Amazing Bridges of China


Teman di milis mengirimkan slide powerpoint tentang jembatan-jembatan di China yang dibuat oleh tuan E. Cheong. Foto-foto jembatan yang ditampilkan cukup menarik dari segi amazing-nya, selanjutnya saya mencoba searching di Google untuk judul slide yang sama, ternyata belum ada. Jadi ada baiknya saya up-load di blog ini dengan maksud berbagi informasi dengan sesama engineer yang belum pernah melihat slide serupa.

Mengenal atau mengintip pekerjaan engineer-engineer lain yang sukses mengerjakan suatu proyek tertentu adalah bagian penting dalam pengembangan ilmu engineer itu sendiri. Jadi kalau bisa meniru punya orang lain yang sukses kenapa tidak.

Tentu saja meniru disini tidak seperti mencontek habis apa-apa yang dia kerjakan. Kalau bisa sih, itu bagus. Tetapi karena itu juga menyangkut rejeki mereka maka rasa-rasanya tidaklah gampang. Tetapi kalau hanya melihat buah kesuksesan mereka dan kemudian selanjutnya hal itu digunakan sebagai bahan pertimbangan untuk ide kita, maka rasa-rasanya itu sah-sah saja. Bagi seorang engineer yang mumpuni, melihat buah kesuksesan engineer lainpun sebenarnya sudah cukup sebagai pimicu ide awal untuk menetapkan keputusan berikutnya. Oleh karena itu maka saya rasa slide berikut tentang jembatan-jembatan maju di China akan sangat membantu.

Semoga berguna


Info mas Dion, ini adalah jembatan Seto-Ohashi di Jepang.


Info mas Dion, ini adalah jembatan Rion-Antirion di Greece.

30 thoughts on “Amazing Bridges of China

  1. Ping balik: Tweets that mention Amazing Bridges of China « The works of Wiryanto Dewobroto -- Topsy.com

  2. mantab…pak…..
    tu mungkin hasil dari kebijakan peti mati di china y…..sehingga pejabatnya g brani corup…n uang rakyat bs d bangunkan jembatan

    Suka

    • @Ageng
      Komentar anda tidak enak sama sekali, meskipun demikian saya setuju dan meyakininya juga “bahwa disitulah sumber permasalahannya”.

      Negeri kita sebenarnya tidak kalah, meskipun terlihat ada juga pembangunan yang diberitakan tetapi jika korupsi bisa diberantas, misalnya dengan kebijakan yang anda ungkapkan di atas, maka saya yakin kita juga tidak kalah dengan mereka.

      Seandainya saja, semoga masa tersebut bukanlah mimpi. Minimal untuk anak-anak kita.

      Suka

  3. amieen pak,..

    uang Centuri 6,..sekian T bisa itu untuk membangun jembatan keren seperti itu,..
    pasti lebih topp,…
    pa laagi masih banyak lagi kasus belum terungkap,..

    semoga indonesia menjadi lebih baek

    Suka

  4. Wah, terima kasih pak atas infonya,.
    arsitektur jembatan tersebut memang sangat mengagumkan, kira-kira kapan ya pembangunan dinegara kita Indonesia bisa seperti mereka?

    Suka

  5. cina memang membuktikan dirinya,selain dikenal sebagai negeri tua,dari segi iptek sudah tidak diragukan lagi. sepertinya memang harus belajar banyak dari negeri panda ini ya pak. salut deh pak buat dokumentasinya. semoga Indonesia tidak disibukkan dengan politiknya saja.

    Suka

  6. Agak miris juga untuk jembatan yang ramping-ramping, bagaimana kalo ada gempa…? Mungkin resiko gempanya gak sebesar Indoensia atau Jepang ya….

    Suka

  7. Terima kasih pak Wir…. telah berbagi mengenai jembatan. saya sangat tertarik mengenai jembatan yang ada diseluruh dunia…. moga-moga dapat diikuti design n proses pelaksanaannya serta pengawasannya oleh para enginer Indonesia

    Suka

  8. Bagus pak pic nya…saya kira engineer – engineer Indonesia bisa seperti mereka yang di China…
    Inspirasi bagi kita untuk berkarya lebih baik lagi..
    Indonesia pasti bisa..
    Salam Pak Wir..

    Suka

  9. Memang AMAZING….saya melihat fotonya berulang-ulang….itu bukan sekadar kemampuan para insinyur, tapi kekuatan pemimpin negri mewujudkannya….

    Suka

  10. Memang AMAZING…ini bukan hanya sekedar karya para insinyur….tapi komitmen pemimpin negri untuk mewujudkannya….

    Suka

  11. Terimah Kasih pak Wir.. Jembatanya bagus dan kren. baik dari segi estetika dan segi design konstruksinya. dengan melihat perkembangan Project Konstruksi jembatan yang ada di china, saya sangat termotivasi skali untuk membuat Negeri kita yang tercinta ini sama seperti China yang sangat kaya dan maju di bidang Konstruksi jembatan. kita jangan berkecil hati dengan melihat perkembangan negeri China.. JADIKAN ITU SEBAGAI MOTVASI kita untuk membuat Indonesia seperti itu. saya yakin, Indonesia bisa menyamai China (bidang konstruksi Khususnya Jembatan).
    mengapa mereka bisa?
    mengapa mereka mampu?
    menurut saya tidak ada yang tidak mungkin selama ada KEMAUAN dan TEKAD yang tinggi.

    Suka

  12. Mantab,Pantaslah kalau cina bisa masuk kategori negara Adikuasa baru.saya berharap negara kita bisa memikjirkan untuk pembanguna di selat Bali maupun selat sunda.

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s