nantikan buku SAP2000 edisi 2013


Tumben, baru sekali ini di bulan Desember kita bertemu. Oleh karena itu pertama-tama, meskipun sudah terlambat, perkenankanlah saya mengucapkan Selamat Natal 2012 bagi yang merayakan dan juga menjelang tahun baru, saya ucapkan Selamat Tahun Baru 2013. Semoga apapun yang kita tinggalkan di tahun ini dapat kita syukuri keberadaannya, dan semoga pada tahun 2013 nanti akan bertambah baik adanya.

Tuhan menyertai kita semua.

Tentu akan menjadi pertanyaan, kemana saja saya selama ini. Maklum, kesibukan ternyata menyita waktu juga. Bayangkan saja di bulan November, selaku ketua panitia maka perlu fokus dan berkonsentrasi mempersiapkan acara Seminar Nasional DTP hari Kamis tanggal 29 November 2012. Syukurlah, acara berlangsung lancar. Maklum teman-teman di FDTP UPH sangat membantu keberadaan acara tersebut. Semangatnya sih dari kita untuk kita juga. O ya, di acara SNDTP ini ada satu makalah yang saya presentasikan juga lho, yaitu tentang Struktur Kayu.

Selesai acara SNDTP di Karawaci, besok harinya hari Jumat tanggal 30 November 2012, ternyata tidak boleh istirahat. Acara teman-teman di ITS sudah menunggu, yaitu Kompetisi Jembatan Indonesia ke-8. Maklum undangannya adalah sebagai Juri Nasional, jadi yah diusahakan betul. Oleh karena itu pagi-pagi benar sudah bersiap-siap untuk naik pesawat pk 5.30 dari Bandara Soekarno-Hatta, Cengkareng,  terbang ke Surabaya. Itu berarti  pk 3.00 pagi sudah start berangkat dari rumah di Bekasi. Untunglah saja acara KJI di ITS, Surabaya, cukup menarik. Maklum ini kesempatan bagus untuk dapat melihat betapa bersemangatnya anak-anak muda Indonesia berkompetisi membangun jembatan model dan mengujinya. Anak-anak Indonesia ternyata penuh ide kreatif dan berpotensi tinggi untuk maju. Acara KJI berakhir Minggu-nya, jadi baru hari Senin pulang lagi ke Jakarta.

Nggak sampai seminggu setelah acara KJI, tepatnya hari Jumat tanggal 7 Desember 2012, meluncur lagi ke Bandung. Kali ini untuk menghadiri acara yang agak lebih ilmiah, KNPTS (Konferensi Nasional Pascasarjana Teknik Sipil) ke-3,  yang diselenggarakan oleh Program Pascasarjana dan Doktoral, Fakultas Teknik Sipil dan Lingkungan di ITB, Bandung. Saya diundang kalau melihat vandel yang diberikan adalah narasumber, tetapi kalau melihat undangannya adalah reviewer. Sedangkan kalau orang melihatnya adalah sebagai moderator. Yah seru begitulah, moga-moga yang mengundang happy-happy saja.

Itu tadi kegiatan yang nampak dari luar, yang di dalam, pada waktu-waktu itu adalah masa-masa UAS di Jurusan Teknik Sipil UPH. Kebetulan saja, saya memegang 5 mata kuliah, yaitu mata kuliah [1] Kerja Praktek; [2] Struktur Kayu; [3] Bahasa Pemrograman; [4] Teknologi Bahan Konstruksi; dan yang tidak kalah berat adalah [5] Struktur Baja.

Jadi bisa dibayangkan bukan, jika blog ini tidak sempat untuk di isi.

O , hanya itu saja ya pak ?

Ada yang lupa untuk aku ceritakan. Kegiatan di atas saya kira suatu hal yang biasa-biasa saja. Saya kira setiap dosen atau guru, ya seperti itu kegiatan sehari-harinya. Oleh karena itu agar berbeda dengan mereka, maka disela-sela kesibukan itu aku tetap saja sibukkan diri dengan menulis. Jadi jangan heran bagi teman-teman di Facebook, pukul 2.00 atau 3.00 pagi, aku sapa. Maklum menghilangkan jenuh ketika mengetik sendirian.

Mengetik apa pak, padahal blog p Wir banyak bolongnya ?

Nah itulah alasannya, mengapa aku tidak menyebut diriku blogger atau sejenisnya, tetapi cukup dengan sebutan penulis. Maklum yang namanya penulis itu bisa menulis dimana saja. Nah sekarang porsi yang sedang mendapat perhatian bagiku adalah buku SAP2000 edisi 2013, edisi terbaru yang akan aku tulis.

Buku SAP2000 pak, buku yang kalau baca komentar-komentar di blog ini, banyak yang mencarinya lho p Wir !

Memang karena itulah. Tidak terasa memang, telah hampir lima (5) tahun sejak buku tersebut di terbitkan, yaitu tahun 2007. Banyak pembaca yang menanyakannya. Oleh karena itu, disela-sela waktu kesibukannya itu aku mencoba menjawabnya, yaitu dengan menulis buku SAP2000 yang merupakan kelanjutan buku SAP2000  yang lama.

Aku sebut kelanjutan karena memang ini masih berbasis buku lamaku. Tahu sendiri khan, bukuku yang lama itu tebalnya sekitar 540 halaman, terdiri dari 9 bab. Nah dari 9 bab tersebut ada sekitar 5 bab yang aku tulis ulang, aku perbaharui. Pokoknya begitulah, kalau aku menyebutnya baru, maka itu adalah belum pernah ditulis orang sebelumnya. Itu benar-benar baru, dari ide pikiranku. Bab yang aku tulis ulang itu adalah Bab 1, 2, 3 dan bab 5 serta 6.

Bab 1, 2 serta 3 lebih banyak ke masalah philosofi, khususnya bagaimana latar belakang pengetahuan yang membekali pemakaian komputer rekayasa struktur, khususnya pemodelan strukturnya. Bab itu aku tulis berdasarkan pengalamanku dalam menyelesaikan disertasi S3-ku, yang mana aku menggunakan simulasi numerik untuk mengatasi permasalahan yang aku temui, yang mana aku verifikasi hasilnya dengan memakai hasil riset eksperimental di laboratorium. Nah pengalaman itulah yang aku tuangkan di buku tersebut.

Jadi ada dong bedanya buku SAP2000 lama dengan buku baru nantinya ?

Yah jelas dong. Buku SAP2000 khan terbitan tahun 2007, dimana aku belum lulus S3-nya. Sedangkan yang sekarang khan udah lulus. Jadi mestinya ada perbedaan dong. Kalau tidak mengapa harus cape-cape sekolah lagi. Khan nggak lucu, namanya tambah gelar, tapi produknya biasa-biasa saja.

Yang jelas, buku SAP2000 yang baru ini akan bertambah sekitar 100 halaman lagi, jadi total jumlah halamannya adalah 640. Tebal juga ya. Jadi nanti kalau aku bilang bahwa buku SAP2000 yang baru ini adalah berbobot, maka jangan ragu ya, memang selain bermutu (ini menurut pendapat pribadiku lho) tetapi juga karena memang berat bukunya. Tebal gitu lho.

Lalu yang bab 5 dan bab 6 apa itu pak ?

O ya, untuk bab 5 adalah tentang desain struktur beton dan bab 6 tentang struktur baja. Bagian ini aku revisi total, bahkan dari mengulas bab yang sama sebelumnya terlihat, bahwa materi pada buku lama memang sudah out-of dated. Nanti di buku yang baru ini aku sudah mengacu pada SNI yang terbaru, dimana untuk SNI beton mengacu pada ACI 318M-2011 , sedangkan SNI baja yang baru nanti akan mengacu pada AISC 2010.

Lho emangnya sudah ada SNI beton dan SNI baja yang terbaru pak.

Belum beredar sih, tetapi aku tahu itu karena beberapa kali aku diundang ke puskim (Bandung) untuk merapatkannya.  Jadi dengan demikian, dengan membaca bukuku nanti maka kesiapan untuk menyambut SNI beton atau baja pasti akan terbantu. Jadi membaca buku ini juga wajib bagi adik-adik yang sedang belajar di perguruan tinggi.

Membaca buku SAP2000 yang baru ini adalah wajib, maklum pada bab 5 dan bab 6 ini akan diperlihatkan perbedaan antara desain beton atau baja cara manual dan cara komputer. Ternyata jika digunakan komputer akan terlihat banyak keunggulan, yang cara manualnya ternyata tidak bisa mengerjakannya.

Benar pak, bisa seperti itu isinya ?

Kamu itu koq nggak percaya sih.  Yah bisa dimaklumi, memang tidak pernah ada sebelumnya mengungkapkan hal ini. Maksud saya, memperbandingkan desain cara manual vs cara komputer. Kalaupun ada pakar yang membahasnya, maka selalu secara sendiri-sendiri. Nah, disinilah keunggulan  atau mungkin bisa juga disebut resiko, membaca buku saya. Yang jelas, dengan membaca buku saya, maka anda akan diajak kreatif, berpikir, apa memang seperti itu.

Jadi terus terang, target buku saya ini memang kepada para insinyur atau calon insinyur yang ingin maju (mau berpikir). Banyak pernyataan-pernyataan yang memang jarang disampaikan oleh para akademisi di Indonesia ketika menulis buku. Kalau mau jujur, apa yang aku tulis di buku tersebut pada dasarnya adalah seperti menuliskan pengalaman pribadi menggeluti hal itu (structural engineering). Oleh karena itu jangan heran, tulisan di bukuku nanti akan terkesan ada emosinya.  :)

Wah seru juga ya pak. Siapa penerbitnya ?

Nah itulah serunya. Buku-buku yang aku tulis, pada dasarnya mendapat sambutan hangat. Terus terang aku sering menerima ‘pujian’ tentang buku yang aku tulis, sisi lain banyak yang tidak memberi pujian tetapi langsung meminta cara agar bisa mendapatkannya, dicari gitu lho. Tentu saja itu semua membuat aku senang, apa yang aku tulis dapat diterima pembaca.

Hanya sayangnya buku-bukuku itu khan diterbitkan oleh PT. Elex Media Komputindo, penerbit yang berlatar belakang komputer atau umum. Jadi karena dibandingkan buku-buku ku yang berlatar belakang rekayasa teknik sipil dengan komputer khan jelas berbeda. Omzet bukuku kalah dengan mereka (komputer), sedangkan buku-buku komputer khan perkembangannya selalu pesat, maka dianggapnya bukuku yang masih memakai SAP2000 v7.4 itu sebagai out-of-date, ketinggalan jaman. Jadi mereka nggak mau menerbitkannya lagi.

Nggak mau menerbitkan buku bapak lagi, gitu ya pak ?

Nah itu masalahnya. Jadi selama ini, jika banyak yang meminta buku saya, maka saya tidak bisa apa-apa, maklum penerbitnya yang lama sudah merasa seperti itu, yaitu bahwa buku saya adalah out-of-date.

Jadi siapa kalau begitu yang menerbitkan buku bapak ini.

Syukurlah dik, masih ada juga orang yang peduli. Masih ada yang bisa melihat bahwa apa yang aku tulis itu adalah sesuatu yang berharga dari sisi idealisme dan juga dari sisi bisnis, yaitu kalau diterbitkan akan laku. Penerbit LUMINA Press dengan sengaja telah mengontak aku, dan menawarkan kerja sama. Aku diminta menulis buku SAP2000 kelanjutan dari buku yang lama, dengan sebaik-baiknya, dan mereka selebihnya akan membantu menerbitkan dan mendistribusikan. Puji Tuhan, jika ini benar-benar terjadi maka itu namanya “dimulai dari pikiran dan akhirnya terwujud jadi materi”.

Hanya saja ketika masuk dalam masalah detail, yang mana ternyata tulisanku menjadi buku sampai setebal 640 halaman, dan juga karena kuminta agar dapat dicetak memakai ukuran standar international, yaitu seperti buku-buku McGraw-Hill, maka harganya jadi bengkak. Lebih mahal harganya dibanding buku lama. Oleh karena itu pihak penerbit mengusulkan untuk mengundang sponsor untuk berpartisipasi pada penerbitan buku ini.

Tentang usulan itu, pada dasarnya aku tidak keberatan, maklum aku khan memegang prinsip win-win solution. Jika sponsor itu juga mendapat keuntungan dengan menampilkan iklan di buku tersebut, dan isi iklan yang dipasang tidak menyalahi visi-misi buku yang aku tulis, mengapa tidak setuju. Ya khan. Jadi biar terjangkau oleh pembacanya, gitu lho.

Hanya memang, meskipun sudah pakai sponsor, karena pihak penerbit mempertimbangkan sisi bisnis kelanjutannya maka harga buku meskipun sudah ditekan-tekan mepet, masih saja tidak murah. Sebagai gambaran buku tersebut akan di beri harga antara Rp 150 sampai Rp 200 ribu, untuk tebal 640 halaman dengan ukuran kertas 155 mm x 240 mm. Ini lebih besar dari buku lama lho, yang hanya A5 (148 mm x 210 mm). Ukuran font juga berubah dari 10pt jadi 11pt. Pokoknya nanti membacanya enak lho.

Jadi selain dari sisi content (masalah engineering yang up-to-dated) maka dari sisi tampilan juga menjadi perhatian penulis akan mutu buku SAP2000 edisi 2013 ini.

O ya, saat ini penulis dan penerbit agak ngotot-ngototan tentang pemilihan sampul atau cover buku yang akan dipakai. Maklum ada dua cover, beda style yang didesain, semuanya bagus, jadi bingung milihnya. Memang sih, ini soal selera. Tapi bagus juga jika floor dapat membantu, mana sih yang baik (banyak memilih). Ini lho dua desain cover buku yang aku maksud :

cover

Mana dari dua desain itu yang menarik, kiri atau kanan. Sangat relatif bukan. He, he siapa yang punya ilmu fengshui boleh membantu, kira-kira cover mana yang membuat buku itu jadi best seller. Maklum biasanya buku di toko buku khan dibungkus plastik, hanya dilihat dari cover bukunya saja. Jadi umumnya orang membeli buku dari melihat tampilan luarnya saja lho. Jadi cover adalah sangat penting.

Jadwal penerbit tentang buku itu adalah seperti ini. Bulan Januari 2013 adalah waktu untuk mencari sponsor, lalu naik cetak di bulan Februarti 2013 sehingga harapannya bulan Maret 2013 buku tersebut sudah beredar di pasaran. Doakan ya (maklum bagi seorang penulis, masalah bisnis penerbitan maka bagiannya hanya berdoa dan berharap saja).

O ya, bagi yang tertarik berpartisipasi membantu penerbitan buku tersebut dengan menjadi sponsor maka dipersilahkan untuk menghubungi penerbit LUMINA Press dengan kontak person H. Wijaya, nomer Telp 021- 68 11 5000 atau nomer HP 0817 489 65 09

Mohon doa restu teman-teman semua ya.

.<<up-dated>>

Eh ada tanggapan dari penerbit, menurutnya pembaca adalah raja. Jadi pihak penerbit berdasarkan komentar yang masuk segera membuat perbaikan dan mengirim cover baru sebagai berikut :

sampul6c_

Bagaimana teman-teman, bisa diterima khan.

Eh, mohon segera diinformasikan ke teman atau kenalan yang lainnya ya, biar bisa mulai menabungnya dari sekarang. Mumpung ada penerbit yang  mendukung tulisan saya ini. Maklum, ke depannya judul-judul buku yang lain sudah menanti.

<< up-dated, Minggu 30 Desember 2012>>

Enak juga ketemu penerbit yang tahu “aku”. Bahkan ketika dibilang bahwa harga segitu (antara 150-200) adalah sangat jarang dijumpai di toko buku, eh penerbitnya meyakinkanku. Jangan kuatir pak, kualitas fisik buku yang akan dicetak nanti memang akan dibikin istimewa istimewa juga. Pokoknya jelas akan berbeda jika dibanding yang hasil foto copy semata. Seperti misalnya, akan memakai jilid lipat, bukan sekedar jilid lem. Jadi ketika dibaca dapat dibuka lebar-lebar. Bahkan ketika aku mengusulkan bahwa kualitas buku minimal seperti buku steven job warna putih yang tebal, yaitu jika nggak pakai hardcover. Pihak penerbit magut-magut, bahkan diusulkan juga kalau bisa hardcover kualitas buku yang aku dapat jika aku beli buku dari Amazon.

Yah, intinya diharapkan ketika nanti ketemu buku, pas lihat dan megang fisik bukunya, orang langsung mikir “owh pantas” seperti ini toh, langsung maklum dan beli serta gak mikir-mikir lagi. Pokoknya akan ngikut pepatah, ada harga ada rupa.

76 thoughts on “nantikan buku SAP2000 edisi 2013

  1. Setuju dengan komentar sebelumnya. Yang kanan lebih elegan, lebih eye-catching, lebih “kena” pesannya (baik pesan teks / judul maupun gambar / background).

    Kalo pre-order dapat diskon ngga pak?😀 Kalo ada diskon, saya pesan sekarang… (serius lho pak)

    Suka

  2. mau kanan ato kiri,… yang penting jaminan nama si-empu-nya itu,… yang harus “eye catching”,…. (maaf tulisan pengarangnya kurang cetha,.kalo dibaca sekilas),…mungkin jenis dan ukuran font-nya perlu di review,..

    Suka

  3. jauh lebih bagus yg sebelah kanan Pak Wir..
    tapi nama penulisnya kurang mudah dibaca..mungkin bisa dicoba pake font Lucida Calligraphy ato MV Boli..
    thx..

    Ayo segera dicetak ya pak..

    Suka

  4. Pertama, selamat natal pak Wir. Kedua, saya vote cover kanan, maklum yang dilihat orang lebih dulu yaitu covernya, meskipun isi jauh lebih bernilai. ditunggu waktu terbitannya.

    Suka

  5. Saya mengucapkan terima kasih kepada teman-teman pembaca blog ini, khususnya yang berkenan memberikan komentar atas cover buku di atas.

    Ternyata pihak penerbit bersemangat atas banyaknya tanggapan berupa komentar tersebut (ini khan indikator potensi dari pembaca buku itu nantinya), sehingga langsung membuat perbaikan cover yang dimaksud dan yang jelas tentunya akan lebih bersemangat memenuhi target penerbitan yang telah ditetapkan.😀

    Mohon doanya ya teman-teman, semoga penerbitan buku tersebut lancar.

    Suka

  6. syaLom pak Wir..
    seLamat NataL.😀
    sya tdak bgtu mempermasaLahkan covernya pak yg penting isinya
    hahahha
    smga buku tersebut secepatnya terselesaikan.
    dan kLo bleh tau buku sap edsi 2013 menggunakn sap versi brapa ya pak ??
    terimakasih.

    Suka

    • Karena tujuan dari ditulisnya buku itu adalah bagaimana memakai tool SAP (structural analysis program)secara lebih baik maka versi SAP2000 bukan menjadi fokus buku ini. Versi yg digunakan jika masih bisa yg versi 7.40, maka itu yg dipakai. Versi baru digunakan jika versi lama tidak mendukung. Inilah memang bedanya buku saya dengan buku yang lain.

      Suka

  7. Wah, ini buku yang saya tunggu-tunggu. Berapapun harganya akan saya beli (asal gak terlalu berlebihan saja).🙂

    Untuk cover, desain sebelah kanan terlihat lebih modern. Desain sebelah kiri saya lihat terlihat seperti cover buku-buku jadul.

    Penjualan buku mudah-mudahan juga dapat dipesan dengan online dan dikirim via pos, pasti bisa lebih banyak menyerap konsumen. Semoga sukses dengan bukunya, pak.

    Suka

  8. Selamat Natal 2012 & Tahun Baru 2013 pak Wir.

    Senang sekali melihat semangat p’Wir mengembangkan ilmu rekayasa struktur di Indonesia melalui penulisan buku.

    Desain sampulnya dua-duanya bagus. Saya usulkan supaya sampulnya lebih menarik lagi, tambahkan gambar model struktur yang telah dianalisa, lebih menarik lagi kalo tampilan 3D.

    Sekian pak.

    Suka

  9. Salam pak wir.

    Akhirnya yang saya tunggu muncul juga.
    Sebelumnya saya ucapkan selamat atas rencana penerbitan buku lanjutan SAP2000 tersebut pak Wir.

    Mengenai cover, saya tak ambil pusing. Yang jadi pertanyaan adalah, dengan gambar gedung pada cover tersebut, apakah materinya hanya terfokus pada struktur gedung ? atau itu sekedar cover saja ?

    Oh ya, maksud dari sponsor di atas gimana itu Pak ?

    Salam andar

    Suka

    • Gedung hanya sebagai cover, utk aplikasi yg di buku bahkan belum membahas suatu gedung secara lengkap. Maklum kalau itu yang dibahas, nanti habis hanya utk hal itu, maklum yg dituju khan perilaku struktur. Jadi lebih pada komponen struktur gedung.

      Tentang sponsor, buku tsb menyediakan slot iklan bagi profesional industri konstruksi. Mereka dimungkinkan mempublikasikan portofolia produknya. Jadi win-win sifatnya.

      Jika tertarik dan ingin tahu lebih detail dipersilahkan kontak langsung penerbit LUMINA Press dengan alamat di atas.

      Suka

    • Kanan lebih ok.
      Menurut saya versi SAP nya lebih baik memakai versi yg baru, karena rasanya sebagian besar pembaca pengguna program SAP juga memakai versi yg baru, sehingga apa yg nanti dibaca mengenai SAP tsb lebih sesuai dng apa yg biasa digunakan/diketahui, ini akan lebih memudahkan pencernaan makna bahasan dalam buku tsb.

      Suka

      • Usulan anda tidak salah, itulah buku yang dituliskan dengan orientasi komputer. Adapun materi buku yang saya tulis adalah berorientasi pada permasalahan rekayasanya. Prinsip-prinsip yang disampaikan dapat juga diaplikasikan pada program dengan versi yang lebih baru. Memang tidak gampang itu, tetapi saya kira kekuatan saya adalah disitu.

        Kecuali hal itu di atas, sebenarnya yang paling penting adalah mewujudkan penerbit LUMINA Press. Maklum setelah buku ini terbit, judul-judul berikutnya yg orisinil tentunya, akan segera menyusul. Jadi usulan mas Iwan bisa dipertimbangkan untuk up-dated versi selanjutnya.

        Suka

  10. Sudah dipilih ya pak yang update cover kanan . siiipp jadi lebih bagus.

    Oia, pak mohon diupdate terus kabar penerbitan buku ini. Dan kalau bisa pemesanan jg bisa lewat online sehingga dapat menjangkau daerah daerah yang tidak mempunyai toko buku semacam gramedia.

    Semoga sukses bukunya

    Suka

    • Jangan kuatir, penerbit LUMINA Pres memang akan mengandalkan penjualan via on-line karena segmen pasarnya memang terbatas, yaitu mahasiswa dan praktisi teknik sipil atau industri konstruksi. Apalagi fokus penulisan memang pada aspek rekayasa dibanding pengoperasian software komputer. Hal itu tentu saja memerlukan latar belakang pengetahuan yang tidak asal-asalan.Yah, seperti buku-buku medis yang serius. Jadi nggak setiap pembaca awam akan memahaminya.

      Suka

  11. Semoga sukses dengan penerbitan perdana LUMINA press.

    Usul Pak Wir, bagaimana kalau bapak sebagai penulis juga menjadi dosen tamu di berbagai Universitas untuk materi yang berkaitan buku tersebut. (paling tidak dari Almamater Bapak di UGM, UI dan UnPar). Seperti kalau peluncuran buku biasanya penulisnya membagi tandatangan di toko buku saat penerbitan perdana.

    Suka

    • Terima kasih atas dukungannya.

      Peluncuran buku sekaligus kuliah tamu. Jangan kuatir, konsep yang dimaksud sudah kami pikirkan dengan pihak penerbit, bahkan sampai saat ini sudah ada pimpinan institusi PT lain yang menyampaikannya (akan mengundang).

      Karena hal itu (kuliah tamu) tidak jauh-jauh dari pekerjaan seorang GURU, maka saya jelas menanggapinya dengan senang hati. Moga-moga semuanya dapat berjalan lancar, semoga Tuhan yang maha baik mewujudkannya.

      Suka

    • Struktur komposit yang kamu maksud tentunya dalam bentuk elemen struktur, seperti balok komposit bukan. Maklum kalau dalam kategori struktur global, maka penggunaan berbagai jenis material tidak menjadi masalah untuk analisis dengan program semacam SAP2000. Apalagi jika analisisnya masih dalam kategori elastis linier, maklum materialnya khan hanya didefinisikan sebagai Modulus Elastis (E), suatu nilai numerik yg tertentu saja.

      Sedangkan pembahasan tentang balok komposit dalam kategori elemen , saya rasa tidak cocok untuk dibahas dalam buku semacam di atas. Cocoknya untuk buku ke-2 yang sedang ditulis, yaitu “Perencanaan Struktur Baja”. Itu baru pas.

      Dengan latar belakang seperti itu, maka pada buku yang akan dicetak ini, materi tersebut belum ada atau bahkan tidak akan dibahas karena sudah ada judul lain yang siap menampung.

      Suka

  12. Semoga Penerbitan Bukunya sukses Pak WIr 🙂

    Oh ya Pak Di buku Sap Edisi yg Ke-3 ini apa Bapak Membahas Masalah Push-over yah Pak?? Trims

    Suka

    • Terima kasih.

      Tetapi bagaimanapun saya sadar dan tahu sekali, bahwa yang namanya KEPERCAYAAN adalah sesuatu yang sangat berharga, harus dijaga dan dipertahankan. Jangan sampai akhirnya menimbulkan KEKECEWAAN.

      Nah, untuk yang terakhir itulah maka dimohon bantuannya juga. Bagaimanapun juga namanya manusia, jadi bisa juga “teledor”.

      Suka

  13. Oya pak untuk kwalitas kertas pun tolong jadi perhation,covernya bagus,jenis jilidane bagus,kalo kertasnya memble kan sayang….cover yang revisian top bgt….

    Suka

  14. sy pili yang kanan pak…..tetapi masih kurang kayanya, mgkn krna gedungnya lg proses d bangun atw saran saya lebih diperlihatkan strktur utamnya atu lebi diperlhtkan kecanggian dr sap2000 dr covernya…,
    klw cover ini kyanya msih cocok2 untuk buku2 manajemen konstruksi pak..
    ehehee…..,kayanya pendapat sy gak sesuai ya dngn para comentator diatas heheheheeh

    Suka

  15. selamat pak wir, semoga bukunya cepet beredar dan membantu engineer-engineer muda indonesia dalam berkarya, nah untuk masalah cover saya rasa oke-oke saja, yang penting isinya dan mungkin “nama” pak wirnya saja yg agak di perjelas pak…

    Suka

  16. Kanan lebih dominan dari jauh., kalo usul saya karena berkenaan dengan komputer gambar PC-nya juga diikut sertakan, bisa saja bentuk logo kecil tampilan dua dimensi atau 3d.. Yang penting peran PC nya gak dilupakan.. Itu aja pak semoga sukses..

    Suka

  17. Bersyukur saya…
    sebelumnya saya masih berkutat di postingan buku bapak sebelumnya yang terbitan elexmedia.. 🙂
    jadi kapan pak jadi terbitnya.. saya harap buku ini mudah dicari di seluruh kota…, dan saya langsung bungkus 1 ..😀

    Suka

  18. Ping balik: lowongan – Bridge Engineers | The works of Wiryanto Dewobroto

  19. Teringat, ketika saya menemukan blognya p. wir beberapa waktu yg lalu. Saya sangat terkesan dengan cara penulisan p. wir yang lebih bergaya sastra daripada teknis. Begitu tahu ternyata p. wir juga nulis buku saya langsung berburu ke toko buku TOP yang ada di Malang. Tapi ternyata sudah gak ada lagi di rak, adanya di komputer dan tertulis “stok kosong” hehehe….. mudah-mudahan edisi ini “kumanan” dan semoga sesuai dengan harapan semua orang.

    Maturnuwun P. wir

    Suka

    • Helmy dan teman-teman lain yang berharap banyak pada buku terbitan saya yang baru, diucapkan terima kasih.

      Status penerbitan buku tersebut semakin optimis, tanggapan industri konstruksi untuk mau jadi sponsor, ternyata sangat positip. Sambil menunggu komitmen sponsor mengumpul semua. Saat ini sedang dibuat oleh pakar web, mengenai website LUMINA Press-nya. Jadi nanti mekanismenya seperti Amazon punya. Hanya tidak pakai kartu kredit, tetapi transfer Bank saja. Minggu depan ini, diskusi tentang format untuk percetakannya. Penerbit LUMINA rencananya akan memakai perusahaan percetakan no.1, agar hasilnya memuaskan.

      Untuk lebih menarik perhatian pembaca, pada sampul belakang buku akan ditampilan juga testimoni dari para pakar. Expert dari Australia masih tetap dipertahankan, maklum Bab 8 tidak ada perubahan yang berarti dari versi sebelumnya. Untuk bab baru, yaitu Bab 6 tentang Desain Struktur Baja sudah mendapat testimoni positip dari Prof jembatan. Adapun saat ini, bab lain yang baru, yaitu Bab 5 tentang Desain Struktur Beton sedang dievaluasi dan akan diberi catatan oleh Prof bidang struktur beton. Jika ada yang kurang baik, akan segera diperbaiki (mumpung belum dicetak) dan bila ada yang positip, akan dijadikan jargon pemasaran. Pokoknya buku tersebut akan berbobot, tidak sekedar karena tebalnya (640 halaman) tetapi memang isinya lain.

      Suka

  20. Ping balik: mendesain buku | The works of Wiryanto Dewobroto

  21. Ping balik: tentang penulis | The works of Wiryanto Dewobroto

  22. Walaupun saya masih pemula dalam Aplikasi SAP 2000, tapi saya sangat menunggu terbitnya buku tersebut. Untuk cover, saya cenderung memilih yang kanan ( warna cover gelap ) karena kesannya ada kekokohan disitu, suatu struktur bangunan yang diutamakan adalah kuat / kokoh disamping segi artistiknya.

    Suka

    • sabar ya dik, maklum layout sponsor ternyata juga penuh pernak-pernik, nggak terduga. Pantes sampai ada sekolah DKV (desain komunikasi visual). Ini juga sedang konversi dari Word ke InDesign, ternyata perlu kurva pembelajaran tersendiri.😀

      Suka

  23. Pak Guru, aku juga ikut waiting list. Saya juga ikut waiting list.
    Aku dan saya berharap dan berdoa agar bukunya lancar dicetak dan didistribusikan, serta laku banyak. Aku dan saya tidak ketinggalan dapat jatah. Semoga akhir Februari 2013 sudah ada di toko buku dan aku pasti membeli. Saya juga yakin pasti membeli. Salam sejahtera.

    Suka

  24. Pak Wir, periode yang lalu saya ketinggalan, sehingga tidak dapat jatah beli buku Aplikasi Rekayasa Konstruksi dgn SAP2000 sebelumnya. Stock kosong. Padahal minat 100%. Semoga kali ini gak ketinggalan lagi tuk beli.

    Walau masih mahasiswa dan dana terbatas, tapi kalau tuk ilmu dari buku pak Wir, jauh hari dananya sudah berhasil saya kumpulkan ^^ . Semoga buku yang dimaksud segera rampung tuk diterbitkan dan mudah didapatkan. Amiin.

    Suka

  25. Untuk semuanya yang telah sabar menunggu,

    saat ini semua rencana berjalan lancar, baik dari segi sponsor maupun pengurusan ISBN. Adapun progress yang sedang berlangsung adalah konversi dari Microsoft Word ke program layout yaitu Adobe Indesign. Itu diperlukan agar diperoleh presisi yang tinggi untuk hasil cetakannya.

    O ya, untuk percetakannya, ini akan didukung oleh percetakan besar di dalam negeri, pakai kertas art-paper-matte 85 gr, kertas terbaik (termahal) yang bisa dicetak oleh percetakan tersebut. Meskipun kertasnya lebih baik dari sekedar HVS (buku lama) tetapi karena ada dukungan sponsor maka harga, tidak ada perubahan.

    Maklum, karya tulis ini nanti diharapkan tidak sekedar menjadi buku terbitan, tetapi diharapkan dapat menjadi semacam master-piece. Agar dapat dikenang sampai akhir jaman.😀

    Suka

  26. pak jangan lupa buat sy yg dilombok karena banyak sekali lulusan teknik sipil di sini masih kekurangan buku sap2000,..bisa jadi peluang pasar nih di Lombok…

    Suka

    • Jangan takut, ini pihak penerbitnya sedang mempersiapkan website nanti alamatnya di http://lumina-press.com . Sedang dibuat oleh web master. Jika sudah on-line, silahkan pesan. Harapannya sih website tersebut bekerja seperti amazon.com. Silahkan ditunggu ya, ini semua di sini, pihak penulis, editor, webmaster dan penerbit sedang bekerja keras untuk mempersiapkan yang terbaik. Harapannya sih jangan sampai pembaca kecewa. Thanks.

      Suka

  27. Pak Wir yth,
    Saya adalah orang yang ikut antusias menunggu buku bapak yg terbaru ini terbit karena sulitnya saya mendapatkan buku2 sipil yg update dan lengkap saat ini. Saya perhatikan untuk section teknik sipil di toko2 buku semakin kecil saja.

    Kemarin saya bertemu dengan Prof Iswandi Imran dari ITB dan beliau merekomendasikan buku dari pak wir. Saya terkejut karena kata beliau pak wir sudah release buku. Wah.. apa saya yg tidak update ya pak wir?

    Suka

    • Ya betul, Prof. Iswandi Imran adalah salah satu tokoh teknik sipil yang dipilih untuk memberi tanggapan atas beberapa bab di buku tersebut. Masih ada tiga tokoh lain yang senior, yang komentarnya ditampilkan di sampul belakang buku.

      Posisi buku, saat ini sudah selesai pada tahap lay-out, selanjutnya akan diproses di percetakaan untuk bikin dummy, diperiksa dulu, dan setelah final (mantap) baru di-release. Harapannya sih pertengahan atau akhir April sudah bisa launching.

      Doakan ya.

      Nb: o ya, nanti penerbitnya akan meluncurkan website khusus, yaitu http://lumina-press.com. Saat ini sedang dalam tahap pembuatan.

      Suka

  28. wah…buku mantap mau lahir kembali ni, dulu waktu masih kuliah beli buku aplikasi rekayasa konstruksi dengan sap2000 butuh perjuangan gubek-gubek 3 toko buku besar baru ketemu, itupun tinggal satu (maklum nabungnya kelamaan he….he….)

    Saya ucapkan Trimakasih dan selamat pada pak Wiryanto serta penerbit Lumina-press atas rencana penerbitan buku sap edisi 2013 serta solusi penjualan secara online.

    Tetap semangat untuk berkarya pak Wir….

    ndaftar ikut ngantri ah…..

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s