wishes for 2012


Harapan adalah motivasi yang dapat menghibur kehidupan kita, membuat kita dapat bermimpi dengan tersenyum dan menjalaninya dengan penuh semangat. Harapan tentunya adalah sesuatu yang belum dapat kita raih saat ini. Bagaimanapun hidup itu adalah dinamik, selalu berubah, sebagaimana berjalannya waktu. Tidak ada yang tetap.

Sukses itu adalah orang yang dapat mewujudkan harapan-harapannya ditengah perubahan-perubahan yang terjadi, yang akhirnya mengakibatkan rasa syukur di hati. Jadi yang terlihat sukses pada seseorang, belum tentu itu sebenarnya sukses bagi orang itu sendiri. Kita biasanya menganggap orang lain sukses, berdasarkan kriteria dari harapan yang kita miliki.

Apa harapan anda di tahun 2012 ini.

Adakah yang berpengharapan agar KPK di tahun 2012 ini dibubarkan. Ups, ini kayaknya nggak perlu diomongkan, nggak relevan dengan kehidupan seorang dosen. Jadi harapan yang layak bagi kehidupan seorang dosen itu apa ya ?

Murid-muridnya banyak dan jadi pintar pak !

Lho kalau itu sih bukan harapan lagi. Itu khan bagian dari pekerjaanku, setiap dosen harusnya khan haru membuat  muridnya jadi pintar, tepatnya menjadi percaya diri dengan ilmu yang diajarkannya. Kalau nggak bisa, lama-lama nggak ada yang mau jadi murid. Apalagi universitas swasta seperti tempatku bekerja ini. Sekarang sudah nggak jamannya ngejual perguruan tinggi karena kehebatan gedungnya saja, tetapi juga kinerja dosen-dosen di dalamnya. Iya khan.

Jadi kalau begitu apa dong yang disebut harapan tahun 2012 itu.

Begini dik, harapan adalah sesuatu yang hasilnya masih memerlukan kerja atau campur tangan pihak luar. Bukan dari diri sendiri. Jika kita bisa usahakan penuh, itu namanya target. Harapan dalam hal ini masih perlu juga doa, agar tidak ada faktor x yang menghambat terwujudnya harapan itu. Kalau begitu apa ya harapan di tahun 2012. << bertanya-tanya mode on>>

Eh sebentar, ini ada ucapan selamat tahun baru dari USA, ini isinya :

Subject: Holiday Greatings and HIBE Report

Dear Colleagues:

On behalf of Prof. Wai-Fah Chen and Mr. Joe Clements, Senior Acquisitions Editor at CRC Press, I would like to send our best wishes and warmest greetings of the season from US for a happy holiday to you and your family. And we wish you great health, happiness and prosperity in the New Year!

I would like to report you that following 28 chapters have been submitted to CRC Press for publication: Canada, USA, Argentina, Brazil, Bosnia, Bulgaria, Croatia, Czech, Denmark, Finland, France, Greece, Macedonia, Poland, Russia, Serbia, Slovak, Ukraine, China, Indonesia, Japan, Taiwan, Thailand, Iran, Turkey, Highest Bridges, Benchmark Bridges, Longest Bridges.

I expect that three outstanding chapters, Hungary, Korea, and Egypt will be submitted by the end of this year.

The T&F/CRC Press will start the Handbook publication process from January 2, 2012.

You will be informed during publication process.

The Handbook of International Bridge Engineering with the theme “Bridge the world in the 21st Century” is a great success with all of your unselfish contributions.

Thank all of you again!

Lian Duan

Email pendek yang datang sebelum hari Natal. Ini ternyata membangkitkan harapan lagi, yang tempo hari cukup lama  tidak terdengar kabar beritanya. Yah, kelihatannya isi berita di email tersebut dapat menjadi harapan di tahun baru ini bagi seorang dosen yang nulis blog ini. Tapi eh, coba lihat lagi, yang tampil di email itu bukan namaku lagi, tapi nama Indonesia. Jika demikian apakah itu dapat menjadi harapan bagi semua engineer Indonesia. Jika demikian,  mohon doa dan restu anda-anda sekalian agar apa yang disampaikan Dr. Lian Duan di atas dapat terwujud di tahun 2012 ini.

Atas doa restu teman-teman dimana saja, diucapkan banyak terima kasih. Semoga rahmat dan perlindungan Tuhan menyertai kita semua. Amin.

10 thoughts on “wishes for 2012

  1. Happy New Year 2012 pak Wir, wish for the best… Semoga sukses untuk buku Bridge Engineering-nya pak, akhirnya bisa tercantum kata ‘Indonesia’ hehehe, mohon doa restu juga untuk buku Seri 2 kami yang akan segera terbit tahun ini🙂

    Suka

  2. pak wir.. saya mhs yang sedang tugas akhir tentang beton pracetak. itu proses fabrikasinya seperti apa ya pak? sekilas yang pernah saya dengar itu proses curingnya di masukkan ke dalam ruangan khusus. tapi saya belum jelas pak.
    mohon bantuannya pak..
    terima kasih..🙂

    Suka

  3. halo pak wir..mohon bantuan penjelasannya ya,mengenai strain gage.
    1. apakah jenis strain gage yang dipakai untuk kayu, berbeda dengan strain yang dipakai pada beton dan baja?
    2. hal apa saja yang perlu dipertimbangkan dalam pemilihan strain gage?
    3. apakah kabel yang akan dihubungkan ke strain gage bisa dibeli di toko listrik biasa?atau harus dipesan bersamaan dengan pemesanan strain gage?
    sekian, terimakasih…

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s