BBR Prestressing System


Sdr Calvin Haryanto menulis :

Siang pak. Saya mau bagi-bagi bahan. Pak tolong di comment ya pertanyaan saya di Publikasi.hehehe….
www.infolink.com.au/t/Prestressed-Concrete

Selamat atas gelar Doktornya.
Makasih Pak.

Terima kasih saudara Calvin, pada prinsipnya setiap komentar yang masuk saya usahakan untuk dijawab. Jika belum dijawab maka itu dikarenakan saya belum mempunyai jawaban yang baik. Seperti diketahui, banyak pengunjung blog ini bertanya sembarangan, seakan-akan saya tahu apa saja.

Anggapan bahwa saya seakan-akan ahli semua di bidang civil engineering sih boleh-boleh saja sih, saya juga berbangga dengan hal tersebut, tetapi sebagai seorang profesional maka saya hanya akan menjawab yang menurut saya adalah kompetensi-nya. Jadi jika bukan, maka pertanyaan tersebut saya biarkan terbuka, dan saya berharap bila ada teman lain yang tahu untuk silahkan menjawabnya. Ok.

Itu akan lebih baik dari pada menjawab asal-asalan. Nanti blog ini penuh sampah, dan pada nggak mau datang kemari. Khan repot.

Kecuali link di atas, saudara Calvin menyertakan file *.pdf berisi detail dan contoh perhitungan dari BBR Prestressing System. Salah satu system prestressing, yang mungkin tidak begitu populer di Indonesia tetapi itu merupakan system prestressing yang terkenal di Jerman. Gimana lagi, itu adalah system yang dipakai untuk struktur atap tenda Stadion Munich, juga dipakai untuk beberapa tower beton. Adapun system prestressed yang banyak dipakai di Indonesia adalah VSL Sytem (Swiss) dan Freysinet (Perancis).

Teknologi prestressed adalah teknologi yang berbasis patent, jadi setiap device yang dipakai berbeda-beda dan tidak termasuk teknologi yang generik. Meskipun cara kerja prestressed sendiri bersifat bebas. Salah satu yang khas dari teknologi BBR adalah button-head, prestressed dengan wire dan bukan dengan strand.

button-head_small

The BBR tendon terdiri dari 7 bundel kawat bulat yang diangkurkan dengan mengandalkan BBR buttonhead, yang unggul dalam menghadapi adanya gaya dinamik dan tidak diperlukan “draw-in” yang umum ada jika dipakai jaws (system VSL atau Freysinet). Oleh karena itu system ini mempunyai loss of prestressed yang lebih rendah.

Ingin tahu lebih banyak lagi ?

Silahkan download BBR Prestress Example.pdf (2.3 Mb)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s