workshop MIDAS di UPH – April 2015


Tahun ini sebagai bagian kerja sama pendidikan dengan perwakilan Midas di Indonesia, maka Himpunan Mahasiswa Teknik Sipil mengadakan workshop dan pelatihan pemakaian software Midas. Acara bertempat di kampus UPH Lippo Karawaci. Ini poster yang aku terima dari panitia.
workshop-MIDAS_di-UPHBagi yang masih memegang kartu pelajar, ini kesempatan berharga untuk ikut karena biayanya hanya 50% dari para profesional yang juga akan ikut. Maklum, yang “For Student” atau pelajar dianggap masih tergantung orang tua, adapun yang “For Public” adalah para profesional yang ingin mengembangkan wawasannya, yang dianggap sudah bekerja sehingga punya dapat duit sendiri.

Mumpung ada para profesional atau mahasiswa teknik sipil dari luar UPH yang akan berdatangan, maka saya juga akan memanfaatkan kesempatan ini untuk menyebarkan ilmu.

He, he apa itu. Itu lho buku saya, . . . . . . saat ini khan sudah siap naik cetak. Jadi pada acara tersebut tentunya sudah selesai cetak. Nah adanya event ini dimana para engineer atau mahasiswa teknik sipil dari luar UPH dapat datang juga maka mereka sekaligus akan ditawarkan bonus, mendapatkan ilmu tambahan lain. Pertama yang dapat diperoleh tentunya adalah ilmu tentang pemakaian software Midas itu sendiri. Kedua sekaligus dapat dibawa pulang adalah ilmu tentang Struktur Baja, karena pada acara itu akan dijual juga buku pertamaku tentang struktur baja, buku berbahasa Indonesia yang benar-benar berbobot (benar-benar berat maksudnya, maklum tebal sampai 790 halaman).

Ini sampul buku yang aku maksud.

sampul-buku-str-baja_

Buku di atas adalah buku pertama juga yang mendapatkan tanggapan positip dari masyarakat teknik sipil yang dalam hal ini diwakili oleh 9 pentolan dari dunia akademik dan praktisi teknik sipil. Lihat, sampul belakangnya sampai penuh oleh kata-kata testimoni.

Dengan begitu acara di bulan April 2015 itu di UPH akan jadi ajang pertama tampilnya karyaku. Itu berarti juga, anda yang beli buku tersebut, adalah yang pertama kali.

Jika nanti banyak teman-teman luar yang mau datang ke UPH untuk acara di atas sekaligus berminat dengan buku tersebut, maka aku bisa juga sekaligus meminta panitia HMJ UPH untuk menyiapkan stand khusus untuk buku baru tersebut. Bagi yang berminat, mohon beri komentar ya, biar nanti panitia seminar jadi tertarik untuk sekaligus juga mendukung publikasi buku tersebut.

He, he, ini khan sekali mendayung, dua atau tiga pulau terlampaui sekaligu, sekali datang ke UPH, eh dapat bukuku juga.😀

O ya, buku baruku tersebut sekarang diterbitkan oleh Penerbit Jurusan Teknik Sipil UPH bekerja sama dengan LUMINA Press. Saya kira ini adalah Jurusan Teknik Sipil pertama di Indonesia yang mempunyai divisi penerbitan dengan buku komersil. Semoga adanya jurusan tersebut, perkembangan teknik sipil di Indonesia juga semakin maju.

Note : mungkin juga jika diperlukan, aku bisa datang ke stand bukuku tersebut, siapa tahu ada yang tertarik ttd.😀

 

 

13 thoughts on “workshop MIDAS di UPH – April 2015

    • jika mas Dhanis order ke LUMINA Press maka pastilah kemana saja. Maklum pengiriman dibantu JNE. Memang sih, distribusi buku masih mengandalkan on-line tersebut. Adapun yang di UPH nanti, itu hanya cara opsional yaitu memanfaatkan event yang ada.

      Suka

      • Oh berapa ya Pak, harganya he he he……. ada pembahasan tentang plat buhul nggak ya, kok perhitungannya agak rumit ya kalo saya lihat di buku Padosbajayonya Alm. Pak Morisco. Ada perhitungan momen begitulah. Tolong balas ya Pak. Maturnuwun.

        Suka

        • Target pembaca buku saya adalah mahasiswa, yaitu sebagai textbook, isinya dapat dirangkum sebagai berikut :

          Ini adalah buku tentang prinsip dasar perencanaan struktur baja, mulai dari perilaku, analisis dan desain untuk menghasilkan struktur yang optimal & memenuhi kriteria kuat, kaku, dan daktail. Meskipun kriteria yang terakhir masih terbatas pada penampang plastis, dan sistem sambungan. Struktur baja umumnya langsing, sehingga pembahasan tentang stabilitas dan antisipasinya relatif cukup detail. Bagi praktisi telah disiapkan tabel bantu perencanaan balok berdasarkan profil baja metrik JIS yang populer, sehingga hitungan klasik 2-3 halaman dapat diganti dengan 3-4 baris hitungan saja. Ketentuan yang dipilih mengacu AISC (2010), sehingga Direct Analysis Method (DAM) yang menjadi andalannya akan dibahas khusus dalam dua bab terakhir, sekaligus diberikan analisis perbandingan dengan hasil uji beban sampai runtuh di laboratorium Puskim, Bandung.

          Suka

  1. @James :
    Harga spesial, apa maksudnya James. Lebih mahal begitu ya. Wk. . wk. . wk.

    Rencana sih, nanti pihak LUMINA akan kasih pada panitia untuk dijadikan hadiah doorprize. Untuk harga pasti tidak dinaikkan dari harga standar, yaitu Rp 240 ribu, bahkan kalau nanti LUMINA berkenan dapat diberikan harga pra-order. Tapi untuk yang terakhir itu saya nggak janji ya. Ini sedang nego. Saat ini sedang ditanyakan progress buku di percetakannya. Janjinya sih tanggal 15 sampai 21.

    Intinya yang datang jauh-jauh ke UPH sekalian dapat pelatihan MIDAS harapannya juga dapat membeli buku itu sekalian. Karena jika itu terwujud, bisa-bisa merekalah yang pertama-tama pegang buku tersebut dan melihat bagaimana isinya yang selalu digembar-gemborkan (promosi) di blog ini.😀

    Suka

  2. Ping balik: respons pembaca buku Struktur Baja | The works of Wiryanto Dewobroto

  3. Mau tanya pak, apakah sudah pasti dibuka stand untuk menjual buku karangan bapak ketika pelatihan midas ?. Karena saya mau membeli buku struktur bajanya, barusan saya br memesan dilumina, akan tetapi kalau pasti dijual waktu pelatihan, mending saya beli pas pelatihan, mumpung belum saya bayar di lumina. lebuh murah tanpa ongkir, hehehehe

    Suka

    • Hallo Kuya06,

      Saya baru saja mendapatkan konfirmasi dari pihak LUMINA bahwa stand penjualan buku Struktur Baja akan dibuka juga di UPH, yaitu memanfaatkan momentum adanya pelatihan MIDAS. Saat ini pihak LUMINA sedang menyelesaikan banner untuk stand tersebut.

      Untuk harganya sudah kembali normal, yaitu Rp 240 ribu, hanya saja tida ada tambahan biaya untuk ongkos kirim. Jadi kalau sekaligus ingin ikut pelatihan MIDAS. Ini pas mas.

      Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s