Malang – 9 Oktober 2014


Sebagai seorang dosen yang mempunyai sertifikasi dari pemerintah, sehingga disebut sebagian orang sebagai “dosen profesional”, maka tentunya ketika diminta mengajar haruslah selalu siap. Jadi meskipun tanggal 10 Mei 2014 yang lalu telah diundang pula ke Malang oleh teman-teman sejawat dari UB, maka ketika tanggal 9 Oktober 2014 nanti juga diundang lagi oleh adik-adik mahasiswa di UNM, maka tentunya itu semua adalah anugrah, suatu kehormatan besar bagi seorang yang mendedikasikan hidupnya sebagai guru ini.

Inilah acara yang telah dipersiapkan oleh adik-adik HMJ TS (Himpunan Mahasiswa Jurusan Teknik Sipil) Fakultas Teknik, Universitas Negeri Malang sebagai berikut.

poster-seminar-UNM

Nah karena temanya terkait dengan yang namanya transportasi maka makalah yang aku siapkan juga harusnya mendukung, termasuk juga selaras juga tentunya dengan sebutan yang diberikan padaku yaitu, Ahli Analisa Struktur.  Terus terang sebutan ini menarik juga bagiku, karena jujur saja, sebutan itu tidak pernah terlintas dalam benakku, bahwa ternyata ada juga sebutan seperti itu. Kalau ditanya orang, ilmu apa yang aku geluti maka dengan sigap pasti aku akan menjawabnya sebagai “structural engineering“, atau dalam bahasa indonesianya sebagai “rekayasa struktur“. Adapun ilmu Analisa Struktur yang disebut di atas itu adalah bagian kecil ilmu yang harus dikuasai oleh ahli rekayasa struktur tersebut. Jadi dengan sebutan seperti di atas, tentu bukanlah suatu beban untuk melaksanakannya.

Adapun makalah yang aku pilih agar sesuai dengan tema “tranportasi” dan “ahli analisa struktur” tersebut adalah sebagai berikut. Ini abstraknya:

Kajian Teknologi Analisa Struktur dalam Perancangan dan Evaluasi Struktur Jembatan[1]

 

Wiryanto Dewobroto
Jurusan Teknik Sipil, Universitas Pelita Harapan
Karawaci, Tangerang, Banten

Abstrak :

Era perkembangan peradaban yang dipicu oleh kemajuan ekonomi, menuntut tersedianya infrastruktur fisik yang mendukung, bisa berupa bangunan gedung, maupun jembatan dan jalan sebagai sarana transportasinya. Keberadaannya tidak sekedar pelengkap, tetapi telah menjadi urat nadi perekonomian itu sendiri. Jadi keandalannya, menjadi hal yang penting. Salah satu upayanya adalah memanfaatkan kemajuan bidang teknologi komputer, khusus-nya piranti lunak rekayasa untuk perencanaan dan evaluasi struktur. Apa dan bagaimana implementasinya akan disajikan dalam makalah ini, yang merupakan hasil studi literatur terbaru. Fokus utama adalah jembatan, meskipun struktur lain jika relevan juga dibahas. Hasil studi menunjukkan bahwa teknologi yang dimaksud sangat membantu, dapat dibuat simulasi perilaku struktur yang kompleks, sehingga banyak permasalahan dapat dianalisis secara teliti dan mendapat solusinya. Meskipun demikian, untuk menggunakannya perlu latar belakang pengetahuan yang cukup, karena bagaimanapun komputer hanya sekedar alat bantu. Insinyur pemakai adalah kata kuncinya. Jadi, selain perlu piranti lunak yang tepat, juga kompetensi s.d.m. menentukan. Perlu pengetahuan dan pelatihan khusus yang teratur. Akhirnya, semoga hasil studi yang dibuat ini dapat menjadi bahan pemikiran, bagaimana mencari format tepat untuk kemajuan dan perkembangan dunia konstruksi khususnya jembatan di Indonesia.

Kata kunci: piranti lunak komputer, rekayasa struktur

[1]     Invited Speaker pada Seminar Nasional Teknik Sipil oleh Himpunan Mahasiswa Jurusan Teknik Sipil, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Malang, Gedung Sasana Budaya UNM,  Kamis, 9 Oktober 2014.

Yah semoga materi yang aku sampaikan di atas dapat menginspirasi anak-anak muda di UNM dalam meraih mimpi menjadi konstruktor besar di masa mendatang. Semoga Tuhan berkenan akan acara tersebut, menjaga kesehatanku dan juga para panitia acara agar kegiatan tersebut dapat terselenggaran secara sukses.

Bagi yang berminat silahkan bergabung di acara tersebut, sekali lagi hari Kamis, 9 Oktober 2014 bertempat di Gedung Sasana Budaya, Universitas Negeri Malang. Sampai ketemu di sana. Tuhan memberkati kita semua.

2 thoughts on “Malang – 9 Oktober 2014

  1. Ping balik: Masukan #1 – draft buku struktur baja | The works of Wiryanto Dewobroto

  2. Wihh jadi pengen pulang kampung ke malang nih, bersantai dirumah orangtua sambil menikmati view dan udara yang bersih karena pepohonan yang masih rindang dan hijau, gak kaya di jakarta.

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s