jawaban UTS – Fisika Mekanika


Fisika Mekanika adalah salah satu nama mata kuliah di Jurusan Teknik Sipil, materi merupakan introduction to Structural Analysis yang lebih spesifik. Oleh karena itu topik pembahasannya adalah mekanika umum statik benda yang dijumpai sehari-sehari. Intinya bahwa benda yang diam (stabil) adalah jika telah bekerja gaya-gaya aksi dan reaksi sekaligus dalam kondisi kesetimbangan.

Disebut introduction karena diberikan pertama kali di semester awal bagi para mahasiswa baru. Ini merupakan tantangan bagi dosennya, bagaimana membuat mata kuliah ini menjadi mata kuliah yang tidak menakutkan, syukur-syukur dapat menjadi salah satu matakuliah yang disenangi oleh mahasiswanya. Bagaimana lagi, topik yang dibahas akan digunakan terus sebagai dasar pada mata kuliah mata kuliah selanjutnya. Ini khan topik utama di bidang teknik sipil, yaitu membahas tentang gaya-lendutan-keseimbangan.

Untuk ujian tengah semester kali ini, untuk bobot 3 sks, yaitu 150 menit ujian maka aku coba pilihkan tiga soal yang aku ambil dari buku teks karangannya Hibbeler (Mechanic of Material). Aku coba pilih yang gampang-gampang, dengan asumsi sebagai pemanasan.

Dugaanku ternyata benar, kira-kria 75% telah selesai sebelum menit ke 120. Sudah pada mengumpulkan, dan hanya sekitar 25% yang harus menghabiskan waktu selama 150 menit tadi. Pada waktu mengetahui hal tersebut, aku lega, wah beres mereka pada bisa, jadi besok lagi bisa ditingkatkan bobotnya.

Ketika mulai aku periksa. O ya, sebelum aku periksa maka aku membuat terlebih dahulu lembar jawabannya. Lengkap. Dengan jawaban tersebut maka aku tinggal bandingkan, jika sama berarti nilainya ok, jika tidak maka dilihat dulu, apakah ‘jalannya’ bisa dimengeti atau tidak, jika ya, diberi nilai, tetapi jika tidak bunyi yang tidak dikasih nilai. NOL.

Ternyata, anggapanku bahwa mereka pada bisa mengerjakan, karena sudah keluar sebelum waktunya, adalah tidak benar. Banyak dari mereka yang nilainya kurang dari 30 (dari skala nilai 100). Bayangkan saja, padahal nilai < 45 dianggap tidak lulus, atau E. Wah ternyata selesai cepat tidak jaminan bisa ya.πŸ™‚

Meskipun banyak yang nilainya jelek, tetapi aku lega ada dua orang yang nilainya 100. Itu artinya apa yang aku sampaikan dapat dimengerti. Juga ada beberapa yang diatas 70. Jadi lega deh.

Ini soal dan jawaban yang aku buat untuk UTS (ujian tengah semester) Fisika Mekanika tahun akademik 2010/2011 berikut:

Tampilannya profesional khan. Kecuali soalnya yang aku scan dari Hibbeler maka yang lain-lain adalah asli / orisinil pekerjaanku. Persis buku cetak khan.

Jika tertarik dan menganggap itu terlalu kecil maka down-load aja versi aslinya berupa file PDF size 285 kB. Klik aja ini.

7 thoughts on “jawaban UTS – Fisika Mekanika

  1. soal-soalnya menarik pak. soalnya disertai gambar-gambar real, biasanya kan cuma sudah dalam bentuk idealisasi struktur. apa soal-soal ini bapak buat dan gambar sendiri?
    oya pak, di soal nomor 1. struktur rangka batang (warren truss) itu fungsinya sebagai apa pak?
    terima kasih pak.

    Suka

    • Gambar realnya saya scan dari buku “Engineering Mechanics – Statics 9th Ed.” karangannya R.C Hibbeler. Gambar itu perlu untuk menunjukkan kepada anak-anak yang baru mau menggeluti mekanika teknik pertama kali, bahwa antara struktur real dan model tidak perlu harus sama. Model adalah penyederhanaan struktur real agar dapat dianalisis dengan metode yang ada, dalam hal ini adalah persamaan keseimbangan statis tertentu.

      Warren adalah nama sebutan untuk struktur rangka batang yang bentuknya adalah seperti gambar di atas. Sebutan ini ada karena buku-buku barat banyak merujuknya. Karena kita bacanya buku mereka maka kita jadi mengenalnya. Fungsinya, ya memikul beban di atasnya untuk diteruskan melalui aksi aksial pada batang-batangnya.

      Suka

  2. Wah, padahal pas pertemuan responsi terakhir, sy mau rekomen buku Hibbeler ke mhs.. Bukunya sudah ada di tas saya.. Tapi mendadak tidak bisa hadir.. πŸ™‚

    Ternyata, anggapanku bahwa mereka pada bisa mengerjakan, karena sudah keluar sebelum waktunya, adalah tidak benar. Banyak dari mereka yang nilainya kurang dari 30 (dari skala nilai 100). Bayangkan saja, padahal nilai < 45 dianggap tidak lulus, atau E. Wah ternyata selesai cepat tidak jaminan bisa ya.πŸ™‚

    😦 😦

    Suka

  3. wah Pak Wir
    saya salah nomor 1
    saya kira gaya di titik A tidak di anggap, shingga saya masukkan gaya equivalent = 4000
    jadi titik x ketemuny di 2.5 ..
    ternyata benar y 2.2
    T_T

    sya rasa sya slah yg itu sja, sdangkan nomor 2 dan 3 jwbn sya bnar

    di nomor 2 , stlah ktemu Bx dan By saya masukkan lagi jadi resultan hahah.

    kalo dihitung brarti sya slh 1, brarti point saya 67 ya.
    hmm

    Suka

  4. waduh pak wir….
    saya no 1 salah jugaa…
    saya pikir gayanya terserah brp besarnya yang penting momennya 10000
    saya masukkin gaya 5000 N di 2 m dari A…..
    Ongkos tulis dong pak…. hahaha

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s