Masukan #1 – draft buku struktur baja


Sebagaimana telah disampaikan sebelumnya, awal tahun 2015 atau dua atau tiga bulan lagi buku “Struktur Baja : Perilaku, Analisis dan Desain – AISC 2010” diusahakan sudah dapat diterbitkan.

Buku tersebut ditulis bukan sekedar untuk kum sebagai kewajiban seorang dosen pada umumnya, tetapi lebih dari itu, sebagai buah karya kehidupan sehingga untuk itu perlu dipersiapkan dengan sungguh-sungguh secara serius. Padahal di sisi lain bulan Oktober in banyak sekali acara, lihat saja :

  1. Kamis, 9 Oktober 2014 sebagai pembicara tamu (Invited Speaker) di Seminar Nasional Teknik Sipil yang diselenggarakan oleh HMS Universitas Negeri Malang, Gedung D9 UNM, Jalan Semarang No.5, Malang.
  2. Kamis, 16 Oktober 2014 – Jumat, 17 Oktober 2014 sebagai pemakalah biasa (Call Paper) di Konferensi Nasional Teknik Sipil (KoNTekS) ke-8, yang diselenggarakan oleh Jurusan Teknik Sipil, Institut Teknologi Nasional, Bandung
  3. Kamis, 23 Oktober 2014 sebagai pembicara tamu (Invited Speakar) di Lokakarya Mata Kuliah Analisa Struktur yang diselenggarakan oleh Jurusan Teknik Sipil, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Semarang, Kampus UNNES, Sekaran Gunungpati, Semarang.

Kegiatan di atas tentu saja menyita waktu, oleh sebab ada beberapa permintaan yang aku tolak. Maaf ya teman-teman kalau saya belum dapat membantu anda.

Selain mempersiapkan acara tersebut, maka persiapan yang aku lakukan untuk buku tersebut adalah :

  • Konsultasi dengan ahli desain komunikasi visual (orang seni) yang memahami tentang pencetakan buku. Kebetulan di UPH ada School of Design (SOD) sehingga gampang menghubunginya. Jadi dari sisi tampilan, saya berusaha juga agar buku tersebut dapat menjadi karya seni. Bagi pembaca buku SAP2000 yang aku tulis sebelumnya,  tentu bisa memahami apa yang dimaksud hal itu. Terus terang, bagiku yang namanya buku yang baik, itu tidak sekedar isi, tetapi juga bagus di mata dan ketika dipegang. Sehingga ketika dipajang bersama buku-buku yang lain tidak memalukan, bahkan membanggakan.
  • Pihak penerbit juga sedang menyusun proposal sponsor. Jadi bagi perusahaan yang terkait dengan dunia konstruksi maka dapat memasang portofolio untuk memberi tahu dunia bagaimana keberadaan perusahaannya. Kasarnya sih seperti brosur tetapi dicetak bersama-sama buku. Karena buku tersebut didesain sebagai karya seni yang pantas disimpan, maka tentu portofolio tersebut akan ikut tersimpan juga. Jadi abadi. Tentu agar mempunyai cita rasa seperti karya seni, maka portofolio dibatas dalam bentuk kumpulan gambar-gambar yang merepresentasikan perusahaan tersebut jadi agak elegan begitu. Bagi yang tertarik untuk berpartipasi boleh titip alamat ke saya, agar nanti disampaikan ke penerbit Lumina Press.
  • Posisi buku sudah sekitar 85%, nah untuk meningkatkan kualitas atau tepatnya agar apa yang disampaikan nanti sesuai dengan apa yang akan dibaca oleh pembeli, maka materi buku tersebut perlu dimintakan pendapat oleh para ahli. Saya dan penerbit telah berembug bersama untuk memilih siapa-siapa yang pantas disebut ahli dan perlu dihubungi. Saat ini sudah ada 9 (tujuh) pakar yang dihubungi, 7 berdomisili dalam negeri dan 2 dari luar negeri (orang Indonesia yang berkarir di LN).

Seru juga khan kegiatanku sebagai seorang dosen. O lupa, ternyata sudah ada satu masukan dari seorang Profesor tentang bagaimana buku yang aku tulis tersebut. mau tahu. Terus lanjut. . . . .

Yth. Pak Wiryanto,
Pertama, saya ucapkan salut atas upaya dan kerja keras sehingga draf buku Struktur Baja, sebagaimana saya terima dari Bapak, telah dihasilkan. Nyata benar bahwa bapak telah melakukan banyak upaya yang luar biasa dalam menyiapkan buku tersebut.
Menindaklanjuti permohonan bapak untuk menelaah naskah, maka berdasarkan hasil telaah atas rancangan Bab 1, 4, 5, 6, 8, dan 9 yang saya terima dari Bapak, saya sampaikan masukan dari saya. Perlu dicatat bahwa apa yang saya tulis adalah masukan, sehingga keputusan untuk mengikuti atau tidaknya masukan, ada di pihak Pak Wiryanto sendiri.
Saya tulis dalam bentuk poin-poin singkat saja ya Pak.
  1. Secara umum, setiap Bab sudah sangat lengkap teori dan latar belakang, bahkan jauh lebih luas dari materi struktur baja. Materi: Mekanika Bahan, Statika, Elemen Hingga, Stabilitas dibahas dengan sangat rinci. Di satu pihak, hal ini memang perlu untuk pengguna yang belum mempunyai dasar-dasar teori tersebut, tapi di pihak lain dapat mengaburkan materi pokok struktur baja. Silakan dipertimbangkan untuk dikurangi atau tetap “as it is”.
  2. Saya belum tau audience yang dituju oleh Pak Wiryanto. Apabila yang dituju adalah mahasiswa (program Sarjana maupun Magister), ada baiknya disediakan contoh-contoh soal praktis, sebagaimana contoh-contoh pada AISC Manual. Selain itu, untuk keperluan melatih skill dan knowledge, sebaiknya di akhir bab juga ditambahkan soal-soal untuk dikerjakan oleh pembaca, sebagaimana umum dijumpai pada setiap buku teks. Apabila ketebalan maksimum buku menjadi batasan, mungkin poin nomor 2 ini lebih perlu dibanding poin 1.
  3. Masih ada banyak terminologi yang tertulis dalam bahasa Inggris. Sebaiknya diterjemahkan ke dalam bahasa Ind sesuai dengan istilah yang ada di dalam draf SNI. Istilah asli dalam bahasa Inggris cukup disebutkan satu kali, ketika istilah dalam bahasa Ind tersebut diperkenalkan.
  4. Sebaiknya satuan yang digunakan di dalam contoh menggunakan SI secara konsisten.
  5. Saya belum melihat daftar isi, sehingga belum dapat melihat pembagian bab secara keseluruhan. Sebaiknya pembahasan mengenai sambungan tidak disatukan dengan pembahasan tentang komponen struktur (member). Saran: pembahasan mengikuti bab di AISC merupakan ide yang bagus.
  6. Istilah rectangular berarti persegi panjang, sedangkan square berarti bujur sangkar atau persegi.
Demikian masukan dari saya. Sekali lagi saya garis bawahi bahwa masukan dari saya boleh diabaikan apabila dipandang tidak perlu.
Teriring doa agar bapak semakin sukses selalu.
Salam,
. . . . .

8 thoughts on “Masukan #1 – draft buku struktur baja

  1. Saya sangat salut dengan dosen seperti bapak yang sangat membantu dan memudahkan mahasiswa untuk belajar. tulisan-tulisan bapak baik berupa jurnal ataupun karya hebat bapak seperti buku SAP 2000, dan tulisan bapak yang dimuat pada buku yang ditulis oleh salah satu tokoh teknik sipil populer dewasa ini (Wai Fah Chen) merupakan prestasi yang luar biasa menurut saya.

    satu lagi yang membuat bapak berbeda dengan dosen-dosen lain adalah, kemurahan hati bapak meng-upload semua tulisan bapak. saya adalah salah satu penggemar bapak, terimakasih atas tulisan dan karya bapak selama ini. saya mendoakan agar bapak selalu diberi kesehatan dan kekuatan untuk selalu berkarya di dunia struktur khususnya, dan juga saya mendoakan semoga suatu hari, pak wiryanto juga menjadi guru besar,,,amin…

    Owh iya pak , mengenai masukan dari guru besar di atas pak , terutama buat point satu, kalau buat saya,sebaiknya tidak usah dikurangi pak, karena dasar dari ilmu statika, mekanika bahan,atau analisis struktur untuk setiap orang sangat berbeda pak, kalau untuk mereka yang memiliki kemampuan dasar mungkin poin satu tersebut tidak perlu lagi, tapi akan sangat membantu bagi kita-kita yang memiliki dasar teori yang kurang.

    saya sangat suka dengan gaya bapak memaparkan tulisan, karena kita dihidangkan dengan bahasa yang mudah dimengerti, jadi saya yakin tulisan bapak akan sangat membantu kami yang kurang dasar ilmu strukturnya,,,

    sekali lagi , terima kasih dan maaf kalau komentar saya yang kurang berkenan.
    hormat saya

    Suka

    • sdr Fajriyusmar,
      terima kasih atas tanggapan positip atau dukungan yang diberikan. Juga akan doanya agar saya menjadi guru besar. Amin. Jika memang Tuhan menginginkan saya untuk berperan lebih besar bagi kemuliaan nama-Nya, saya yakin itu pasti akan terjadi. Semoga andapun juga diberi petunjuk, berkat dan perlindungan dari-Nya. GBU.

      Suka

  2. Ping balik: Masukan #2 – draft buku struktur baja | The works of Wiryanto Dewobroto

  3. Ping balik: Masukan #3 – draft buku struktur baja | The works of Wiryanto Dewobroto

  4. Ping balik: cuplikan dari buku Struktur Baja yang akan terbit | The works of Wiryanto Dewobroto

  5. Ping balik: respons pembaca buku Struktur Baja | The works of Wiryanto Dewobroto

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s