buku STRUKTUR BAJA-nya telah jadi !


Hari ini adalah hari yang aku tunggu-tunggu, maklum ada info dari kemarin bahwa buku Struktur Baja – Perilaku, Analisis & Desain – AISC 2010 akan dikirimkan dari percetakan. Akhirnya, siang ini LUMINA Press.mengirim foto mengenai buku yang aku maksud. Pimpinannya aku telpon : bagaimana kualitas buku yang dicetak. Beliau menyatakan bahwa untuk jacket cover yang berwarna biru dengan hotprint pada judulnya, cukup memuaskan. Ini fotonya : IMG-20150418-WA0010

Ini fotonya mungkin kurang bagus, tetapi kata direktur LUMINA Press : sangat mantap. Bahkan sempat terlontar kalimat : Wah itu harga bukunya terlalu murah pak Wir. Itu lho yang Rp 240 ribu. Apalagi yang telah berhasil membeli dengan cara pra-oder, yang hanya Rp 200 ribu ditambah ongkos kirim. Murah banget itu. Kalau moto copi, jelas nggak dapet buku semewah itu.

Jika jacket buku yang bewarna biru tersebut dibuka. maka akan terlihat sampul hardcover linen dengan tulisan yang lebih sederhana. Nah disini, Pak Direktur LUMINA Press agak kecewa melihat cetakan judul di sampul linen tersebut. Maklum, sampul linennya khan seperti kulit jeruk, jadi hasil cetakannya juga terkesan totol-totol. Mungkin memang cetak di linen seperti itu.

Ini sampul buku linen yang aku maksud, yaitu jika jacket cover dicopot. IMG-20150418-WA0011

Kecuali dari cetak yang agak totol-totol, tidak ada yang kurang, begitu reportase dari direktur LUMINA Press. Yah ini pengalaman pertama memakai sampul buku linen.

Yang penting namaku tercetak dengan benar. Jadi meskipun sedikit totol-totol, tetapi tentunya sangat jarang ada nama dosen teknik sipil yang dapat tercetak seperti itu. Bagaimanapun juga itu menurutku cukup istimewa, dan meskipun pada buku tersebut tidak ada gelar pada nama penulis yang ditampilkan, tetapi yakin sekali buku tersebut akan tetap laku.

Jika halaman pertama buku tersebut dibuka maka terlihatlah portofolio pemberi sponsor utama, yaitu PT. Gistama Intisemesta yang cukup elegant, disampul belakang buku yang hardcover tersebut. IMG-20150418-WA0006

Karena ada sponsor itulah maka buku-bukuku dapat tercetak pada kondisi yang terbaik yang bisa diakses di negeri ini. Mutu bukuku tidak hanya pada isi tetapi juga tampilan fisik. Seperti kecap maka semuanya harus No.1.

Pengiriman pertama dari buku-buku tersebut adalah kepada para pra-order, yang telah percaya dan sabar menunggu sampai buku tersebut selesai dicetak. Hampir dua bulan kesabaran menunggunya. Jumlah pra-order yang telah masuk ada sekitar 300 exp. Banyak juga ya. O ya ada masukan dari LUMINA Press bahwa harga pra-order masih sesuai janji di website-nya yaitu sampai tanggal 20 April ini. Jadi bagi yang belum sempat pra-order silahkan langsung ke http://lumina-press.com mumpung masih ada discount. Yakin deh, kalaupun anda foto copy sendiri, maka mutunya jelas nggak akan ngejar. Murah sekali harga segitu. Ini kata direktur LUMINA Press lho. Yang jelas kita tetap komitmen memegang harga yang telah dinyatakan jauh hari sebelumnya, untuk harga standar adalah Rp 240 ribu. Bagi para dosen stuktur baja, inilah buku struktur baja yang paling siap dengan kedatangan SNI baja yang terbaru. Unit satuannya sudah SI (Satuan International). Format penulisan sudah mengikuti isi AISC 2010 yang merupakan rujukan utama dari SNI baja kita.  IMG-20150418-WA0017 Tumpukan buku-buku terbungkus plastik, dan ada satu buku di atasnya dengan cover jacket yang dibuka sehingga tampak harcover linen warna biru yang terkesan mewah. Kertasnya itu juga kertas khusus art matte paper, dan buku itu bebar-benar berbobot karena tebalnya sendiri 760 halaman kertas 85 gr. IMG-20150418-WA0014 Isinya jangan ditanya, itu bukan seperti Segui, atau Geshwinder, itu isinya Wiryanto, khas dan bukan hasil copy paste dari buku-buku yang sudah ada. Jadi membaca buku tersebut tidak sama dengan membaca buku inggrisnya. Materinya memang bersumber dari asing (AISC 2010) tetapi telah diolah dan diinterprestasikan secara lebih mudah untuk pembaca berbahasa Indonesia. IMG-20150418-WA0020

Buku tersebut secara keseluruhan, kecuali cetaknya, yaitu mulai dari penulisan, penyiapan gambar dan layout adalah sepenuhnya dikerjakan oleh saya sendiri sang penulis. Jadi untuk menciptakan buku tersebut saya berbagi peran sebagai engineer, expert, writer, drafter, design grafis dan layout, sekaligus pemasarannya juga. Jadi mohon maaf jika peran itu saling silang dalam mengungkapkannya. Jadi kalau sekedar hanya expert saja yang dapat diandalkan maka anda memerlukan banyak teman untuk membantu menciptakan buku yang seperti itu. Lumina Press yang tercantum pada punggung buku tersebut bertanggung jawab pada sisi bisnis buku (mencari percetakan dan penjualan sekaligus pemasaran). Jadi bagi yang ingin bekerja sama silahkan kontak http://lumina-press.com. IMG-20150418-WA0034

Kerapihan bagian pinggir dari buku hardcover adalah hal utama yang menjadi kekuatiran saya ketika memilih jenis tersebut.Tapi untunglah cover kain linen kelihatannya memang yang paling cocok untuk versi hardcover. Lihatlah bagian pinggir dapat terlipat dengan sangat rapi. Itulah yang aku maksud sebagai salah satu kriteria mutu dari bukuku.

18 thoughts on “buku STRUKTUR BAJA-nya telah jadi !

  1. Kalau melihat sekilas dari fotonya, bagus sekali pak. Covernya eksklusif dan jilidannya mewah. Harga buku yang bapak berikan Rp. 240 ribu ini menurut saya kurang cocok untuk buku seperti ini, harusnya lebih. Kalau ada yang mau fotocopy, itu namanya pembajakan, pelanggaran hak cipta dong.

    Suka

    • @Afret :
      Terima kasih atas apresiasinya. Itu terlalu murah ya Afret, kata-kata anda persis seperti direktur LUMINA Press ketika pertama kali membuka kiriman buku dari percetakan. “Wah pak Wir, apa kita nggak terlalu murah itu kasih harga ke buku ini”, begitu katanya.

      Tetapi karena bisnis ini adalah mengandalkan kepercayaan, maka apa yang sudah di state-kan diawal harus dipenuhi. Jadi untuk pertama kali, harga pra-order sebesar Rp 200 ribu sampai tanggal 20 April ini harus tetap dipenuhi, lalu setelah itu harga kembali normal ke Rp 240 ribu. Itu akan ditinjau tentunya setelah melihat perkembangannya nanti.

      Bagaimanapun juga LUMINA masih bisa bernafas dengan sistem penjualan on-line di http://lumina-press.com.

      Kalau pakai sistem dijual di toko buku, pasti deh harga segitu tidak bisa diberikan, maklum sistem yang diberikan oleh toko buku dari harga yang dijual maka penerbit hanya mendapat porsi 30%. Itu khan namanya pemerasan.😀

      Jadi bagi teman-teman yang telah sukses mengorder di LUMINA bisa memberi dukungan atau ikut menceritakan pengalamannya melalui order tersebut keteman-teman yang belum pernah melakukan order online. Agar percaya bahwa order on-line via http://lumina-press.com dapat diandalkan dan dipercaya.

      Suka

  2. Yth.Wir,

    Selamat atas terbitnya buku tsb…mudah2an buku tsb bermanfaat bagi para pembacanya.

    Wah sayang sekali Stadin tidak bisa ikut serta sbg sponsor sept. pada buku sebelumnya SAP…nampaknya sekretaris saya lupa mengingatkan saya terhadap proposal yg ada.

    Salam Sukses dan terus menulis buku…

    Suka

    • Yth pak Annin Hudaya,
      Terimakasih atas apresiasi yang diberikan. Betul pak, semoga untuk buku berikutnya yang lain, proyek-proyek Bapak bisa ikut berpartisipasi di buku saya. Untuk buku yang ini, kelihatannya Bapak perlu membeli agar engineer-engineer di Stadin Strukturindo lebih berkompeten pada struktur baja.

      Suka

  3. P.Wir,

    Stadin sdh pesan 2 pak.

    Kalau boleh usul untuk buku berikutnya adalah ttg Struktur Baja Tahan Gempa…tentunya perlu dilengkapi dengan contoh perhitungan bermacam2 sambungan daktail yg merupakan hal yg sangat penting sekali dlm Struktur Baja Tahan Gempa tsb….

    Salam Sukses+GBU…

    Suka

  4. P.Wir,

    Stadin sdh pesan 2 pak.

    Kalau boleh usul untuk buku berikutnya adalah ttg Struktur Baja Tahan Gempa…tentunya perlu dilengkapi dengan contoh perhitungan bermacam2 sambungan daktail yg merupakan hal yg sangat penting sekali dlm Struktur Baja Tahan Gempa tsb….

    Salam Sukses+GBU…

    fb : Annin Hudaya Stadin
    http://www.stadin.co.id ( …via desktop/laptop)

    Suka

  5. Ping balik: usul untuk buku berikutnya | The works of Wiryanto Dewobroto

  6. Selamat dan sukses untuk Pak Wir dan Lumina
    Mudah2an ekspedisinya lancar dan buku lekas dapat kami manfaatkan
    Ijin usul buku berikutnya: struktur bangunan tingkat tinggi dan struktur jembatan bentang panjang

    Suka

    • sdr Chamzawi,

      Itu topik buku populer, saya mengarah pada textbook perguruan tinggi. Jadi setelah buku dasar perencanaan struktur baja, maka sebaiknya baja tingkat lanjut untuk bangunan gedung – struktur tahan gempa. Maklum SNI baja sendiri ada tiga buku, satu buku basic, ini yang dijadikan dasar penulisan buku saya. Dua buku lagi diarahkan untuk struktur tahan gempa. Rasanya itu yang perlu diuraikan lagi dalam bentuk buku agar mudah dipahami oleh anak-anak muda Indonesia.

      Suka

  7. Ping balik: respons pembaca buku Struktur Baja | The works of Wiryanto Dewobroto

    • Ya jelas bisa. Hanya saja, kayaknya terlalu berat. Maklum tidak hanya preliminary, tetapi juga sampai final design. Untuk preliminary, banyak buku lain yang lebih ringan.

      Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s