tentang penulis


Judul di atas selalu hadir (umumnya) di dalam sebuah buku. Tidak sembarang buku tentunya, hanya buku-buku yang diterbitkan untuk merepresentasikan keberadaan pengarangnya. Demikian juga dengan buku saya yang segera terbit ini.

Informasi tentang penulis tentunya sangat penting, adanya hal itu menyebabkan sang penulis akan dikenal atau bahkan dikenang bertahun-tahun kemudian, bahkan setelah penulisnya meninggalkan dunia. Abadi.

Masalahnya adalah, bagaimana mengisi informasi tentang penulis tersebut. Jika terlalu panjang tentu akan membosan, bahkan tidak akan pernah dibaca sama sekali akibatnya. Jika terlalu pendek, maka tentu saja informasi yang diketahui pembaca tidak berdampak. Bahkan tidak disadari bahwa penulisnya ada disekitarnya. Apalagi ruang yang disediakan untuk penulisannya saja juga terbatas.

Untunglah, buku yang akan diterbitkan ini cukup istimewa. Adanya sponsor memungkinkan dihasilkan buku yang secara fisik bermutu, berbeda dari buku-buku yang banyak dijumpai, khususnya yang membahas teknik sipil, yang kebanyakan dicetak pakai hvs dan relatif tipis. Lihat saja spesifikasi yang dipilih oleh penerbit untuk bukuku tersebut, yaitu:

  • Buku ukuran 15.5 cm x 24 cm, soft-cover, jilid lem + benang, shrink
  • Cover 6 halaman art carton ivory 230 gr (rencana akan diganti yang mengkilap) 4/0, UV spot
  • Isi sekitar 700 halaman art paper matt 85 gr 1/1
  • Sisipan sponsor (warna) art paper matt 100 gr, 4/4
  • jumlah cetak 2000 eks (tahap awal)
  • Cover dengan lidah @ 8 cm, isi (depan) sponsor dan pengantarnya; (belakang) tentang penulis.

 Nah jika anda perhatikan spesifikasi di atas, ternyata ada tempat istimewa untuk menampilkan kolom “tentang penulis”, yaitu di lipatan cover belakang, atau disebut lidah cover (ini istilah percetakannya). Jadi hanya kecil, separo cover. Jika demikian tentu tidak bisa menuliskan seenaknya, seperti pada blog ini. Hanya tulisan yang terbatas jumlahnya, tetapi harus mengesankan. Nggak gampang lho.

Tapi maklum, namanya saja penulis jadi nggak masalah. Dengan program InDesign yang ternyata sangat presisi maka kolom lidah cover dapat dengan mudah dibuat. Mau tahu, ini lho :

pengantar-penulis_

Catatan : foto tidak bagus karena memang disengaja, agar filenya jadi kecil dan tidak membebani sewaktu di download.

Yang jelas, itulah salah satu ornamen pada bukuku yang segera terbit. Jangan sampai ketinggalan tidak membacanya. Salam semua.

One thought on “tentang penulis

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s