gadget


Meskipun sudah tahu lama, tetapi mencoba memilikinya baru sekarang. Itu saja setelah menabung dulu. Akhirnya Blackberry Bold 9700 ada ditangan.

Aku bilang luar biasa, sangat berbeda sekali dengan Nokia E51 ku yang dulu, yang umumnya hanya aku gunakan untuk SMS dan telpon-telponan biasa.

Keunggulan yang terasa adalah kemampuan untuk mengelola email, mulai dari account Centrin-ku, juga email di Yahoo, Gmail bahkan account-ku di UPH.

Jika memakai BB ini aku bahkan tidak perlu login berulang-ulang, mengetik email seperti mengetik SMS, juga mengirimkannya. Bisa dimana saja.

Lebih hebat lagi, aplikasi WordPress versi BB juga ada. Tampilannya juga pas dengan layar gadget ini. Kamu tahu, artikel ini juga aku tulis via BB sambil tidur-tiduran. Wo asyik!

Kelemahannya yang aku lihat adalah harus sering di charge battery-nya.

Berminggu-minggu makan tempe ternyata nggak rugi lho.πŸ™‚

28 thoughts on “gadget

  1. Ping balik: Tweets that mention gadget | The works of Wiryanto Dewobroto -- Topsy.com

    • yah monggo, siapa tahu bahkan saya bisa memanfaatkan E51 tadi dengan baik.

      Terus terang saya agak kecewa dengan E51 hanya tampilannya saja yang ok, untuk timer waktu saja nggak ada fasilitasnya. Juga untuk mengunduh email centrin.net.id sih bisa, tapi hanya membaca saja, itupun menunggu agak lama connect dulu dengan server Centrin. Oya, saya pakai kartunya AS, yang BB pakai XL.

      Suka

  2. Ping balik: Blackberry Bold 9700 vs Nokia E51| Tak Terima E51 di bilang Kalah dari Bold 9700 | Blognya Adit38

  3. Onyx canggih ya ampe ga pny radio fm, ga bs video call, gmn fitur2 office nya? Ud full version smua?
    Asal tau aja, keunggulan bb hny di BBM..
    Coba adu aja onyx ma E72.. Lbh powerful yg mana?

    Suka

  4. @adit38, Alexandre dan Ajipranata

    Kalau saya pikir-pikir lagi, memang semuanya itu tergantung orangnya. Apalagi punya semangat ‘ngoprek’, semangat pejuang, ibarat ‘punya bajai doang juga bisa untuk pulang mudik‘.πŸ™‚

    Saya mungkin termasuk tipe-tipe yang statis, beli apa adanya, dan nggak pernah dioprek-oprek lagi. Standar sesuai bawaan pabrik, nggak tambah asesori apa-apa, paling casing. Itupun dengan asumsi takut lecet. Jadi meskipun pernah punya SE T61, Nokia E51 tapi rasa-rasanya fungsinya sama seperti Nokia 300-an ribu. Hanya buat telpon dan sms doang. Bahkan dirasa kurang karena nggak ada radio dengan internal antena seperti punya Samsung E2120.

    Dengan latar belakang seperti itu, dan dengan bantuan anakku yang putri ternyata bisa melihat bahwa BB di atas sangat berbeda dibanding hp-hp-ku sebelumnya. Dengan hanya geser-geser kiri dan kanan lalu klik dapat dengan mudah mengakses email (terima dan kirim), mengelola, masuk ke Detik.com, atau Kompasiana atau WordPress-ku. Jadi faktor kemudahan itulah yang mungkin membedakan dibanding hp-hp sebelumnya.

    Jadi bagi bapak-bapak atau ibu-ibu yang tidak terlalu suka ngoprek, ingin praktis, rasa-rasa dengan harga yang tidak beda dengan smartphone produk Nokia atau SE maka BB patut dipertimbangkan. Signifikan koq. Semua software-software dapat dengan mudah diunduh di internet.

    O ya, ada yang khas memakai produk tersebut. Coba deh ke situs WordPress.com, atau Kompas.com disana tersedia software unduhan gratis untuk dipakai BlackBerry, juga iPhone. Nggak ada tuh yang khusus untuk Nokia atau Huawe. Kenapa ya. Mungkin memang nggak perlu karena pasti dioprek-oprek nantinya.πŸ™‚

    Suka

  5. Hehe…, iya pak.
    Konsep semua tinggal pakai itu yang membuat nokia pasarnya mulai tergerus oleh iphone dan BB.

    Rasanya saya dan pak wir memang dari dunia berbeda, jadi ga perlu diperdebatkan.

    Tulisan saya itu kan bukan mencari mana yg terbaik, hanya sebuah ekspresi dari tulisan pak wir, dan sesuai salah satu tema di blog saya yang mengedukasi pengguna ponsel bahwa ponselnya menyimpan potensi yang luar biasa jika kreatif.

    Jadi tulisan pak wir ini benar2 menginspirasi saya.

    Btw…, kalau pak wir jalan2 ke kompas pake e51, sudah ada tulisan aplikasi kompas buat e51 koq.πŸ™‚

    Suka

  6. Pak Wir,

    Selamat atas BB baru nya..
    Sms PIN BB nya dong..

    trims

    Note:
    BB bisa menyebabkan penyakit AUTIS AKUT bagi orang dewasa.
    hehehehe…

    Syallom..

    Suka

  7. mau ikut komentar ah…..
    Kalo nambah aplikasi dan memaksimalkan fitur ponsel itu blum termasuk oprek pak..

    saya suka ma tulisan bapak, tapi jangan menjudge merek dong, kaya habis manis sepah dibuang, hehe…

    BB memang sip pak, tapi tagihan tiap bulannya juga sip…, hehe…

    Suka

    • “menjudge merek”

      Koq kesannya negatif. Jelasnya yang saya lakukan adalah membandingkan produk, yang spesifik, dan yang dapat disampaikan apa yang dibandingkannya. Artinya, bisa saja Nokia mempunyai produk lain yang lebih baik, seperti type E72 (informasi dari sdr Alexandre di atas).

      Membandingkan produk, atau review saya kira wajar, karena membantu orang lain mendapatkan apa yang dibutuhkan tanpa harus keluar duit dulu untuk mencobanya. Informasi yang saya buat kiranya jika ditindak-lanjuti oleh pihak produsennya maka dapat juga memberi kebaikan karena ini dapat dijadikan masukan untuk langkah perbaikan.

      Jadi begitulah, kalau semuanya dipikir dari sisi positip maka ya hasilnya positip dan sebaliknya.

      Suka

  8. Wah sy rasa bukan nokia e51 nya yg bermasalah,pak wir aja yg kurang pengetahuan memaximal kan gadget, e51 kan symbian os jadi kan bisa di oprek2 biar maximal,apalagi kalau cuma nyaingin blackberry os..Symbian tu udah banyak makan asam garam……..

    Eh ya saya aja malah pemakai symbian v.8.0 2nd edition jadul Nokia 6630 merasa puas dgn Os nya coz ribuan aplikasinya tersedia di jagad maya ini utk memaksimal kan featur2 nya..

    coba saya tanya jika BB bold pak wir mendownload file yang berekstensi zip maka pak wir pake aplikasi apa untuk mengekstrak nya? Kalo di nokia 6630 saya bisa pakai aplikasi X-plore, zip manager dan msh bnyak lg . Ini hanya sebuah contoh bahwa kemampuan sebuah gadget itu juga tergantung pengetahuan si pemiliknya…

    Suka

    • Kelihatannya kamu betul, untuk bisa memakai dengan baik HP Nokia maka kita perlu pengetahuan yang benar. Tanpa itu memang betul akan menjadi susah.

      Itu Nokia, selanjutnya dengan pengetahuan yang sama, yang minim, ternyata saya dapat membaca dengan mudah attachment *.PDF, *.Doc, atau *.JPG di BB.

      Jadi kalau begitu, apa saya harus baca-baca khusus untuk mencari pengetahuan di atas, jika dengan BB jadi mudah (tanpa perlu pengetahuan khusus itu).

      Lebih baik belajar yang perlu saja dong.πŸ™‚

      O ya ada tambahan. Melihat kasus di atas, jadi ingat ketika masih senang di dunia pemrograman komputer. Saya dulu menguasai program Turbo Pascal versi DOS. Dengan program tersebut dapat dibuat program-program bantu dibidang engineering. Masa DOS habis, keluar Windows. Waktu itu dinyatakan bahwa Turbo Pascal hebat, bahkan bisa membuat aplikasi berbasis Windows, tapi untuk itu perlu belajar lagi. Dalam belajar lagi, ternyata ketemu Visual Basic. Kesannya masih diremehkan dibanding Turbo Pascal for Windows. Tetapi ternyata dengan VB tersebut dapat dibuat program-program berbasis Window secara lebih mudah. Ya sudah switch saja dari Turbo Pascal for Window ke Visual Basic.

      Untunglah jadi ke VB, karena mudahnya itu maka dapat diterbitkan dua bukuku ttg VB tersebut. Jadi aku pikir-pikir Turbo Pascal atau VB hanya sekedar media atau tool, karena fokusku yang sebenarnya khan di bidang engineering. Jadi yang penting, media yang mana yang mendukung core utamaku saja.

      Dikaitkan dengan Nokia atau BB di atas, sebenarnya aku hanya mau sharing pengalaman, bahwa aku yang nggak terlalu suka ngulik HP ternyata mendapatkan pengalaman berbeda dikaitkan dengan kegiatan sehari-harinya dengan HP-HP di atas. Jika suatu saat mendapatkan HP jenis lain yang dapat dengan mudah membantu kesehari-harianku maka tentu itu juga patut dipertimbangkan. Itu saja koq.

      Hidup itu harus dinikmati bukan.πŸ™‚

      Note: iPhone atau Android gimana ya ?

      Suka

  9. Nokia tau nya cuma E51,itupun di compare sma bb 9700 onyx..Kalo pernah pake e90 communicator,n97 pasti gk akan bilang bb lbih baik dr pada nokia…File ato attachment doc,PDF,JPG Bisa dibuka dgn mudah di banyak Nokia E series yg memang mengedepan kan feature office aplication.. E51 memang trmasuk E series tp kan masih ada yg lbh ok kyak e71,e72..
    e51 mah udh agak jadul gk cocok di bandingin ma onyx,harga aja terpaut jauh gimana fitur nya mau sama..Cba bandingin ma n97 yg hrganya gk jauh ma onyx..
    Layar onyx yg malu2in jka dibandingkan ma n97 yg udah pnya kedalaman 16 juta warna,kamera onyx jga gk sehebat n97 yg udh beresolusi 5 megapixel plus dgn lensa terkenal carllzeis optics,rekaman video nya jg udh VGA,Sama2 jaringannya udah HSDPA Tapi si onyx lg2 malu2in coz gk pnya secondary camera buat video call…Dan satuhal yg lbh penting gak ada BB Type apapun yg kehadirannya di antri calon pembeli kayak Nokia 9500 yg kala itu calon pembelinya sempat pingsan karna berdesak2an dan juga Nokia e90 yg denger2 dri Tabloid p***a pemilik nokia e90 pertama didunia adalah pengusaha indonesia yg dibelinya secara lelang dgn harga yg fantastis yaitu Rp;45.000.000 kalo BB Ada gk ya yg pnya nilai legendaris kayak nokia e90.. ???

    Suka

  10. Heh, heh, heh, ada orang komentarnya ngotot banget.

    Nokia ama BB toh bukan buatan sini, kita semua khan hanya sekedar pemakai. Tapi mungkin karena telah menjadi kebiasaan di sini, di Indonesia, bahwa status orang itu dilihat dari tampilan luar tentang apa yang dipakainya, maka gadget apa yang dipakai menjadi sangat penting.

    Jadi share pengalaman tentang gadget yang pernah dipakai seakan-akan mbandingin brand antar gadget secara umum, yang seakan-seakan identik dengan mbandingin kelompok status orang tertentu dengan orang tertentu. Wah koq jadi seru.πŸ™‚

    Dan kelihatannya, hal-hal seperti itulah yang telah menjadi virus masyarakat kita, virus konsumtif. Rasa-rasanya itu kalau ditelusuri lebih lanjut menjadi pemicu korupsi yang terjadi pada orang-orang tertentu yang mempunyai kesempatan .

    Suka

  11. singkatnya
    BB buat yang gak mau ribet terima jadi…
    nokia buat orang tau ato niat oprek teknologi hp…
    kalopun mau bandingin ya “apple to apple”
    coba aja review di web web luar yang bener2 bisa bandingin dimana yang ngetes bener2 nge-oprek BB sama nokia..
    dulu tuh yg paling seru “BOLD VS E71” silahkan cari sendiri… baca sendiri…dan simpulkan sendiri…terlebih lagi kalo anda pernah pegang 2 hp yang dibandingin tersebut..
    saya sih lebih memilih penilaian seperti itu…
    trims..

    Suka

  12. tahun **2004** saja saya sudah kirim – terima email di INBOX kotak masuk HP, kala itu pake Nokia Symbian 3660. yang terlampau jauh jadulnya dari Nokia E51.. BB sekarang bisa begitu.. nokia 3660 jadoel lebih canggiuih dr BB , dilihat dr segi aspek kejadulannya maupun harganya **yang kata pak wir Nokia 300-an**πŸ™‚

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s