cover design


Jika dipikir-pikir apa yang saya lakukan ini bukan pekerjaan insinyur, tetapi scope pekerjaan orang desain, tepatnya Desain Komunikasi Visual (DKV) yang mana salah satu jurusannya ada di UPH di School of Design atau SOD.

Pekerjaan di bidang desain “terpaksa’ harus dilakukan karena tuntutan profesi, bukan sebagai insinyur sih, tetapi selaku penulis. Ini adalah bentuk kemasan untuk menjual tulisan yang akan diterbitkan. O ya, hasil kerjaku selaku desainer adalah buku sampul “Komputer Rekayasa Struktur dengan SAP2000” yang terbit tahun 2013 yang lalu. Responnya bagus lho, udan tahu belum. Jika belum klik ini saja.

Strategi desain sampul yang kulakukan adalah trial-and-error, adapun modalnya adalah [1] sedikit kemampuan mengolah gambar dengan Photoshop, [2] banyak pengalaman membaca buku-buku luar negeri dan [3] dukungan komunitas pembaca blog. Nah dengan yang modal yang terakhir itu maka pendapat pembaca dapat dijaring, maklum pada merekalah nanti buku ini aku sampaikan. Yah seperti survei pasar gitu lho. Adanya konsep trial-and-error menyebabkan perlu membuat berbagai alternatif sampul, dan itu sudah aku lakukan. Tentang ide-ide sampul buku yang aku sampaikan ke pembaca, apakah anda sudah membacanya. Jika belum, silahkan ini ide pertama dan ini ide yang kedua.

Ide sampul yang ke-9 mendapatkan argumentasi yang paling kuat dan rasional, apalagi yang menyampaikan adalah kadindat sponsor. Oleh sebab itu harus ditindak lanjuti. Terus terang ide sampul ke-9 kalau dari segi argumentasi memang baik, tetapi dari segi detail dan pemahamanku tentang seni kelihatan kurang kuat dibanding ide sampul ke-7. Kekurangannya adalah ada kesan complicated di bagian bawah bahkan ada kesan seperti sampah. Oleh sebab itu meskipun tetap beranjak pada ide sampul ke-9 tetapi aku akan mengolah, dengan mencari lagi foto-foto lain tentang objek yang sama, tetapi memang cocok dari segi desain. Karakter desain yang aku suka adalah ”

  • simple, jangan terlalu banyak ribet.
  • di sisi atas sebaiknya ada gambar langit, memberi kesan terbuka.
  • gambar langsung mengindikasikan isi

Nah dengan cara pikir seperti itu, maka inilah usulan akhir dari sampul bukuku tentang “Struktur Baja” yang akhir tahun atau paling lambat awal tahun depan dapat diterbitkan dan bereda. Ini sampul yang aku maksud.

buku-baja-sampul-10

 

Bagaimana setuju khan. Doakan ya agar lancar.

21 thoughts on “cover design

  1. Setuju, pak. Bagus.
    Selain itu, pilihan ini berada di tengah-tengah dari 2 (atau 3) tipe pemilih yang telah memberikan pilihan dan opininya sejak ide ini Bapak munculkan.

    Btw, saya kok sepertinya komen paling pertama terus ya dari kemarin.. 🙂

    Suka

  2. cover memanglah cukup penting, namun, tetaplah yang lebih penting itu materi dan cara penyajian dalam buku2 pak Wir itu yang kami tunggu-tunggu.. jadi kapan kami mulai bisa mendapatkan karya Bapak tersebut ? oh ya Pak, bagaimana cara mendapatkan handbook of International bridge design ? Terima kasih

    Suka

    • Untuk bukunya WF Chen, langsung saja ke Amazon ini link-nya.

      Tentang isi, wah ya tentu saja itu dik. Itu suatu keharusan, tanpa ada itu maka sia-sia saja produk tulis dijual. Maklum sekarang khan jaman copy and paste. Tinggal klik saja maka beribu-ribu huruf akan terpampang di layar, apalagi dibantu Google translate. Jadi yang tinggal bisa dijual adalah kreativitas yang melekat pada penulisnya. Jika demikian pemahamannya, maka itu berarti sangat subyektif, judulnya bisa sama, tetapi isi akan berbeda. Menurut saya (penulis) tulisan yang baik itu kalau dibaca berulang-ulang tidak bosen. Jadi lama menulis buku itu karena ada tahap itu dik. Harap dimaklum ya.

      Nah karena isi sudah tidak dipikirkan lagi oleh penulisnya (karena memang harus baik minimal oleh penulis) maka yang terlihat kemudian adalah cover dan format. Keduanya itu menurut penulis sangat penting. Itulah yang memang orang awam (yang tidak membacapun) mau menyimpan buku tersebut agar nanti dapat dibaca oleh orang yang mengerti isinya. Maklum tulisan itu khan dianggap baik hanya oleh orang yang mengerti. Tidak setiap orang bisa memahami dengan baik. Nah cover dan format buku saya itu nanti keindangannya akan bersifat universal. Karya seni begitu lho.

      Suka

  3. Tulisan bapak di buku sebelumnya sangat menarik untuk dibaca dan dipelajari. meskipun dengan keterbatasan pemahanan saya tentang struktur. Saya berharap buku yang berikutnya(Struktur Baja) juga mudah dipahami seperti buku yang sebelumnya

    Suka

  4. hidup di era digital mau tak mau harus mementingkan aspek Visual pertama kali, kebanyakan orang melihat sampul depannya dulu, namun masalahnya membuat design yang Eyes Friendly sangat susah, mengingat selera tiap orang berbeda

    Suka

  5. Ping balik: font dan dampaknya | The works of Wiryanto Dewobroto

  6. Ping balik: cuplikan dari buku Struktur Baja yang akan terbit | The works of Wiryanto Dewobroto

  7. Ping balik: respons pembaca buku Struktur Baja | The works of Wiryanto Dewobroto

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s