bukunya Chen dan bukunya Wir


Tugasku bersama Adobe InDesign selama beberapa minggu ini untuk sementara telah selesai. Saat ini tanggung jawab telah berpindah ke bagian penerbit dan bagian percetakan. Oleh karena itu pula maka tentunya aku dapat mengisi / menulis untuk blog ini lagi. Hore !

Eh, tahu khan apa yang aku maksud dengan penjelasan di atas. Jika belum, itu lho tentang buku SAP2000 edisi 2013 yang akan terbit. Ini penting aku ungkapkan karena ternyata sudah banyak yang menanyakan. Baik melalui komentar di blog ini, juga di facebook, bahkan ada yang sms langsung ke penerbitnya.

Untuk itu, bahkan ada cerita unik. Ini kata penerbitnya, yang saat ini sedang bersibuk ria dengan web-engineer mempersiapkan website http://lumina-press.com. Ada satu sesi unik, yang membuat pihak penerbit semakin bersemangat, yaitu ketika uji coba, on-line. Nggak lama, nggak sampai satu jam. Tapi ternyata di waktu yang pendek tersebut, sudah ada pembaca yang memberi respons. Ada yang mengkontak penerbitmenanyakan buku tersebut. Luar biasa, antusias sekali calon pembelinya.

Terus terang, penerbitan buku SAP2000 yang ini memang fenomenal. Tidak hanya dari segi calon pembaca saja lho, tetapi juga dari sisi pemasang sponsor. Jumlahnya tidak tanggung-tanggung ada sekitar 15 perusahaan atau  client yang memasang portofolio perusahaannya di buku tersebut. Ada yang full-color dan ada yang black-white. Nah, membuat bagaimana portofolio dan isi buku tersebut menjadi harmonis itulah yang benar-benar menyita waktu. Jadi buku itu nanti target pertanggung-jawabannya tidak sekedar pembaca, tetapi juga pemasang sponsor tersebut. Jadi dalam pembuatannya, diperlukan juga layout komposisi yang profesional. Itulah mengapa program pengolah kata biasa, seperti Microsoft Words menjadi tidak mencukupi. Untuk mengatasinya itu dipilihlah program layout buku yang profesional yaitu InDesign.

Penggunaan InDesign memungkinkan komposisi foto menjadi sangat presisi, bisa menggeser sampai ketelitian o.1 mm. Jadi kalau nanti melihat buku tersebut rapi sekali, maka itu karena software, adapun jika masih ada yang kurang baik, pastilah itu karena kekurang telitian saja. Maklum, aku sudah baca bolak-balik, rasanya sudah ok-ok saja.  Tapi yang namanya manusia, khan siapa tahu.

Dari pengalaman menjadi editor layout buku dengan InDesign maka tentunya profesiku menjadi bertambah graphic designer. Yah ketrampilan baru.

Buku SAP2000, buku itu lagi. Bosan pak kalau buku itu terus !

Wah belum selesai lho ceritanya, udah bosan ya. Jangan kuatir, aku ada cerita lain koq tentang buku selain buku SAP2000 tersebut. Maklum yang namanya penulis khan memang ketemunya adalah buku-buku terus.

Nah ada satu buku lagi, yang kamunya nanti perlu koleksi. Itu lho bukunya Prof Wai-Fah Chen yang terbaru, yang saat ini juga aku tunggu-tunggu. Sudah lebih dari tiga tahun lho sejak submitt makalah ke beliau sampai sekarang ternyata nggak nongol-nongol.

O ada ya pak Wir, bukunya beliau yang mana ?

O pasti kamunya sudah lupa, maklum sudah terlalu lama. Ini saya coba up-load keterangan yang tempo hari aku terima tentang buku tersebut. Lihat dan baca yang cermat ya.

info-buku-jembatan

Nah buku itulah yang aku maksud. Rencana terbitnya mundur-mundur terus. Maklum, mungkin karena buku tersebut mencakup banyak negara, yang mana setiap negara menyumbang satu bab di buku tersebut. Nah, diantara ratusan negara yang hadir dalam satu buku yang komprehensif tersebut, nama negara kita ada lho.

O ya pak. Jadi negara kita ini tidak terkenal karena korupsi dan pejabat yang suka kawin lagi itu saja ya pak. Ada yang lain  juga tho. Tentang jembatannya ya pak.

Betul. Jembatan-jembatan kita itu juga banyak yang luar biasa lho. Hanya sayang, tidak banyak engineer kita yang bisa mau mengungkapkannya dalam bentuk tulisan. Tidak hanya jembatan Suramadu saja lho, jembatan yang kita punya itu.  Banyak yang lain.

Nah bagi yang senang mendalami tentang jembatanini aku baru saja men-download materi dari prof Chen yang lain. Sudah punya belum yang ini.

buku-nya-chen-kecil

Nah salah satu link-nya yang aktif, untuk mendownload buku yang isinya ada sebanyak 453 halaman dan ukuran file-nya adalah sekitar 45 Mb , dipersilahkan untuk klik ini saja.

Ingat, seperti biasa. Alamat tersebut biasanya tidak bertahan lama. Jadi segera saja ya. Siapa tahu jadi expert di bidang jembatan.

12 thoughts on “bukunya Chen dan bukunya Wir

    • Dear Andre,

      Penerbit menjanjikan ke sponsor, bahwa buku sudah terbit pada akhir bulan April. Kalau akhir bulan ini koq rada pesimis. Maklum, tahap berikutnya adalah menunggu dummy buku tadi dari percetakan, lalu periksa lagi.

      Nah kalau tahap itu lancar maka percetakan perlu waktu dua minggu untuk mencetak sebanyak 2000 exp. Begitu skenarionya.

      Bantu doain saja ya.

      Suka

    • Thanks pak Maryono, juga teman-teman yang lain.

      Tanggapan positip dari anda, dan juga teman-teman lainnya tentunya dapat menjadi sumber energi atau tepatnya motivasi saya untuk terus berkarya. Dampaknya adalah bahwa kalau buku SAP2000 ini laris manis, maka judul-judul buku berikutnya mestinya harus sudah dimulai.

      Tentang judul buku yang menanti maka sudah ada beberapa topik yang siap, seperti misalnya :

      • Struktur Baja, ini merupakan pengembangan atau implementasi materi kuliah di UPH, juga hasil riset-riset di level S1 atau S2 dari mahasiswa-mahasiswa saya. Ini kelihatannya yang akan jadi prioritas selanjutnya. Maklum, materi ini bisa digunakan sebagai petunjuk apa bedanya penulis dengan ahli-ahli baja Indonesia yang lain.😀
      • Jembatan Indonesia (ini tentu saja dimulai setelah bukunya Prof Chen terbit, isinya nanti merupakan pengembangan dari materi yang dijadikan bab pada bukunya prof Chen tersebut. Yang jelas tentunya akan lebih lengkap, maklum sudah ada beberapa teman praktisi jembatan yang mendukung.
      • Visual Basic untuk aplikasi teknik (ini mah updated dari buku lama).
      • Visual Basic untuk perencanaan beton bertulang (ini juga updated dari buku lama).
      • Buku novel di bidang rekayasa, Isinya berupa artikel-artikel pilihan yang pernah nongol di blog ini. Maklum, untuk menjadi seorang engineer yang mumpuni, maka mereka tidak sekedar belajar tentang pengetahuan, atau ketrampilan, tetapi juga sikap metal positip. Beberapa artikel di blog ini rasanya dapat dikembangkan untuk jadi artikel tersebut.

      Nah bayangkan saja, sudah ada lima tema yang dijadikan buku lanjutan dari buku SAP2000 edisi 2013 tersebut.

      Suka

  1. Dear Sir,

    pertama-tama proficiat untuk perkembangan buku SAP 2000 yg akan segera terbit, sungguh merupakan suatu momen yg sangat saya tunggu2, karena jujur saja materi buku ini saya yakin akan menjadi salah satu sumber (yang sangat sedikit adanya terutama di skala nasional) untuk belajar, memahami dan mengembangkan diri untuk lebih mendalami bidang struktur dan software pendukungnya.

    selanjutnya, hati saya sangat girang membaca rencana-rencana penerbitan buku dengan topik-topik menarik lainnya.

    Harapan saya, Bapak selalu diberikan kesehatan dan semangat juga keadaan yang mendukung sehingga rencana-rencana penerbitan buku dengan topik2 yg telah Bapak tulis di atas dapat terealisasi.

    keep the good work
    #publish or perish#

    God bless You Sir

    Suka

    • @ r_son
      Terima kasih atas doa dan harapannya, dengan demikian semoga Tuhan Allah pencipta berkenan memakaiku lebih lama untuk menjadi alat-Nya, menjadi berkat bagi sesama.

      Terus terang dengan harapan seperti itu, sejak itu, aku merasakan banyak menerima berkat dan anugrah yang tak terbayangkan sebelumnya, bagiku sendiri dan juga keluargaku. Dengan pengalaman hidup yang aku alami, bahkan aku dapat meng-amini dengan baik nats berikut:

      Berkat Tuhanlah yang menjadikan kaya, susah payah tidak akan menambahinya.
      . . .
      Ada yang menyebar harta, tetapi bertambah kaya,
      ada yang menghemat secara luar biasa,
      namun selalu berkekurangan.
      Siapa banyak memberi berkat,
      diberi kelimpahan, . . .

      Kelihatannya sederhana, dan saya yakin tidak semua orang dapat meyakini kebenarannya. Semoga kamu bisa seperti aku, meyakini kebenaran nats tersebut. Tuhan memberkati.

      Suka

  2. Ping balik: masalah dan solusi di Bay Bridge | The works of Wiryanto Dewobroto

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s