pikiran bawah sadar


Pemahaman tentang pikiran bawah sadar kadang-kadang tidak sama antara satu orang dengan yang lainnya. Ada yang menganggap bahwa itu hanyalah suatu tindakan reflek semata, yang tidak bisa dikendalikan. Benar juga, karena jika bisa dikendalikan pasti itu kondisinya sadar. Betul bukan.

Saya pribadi berpendapat lain, pikiran bawah sadar adalah sesuatu yang lebih besar dibanding itu. Bahkan itu ada kaitannya dengan suatu gerakan rohani kalau tidak mau dikatakan sebagai agama atau sesuatu yang berkaitan dengan supranatural di dalam diri kita yang sifatnya luar biasa.

Tetapi tentang hal itu, rasanya saya belum pede mengungkapkan secara tertulis di dalam blog ini, agak sungkan. Merasa, jika berbicara tentang pikiran bawah sadar rasanya tidak pantas. Blog saya ini khan dikenal dengan tulisan-tulisannya yang rasional dan logis, maklum bidang utama yang digelutinya adalah structural engineering dan computer programming atau hal -hal yang terkait. Suatu hal yang sangat sadar dan terukur. Jadi jika saya berbicara banyak tentang pikiran bawah sadar maka bisa saja ada orang yang bingung bagaimana hubungan antara engineering yang eksak dan pikiran bawah sadar yang non-eksak, yang keberadaannya ada di wilayah ilmu psikologi dan semacamnya itu. Jika demikian maka jelaslah bila kompetensi formal yang saya miliki tidak mendukung hal tersebut. Bisa-bisa nanti diragukan.🙂

Kesadaran bahwa pikiran bawah sadar lebih luas dibanding suatu reflek semata, ternyata didukung oleh fakta keberhasilan polri menangkap teroris, dari berita-berita yang disampaikan dapat terungkap bahwa proses penyelidikannya melibatkan seorang pakar pikiran bawah sadar, yaitu bapak Mardigu WP  (Sumber : Tim Liputan 6 SCTV) . Sangat menarik bukan.

Karena merasa ada pakar di bidang yang menarik bagiku, yaitu pikiran bawah sadar, maka aku mencari tahu lebih banyak tentang bapak Mardigu WP . Dengan bantuan om Google, ternyata diketahui bahwa beliau memang cukup banyak terlibat penyelidikan tentang teroris, bahkan dari beliau juga dapat ditunjukkan ciri-ciri teroris perekrut bom bunuh diri dan menjelaskan mengapa terkesan ada sebagian masyarakat yang mendukungnya. Ini salah satu kutipan uraiannya  :

. . . Polisi tidak bisa menyentuhnya, tentara tidak bisa, pemerintah tidak bisa karena ia dilindungi oleh masyarakat. Seperti halnya teroris sekarang. Ia dilindungi entah itu sadar atau tidak sadar. Dilindungi karena sifat permisif bangsa kita. Dilindungi karena SOP nomor satu dari handbook of Al Qaeda adalah bersikap santun, tertib, iman. Dimana–mana kalau kita ketemu dengan orang yang santun dan tertib iman maka kita anggap dia orang yang baik.

Saya sering dengar bahwa para perekrut tersebut adalah orang yang charming dan baik. Bagaimana cara membedakan recruiter dengan orang yang betul – betul baik dan charming?

Jadi benar-benar baik dan charming memang betul karena itulah entry point untuk recruiter, tapi di ujung-ujungnya entah tiga atau dua jam atau sejam kemudian ia gampang mengeluarkan kata-kata kafir. Jadi ada kata-kata pengkafiran, ini kafir. Nah, itu sudah indikasi.

( Ikuti lebih lanjut wawancara bapak Mardigu WP oleh bapak Wimar Witoelar )

Luar biasa, ternyata pikiran bawah sadar itu ada ilmunya dan tidak sekedar fenomena reflek semata, bahkan dari situ dapat diungkapkan suatu petunjuk sedemikian sehingga dapat terbukti teroris, yang juga mampu menanamkan pikiran pada orang untuk mati bunuh diripun, ternyata dapat dilawannya.

Coba kalau orang-orang itu hanya dilawan dengan cara-cara yang biasa, tradisionil, maka diyakini korban dipihak polisi akan banyak yang berjatuhan. Wong mereka itu berani mati, nggak kenal rasa takut, betul bukan.

6 thoughts on “pikiran bawah sadar

  1. salam sejahtera..

    saya Rio, mahasiswa teknik sipil angkatan 2006 yang baru saja menetapkan cita-cita baru sebagai multipurpose engineer..

    baru-baru ini saya sering membaca tulisan2 bapak.. saya jadi tambah semangat untuk menambah ilmu saya yang saya rasa masih sangat dangkal.. terima kasih!!

    wah wah,,, pak Wir mau merambah dunia psikologi nih ??

    pikiran bawah sadar ya.. ilmu yang mempelajari secara khusus tentang alam bawah sadar (unconsciousness) setahu saya dinamakan psikoanalisis.

    mempelajari ilmu ini saya rasa sangat berguna dalam mengenali diri sendiri dan mengenali orang-orang di sekitar kita dalam tingkatan yang lebih mendalam… dan untuk selanjutnya sangat berguna dalam pemahaman terhadap lingkungan dimana hal tersebut membantu mempercepat proses pendewasaan diri..

    secara subjektif saya sangat menyarankan untuk membaca karya Sigmund Freud dan Carl Gustav Jung dalam rangka memahami konsepsi tentang ketidak-sadaran.

    pak Wir tertarik ??

    Suka

  2. waduh,, banyak pak Wir…

    saya sarankan baca pengantar tentang psikoanalisa dulu sebelum masuk ke dalam pekatnya literatur Totem Taboo, Interpretation of Dreams dan Psychoanalisis-nya Sigmund Freud ..dan Psychology and Religion-nya Jung.
    soalnya berdasar pengalaman subjektif saya.. saya pernah mengalami kesesatan berpikir yang cukup berdampak pada kondisi saya sekarang.

    memang sih tampaknya apa yang dipaparkan dalam ilmu psikoanalisis seakan-akan sudah menjadi common sense di era modern ini.. tapi memang sangat menarik melihat sesuatu dari sisi yang lebih kompleks.. apa sih yang ada di balik kebenaran umum yang kita ketahui? bagaimana proses individuasi bisa mempengaruhi kehidupan sosial? mengapa konstruksi ketidak-sadaran menjadi salah satu aspek behaviorial dalam kehidupan?

    dan yang lebih menarik adalah dengan mengetahui hal-hal tersebut kita bisa merekayasa dan meng-kreasikan kepribadian kita.

    bagi saya proyek paling pertama sebagi seorang engineer adalah “merekayasa diri saya sendiri” untuk menjadi engineer yang berguna dalam kehidupan sosial dan mampu berkompetisi secara keilmuan yang notabene dikuasai oleh amerika dan eropa.

    heehehe.. tapi ini cuma ocehan subjektif saya..

    O ya
    sebenarnya ada lagi salah satu tokoh psikoanalisis; Alfred Adler.. cuman belum sempat punya literatur aslinya..

    Suka

  3. Luar biasa menurut saya yang belum pernah terpikir untuk menganalisa sebuah pendekatan psikoanalisis. Seperti biasa tiap hari memang kita bergaul dengan ilmu pasti. Saya tunggu kelanjutannya untuk menjabarkan segala hal yang berkaitan dengan alam bawah sadar, agar kita tidak lupa bahwa segala hal itu memang berawal dari sesuatu yg tidak disadari.

    Suka

  4. pkiran bwh sadar merupakn potensi alamiah mnusia super dahsyat yg prnah di brikan Tuhan,krn sgl tindakn di pengruhi oleh pkiran ini,dan pkiran ini unik,tdk dpt mbedakn mn yg baik/buruk mnurut norma yg brlaku.Oleh sbab itu apa yg org pkirkn maka itu yg akn trjadi ssuai dgn apa yg di pikirkan.alam bwh sadar adlh ibarat soft ware,brtindak otomatis sesuai programnya.
    tp awas.. jgn smpai menganggap Tuhan tdk ada,krn soft ware itu sndr ciptaan Tuhan.

    Suka

  5. Pak Wir,
    Pikiran sadar ibarat nahkoda, dan pikiran bawah sadar adalah kapal yang membawa anda pada pengalaman seperti yang anda inginkan.
    cobalah sebelum tidur dengan pikiran sadar anda bisikkan ” saya mau bangun tidur pukul empat pagi ” maka anda akan dibangunkan tepat waktu seperti yang anda mau

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s