daftar makalah SNDTP-2012


Rencana Fakultas Desain dan Teknik Perencanaan UPH untuk mengadakan seminar atau temu ilmiah antar dosen-dosen Desain (Desain Komunikasi Visual, Desain Produk, dan Desain Interior); Arsitek dan Teknik Sipil pada hari Kamis, tanggal 29 November 2012 di Kampus UPH Karawaci diharapkan dapat berlangsung lancar. Maklum, sudah ada kurang lebih 36 pemakalah dari berbagai institusi pendidikan tinggi di Jawa ini yang telah mengirim papernya. Institusi yang dimaksud adalah:

Adanya berbagai peserta pemakalah dari berbagai macam institusi yang terlibat maka salah satu tujuan SNDPT-2012 untuk berbagi bagi negeri tentu sedikit banyak sudah teralisir. Ada penyebar luasan gagasan.

Hebatnya lagi, ini merupakan seminar ilmiah pertama di Fakultas Desain Teknik Perencanaan UPH yang melibatkan materi Desain. Maklum, selama ini yang paling aktif mengadakan seminar ilmiah adalah Jurusan Teknik Sipil dan juga Arsitektur. Tetapi ternyata kekuatiran awal, bahwa tidak ada makalah dari teman-teman Desain, tidak terbukti. Maklum, selama ini mereka khan dianggapnya lebih suka berkarya langsung (bikin patung, gambar dan semacamnya). Ternyata seminar SNDTP-2012 tahun ini bahkan sebagian besar diisi oleh teman-teman dari Desain, dengan porsi terbesar dari Bandung (ITB dan Maranatha). Jika tidak percaya ini daftar makalah Desain yang akan dipresentasikan di seminar nasional tersebut.

O ya, diantara daftar di atas, ada judul dengan warna abu-abu, yang terlihat samar-samar. Itu yang sampai saat ini belum diterima, sehingga bisa saja dipresentasikan tetapi jika minggu besok belum diterima maka tentu tidak bisa masuk di prosiding.

Ada prosiding ya pak ?

O ya tentu saja, dari seminar tersebut akan diterbitkan prosiding dengan ketebalan sekitar 380 halaman. Harganya relatif murah hanya Rp 200 rb. Ini tentu saja bisa karena tidak ambil keuntungan sedikitpun.

Pak Wir menulis makalah nggak pada acara SNDPT-2012 ?

O belum ada ya di daftar di atas. Wah kalau yang namanya menulis. Tentu sajalah, seperti biasa nggak menulis koq rasanya belum bekerja.🙂

Ini ada daftar berikut yang memperlihatkan judul makalah saya:

Pada kesempatan seminar ini, karena teman-teman yang datang adalah lintas ilmu, maklum ada Desain, ada Arsitek dan ada Teknik Sipil maka saya mengambil topik tulisan tentang bahan material kayu.

Lho tentang kayu ya pak Wir, apa itu tidak out-off-date, khan sudah kuno !?

Itulah keistimewaan tulisan saya kali ini. Jika di perguruan-perguruan tinggi lain, mata kuliah kayu yang umumnya tidak dijadikan mata kuliah unggulan maka saya di Jurusan Teknik Sipil mencoba melihat dari kaca mata lain. Lihat saja judulnya, REVITALASI. Itu khan usaha membuat bergairah lagi tentang kayu. Untunglah sobat Dr. Yosafat dari Bandung juga mendukung akan memberi materi serupa, tentang kayu. Nah karena di SNDTP-2012 itu materi kayu cukup dominan maka itu sekaligus aku jadikan kelas khusus agar mahasiswaku yang sedang mengambil mata kuliah Struktur Kayu “harus” ikut disitu. Maklum, Dr. Yosafat khan riset disertasinya tentang kayu, aku minta nanti mahasiswaku untuk bikin pertanyaan banyak, mumpung ada ahlinya.

Gitu ya pak, kalau begitu mahasiswa dari perguruan tinggi lain, yang ingin belajar lebih tentang kayu boleh ikut dong.

Lho lha jelas boleh, peserta dari luar cukup membayar Rp 100 rib untuk ikut, ya sekedar mengganti biaya seminar kit dan lunch. O ya, bagi yang tertarik beli prosiding, harus bayar khusus Rp 200 rb. Relatif murah lah, karena materinya saya usahakan sebaik mungkin.

Jangan lupa di Gedung D-502, Kampus UPH Lippo Karawaci, hari Kamis, tanggal 29 November 2012.

 

3 thoughts on “daftar makalah SNDTP-2012

  1. Mahasiswa adalah generasi calon pemimpin negeri, kalau sejak jadi mahasiswa sudah dilatih utk membuat makalah yang bermanfaat bagi sesama, ini merupaka sebuah energi yg positif buat bangsa… Selamat buat mahasiwa-mahasiswa. Hidup mahasiswa… Hidup SNDTP 2012….

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s