bukunya pak TAVIO


Cukup puas rasanya hasil penyelenggaraan seminar Konteks3 kemarin, terutama karena kehadiran banyak teman-teman sejawat dari berbagai penjuru, baik perguruan tinggi negeri maupun perguruan tinggi swasta, tidak hanya yang berdomilisi di pulau Jawa saja tetapi bahkan banyak yang berasal dari luar Jawa, kelihatannya yang paling jauh adalah dari Unsrat, Menado, Sulawesi Utara (itu yang lokal), juga ada yang dari Maluku. Jauh mana sih ? Sedangkan di tingkat internasional tentunya wakil dari Werner Sobek yaitu Jerman, selain tentu saja tidak boleh dilupakan bahwa di Konteks3 tersebut juga telah datang pemakalah dari Singapore dan Malaysia.

Fakta seperti itu, tentunya dapat diterjemahkan sebagai adanya pengakuan akan keberadaan Jurusan Teknik Sipil UPH , yang di tahun ini telah mencapai usia 15 tahun. Untuk seorang bocah tentunya itu telah menjadi remaja, menjelang dewasa, tetapi untuk suatu insititusi pendidikan rasanya masih relatif muda dibanding institusi-institusi pendidikan yang lain.

Tentang pengakuan, rasanya itu tidak terbatas pada penyelenggaraan seminar saja, tetapi juga alumni-alumninya. Meskipun alumni untuk setiap angkatan relatif kecil, tetapi sudah ada beberapa lho yang bekerja di luar negeri di bidangnya (tentang hal itu ada beberapa yang kutulis di blog ini juga). Kecuali yang bekerja, ada juga yang telah mendapat beasiswa di luar negeri, contohnya Merry Natalia, alumni yang namanya tercantum di sampul prosiding Konteks, dimana gelar M.Sc.Eng diperoleh dari beasiswa di Taiwan. Satu lagi alumni dengan nama yang mirip, yaitu Merryana, juga tercantum di sampul prosiding tersebut, baru saja menerima surat pemberitahuan diterima beasiswa di Belgia.

Hal-hal seperti itulah yang membuat bahagia seseorang yang dosen, tidak berupa hal-hal yang bersifat materiil. Jadi hal-hal seperti inilah yang membuat mengapa banyak dosen-dosen dapat berusia lanjut dan tetap produktif.

Selain hal-hal di atas yang sifatnya personal dan subyektif,  ternyata keramaian acara dapat juga dimanfaatkan untuk marketing atau promosi. Di bagian lain ruang seminar, di ruang 502 tempat snack di waktu istirahat, dipasang beberapa boot untuk para sponsor acara tersebut. Tetapi tentu saja yang cocok dipromosikan adalah hal-hal yang terkait dengan profesi para peserta, yaitu bidang konstruksi maupun juga informasi umum untuk pengembangan pribadi seperti informasi pendidikan lanjut dsb.

Marketing atau promosi produk ternyata tidak hanya terbatas bagi sponsor. Juga bagi peserta seminar Konteks3 sendiri.

Maksudnya pak ?

Maksudnya jelas, bahwa kesuksesan penyelenggaraan seminar tersebut tidak hanya berguna bagi penyelenggaranya saja (UPH dan UAJY) tetapi juga bagi pesertanya, menjadi suatu win-win-solution , gitu lho. Kehadiran banyak praktisi dan pakar dibidangnya tentu merupakan suatu ajang yang paling bagus untuk promosi sesuatu yang memang kemungkinan besar diminati oleh orang-orang tersebut. Sesuatu yang dimaksud bisa juga berupa buku. Dalam hal ini teman-teman dari ITS, yaitu bapak Tavio dan bapak Kusuma memanfaatkan benar untuk sekaligus membagikan brosur buku-buku yang diterbitkannya. Ini benar-benar dapat disebut sebagai “sambil menyelam minum air, sekali merengkuh dayung, dua tiga pulau terlampaui”. Sambil berbagi ilmu, dan berdiskusi ilmiah, sekaligus juga mempromosikan karyanya.

Bayangkan jika tidak pada pertemuan seperti ini, kemudian ingin membagikan brosur promosi, jelas diperlukan perangko, itu khan biaya tersendiri.

Buku-buku tentang apa pak ?

Buku-buku tentang struktur beton terbitan ITS-Press, wah bagus lho. Dan seperti yang pernah saya sampaikan kemarin via penulisnya yaitu bapak Tavio sendiri, bahwa karena partisipasinya di Konteks3 tersebut maka saya juga akan bantu promosikan di blog ini.

Ini lho buku-buku karangan Bapak Ir. Tavio, MS., Ph.D dari ITS, Surabaya. Ayo jangan sampai ketinggalan.

Ada dua brosur dengan halaman bolak-balik, jadi tentunya ada empat halaman. Bagi yang tertarik klik aja untuk memperbesar agak dapat dibaca secara jelas.

brosur_tavio1______ brosur_tavio2_

brosur_tavio3_ ____  brosur_tavio4_

Tentang kegiatan promosi buku-buku karangannya sendiri, saya kira itu merupakan sifat umum seorang yang telah menjadi penulis. Itu biasanya didasari oleh kepercayaan diri yang besar bahwa karyanya adalah istimewa dan dapat berguna bagi orang lain, sehingga dengan demikian perlu diinformasikan agar dapat dibaca dan diketahui isinya oleh masyarakat luas yang sesuai. Itu bukan narsis lho, atau sifat mau menonjolkan diri.

Tentang kegiatan promosi seorang penulis saya kira itu sesuatu yang luarbiasa, terutama kalau aku mengingat pengalaman-pengalamanku tempo hari. Bayangkan, saya ini pada dasarnya adalah seorang introvet, malu atau mungkin tidak menikmati jika tampil di depan. Tetapi karena menulis buku, maka tanpa sadar mungkin karena didasari oleh keyakinan di atas maka perasaan introvet tersebut menjadi tersisihkan (seakan-akan bukan introvet).

Jadi kegiatan menulis buku dan mempublikasikannya secara luas akan membuat diri seseorang menjadi berani tampil atau dengan kata lain akan meningkatkan kepercayaan diri secara signifikan.

Jadi menulis untuk dipublikasikan adalah salah satu strategi bagi pengembangan diri. Ayo anak-anak muda, coba pikirkan hal tersebut.

dgn_penulis_ITSa

Bersama dengan para penulis ITS, yaitu dari kiri ke kanan bapak Benny Kusuma, bapak  Dr. Tavio dan saya sendiri (Dr. Wiryanto).

17 thoughts on “bukunya pak TAVIO

  1. Wah kebetulan pak, kemaren saya juga dapet brosurnya, sudah email ke itspressnya tapi belum ada kabarnya.

    Saya telpon tapi belum ada juga kabarnya, maksudnya mau tanya harganya dan apakah sudah beredar di toko buku. Kalau sudah, dimana saja.

    Dua minggu lalu ke Gramedia Lippo, belum ada. Mungkin bapak tahu toko buku yang menjual buku2 itu ? di Times ada gak yah? trus klo mau pesan jurnalnya gimana? Mungkin bapak tahu,..

    Mohon Informasinya… Terima Kasih..

    Suka

  2. Saya sangat menyambut baik akan kehadiran buku-buku referensi teknik sipil struktur.

    Tetapi harapannya agar distribusinya dapat merata ke daerah-daerah se Indonesia, khususnya Provinsi RIAU pak, sebab menemukan buku-buku referensi dari terbitan ITSPress sangat langka dan bisa dikatakan tidak ada …..

    semoga teknik sipil struktur berjaya……

    Suka

  3. Kepada bapak Wiryanto Dewobroto
    Saya ucapkan selamat kepada bapak yang telah mendapatkan gelar Doktor Teknik Sipil.

    Saya berharap tulisan-tulisan serta penelitian bapak selalu dipublikasikan agar menjadi inspirasi bagi insinyur-insinyur teknik sipil umumnya dan khususnya bagi diri saya sendiri …

    Wir’s responds: Amien.

    Suka

  4. Salam Sejahtera Pak Wiryanto.
    Baru hari ini sempat buka blog sampeyan, dan baca mengenai buku Cak Tavio.

    Wah saya terkejut bahwa beliau sempat nulis buku, yang setahu saya kegiatan di kampus banyak sekali, apalagi beliau pegang jabatan sebagai Kepala Lab, pasti tambah sibuk (Sampeyan juga pasti sibuknya gak ketulungan). Seingat saya saat studi dulu, Cacak satu itu sudah nyambi terima order design, jadi wawasan aplikasinya sudah lumayan luas. Jadi kepingin memiliki juga bukunya, ntar kalo balik ke Surabaya tak beli satu.

    Nah yang agak kecewa, kemarin buku SAP 2000 yang Sampeyan tulis, tak cari di Gramedia kebetulan habis, mesti tunggu stok baru. Saat tugas di Kalimantan tidak ada di toko buku (kebetulan Gramedia di Balik papan tidak ada bukunya). Ternyata bukunya banyak peminatnya juga ya.

    Nulis terus ya Pak, biar kita yang jauh di pedalaman tidak ketinggalan informasi.
    Wasalam

    Suka

  5. Hebat….

    Mungkin kelemahan engineer di Indonesia adalah menuliskan keahliannya tsb dalam sebuah buku yang menarik dan informatif.

    padahal, soal keahlian, engineer2 kita nggak kalah hebat loch, dengan engineer2 luar negeri. cuma ya itu, kalah tenarnya cuman gara2 gak nulis aja, he..he..

    Sedikit sekali buku2 Teknik Sipil aplikatif yang ditulis oleh enginer2 Indonesia. Pak Wir dan Pak Tavio, selamat, Anda berdua adalah termasuk engineer yg sedikit itu….

    Berbahagialah mahasiswa2 sekarang ini, udah ada buku-buku, baik textbook maupun referensi aplikatif terbitan Indonesia (yg tentunya lebih mudah dicerna daripada buku terjemahan kayak jaman saya kuliah dulu) macam karya Pak Tavio dan Pak Wir ini…

    Go Indonesian Engineer…!!!

    Suka

  6. saya suka blog ini, banyak membahas tentang sipil yang jarang ada sedetail seperti py pak Wir.
    saya salah satu muridnya pak Tavio,
    Buku tersebut ITS pers , biasanya saya sering lihat di gramedia delta surabaya, dan toko buku uranus dan beberapa toko buku disurabaya, itupun tidak lengkapa atau hanya tersedia beberapa setahu saya begitu, tapi kalu mau lengkap biasanya bisa langsung dapat dibeli di LAB beton di ITS kampus sukolilo,

    Suka

  7. Yth. Pak Wir
    Mohon info Pak, apakah buku beton yang ditulis pak Tavio sudah terbit atau belum ? dan apakah sudah nyebar di pontianak ? karena di gramedia pontianak belum kelihatan. Terima kasih

    Suka

  8. Senang sekali Pak Wir mau mempromosikan buku2 Pak Tavio, dkk (terbitan its press). Kebetulan buku etabs ttg shearwall jg bnyak membantu skripsi saya. Di kelas pasca saya skrg, pak tavio ngajar Daktilitas struktur. Banyak filosofi2 beliau yg nge-punch di hati.

    Saya jg penggemar karya pak wir, ex:SAP2000&VB.
    Saya kira akan jadi usulan menarik utk itspress agar memperluas distribusi buku2 tsb. Agak susah memang berurusan dgn birokrasi kampus. Atau mngkin ada penerbit independen yg mau bekerjasama dgn para pengarang, Pak Wir ?

    Suka

  9. Yth.
    Bpk.Ir. Tavio, MS., Ph.D

    Maaf saya Mahasiswa ingin minta saran mengenai skripsi saya , saya kesulitan dengan resensi buku mengenai konstruksi untuk perparkiran dan pembebanannya..
    Saya harap Bpk bs bantu saran untuk resensi bukunya.

    Terima Kasih,…

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s