institusi pengirim makalah di Konteks3


Eh, tunggu dulu, siapa sih yang ikut ?

Pertanyaan di atas saya kira lumrah ditanyakan oleh orang yang ragu dalam memutuskan sesuatu. Mungkin karena informasi yang dipunyai masih terbatas, atau memang belum memikirkannya, padahal tiba-tiba ada permintaan atau ajakan untuk berbuat sesuatu tersebut. Oleh karena itu , daripada berpikir lama, dan karena pilihan tersebut mengandung konsekuensi jika salah memilih, maka langkah paling gampang adalah melihat “siapa-siapa saja yang akan melakukannya” atau meniru tindakan orang lain, jika dia “ya” maka aku ikut juga. Gampang khan. Nanti kalau ndak ikut nanti dibilang orang, ketinggalan.

Cara seperti itu, biasa kita gunakan ketika akan memilih restoran untuk makan, khususnya jika kita belum punya pengalaman dengan restoran-restoran tersebut. Belum tahu apakah enak atau mahalkah restoran tersebut. Konsep seperti inilah yang menyebabkan, mengapa restoran laris maka tambah laris, sedang yang sepi tetap sepi. Itu pula seorang penjual menyebutnya “penglaris”. Secara natural kita akan berpendapat bahwa restoran yang laris, maka makanannya pasti juga enak , atau yang semacamnya begitu.

Anologi serupa saya kira cocok digunakan dengan acara Konteks3 yang akan diselenggarakan di UPH. Bagi yang pernah datang ke acara-acara serupa sebelumnya, yang pernah diselenggarakan oleh Jurusan Teknik Sipil UPH, di Lippo Karawaci, Tangerang, maka tentunya tidak perlu dideskripsikan lagi, yang jelas rasanya semuanya lancar dan baik. Bahkan kalau saya bandingkan dengan ketika menghadiri acara-acara serupa di tempat lain rasanya tidak kalah lho, bahkan mungkin lebih baik.

Bagi yang belum pernah ke UPH mungkin ragu, lokasinya di mana sih ?

peta_uph_kecil

Jauh ya dari Jakarta ya ? . Kalaupun masalah lokasi tidak menjadi masalah, mungkin ada keraguan tentang siapa-siapa saja yang akan datang pada acara tersebut ?

Oleh karena itu, bagi yang masih berpikir-pikir untuk hadir maka agar lebih yakin, dan mantap, dan dapat memperkirakan apa saja yang kira-kira dapat ditemui, maka saya ungkapan saja institusi mana yang mengirim abstrak. Tentunya mereka telah berencana untuk hadir bukan.

Mau tahu, silahkan lanjut.

Apa itu ?

Lha itu, datang ke kampus UPH di Lippo Karawaci, Tangerang, untuk hadir mengikuti Konferensi Nasional Teknik Sipil ke-3 yang diadakan oleh Jurusan dan Program Magister Teknik Sipil UPH bekerja sama dengan Universitas Atmajaya Yogyakarta yang akan berlangsung besok tanggal 6-7 Mei 2009.

Acara tersebut akan berlangsung selama dua hari, dimana materi yang akan dipresentasikan ada dua bagian, yaitu [1] empat keynoted speaker yang direncanakan dalam sessi bersama ; dan [2] kira-kira 122 pembicara Call-paper yang akan diusahakan dalam empat sessi paralel atau lebih. Dalam acara tersebut juga diusahakan stand-stand untuk sponsor.

Adanya 121 abstrak paper yang masuk maka tentunya dapat dibayangkan bagaimana rasanya acara tersebut, pasti meriah, kalau tidak mau dibilang ramai. Seksi acara tentu harus bekerja keras untuk memastikan lancar. Tetapi rasanya tidak perlu kuatir, teman-teman dari UAJY tempo hari siap untuk membantu. Khusus bagi rekan Jogya tersebut, kami telah mem-booking semua kamar hotel STPPH yang terletak di lantai bawah tempat acara tersebut berlangsung. He, he, saya aja belum pernah memakai kamar hotel yang dimaksud, itu lho kamar-kamar hotel yang menjadi tempat praktek mahasiswa/i sekolah tinggi parisiwisata pelita harapan.

kunjungan_kehotel_
Kunjungan UAJY tempo hari ke UPH ketika meninjau kamar hotel STPPH, dari kiri-ke-kanan : bapak Junaedi Utomo, Dr.Jack Widjaja, Prof. Yoyong dan bapak Fx. Mintar. (saya yang moto jadi nggak kelihatan). 😦

Kamarnya bagus khan, namanya kamar hotel percontohan untuk pendidikan, jadinya dibikin seideal mungkin (hotel bintang empat ke atas). Jadi apa karena hal seperti itukah maka itu ada korelasinya dengan jumlah makalah yang disajikan dalam acara Konteks-3 ini, yaitu makalah dari UAJY adalah yang paling banyak, disusul dari UPH. Yang tidak terduga-duga adalah ternyata teman-teman dari Universitas Udayana banyak menyumbang makalah di acara tersebut, untuk itu secara pribadi dan mewakili teman-teman panitian Konteks diucapkan banyak terima kasih. Eh, siapa tahu Konteks-4 diadakan di sana.🙂

Untuk melihat secara terperinci, teman dari mana saja yang mungkin dapat ditemui dalam acara tersebut maka dipersilahkan untuk melihat dalam tabel berikut. Inilah rangkuman institusi yang akan hadir di Konteks3

<< up-dated 27 Maret 09 >>

No Institusi pengirim makalah Jumlah
makalah
1 Universitas Atma Jaya Yogyakarta, Yogyakarta 18
2 Universitas Pelita Harapan, Lippo Karawaci 15
3 Universitas Udayana, Denpasar, Bali 7
4 Pribadi, tanpa nama institusi atau lain-lain 6
5 Universitas Katolik Parahyangan, Bandung 6
6 Universitas Katolik Soegijapranata, Semarang 5
7 Universitas Kristen Petra, Surabaya 5
8 Universitas Muhamadiyah Surakarta, Surakarta 5
9 Institut Teknologi Bandung, Bandung 4
10 Institut Teknologi Nasional Bandung 4
11 Puslitbang Permukiman, Badan Litbang PU, Bandung 4
12 Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta 4
13 Universitas Muhammadiyah Yogyakarta, Yogyakarta 4
14 Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS), Surabaya 3
15 Universitas Islam Indonesia, Yogyakarta 3
16 Universitas Kristen Maranatha, Bandung 3
17 Universitas Sebelas Maret, Solo 2
18 Universitas Syiah Kuala, Darussalam, Banda Aceh 2
19 Universitas Trisakti, Jakarta 2
20 FYFE Asia Pte Ltd, Singapore 1
21 HATTI Jawa Timur 1
22 Institut Teknologi Indonesia, Tangerang 1
23 Institut Teknologi Pembangunan Surabaya 1
24 Universitas Bandar Lampung 1
25 Politeknik Negeri Jakarta, Kampus UI Depok, Jabar 1
26 Politeknik Negeri Malang, Jawa Timur 1
27 PT Gistama Intisemesta Consulting Engineer, Jakarta 1
28 Purdue University, West Lafayette IN, USA 1
29 Universitas 17 Agustus 1945 Samarinda, Kalimantan 1
30 Universitas Diponegoro, Semarang 1
31 Universitas Hasanuddin, Makasar, Sulawesi 1
32 Universitas Indonesia, Kampus Baru UI – Depok, Jabar 1
33 Universitas Lampung, Sumatera 1
34 Universitas Mercu Buana, Jakarta 1
35 Universitas Sains Al-Qur’an Wonosobo 1
36 Universitas Sam Ratulangi Manado, Sulawesi 1
37 Universitas Sanggabuana YPKP Bandung, Bandung 1
38 Univ. Kristen Indonesia Maluku, Ambon 1
39 Univ. Bung Hatta Padang , Sumatera Barat 1
122

Peserta pembawa makalah ada juga yang dari luar negeri, ada dua, yaitu USA dan Singapore, yang terakhir ini adalah dari industri yang kebetulan mempunyai kantor perwakilan di Indonesia, jadi mereka mendatangkan expert-nya untuk berpertisipasi di Konteks-3. Moga-moga mereka berdua dapat hadir di acara ini.

Meskipun bukan luar negeri, tapi kalau berbicara tentang jauh, maka peserta pemakalah dari Universitas Syiah Kuala, Aceh ; dan juga Universitas Sam Ratulangi di Manado, rasanya tidak kalah juga. Jangan lupa juga ada yang dari Makasar dan Samarinda. Mari kita doakan bersama, agar peserta-peserta tersebut mendapat kemudahan nanti untuk hadir di UPH bulan Mei ini. Karena bagaimanapun juga, maksud hati boleh saja berusaha tetapi keputusan akhir ada di tangan Tuhan jualah, tetapi jika memang Tuhan berkenan, maka terjadilah. Amin.

Dengan begitu banyaknya peserta dari perguruan tinggi, maka diharapkan dapat terjadi kolaborasi kerja sama seperti yang telah kami lakukan dengan UAJY, atau minimum komunikasi , siapa tahu ada di antara teman-teman peserta tersebut dapat menjadi tuan rumah untuk acara Konteks4.

O ya, acara Konteks3 ini sekaligus dijadikan acara pembukaan untuk pameran hasil karya prof Werner Sobek yang bekerja sama dengan Goethe Institute. Acara pameran akan diadakan di Jakarta, di gd. Goethe, yang akan diselenggarakan sore hari. Jadi agar teman-teman pemakalah, khususnya dari luar Jakarta dapat turut serta atau melihat acara tersebut maka oleh panitian Konteks3 akan dibantu transportasinya, yaitu akan disediakan bis. Tetapi kapasitasnya terbatas, paling-paling hanya 40 kursi. Sangat-sangat terbatas, oleh karena itu agar bagi peserta pemakalah dari luar jakarta yang tertarik untuk menghadiri pameran di Gothe dipersilahkan untuk pesan dulu (via email), jika pemesan sudah melebihi 40, maka pemesan ditutup. Fasilitas bis Gratis !

Jadi acara Konteks3 di atas tidak hanya UPH dan UAJY, tetapi juga Gothe juga. Ramai khan.

Link-link lain yang mungkin dapat menjadi bahan pertimbangan :

3 thoughts on “institusi pengirim makalah di Konteks3

  1. wah pak ternyata ada juga yang dari mercu, saya pikir gak ada… jadi semangat dateng… saya sudah transfer dan tinggal dateng he..he..

    Wir’s responds: ditunggu ya Heri, trim juga dibantu menyebar luaskan informasinya di facebook. Mari kita sama-sama memajukan dunia rekayasa sipil.

    Suka

  2. Ping balik: keynoted speaker di konteks3 « The works of Wiryanto Dewobroto

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s