jawaban UAS Fisika Mekanika 2010


Wah cukup lama saya tidak menulis di blog ini, padahal cukup banyak event dan ide yang ingin aku sampaikan. Tetapi yah begitulah, meskipun hanya menjadi dosen, ternyata waktunya berlalu begitu cepat. Kalau sampai di rumah rasanya sudah capai, yah maklum menempuh lalu-lintas kota Jakarta, tahu sendiri khan kondisinya.

O ya, minggu ini adalah hari-hari ujian akhir semester (UAS) di Jurusan Teknik Sipil, Fakultas Desain dan Teknik Perencanaan, UPH. Oleh karena itu agar dapat “sekali merengkuh dayung , dua atau tiga pulau terlampaui“, yaitu dapat mengisi blog ini dan juga dapat bekerja maka ada baiknya aku up-load khan materi penyelesaian soal UAS mata kuliahku yang kemarin Selasa aku ujikan, yaitu Fisika Mekanika (3 sks).

Materi itu diberikan pada semester 1, sebagai pengantar atau introduction pada mata kuliah Mekanika Teknik lanjut. Aku diminta mengajar di semester 1 karena jurusan ingin mengikuti saran asessor BAN, yaitu agar mata-kuliah utama di semester satu, yang mana mahasiswanya adalah baru, dapat diberikan oleh dosen senior. Maksudnya jika senior, tentu dosen tersebut dianggap cukup kompeten dengan materi yang diajarkan sehingga dapat memberi penjelasan secara lebih baik.  Suatu harapan yang penuh dengan tantangan, karena saya kira itu tidak sekedar berkompetensi, tetapi bagaimana kemampuannya dalam menarik minat mahasiswa dalam mengajarkan materi tersebut.

Mampu menarik minat mahasiswa.

Wah suatu harapan yang terus terang saya tidak yakin dapat melakukannya. Adapun yang bisa saya berikan adalah hanya berusaha berbuat yang terbaik menurut cara pikir saya sendiri. Karena saya juga berkeyakinan bahwa apa yang menurut saya sendiri sudah terbaikpun kadang-kadang bisa saja dianggap belum baik oleh orang lain. Benar nggak.

Oleh karena itulah maka langkah pertama yang harus dilakukan adalah menyenangi bidang yang diajarkan dan menikmatinya. Oleh karena itu karena saya ini pada dasarnya adalah seorang penulis, maka ketika menyelesaikan penyelesaian soal UAS inipun aku tulis sebagaimana seorang penulis yang baik, yaitu enak dilihat dan juga jika dibaca.

Aku menulis jawaban soal ini dengan menikmatinya, jadi jangan heran jika hasilnya seperti itu. “Do it with passion” begitu caraku menikmati kehidupanku sebagai dosen.

Jawaban UAS itu aku buat, sebagai contoh juga ke mahasiswaku, bahwa dosennya juga menyelesaikan secara manual soal-soal mekanika yang aku ajarkan. Maklum, dalam mengajar materi tersebut maka seperti yang biasa aku sampaikan  bahwa belajar materi mekanika adalah tidak hanya dibaca, tetapi harus dikerjakan, yaitu melalui latihan menyelesaikan soal-soal yang ada. Maklum materinya sangat bervariasi,  sehingga tidak bisa hanya mengandalkan hapalan tetapi perlu dipahami / dimengerti.

O ya, rasa-rasanya materi pada soal ini tidak terdapat pada buku-buku teks, tetapi seperti biasa aku ambil dari awang-awang (hasil melamun).

Semoga berguna juga bagi teman-teman yang membutuhkannya. O ya, jika ada yang keliru mohon diberitahukan saja ya, maklum dikerjakan, selesai dan  langsung aku up-load-khan di blog ini.

 

Jika tidak terbaca dengan baik, silahkan saja download file *.pdf (147 kb) di sini.

2 thoughts on “jawaban UAS Fisika Mekanika 2010

  1. Ping balik: Zero Point Energy (ZPE): Energi dari ketiadaan? - Info - Artikel Unik, Lucu, dan Menarik

  2. Ping balik: Arti Jawaban Cewek Saat Cowok Menyatakan Cinta - Info - Artikel Unik, Lucu, dan Menarik

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s