buku Wiryanto telah terbit !


Akhirnya, setelah usaha begitu lama, sejak penerbitan buku saya yang terakhir, tahun 2007,  yang berarti setelah lima tahun berlalu akhirnya terbit juga buku yang ditunggu-tunggu. Lihat penampakannya :  buku-sap

Ada dua versi yang berhasil dibuat yaitu hardcover (buku kiri) yang dicetak sebagai edisi terbatas yang awalnya sebagai hadiah kepada para sponsor yang terlibat, dan juga edisi softcover (buku kanan) ini yang akan direlease ke masyarakat teknik sipil dengan biaya Rp 180 ribu. + ongkos kirim.

Buku ini rencananya didistribusikan melalui on-line saja, melalui situs http://lumina-press.com, belum ada pemikiran untuk diedarkan melalui toko buku. Maklum pembelinya dianggap lebih banyak yang berbasis dari pembaca blog. Jadi jika melalui toko buku dianggap tidak efektif. Itu tentu saja hipotesis yang perlu dibuktikan.

Buku tersebut telah diusahakan yang terbaik yang dapat dibuat. Mohon masukan dan kritikan agar buku-buku berikutnya dapat lebih baik.

O ya diucapkan banyak terima kasih telah menunggu buku tersebut.

salam dari penulis

<< up dated 24 April 2013>>

Kemarin pihak penerbit baru datang ke kampus, membawa dua gepok bungkusan isi buku edisi hard-cover dan soft-cover. Jadi baru kemarin secara fisik aku pegang buku tersebut, malamnya aku evaluasi ke macam tipe buku cetakan tersebut.

Edisi soft-cover. Sesuai harapan, sampul buku mempunyai “lidah”, kertas bukan hvs tetapi jenis art-paper-matte yang jelas lebih bagus. Tapi mungkin karena jenis kertas itu pula maka tinta hurufnya terkesan tipis. Meskipun demikian semua huruf dan gambar dapat tercetak dengan jelas dan bersih. Hanya saja pada halaman-halaman tertentu ada kesan kertas halaman terlipat. Secara umum kualitas buku lebih baik dari edisi buku  saya sebelumnya.

Melihat kondisi buku soft-cover, dan membandingkan dengan harga yang telah ditetapkan sebelumnya, maka harga buku tersebut relatif murah. Ini nggak melihat content-nya. Jika faktor itu masuk, maka jelas sangat murah. Bahkan kemarin ada seloroh dari pihak penerbit : “wah harga buku ini bisa naik lho pak Wir setelah melihat hasil cetakannya. Jelas lebih baik, dari buku-buku teknik sipil yang dijual di toko-toko buku !” Lagi-lagi hanya seloroh, maklum harga Rp 180 ribu yang telah ditetapkan sebelumnya telah menjadi komitmen kami, agar dapat terjangkau. Jadi yang untung dalam hal ini pihak pembaca.

Kondisi buku hard-cover memang sepintas lebih mewah. Tetapi kalau melihat ongkos produksinya yang hampir 3 x lipat yang soft-cover maka keunggulan yang didapat tidak terasa. Maksudnya, kualitas yang didapat nggak sebanding dengan ongkos yang dikeluarkan. Waktu hal ini aku sampaikan ke pihak penerbit, komentarnya adalah sebagai berikut :” Yah, pak Wir terbiasa melihat buku-buku hard-cover keluaran dari Amazon sih, jadi bisa dimaklumi. Buku yang pak Wir order dari luar itu khan harganya jutaan, jadi jangan dibandingkan dengan buku hard-cover edisi kita ini pak.” Mendengar komentar pihak penerbit, benar juga ya.

Nah mungkin disinilah masalahnya. Saat ini harga buku versi  hard-cover belum ditentukan harganya. Memang sih, dari awal versi hard-cover dibuat sekedar melihat potensi pihak percetakannya dan hanya dibuat sebagai limited edition untuk hadiah ke sponsor. Jadi bagi yang tidak punya uang lebih, maka saya sarankan saja untuk order yang versi soft-cover. Pasti tidak dikecewakan itu. Sorry ini pendapat pribadi selaku penulis lho.

<< up-dated 27 April 2013 >>

Jika sebelumnya pihak penerbit LUMINA Press dan penulis bekerja keras menyiapkan naskah untuk cetak, maka setelah buku selesai dicetak maka bagian Lumina Press berganti posisi sebagai distributor, yaitu untuk memastikan bahwa pesanan pembaca dapat dikirim tepat waktu. Ini pagi-pagi mereka kirim gambar via email tentang kesiapan kirim pagi ini, Sabtu tanggal 27 April 2013. Ini foto  paket buku yang disiapkan dikirim ke seluruh Nusantara. Coba bayangkan jika satu buku saja lebih dari 1 kg, maka dari foto yang nampak sudah jelas kalau pihak penerbit pagi ini harus bekerja keras.

siap-kirim-minggu-27-AprilPaket buku yang siap menyebar ke seluruh Indonesia.

Dengan dukungan JNE maka saya yakin buku karanganku tersebut dapat terdistribusi secara merata ke seluruh Indonesia, tentu saja ada persyaratannya, yaitu selama ada yang berminat.  :)

O ya, bagi yang masih ragu-ragu maka daftar isi bukunya saya tampilkan untuk memastikan apakah materi buku sesuai dengan harapannya. Ini daftar isi lengkap buku tersebut :

daftar-isi-1

daftar-isi-2

daftar-isi-3

daftar-isi-4

daftar-isi-5

daftar-isi-6

Sebagai catatan, materi yang berubah signifikan dibanding buku terdahulu adalah Bab 1, 2, 5 dan 6. Kira-kira nambah 100 halaman dari buku lama.

91 thoughts on “buku Wiryanto telah terbit !

    • untuk sementara dijual via on-line pak. Belum ada rencana di-toko-buku-kan. Pembacanya khan sebagian besar melek internet. Ini dulu yang diprioritaskan.😀

      Suka

  1. selamat pak…!!! Ekspektasi dari pembaca begitu besar, mengingat minimnya buku2 aplikasi teknik sipil yang mudah dicerna (berbahasa indonesia)…😀
    tapi sayangnya opsi pembayarannya baru melalui BCA dan Mandiri.
    Usul pak, klo bisa direkomendasikan ke penerbit agar opsi pembayarannya ditambah jg dengan BNI dan BRI, utk memudahkan kami yang di daerah mendapatkan buku tsb di atas…😀😀😀

    Suka

      • saya sangat kepingin beli pak. tapi pembayaran opsinya cuma lewat BCA ya di lumina-press. rekening saya BNI pak. dan setahu saya BNI tidak bisa transfer ke BCA. sewaktu mau transfer di atm, kode bank BCA tidak terdaftar..

        Suka

  2. Yth.Wir, selamat atas terbitnya karya/buku terbaru tersebut pak …!
    Semoga buku2 lainnya segera menyusul ….dan tentunya diharapkan bermanfaat bagi para pembacanya….
    Btw, kalau begitu Stadin dapat versi hardcover-nya ya….🙂

    Matur Nuwun & Salam Sukses….

    Suka

    • ya pak Annin, sponsor pasti akan mendapat yang versi hard-cover. Itu memang edisi istimewa, hadiah penerbit. Thanks atas partisipasinya menjadi sponsor.

      Suka

    • untuk sementara penjualan via on-line masih menjadi yang utama. Untuk yang ke toko buku belum ada action. Silahkan via on-line saja pak, transfer dan tinggal tunggu barang akan datang dikirim.😀

      Suka

    • Bukunya sudah saya terima Pak Wir …Salut untuk pihak LUMINA Press, proses pemesanan buku sampai pengiriman sangat cepat direspon.

      Semoga kedepannya LUMINA Press bisa dipercaya lagi untuk menerbitkan buku2x teknik. Kualitas kertas bukunya (mutu cetakan) sangat bagus. Kalau untuk isi bukunya gak usah diragukan lagi deh…..lebih tebal dari edisi yg sebelumnya..

      Suka

      • “bisa dipercaya lagi untuk menerbitkan buku2x teknik.”

        O jelas pak, itulah mengapa LUMINA Press perlu didirikan. Dengan konsep win-win solution bersama masyarakat teknik di Indonesia, yaitu sponsor (seperti sekarang ini) maka kita berkomitmen menerbitkan buku-buku teknik sipil khususnya dan berusaha menerapkan standar mutu tertinggi yang bisa kita usahakan.

        Kami sadar, bahwa hanya dengan mutu yang tinggi maka kita bisa bersaing. Karena yang namanya mutu itu bisa subyektif maka keberadaan blog ini untuk menangkap respons masyarakat tentu akan sangat membantu. Maklum, dibelakang Lumina Press hanya orang-orang idealis pak, yang mau kerja 24 jam sehari hanya untuk mengejar mutu.

        He, he, kelihatan klise ya pak. Tapi tugas menilai atau membuktikannya khan memang masyarakat pembacanya.😀

        Suka

  3. Saya sudah pesan pak Wir, sekarang tinggal tunggu pengiriman nya.semoga dalam minggu ini bukunya sudah dapat saya terima,,😀

    Suka

    • Luar Biasa pak Wir, bukunya sudah sampai. Sudah saya baca sekilas, isinya sangat berbobot. Pelayanan pengiriman cepat, hanya 3 hari dari pemesanan. Sukses selalu pak Wiryanto.

      Suka

      • Soal distribusi dan pengiriman buku merupakan tanggung jawab pihak LUMINA Press. Karena pak Adrian puas, maka kita patut kasih apresiasi, semoga yang lain juga begitu.

        Komentar tentang mutu cetakan dan isi buku ditunggu, agar kedepannya LUMINA Press dapat memberi yang terbaik.

        Suka

  4. Selamat Pak …
    Setelah sekian lama …. (buku edisi lalu yang terbitan 2007, dipinjem dan tak kembali)
    Bukunya sudah kupesan … sekarang sudah shipping … dua hari lagi sampai …

    Suka

  5. Selamat atas penerbitan buku nya Pak Wir.
    Mohon di listed daftar isi buku yang baru ini Pak.
    Oh ya, saya complete punya buku-buku karya pak Wir dari tahun 2003 – 2008.

    Salaam,
    J

    Suka

      • Paket telah mendarat dengan selamat di Batam.
        Ternyata memang “Art paper matte” bagus sekali untuk buku ini.
        Sedikit penyok pada ujung punggung buku, mungkin courrier-nya kurang hati-2.
        Oh ya, ada selisih harga pada biaya pengiriman terhadap invoice. Mohon kiranya kelebihan bayar bisa di jadikan charity saja.

        CRCPRESS pake rate poundsterling, segitu sih bisa dapat 10 buku Pak Wir.
        Lagian gak bakalan dapat SIMB dari nyonya rumah😀😀.
        Bisikin dikit dong isi bahasan jembatan Pak Wir di bukunya Wai-Fah Chen itu. *penasaran😀. Soalnya list countries-nya tidak menyebutkan Indonesia.

        Satu lagi, Saya dukung penuh Lumina Press untuk jadi penerbit buku-buku serial teknik, khususnya teknik sipil.

        Salaam,
        J

        Suka

  6. Bukunya udah bisa dipesan sejak 19 April, lho, Pak.
    Saya sendiri sudah pegang bukunya sekarang.
    Tampilan fisiknya elegan, untuk materi keseluruhan belum dibaca,
    tapi nampaknya bisa dijadikan pedoman untuk mahasiswa tingkat akhir/fresh graduate seperti saya.

    Salam.

    Suka

  7. Selamat Pak Wir atas bukunya yang sudah terbit.
    Untuk pengiriman terhitung cepat dan memuaskan, tahapan pengiriman selalu diemailkan oleh Lumina press, jadi tidak perlu bertanya tanya sampai mana prosesnya.

    Untuk buku sudah bagus tapi seperti yang diungkapkan Pak Wir di blog diatas, ada beberapa halaman yang terkesan terlipat.
    Untuk Isi baru saja beberapa halaman depan yang dibaca, jadi belum bisa komentar, tapi membaca sambutan – sambutan di cover belakang pasti isinya sangat membantu kalangan teknik sipil.

    Gambar dan pesan sponsor keren, dan tidak mengganggu content bukunya,

    Suka

    • Keberadaan sponsor memungkinkan untuk mewujudkan buku-buku teknik lokal dengan kualitas yang tidak kalah dengan buku-buku luar negeri. Adanya kesan bahwa halamannya terlipat adalah juga tidak terduga, maklum percetakan buku sudah dipilih untuk memakai percetakan yang dianggap terbaik di negeri ini, yaitu grup Gramedia.

      Jadi kedepannya, jika perlu saya akan mengusulkan penerbit untuk memakai percetakan Singapore.😀 Atau mungkin teman-teman ada masukan tentang percetakan terbaik di Indonesia.

      Suka

  8. Pak Wir, mohon buat saya 1 … kapan bisa saya ambil di kantor pak Wir, sekalian mampir ke kantor bapak di Karawaci, … mohon informasi, gbu

    Suka

    • Apa kabar pak. Untuk pemesanan buku silahkan langsung ke http://lumina-press.com , via on-line dan bukunya diantar kealamat.

      Maklum sudah ada pembagian kerja antara Lumina dan penulisnya, mereka sisi bisnis (keuangan dan sebagainya) adapun saya sisi kreatif. Jadi di luar tujuan di atas, silahkan saja Bapak mampir ke kampus, bersilahturahmi saja. Tuhan memberkati.

      Suka

  9. Sekali lagi saya ucapkan selamat ya pak Wir atas penerbitan Buku Terbarunya, Alhamdulillah sudah sudah pesan pak, sekarang saya lagi nunggu pengiriman dari penerbit.

    Semoga untuk kedepannya pak Wir lebih banyak lagi menuangkan ide-ide dan ilmu-nya ke dalam sebuah buku, terlebih mengenai Ilmu-ilmu Struktur …

    Amin….

    Suka

  10. Akhirnya sampai juga buku yg ditunggu-tunggu ini di meja saya. Saya sampai pesan 3 eks sekalian untuk kantor. Tapi sayangnya jenis kertasnya terlalu bagus jadi tidak bisa di-stabilo pak wir…

    Suka

    • jadi tidak bisa di-stabilo

      Wah-wah masukan yang menarik, maklum saya juga suka menandai dengan stabilo. Ini langsung saya coba lho. . . . . ah nggak juga lho pak. Bahkan warna kuning stabilo-nya menyala. Ini saya sudah mencoba pakai merk Stabilo dan Pentel, asli produk Jerman.

      Saya takutnya yang dipakai di atas, stabilo-stabilo-an.😀

      Suka

    • yah betul Yayuk, maklum kertasnya khusus, berbeda dari kertas yang biasa dipakai (hvs atau book paper). Jenisnya adalah art-paper matte, tipis tapi berat (85 gr). Maklum, maunya khan bikin buku “berbobot”.😀

      Suka

  11. Pak Wir, bukunya bagus sekali.. worth it untuk koleksi..
    Secara isi (sekalipun belum didalami bener ;p ) saya yakin pasti ok materi-nya, saya seneng baca tulisan Pak Wiryanto.

    Kalo secara fisik, untuk bobot buku sekaliber ini saya rasa kurang pembatas buku pak, he he. Hal kecil yang menurut saya penting tapi sering dilupakan.

    Trims & congrats buat bukunya pak,
    sukses slalu.

    Berkah Dalem ^_^

    Suka

    • “Pembatas buku”

      Wo o o , begitu ya dik. Maklum selama ini mengoleksi buku-buku teknik, dari mulai bajakan sampai asli dari luar, koq rasa-rasanya nggak pernah ketemu yang namanya pembatas buku.

      Selama ini, buku-buku yang ada pembatasnya kebanyakan terbitan dalam negeri, itupun buku-buku pengembangan diri, sosial atau keagamaan. Jadi karena rujukanku adalah buku-buku keluaran Amazon, maka jelas hal itu nggak masuk spesifikasi yang aku buat.

      Btw, bagaimana apakah sudah dibaca materi tulisan di buku SAP2000 tersebut, bagaimana pemilihan font-nya. Itu aku memakai font Cambria 11 pt. Bagaimana pendapatnya, apa jenis font tersebut masih dapat dipertahankan untuk buku berikutnya.

      Suka

      • Iya pak, selama ini saya juga belum pernah nemu buku2 teknik yang ada pembatasnya. Biasanya yg ada pembatas buku itu novel2 tebel cetakan KG,Knopf,& sejenisnya. Karena mbaca buku >300 hlm rasanya ga bs selesai dalam 1x baca, apalagi buku2 teknik, makanya menurut sy pribadi pembatas buku itu fungsional pak, biar bs langsung to the point ke halaman terakhir yg dibaca. ^_^

        Selama ini kalo seperti buku2 teknik itu bagian2 yg penting saya batasi pake kertas pronto pak, jadi bisa ada notes nya juga, cukup ok jg sih. Cuma kembali ke pandangan subjektif saya pribadi lagi, saya rasanya senang (puas) kalo beli buku terus ada pembatas bukunya juga, hehehe.

        Kalo untuk materi isi nya saya baru mulai baca-baca pak, khas banget “bahasa”nya pak Wir, penyampaiannya sistematis & mudah dicerna. Untuk pemilihan font cambria ok pak, mirip times new roman, tegas, tapi ga terkesan kaku.

        Overall, fisik & susunan buku ok banget, two thumbs up. Codes nya yang dipakai juga sudah mengacu ke yang baru ya pak, yang nantinya diadopsi ke SNI, ini juga yang saya seneng, up to date. ^_^

        Oh iya pak, ngomongin soal codes terbaru, saya denger SNI Gempa 1726-2012 sudah sah ya pak? Saya cek di website BSN memang ada, tapi kok ga bisa di download ya pak sekalipun sudah regist & log in. Kalau Pak Wir sudah punya softcopy-nya boleh dong pak di share.. ^_^

        Nah trus ngomong-ngomong soal soft-copy, saya pikir kalo ada bukunya pak Wir dalam format e-book pasti peminatnya juga bejibun pak. Saya juga mesti beli itu kalo ada yg format e-book, krn makin ke sini rasanya format digital makin umum ya pak. E-book reader, tablet, dan sejenisnya makin banyak beredar & bervariasi dr yg mahal sampe yg paling murah. Selain bs lebih murah harga e-book krn ngirit ongkos cetak& distribusi, yg saya seneng dari format e-book kaya pdf dll itu karena bisa “nyoret2” tanpa “mengotori” buku. Coret2an nya bisa dibiarin ttp spt semula, diedit, ato dihapus tanpa ngerusak buku,hehe. Kalau ntuk masalah copyright-nya buku2 format e-book itu sepertinya sudah ada regulasinya juga ya pak. Apalagi Kompas Gramedia (KG) saya denger baru2 ini invest ke scoop juga untuk ngedukung format buku digital gitu pak.

        Waduh jadi kepanjangan comment nya meluas kemana2. Sekian dulu dah komen nya. Maaf pak kalo kebanyakan. ^_^

        Sukses slalu buat Pak Wir.

        Berkah Dalem.

        Suka

    • @Ewal,
      Yah kapan ya . . . . :-
      Meskipun kemarin sdr Jerry Atmaja (alumni S2 Untar) mantan mahasiswa bimbingan S2-ku telah sukses memakai ABAQUS untuk melacak perilaku keruntuhan pipa baja berlubang terhadap gaya tekan, tetapi untuk menulis buku tersebut rasa-rasanya masih jauh. Maklum pangsa pasarnya sangat terbatas. Setahu saya, engineer di Indonesia yang memakai program tersebut adalah engineer-engineer proyek jembatan bentang panjang, yaitu untuk perhitungan detail sambungan bajanya yang rumit. Di luar itu koq saya nggak ketemu.

      Dibanding menulis buku ABAQUS maka kelihatannya menulis buku MIDAS akan berpotensi untuk mendapat response yang lebih baik. Saat ini program tersebut khan cukup dikenal oleh teman-teman komunitas jembatan. Selain itu, sudah mendapat komentar lesan dari bapak FX Supartono selaku agen tunggal di Indonesia untuk berkenan jadi sponsor. Maklum, perusahaan beliau terkait MIDAS khan ada hubungan kerja sama dengan Jurusan Teknik Sipil UPH.

      Jadi daftar judul buku yang ada dibenak, yang perlu diwujudkan adalah :
      – struktur baja
      – kiat sukses belajar dan mengajar di perguruan tinggi
      – lika-liku kehidupan terkait keinsinyuran teknik sipil
      – analisa dan desain dengan MIDAS
      – jembatan Indonesia

      Itu dulu dik. Maklum membagi waktu dengan pekerjaan sehari-hari, sosial dan keluarga koq rasa-rasanya perlu belajar manajemen waktu lagi.😀

      Suka

  12. Selamat pak Wir. Semoga terus memberi pencerahan lewat buku dan blog.
    Ucapanku tak salah pak, blog ini sangat populer .
    Sukses selalu.

    Suka

  13. Bukunya sudah saya terima pak Wir.. Senang sekali rasanya mendapatkan buku terbaru pak Wir, tanpa harus antri di toko buku dulu. Ditunggu buku-buku Teknik Sipil selanjutnya ya Pak…

    Suka

  14. Pak wir akhirnya buku SAP 2000 terbit juga.
    Perkenalkan saya Lia Wahyuningsih…saya sudah melakukan pembayaran tapi pada saat saya akan melakukan konfirmasi pembayaran di web lumina-press kenapa tombol confirm tidak bisa ditekan? dan saya telp CS lumina-press tidak ada respon, lalu saya kirim email ke lumina tapi belum diajawab juga…saya minta tolong dong Pak..mungkin Pak Wir bisa bilang ke pihak lumina untuk segera memproses orderan saya. berikut email saya wahyuningsihlia@gmail.com. Terima kasih sebelumnya Pak Wir, dan semoga buku bisa cepat saya dapatkan

    Suka

  15. @Lia,
    Nongol atau tidaknya tombol Confirm tergantung dari browser dan kondisi jaringan internetnya saja, dan tidak ada hubungannya dengan order anda. Jadi ketika tombol confirm di klik, maka info bahwa anda telah membayar akan disimpan ke database Lumina dan menginformasikannya ke penerbit. Selanjutnya pihak penerbit akan mengechek ke rekening bank-nya, apa betul sudah masuk. Jika sudah, maka pihak penerbit akan mengepak buku sesuai order dan mengirimkannya ke alamat yang telah anda isikan di website tersebut.

    Begitu Lia, jadi coba diulangi lagi. Jika masih tetap, silahkan informasikan status pembayaran ke email sales@lumina-press.com . Moga-moga lancar.

    Suka

  16. Selamat bwt bukunya pak.

    Setelah melihat daftar isinya sangat berbeda dengan buku SAP yang pernah saya beli sebelumnya. Saya sudah pesan 4 buku dan sekarang berstatus received on destination dari JNE.

    Saya ingin bertanya, apakah ada contoh kasus dalam bentuk file yg bisa dibuka di sap (.SDB) dari materi2 yang dibahas (khususnya utk desain) untuk bisa di download ??!!

    semoga sukses untuk karya2 bapak selanjutnya
    GB

    Suka

  17. Salam pak Wir ..

    Selamat atas diterbitkan buku ini (ucapan selamatnya untuk Pak Wir dan kalangan engineer yang memanfaatkan buku ini…)

    Ditunggu lama akhirnya datang juga..maklum Saya nggak kebagian buku yang lama. Alhamdulillah sudah order online, tinggal nunggu kiriman . . .

    Saya setuju dengan format penjualan via online ini pak, karena rasanya para pembaca blog ini jadi prioritas duluan . . hehehe.

    Kami tunggu karya bapak selanjutnya . .

    Suka

    • Hallo pak Zaenal,
      Thanks atas order bukunya.

      Btw, kami (penulis dan penerbit) sadar bahwa strategi on-line hanya akan sukses jika pembeli mendapatkan buku yang bermutu. Padahal yang namanya mutu adalah subyektif, kalau dalam hal ini tergantung interprestasi pembaca terhadap tulisan-tulisan yang saya buat tentang buku tersebut.

      Jadi setelah buku diterima saya berharap pak Zaenal berkenan memberi opini atau tanggapan dari kualitas buku yang diterimanya. Apa yang sudah baik, sehingga bisa dipertahankan dan apa yang kurang sehingga dapat ditambahkan.

      Harapan kedepannya, semoga buku-buku keluaran LUMINA Press bisa menjadi rujukan dan standar bagi buku-buku teknik sipil yang bermutu. Semoga😀

      Suka

      • Salam, pak Wir..
        Buku sudah diterima pak..

        Secara fisik, kualitasnya di atas rata-rata pak, kertasnya mantap (art paper??), maklum dari jaman kuliah sampai sekarang biasa baca buku fotocopy-an🙂
        Rasanya bisa jadi benchmark untuk buku bapak selanjutnya.

        Kalau isi, secara sekilas sangat membantu pak, layout dan ilustrasinya bagus dan yang penting materinya relatif lengkap..
        Saya belum buka semua, barangkali belum termasuk di buku ini, ada sedikit request pak, mungkin bpk berkenan membahas step by step analisis gempa dengan menggunakan SAP2000 (statik ekuivalen, respon spektra, dan time history).

        Terima kasih untuk buku ini, semoga jadi amal yang bermanfaat

        Suka

  18. Pak Wir akhirnya bukunya nyampe juga ditangan…walaupun belum sempat dikulik secara mendalam tapi dilihat sepintas kayaknya gak nyesel beli buku Pak Wir, terima kasih Pak Wir sudah berbagi ilmu dan pengalaman baik lewat blog ini ataupun bukunya.

    Best regards

    Lia Wahyuningsih

    Suka

    • matur nuwun mbak Lia. Tulisan atau buku itu kalau ada yang mengapresiasi sangat menambah enerji untuk menulis lagi.😀

      Jadi intinya sama-sama ya. Thanks.

      Suka

  19. Lapor Pak Wir, bukunya sudah sampai Sragen. Belum saya baca, baru dilihat-lihat sekilas daftar isi dan bab 1. berat bukunya ya, kalo dibaca sambil tiduran kejatuhan bukunya sakit he he

    material cold formed dan perhitungan gempa dengan sap2000 belum di ulas ya pak?

    Terima kasih Pak, selamat & semoga sukses!

    Suka

    • “kejatuhan bukunya sakit he he”

      Lho katanya ingin produk yang berbobot ???

      Material cold-formed dan gempa belum pak. Buku tersebut saya maksudkan sebagai introduction ke produksi buku terlebih dahalu. Jika nanti tanggapan pembaca cukup baik maka bermodal hasil buku tersebut diharapkan dapat menelorkan buku-buku yang lain lagi, sesuai permintaan masyarakat. Harapan kedepannya, saya berencana buku “Struktur Baja”, moga-moga respon masyarakat sama baiknya dengan buku ini. Semoga.

      Suka

  20. Saya udah beli bukunya Pak Wir… Ini paketnya baru saja tiba. tak sabar untuk lihat seperti apa isi di dalamnya. Yg edisi lama saya kehabisan (info saya kurang update). syukurlah kali ni saya dapat.
    Smoga sukses Pak Wir…
    Terus bekarya ya… GBU

    Suka

  21. bukunya sudah datang Pak Wir.. baru kemaren Rabu sampainya . . .
    akhirnya kesampaian juga dapat buku nya Pak Wir . . sangat berbobot dan berkualitas (kertasnya😀 .. ilmunya juga kok Pak)
    produk saya Tyfo Fibrwrap Systems juga terpampang nyata di halaman kedua..😀

    Suka

  22. Ping balik: buku SAP2000 Wiryanto – testimoni dan cara pesan | The works of Wiryanto Dewobroto

  23. Pak Wir beda buku soft cover dan hard cover apa saja?
    hanya covernya aja atau ada content yg berbeda juga?
    Trim’s

    Suka

    • Perbedaan hanya pada tampilan fisik, adapun isinya tidak berbeda. Tujuan penerbit mencetak hard-cover adalah sebagai hadiah, istimewa. Selain itu juga untuk menjajagi mana yang sebaiknya dipilih untuk buku kedepannya. Sampai saat ini tidak dijual.

      Untuk konsumsi umum, buku soft-cover sudah istimewa koq. Bahkan untuk kedepannya, setelah mengevaluasi antara harga produk dan hasilnya, maka kedepannya cukup dibuat buku soft-cover saja.

      Suka

  24. Ping balik: menulis itu pribadi sifatnya | The works of Wiryanto Dewobroto

  25. Ping balik: Jawaban UAS – Komputer Rekayasa Struktur 2013 | The works of Wiryanto Dewobroto

  26. Siip, sudah pesan buku barunya pak Wir, kebetulan juga yang lama sudah mulai agak kusam karena sering dibuka-buka, tinggal kapan-kapan kalau pas ketemu bapak mau minta tanda tangan lagi seperti buku2 lainnya hehehe sekalian juga mohon doa restu untuk buku kami seri 3 yang sedang diproses. Salam sukses dari Jogja pak🙂

    Suka

  27. mohon maaf sebelumnya pak mungkin pertanyaan saya tidak berhubungan dengan artikelnya bapak.

    Pertanyaan saya: saya sedang dalam penulisan sebuah buku yang berhubungan dengan pemograman untuk analisa struktur 2D (GUI) buku tersebut berupa tutorial dan penjelasan pembuatan program analisa struktur. program yang saya buat tersebut punya kemiripan (tampilan dan kemampuan) dengan program profesional seperti GRASP dan ENGILAB BEAM 2D.

    yang jadi pertanyaan saya kira kira dari pengalaman bapak yang sudah cukup banyak menulis, bagaimana topik buku yang saya ambil tersebut??? apakah sudah tepat dengan minat para pembaca jaman sekarang?? terima kasih pak
    Jesus Bless

    Suka

    • Wah bagus itu pak. Jadi nanti para mahasiswa kita bisa menghasilkan program sekelas GRASP atau ENGILAB BEAM 2D.

      Tentang minat pembaca jaman sekarang. Wah kalau ini saya sendiri nggak tahu pak. Untuk itu saya jadi ingat pertanyaan penerbit terhadap karya saya yang SAP2000 dulu. Maklum saat itu, buku saya adalah yang pertama utk penerbit Elex. Mereka belum pernah menerbitkan topik tersebut, jadi waktu itu juga tanya kepada saya tentang bagaimana pembacanya. Nggak tahu kenapa, saya waktu itu ngotot saja, percaya diri. Buktinya buku tersebut laku, bahkan dicetak dua kali. Selanjutnya bahkan penerbit punya buku tentang topik SAP2000 juga dari pengarang lagi. Mungkin saja, strategi itu bisa dipakai.

      Btw, perlu diingat juga pak. Bahwa menulis itu kadang gampang-gampang sulit. Banyak orang yang bilang bahwa untuk menulis, nggak mudah lho. Tetapi menurut saya, menulis sih rasa-rasanya nggak susah, yang susah itu adalah untuk mendapatkan apresiasi dari pembaca.

      Suka

  28. Ping balik: SAP2000 ver 7.40 student version (up-dated 16 Juni 2013) | The works of Wiryanto Dewobroto

    • buku yang baru terbit adalah hasil pengembangan buku lama, ada beberapa bagian yang diubah dan ada bagian yang tetap. Tetapi terus terang, materi yang di sipil-uph-tripod adalah materi lama, dikhususkan untuk buku lama, belum saya check terhadap buku baru.

      Suka

  29. Alhamdulillah, bayar tgl 16- walau saya tinggal di ujung timur Banyumas- tgl 20 buku SAP sudah ditangan. mudah2an dapat mengamalkan ilmu dalam buku yang ditulis Pak Wir. Maturnuwun

    Suka

    • Informasi yang anda tanyakan, sudah banyak disampaikan, yaitu melalui on-line di situs http://lumina-press.com

      Jika Bapak pesan via website tersebut, maka selama bisa dijangkau oleh JNE maka tentunya tinggal tunggu kiriman buku saja. Yang penting, register dulu data anda di website tersebut, lalu setelah dapat nomer code, kemudian bayar harga buku + biaya kirim via transfer bank. Jika sudah, confirmed lagi ke website jika sudah bayar. Jika sudah masuk, langsung buku dikirim. Gitu pak.

      Suka

      • sdr Fahkhrul,
        apakah anda sudah diberikan perincian harga (ditambah biaya pengiriman) atau belum. Jika anda mengakses web, menyertakan data alamat pengiriman maka web akan otomatis memberikan kode dan juga perincian biaya yang diperlukan. Selanjutnya anda transfer (ini belum bisa otomatis, sedang diusahakan terintegrasi), jika sudah. Konfirmasi ke kode yang tadi diberikan, nanti pihak admin akan check. Jika sudah ok, maka buku akaa dikirim via JNE. Begitu kata admin Lumina-nya.

        Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s