buat). andre-novan-2 andre-novan-3

.

30 April 2015
[11]  Donny B Tampubolon‎ 4 jam ·

Komentar saya : “Buku Struktur Baja – Perilaku Analisa & Disain AISC 2010 ini seperti JENDELA yang membuka lebih lebar lagi wawasan dan pengetahuan saya sebagai Praktisi maupun sebagai Pengajar terhadap perencanaan struktur baja”. Sangat layak untuk dibuat edisi/versi bahasa internasionalnya (Bhs Inggris) agar dapat memperkaya pustaka engineer dunia.

Tetap semangat dan berkarya lebih lagi pa. Syalom.. DBT. Donny-B-Tampubolon
.

[12]  Nanang Komarudin menambahkan 2 foto baru – 7 jam ·

Koleksi bertambah. Edisi wajib beli buku perbulan. Siap-siap hunting lagi penerapan sains teknik sipil menggunakan visual basic 6.0 karya Pak Wiryanto Dewobroto.— bersama Denny Nur Arifin dan Yudi Fajar.

Nana-komarudin1Nana-komarudin2.

[13]  Ivan Tandri24 menit ·

Buku yang ditunggu akhirnya terbit juga. Sebelumnya saya ucapkan selamat untuk Pak Wiryanto Dewobroto. Buku ini bagus sekali buat akademik dan juga buat praktisi. Saya tunggu karya Pak Wir yang berikutnya. Terima kasih.

Ivan-Tandri
.
[14]  Yohanes Ciputra – 6 jam ·

Ini buku ke-2 yang saya dapatkan dari pak Wir setelah buku “Komputer Rekayasa Struktur dengan SAP“, dari segi kemasan cukup bagus, isian per-halaman tercetak mulus. Untuk materi saya belum baca banyak, namun yang membuat saya tambah senang di bagian terakhir ada pembahasan struktur baja dengan program bantu yang ternyata saya selama ini saya masih sering kurang pas dan mulai mengerti berkat buku Struktur Baja ini.

Yohane-Ciputra

Terimakasih atas bukunya, April 2014 Komputer Rekayasa Struktur dengan SAP, adapun  April 2015 Struktur Baja – Perilaku, Analisis & Desain – AISC 2010, harapan saya di April 2016 bisa diusulkan buku tentang Rekayasa Beton.

.

[15] Rizal Fatoni  –52 mnt 

alhamdulilah bukunya sdh datang….bisa jadi obat pinter ngebaja biar tekad sekuat baja … smile emotikon terimakasih http://lumina-press.com/ bapak #Wiryanto Dewobroto bukunya keren pak .. like emotikon.

Riza Fatoni

Terimakasih pak karena sudah berkarya untuk melengkapi buku di bidang teknik yang mungkin langka di Indonesia, semoga bisa bermanfaat.

.

[16]   Robert K. Pasaribu – 2 Mei pukul 20:57 ·

Civil Engineers-Shaping the world (ICE) :

Said my wife, steel structure book has been received and I’m glad to see it; although I have not read yet, but from the name of a famous author : Wiryanto Dewobroto from Indonesia, I am sure that this book is worth reading for those working in civil engineering. ” Efforts to appreciate the products of their own country are expected to stabilize and improve the economy and hopefully will improve the quality of the product itself also” : — di Doha.

RobertK-Pasaribu
.

Pak Wir, buku sudah diterima. Covernya yang lux membuat harga buku ini termasuk murah. Isinya juga sangat baik dan up to date. Adanya penjelasan tentang balok Castellated dan Tapered membuat buku ini lain dari yang lain dan lebih menarik karena sistem balok ini banyak saya praktekan dalam dunia konstruksi. Penjelasan analisis struktur DAM membuat buku ini juga lebih menarik. Disamping itu materinya bisa mengcover 90% dari bahan kuliah yang biasa saya berikan. Namun, kalau bisa untuk edisi akan datang bisa menambah tentang perencanaan batten plate dan lacing pada kolom gabungan.

Saya juga ada sedikit ingin diskusi tentang penentuan faktor K dengan rumus Vinnakota 2006. Saya menggunakan ini sejak SNI 2002 agar kita tidak perlu menggunakan nomogram. Rumus ini persis sama .pada hal rumus ini sudah ada sebelum tahun 1994.

Sekali lagi saya angkat jempol untuk buku ini

.

[18]  Ilham Ilham
Alhamdulillah, saya sudah terima buku bajanya pak, brosur sudah saya bagikan ke teman-teman saya di ITB, terima kasih banyak atas sumbangan ilmunya pakOrang yang paling berharga adalah orang yang paling banyak manfaatnya buat orang lain dan masyarakat.
.

[19]  Eko Prasetyo Adhi > Wiryanto Dewobroto 3 jam · Kota Yogyakarta ·

Pak Wir bukunya dah sampe. Terimakasih.
Eko-Prasetyo

Coba dijejerin sama punyanya mr. William T. Segui he, he, ..
Mari temen-temen yang belum beli, segera pesan.
Wajib dimiliki mahasiswa, dosen, praktisi.
Mari kembali belajar …

Sekali lagi terimakasih pak Wiryanto Dewobroto
Kami tunggu KARYA selanjutnya.

.

[20]  Eko Prasetyo Adhi – 2 jam · Kota Yogyakarta ·

Hello temen-temen, sodara-sodara, bapak, ibu para mahasiswa n para engineer yang berkutat pada struktur baja.
Ada buku baja yang bagus nih
Bisa disparing ma buku import.
Buku karya ANAK BANGSA,
bapak Wiryanto Dewobroto, dosen UPH

Yang belum punya segeralah pesan di http://lumina-press.com
Semoga menambah keilmuan kita.

Terimakasih pak Wiryanto Dewobroto buat karyanya.

.

[21]  Syapril Janizar‎ > Wiryanto Dewobroto  – 5 Mei pukul 10:35

Ikutan testimoni neeh pa Wir, . . .

Buku barunya sudah keterima, . .  seperti biasa pa Wir memang top markotop dalam menulis buku bidang struktur engineering, . . . untuk buku yang struktur baja ini saya paling suka materi tentang DAM (bab 10) yang disertai pengujian memakai sofware sap 2K. Cukup singkat padat dan jelas (“singpalas”). Can’t wait for another booknya pa,..

Makasih mau berbagi ilmu selama ini, . . dan saya juga suka juga catatan masa purna baktinya pa,
Hatur nuhun.
Syapril Janizar
.

[22] Juragan Iwal > ‎Wiryanto Dewobroto – 15 jam ·

Dear Pak Wir yang keren,  :D😀

Bukunya sudah nyampe beberapa hari lalu, tapi baru hari ini saya sempat nulis testimoni.

Di hari buku itu tiba, saya baru bisa buka malamnya. Dan langsung saya baca sebagai bacaan menjelang tidur..  :D😀

Istri saya mungkin agak heran, bisa-bisanya ada orang baca buku Struktur Baja jam 11-12 malam menjelang tidur. Beneran dibaca lho pak.. bukan sekedar diliat-liat. Hehe..

Besoknya, buku itu sudah mulai lecak, karena halamannya saya bolak-balik… trus ditempeli penanda halaman. Soalnya gini pak.

Kebetulan sekarang ini saya sedang mengerjakan desain struktur baja. Dan biasanya, kalau saya ngerjain desain atau analisis struktur baja, paling ngga di dekat saya harus ada tabel profil baja, code/standard (AISC versi cetak), ASTM, sama internet (baca: google) yang selalu stand by.

Sekarang sudah ada buku Struktur Baja dari Pak Wir, isinya sangat lengkap.. lebih lengkap dari yang saya bayangkan. Tadinya saya pikir buku ini cuma sekedar buku ajar atau text book, yang isinya dipenuhi konsep, teori, dan contoh soal… tapi ternyata lebih dari itu.  :D😀

Rangkuman tabel-tabel spesifikasi material dari berbagai macam code semua ada. ASTM, JIS, SNI, DIN,.. belum lagi material baut, las, sampai baut angkur… komplit!! Saya ngga perlu googling lagi untuk tau beda fy antara SS400, A36, atau spek lain yang kadang diminta khusus oleh desain.

Trus, untuk baut angkur… biasanya referensi saya adalah manual book dari salah satu produsen baut angkur yang cukup terkenal, ditambah ngintip-ngintip ke ACI. Ternyata pembahasan dari Pak Wir lebih keren.  :D😀

Referensi-referensi tadi udah ngga perlu lagi.

Intinya… buku pak Wir bukan sekedar buku… ini namanya One-Stop-Service Book!! Benar-benar keren pak.

Dan terakhir… Seumur hidup, sejak kuliah, baru kali ini saya punya buku Struktur Baja  :D😀
Dulu saya hanya belajar dari diktat dan fotokopian dari dosen. Kadang minjam text book palsunya Salmon & Johnson atau Segui punya teman…  :D :D Semasa kerja juga saya cuma sesekali ngintip buku baja yang ada di kantor.  :D :D Modal saya memang cuma code/standard. Mau beli buku, toh.. ujung-ujungnya tetap buka code & standard juga. Hehehe.

Tapi buku pak Wir beda… paling ngga meja saya bisa sedikit lebih rapi sekarang.

Terima kasih banyak, pak.
Semoga Pak Wir dan keluarga selalu sehat, dan dimudahkan segala urusannya.
Amiin

.

[23] –  Wiga Sapta Hidayah‎ – 13 Mei pukul 16:02 ·

Lapor Pak Wir, buku pesenan untuk yang kedua kali nya sudah sampai, pesan Senin sampai Kamis (lebih cepat). Waah bukunya pak Wir jadi primadona niy.

Foto Wiga Sapta Hidayah.
.

Ini buku hebat, ada energi yang di keluarkan buku ini yang membuat kita bernafsu untuk membaca isinya. Melihat fisik bukunya, dengan membandingkan harganya, saya yakin niat bapak Wiryanto Dewobroto menerbitkan buku ini, hanyalah untuk mencerdaskan anak bangsa. Saya sebagai praktisi perencana di desa, beribu-ribu ucapkan terima kasih.

Foto Desliano Amga.

.

[25] –   Agus Budiyanto – 13 Mei pukul 18:45

Alhamdulillah, sudah sampai bukunya Pa Wiryanto Dewobroto.
Bukunya mantap deh isinya dan nggak rugi.
Semoga bisa menjadi referensi Tugas Akhir saya dan Proyek-proyek lain yg berhubungan Struktur Baja.
Terimakasih, Pa Wiryanto Dewobroto

Foto Agus Budiyanto.
.
[26] –  Tri – 14 Mei 2015·

Struktur Baja  !!

di Cina bangunan hotel 15 lantai dengan struktur baja, konstruksinya hanya 2 hari.

di Cina bangunan 30 lantai dengan struktur baja, constructionya hanya 15 hari.
sumber: (youtube)

di Indonesia !! bangunan 15 lantai dan 30 lantai ya…belum bisa kaya cerita di atas sich..heheee

tp insya allah kemajuan bidang strukturnya akan lebih maju lagi, terutama di bidang struktur bajanya.

dulu waktu masih kuliah belajar struktur Bajanya pakai LRFD, ketika kerja pakainya ASD, ga tahu knapa, padahal ASD itu metode yg dah lama banget (mungkin sudah permintaan client).

kemudian sekarang dari AISC 2010 ada lg yg namanya DAM (Direct Analisis Method), sebenernya methode DAM udah muncul dari AISC 2005 sich….tp belom sempet sempet belajar dan lihat lebih jauh, karena msh senang belajar dengan ASD dan LRFD.

eh di AISC 2010 muncul lagi yang namanya DAM. ‪#‎usapusapkepala‬ heheee…

kesimpulan dari buku pak Wiryanto Dewobroto katanya metode DAM AISC 2010 ini dari studi kasus numeriknya menunjukkan kalo kondisi beban kecil, perencanaan struktur bajanya bisa lebih ekonomis, tetapi pada kondisi beban besar yg berisiko tinggi, mampu menghasilkan desain struktur baja yang lebih aman di banding cara AISC 2005.

dan ini sangat menarik sekali buat di pelajari…

terima kasih banyak pak Wiryanto buat karya bukunya. semoga semua ilmu-ilmu yang ada di buku ini menjadi keberkahan buat semuanya. aamiin.

Foto Tri.

.

. . . . . . . . Di bawah ini terdaftar link artikel-artikel yang dibuat pada waktu penulisan buku di atas, yang menggambarkan bagaimana percaya dirinya penulis, meskipun buku belum terbentuk tetapi meyakini bahwa buku tersebut akan mempunyai mutu atau kualitas yang dapat dibanggakan. Jika anda dapat membaca artikel-artikel yang dimaksud secara kronologi maka jika anda peka, maka anda akan melihat bagaimana suatu keyakinan, yang adanya hanya dalam pikiran, lama-lama menarik minat-minat yang sama, untuk akhirnya mengkristal menjadi fisik buku. Inilah artikel yang dimaksud, dimulai dari yang akhir sampai yang paling tua.

  1. usul untuk buku berikutnya – 19 April 2015
  2. buku STRUKTUR BAJA-nya telah jadi ! – 18 April 2015
  3. kurikulum Struktur Baja dan Beton – 18 April 2015
  4. standing banner – 12 April 2015
  5. Apakah syarat kelangsingan mutlak harus dipenuhi ? – 4 April 2015
  6. Peraturan Baja Indonesia terbaru – SNI 1729-2015 – 26 Maret 2015
  7. brosur bukunya Wiryanto – 24 Maret 2015
  8. buku bersampul LINEN (2) – 22 Maret 2015
  9. buku bersampul LINEN – 16 Maret 2015
  10. workshop MIDAS di UPH – April 2015 – 11 Maret 2015
  11. analisis dan desain struktur baja tahan gempa ? – 18 Februari 2015
  12. ini Mobnas-nya versi dosen UPH ! – 11 Februari 2015
  13. testimoni dan sponsor pada bukuku – 4 Februari 2015
  14. testimoni ke-4 untuk buku yang siap terbit – 2 Februari 2015
  15. sampul buku “Struktur Baja” – 1 Februari 2015
  16. cuplikan #2 – tentang sambungan – 14 Januari 2015
  17. cuplikan – contoh penyelesaian #1 – 14 Januari 2015
  18. cuplikan dari buku Struktur Baja yang akan terbit – 13 Januari 2015
  19. Masukan #3 – draft buku struktur baja – 12 Januari 2015
  20. Masukan #2 – draft buku struktur baja – 5 Desember 2014
  21. font dan dampaknya – 12 Oktober 2014
  22. kuliah struktur baja di Semarang, 23 Oktober 2014 – 8 Oktober 2014
  23. Masukan #1 – draft buku struktur baja – 7 Oktober 2014
  24. kenapa koq (bukunya) konstruksi baja ? – 2 Oktober 2014
  25. cover design – 27 Agustus 2014
  26. usulan #2 sampul buku – 22 Agustus 2014
  27. usulan sampul buku struktur baja – 20 Agustus 2014
  28. diskusi soal baja – ASD dan LRFD – 20 Juni 2014
  29. Direct Analysis Method – AISC (2010) – 26 Mei 2014
  30. Panjang Efektif Kolom – 25 Mei 2014
  31. rencana #1 : cetak ulang buku – 9 Januari 2014
  32. “deep beam” di struktur baja – 19 Desember 2013

40 thoughts on “respons pembaca buku Struktur Baja

    • Sabar Alfret, klotter yang dikirim medio 23 Feb, kamu pesan tanggal 29 Maret, masih ada 36 buku di atasnya lagi yang juga sedang menunggu dikirim. Di bawah bahkan masih ada sekitar 102 buku yang juga menuggu dikirim. Lumayan dari ratusan buku pra-order yang harus dikirim dalam waktu singkat.

      Suka

      • Hahaha.. bisa saja pak Wir ini. 😀
        Mungkin karena biasa baca buku berhard-cover dgn pita, waktu pertama kali buka-buka buku pak Wir, tangan saya otomatis nyari-nyari pita, eh nggak ada ternyata…

        Nanti saya tambahin sendiri saja kalo begitu. 🙂

        Suka

  1. Ping balik: stand buku LUMINA Press | The works of Wiryanto Dewobroto

  2. Dear Pak Wir yth. Pada buku struktur Baja mengenai tabel mutu baut. Ada baut Grade 8.8 Eropa, Australia, dan China. Mengapa mutu baut 8.8 China berbeda dan lebih rendah? Kebetulan sedang menggunakan baut tersebut untuk project, kuatir tertukar. Bagaimana membedakan antara Grade 8.8 Eropa, Australia atau China?

    Suka

  3. Ping balik: ASD dan LRFD, mana yang sebaiknya dipilih | The works of Wiryanto Dewobroto

  4. Ping balik: beli buku saya di Medan | The works of Wiryanto Dewobroto

  5. Pak Wiryanto, terima kasih sebelumnya, karena sudah membuat buku baja yang sangat bagus sehingga dapat dijadikan referensi kami dalam perencanaan. Oh ya pak wir, ada yang ingin sedikit saya koreksi, pada halaman 562, di sana tertulis bahwa S de, dan rumus yang digunakan seharusnya kasus 2.

    Terima kasih

    Suka

  6. Ping balik: Kamis 4 Juni 2015 – POLSRI Palembang | The works of Wiryanto Dewobroto

  7. Ping balik: skripsi akan tidak wajib ! | The works of Wiryanto Dewobroto

  8. Ping balik: 32 th setelahnya ! | The works of Wiryanto Dewobroto

  9. Ping balik: pentingnya mata-kuliah Kerja Praktek (KP) | The works of Wiryanto Dewobroto

  10. Ping balik: lumina-press di Seminar HAKI 2015 | The works of Wiryanto Dewobroto

  11. Ping balik: Jurusan Teknik Sipil di Indonesia dengan Peringkat A (versi BAN-PT) | The works of Wiryanto Dewobroto

  12. Yth. Pak Wiryanto,

    Saya menemukan ada sedikit kejanggalan rumus yang ditampilkan pada hal.384 untuk menghitung Ist (momen inersia minimum untuk plat stiffener). Jika dilihat dari rumusnya, satuan output rumus Ist yang dihasilkan (berdasarkan rumus yang tertulis di buku) seharusnya mm^3 (Ist = b x tw^2 x j = mm x mm^2 x j (tanpa satuan) = mm^3), bukan mm4 (satuan untuk momen inersia).
    Ketika saya cek rumus Ist di AISC 2010 (G-27, hal 16.1-69), rumus Ist = b x tw^3 x j.
    Begitu juga di website ini: http://www.bgstructuralengineering.com/BGSCM13/BGSCM008/Design/BGSCM0080603.htm , tw dipangkat 3, tidak dipangkat dua, sehingga output satuannya sinkron dengan satuan untuk momen inersia.
    Sayangnya dalam contoh soal halaman 439 di buku Pak Wir, rumus Ist tetap menggunakan tw^2, bukan tw^3. Tolong konfirmasinya, Pak Wir.

    Suka

    • yah betul sekali Made Pande, memang yang benar adalah yang tercantum di G2-7 (AISC 2010). Jadi saya salah kutip. Jeleknya lagi, saya nggak periksa, saya kutip lagi di halaman 439. Untung hitung I st yang ada sudah benar dan kebetulan nilainya lebih besar dari persyaratan I min yang dihitung pakai kutipan rumus tersebut.

      Memang sih dengan pangkat yang kurang tadi, nilai I stiff min dari 33,614.0 mm4 melonjak jadi 235,298.00 mm4. Adapun I stiff terpasang adalah 250,000.0 mm4.

      Koreksi ini tentu akan diperbaiki pada cetakan berikut. Terima kasih atas review yang diberikan. Bagaimanapun semakin banyak yang memeriksa dan memberikan usulan, maka materi akan lebih baik. Mohon maaf, sudah berusaha teliti, ternyata masih saja tidak teliti.😀

      Suka

      • Hehe.. tidak apa2 Pak Wir. Kesalahan yang sulit dihindari untuk buku setebal itu.🙂
        Btw ada lagi Pak Wir, di hal. 597, sub judul: “8.11.6 Kuat lekat angkur adhesif terhadap tarik”, saya tidak menemukan definisi dan rumus dari variabel Nba. Pak Wir lupa untuk mencantumkan ya?

        Suka

  13. Ping balik: rencana hari ini | The works of Wiryanto Dewobroto

  14. Yth. Pak Wir,

    Saya mau melaporkan kesalahan penulisan lagi di halaman 553. Di rumus penentuan nilai BB untuk menghitung tebal pelat sambungan flush end plate dengan pengaku, variabel “ps” tidak memiliki definisi / keterangan gambar. Setelah saya cek di literatur thesisnya Borgsmiller, sepertinya bapak salah memberi keterangan gambar 8.92 di halaman 552. Seharusnya variabel “pt” yang ada digambar diganti dengan variabel “ps”. Demikian, Pak Wir. Terima kasih.

    Suka

    • Terima kasih sekali sdr Made Pande atas koreksi yang diberikan, akan diperbaiki pada cetakan selanjutnya. Mohon maaf bagi pembaca buku, ternyata masih juga tidak teliti.

      Suka

  15. Ping balik: Sabtu 14 November 2015 di UNY, Jogjakarta | The works of Wiryanto Dewobroto

  16. Ping balik: errata buku Struktur Baja & rencana cetak ulang | The works of Wiryanto Dewobroto

  17. Ping balik: suasana launching Buku di Yogyakarta – 14 Nov 2015 | The works of Wiryanto Dewobroto

  18. Ping balik: dana . . . sponsor . . . Rio. . . Pra-ORDER | The works of Wiryanto Dewobroto

  19. pak wir, saya minat sekali dengan bukunya akan tetapi sudah terlanjur habis, oh iya untuk buku ke 2 apakah muatan isinya sama dengan buku pertama, jika memang demikian saya mau ambil yang buku ke 2 saja, terimakasih

    Suka

  20. Ping balik: Sesi 1 (Struktur Kayu) – The works of Wiryanto Dewobroto

  21. Ping balik: Testimoni Buku Struktur Baja Edisi ke-2 – The works of Wiryanto Dewobroto

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s