Tugas Struktur Baja 15 Januari 2009


Note: khusus untuk mahasiswa di jurusan teknik sipil UPH, yang mengambil mata kuliah baja 1

Tugas Struktur Baja 15 Januari 2009

(due dated Minggu 15 Februari 2009, tanggal terkirim)

send to email address

wiryanto (at) ymail (dot) com

Tujuan : mahasiswa mulai melihat fakta real, dan memikirkan pemodelan di atas kertas berkaitan dengan fakta real yaitu struktur bangunan yang dibuat dari baja.

nama file: tugas1_baja1_2009_nama_nim.doc

Sifat : Mandiri, tugas perseorangan (Nama, NIM)

Note : meskipun materi yang diolah tidak boleh nyontek (persis), tetapi untuk menghasilkan hasil maksimum boleh dilakukan diskusi, baik dengan teman maupun dosen atau asisten dosen yang berwenang.

Isi Tugas:

Anda diminta survey, melihat dengan mata kepala sendiri, struktur baja yang anda jumpai. Sebutkan lokasi bangunan yang menjadi survey saudara, kapan dan dimana itu terjadi.

Ambil gambar dengan foto digital (resolusi min 2 Mb, lebih besar lebih baik), suatu bangunan atau satu porsi struktur bangunan. Selanjutnya buat suatu laporan tertulis dengan dengan file format *.doc (pakai Microsoft Word 2003) yang isinya pemahaman saudara dari kacamata ahli struktur dibalik bangunan yang dianalisis / di survey, seperti misalnya bagaimana:

  • model struktur yang dapat dibuat,
  • dimana tumpuan-tumpuan yang diperlukan, apa tipe tumpuannya, misal sendi, tunjukkan foto real tumpuan struktur dan modelnya, sebutkan alasan mengapa dipilih jenis tumpuan tersebut,
  • dimana lokasi pembebanan yang mungkin dapat diberikan,
  • dan perkiraan gaya-gaya atau momen yang terjadi.

Karena ini survey sifatnya, dan setiap orang satu, maka isi laporan tugas yang diberikan isinya tidak boleh sama, meskipun mungkin saja dapat mengevaluasi bangunan yang sama, tetapi harus dipilih porsi struktur pada bangunan tersebut yang lain. Porsi yang dimaksud adalah jika anda dapat menginterprestasikan bahwa porsi tersebut dapat bekerja sebagai struktur mandiri, independent.

Oleh karena itu tentunya tidak dijumpai dua pembahasan yang sama persis atau isinya mirip, jika ada yang sama persis maka bisa dianggap fail jika dirasa perlu. Artinya, bahwa mahasiswa gagal melaksanakan tugas ini.

6 thoughts on “Tugas Struktur Baja 15 Januari 2009

  1. Kok mahasiswa dipaksa menggunakan format .doc MS Word? Kenapa mahasiswa tidak diberikan alternatif untuk submit dalam format .odt (Open Office Text) atau PDF?

    Suka

  2. Ping balik: dewi persik » Halo dunia!

  3. Ping balik: blog kopas » top post wp 24 jan

  4. Ping balik: dewi persik » top post wp 26 jan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s