kabar dari murid #1


Aku terima email, asalnya jelas yaitu nama muridku dulu. Tapi aku ragu, apakah email tersebut memang ditujukan ke diriku. Kucari-cari namaku, tidak ada ! Memang sih, alamat emailku ada di kolom tujuan, tapi itu khan tidak berarti ditujukan khusus untuk diriku, mungkin kebetulan alamat emailku masuk pada listnya.

Jadi untuk menghindari GR, maka ada rencana email tersebut aku biarkan saja. Tapi iseng-iseng, aku baca. Isinya memang seperti dialog pribadi, menarik juga sih, tapi sifatnya umum, bisa-bisa itu juga ditujukan ke pribadi yang lain. Ketika hampir habis, ada tulisan yang spesifik memang ditujukan ke pribadiku. Apa itu, karena pribadi yang dimaksud adalah penulis blog. Lha ini yang spesifik. Satu-satunya dosen di teknik sipil UPH, atau bahkan di UPH yang rutin nulis blog khan hanya diriku. Jadi email yang kubaca tersebut memang ditujukan pada diriku.

Jika demikian, ini merupakan suatu kebanggaan. Kenapa ? Karena isi email tersebut adalah berisi kabar kesuksesan seorang muridku dalam berkarir sesuai bidang yang ditekuni di UPH dulu. Hal tersebut khan jelas menarik !

Untuk menilai kualitas pohon, maka bisa dievaluasi dari buah yang dihasilkannya. Jika murid meneruskan atau mempertahankan hal-hal yang diajarkan gurunya, atau bahkan mengembangkannya, itu khan menunjukkan bahwa apa yang diberikan gurunya tersebut adalah baik adanya.

Jadi kebahagiaan seorang guru, yang tidak dapat dinilai dari uang gaji yang diterimanya adalah seperti ketika membaca email muridnya, seperti ini lho.

Morning sir,

How are u? How is family ? How is everything ? I miss our campus, sir. So glad to hear that our campus is so huge now. I would love to come there next time. Because last time I came to Indonesia from Dubai, after 1 year and 3 months I came to Indonesia, and everything is look so much different now a days, so much traffic there.

And when I took my vacation from Dubai I got 1 month, my mother asked to find a job not too far from Indonesia, so when I felt idle I sent my CV only to company in Singapore, and in 3 days I got call to Indonesia from Singapore, and they asked me to work there immediately which I still want to enjoy my vacation as well. And they said, they would like to wait whether I feel want to start to work, and I said 1 month and they want to wait until that time. And I was thinking the company was just teasing me, so I just neglect it.

Once they confirm me again after one month I was in Indonesia, and actually I sent my resignation letter to Dubai from Indonesia on that time already but consequences I got banned for 6 months to UAE, and I said fine. When the company in Singapore asked me to come after one month I was so shocked because I was thinking it’s impossible for me if they want to wait for a month. Then I keep my promise, then I came to this company, and you know sir, this company is a big company, and I can’t believe they expect me to join their team that urgently. And I start within 3 weeks because they provided my visa as well, because it takes time. And I start to work here.

I sent u pics of my project now, we named it Reflection Keppel Bay, with 6 curved tower, 11 villas, and 3 basement floor. I’m designing 1 of the tower and 3 villas, I am a leader on my parts design and have 10 engineers that I need to lead, for checking their drawing, check their calculation, divide every part of the project wisely. And we gave a nick name for the tower like pregnant building, hehehe… because the shape is so unsymmetrical and there is no typical floor, as u can see, so each floors must be calculate one by one. That’s what I’m doing now.


model


View

Hopefully I can hear some news from u. Oh yeah, before I forgot, I’m planning to take my master degree at NUS, for structural engineering and specialization offshore structure, I hope I can have some good advice from u in the future, sir. And I learn alot from your beautiful blog, so much important information there. Thank’s sir, I’m glad to read it. So if u have sometimes to send me some information about everything, please don’t hesitate yourself to do it. U can email me through my office as well :
<…….>@tylin.com.sg and cc also to <……>@gmail.com

So, if u want to email me better u email me to these both email addresses.
Have a nice day sir, and take care. Send my regards to family.

God bless

 

Best regards,
<…….> Bsc.
CIVIL AND STRUCTURAL ENGINEER
TY LIN INTERNATIONAL Pte Ltd
3791 Jalan Bukit Merah.
#06-18, E-CENTRE REDVIEW
Singapore

 

Nama muridku sengaja aku samarkan (perlu nggak sih murid ?), yang jelas dengan adanya email di atas, aku jadi tahu bahwa ada muridku yang bekerja di kantor konsultan terkenal di Singapore. Itu khan berarti alumni Jurusan Teknik Sipil UPH telah diakui secara internasional.😉

Tulisan tentang murid-muridku yang telah lulus :

27 thoughts on “kabar dari murid #1

  1. wuih bangga plus beruntung banget ya pak ada 1 murid yang masih ingeeeeet aja sama dosennya padahal jumlah yang tamat tiap tahun puluhan, ratusan, bahkan lebih! (kayak iklan ga sih?)

    Suka

  2. Indahnya mengajar adalah ketika murid yang diajar kembali dan menunjukkan kesuksesannya. Dan yang terpenting adalah….
    Tidak melupakan gurunya…😀
    Turut berbangga Pak.

    Salam.

    Suka

  3. Dear friends,

    hi guys, gmn kabar semuanya? Saya penulis surat yang ditujukan jelas sekali “seharusnya” untuk salah satu dosen terbaik saya bpk. Wir. Sebenernya surat itu ditujukan pribadi untuk beliau, dan jelas surat ini bukan dari email2 forward-an ke orang lain. Maaf pak Wir, kalo terlihat seperti itu. Tapi saya juga kaget kalo surat ini dipublish seperti ini, saya jadi gak enak sendiri (GR sedikit).

    Kalo temen-temen tahu sejarahnya saya di sipil UPH gak nyangka juga bisa begini, waktu saya bertemu pak Wir ketika hendak ke Dubai, beliau menyangka saya setelah lulus bekerja di bidang marketing (saya gak bilang kalo kerja ini tidak baik, sama sekali tidak, tapi mungkin beliau berfikir tidak akan sesuai bidang kuliah saya). Tapi ketika saya bilang saya hendak ke dubai sebagai steel design structure, beliau rada kaget, karena ternyata saya di Jakarta setelah lulus kerja juga sudah Design Engineer untuk Bridge structure. hehehe…

    Btw, thank’s buat support teman2 dan juga untuk blog ini, dan saya banyak nyolong ilmu dari blog ini juga sebenernya, karena literature di luar kadang bahasanya ketinggian, dan ilmu saya masih cetek2 ajah, tapi berkat blog ini saya bisa belajar banyak. Saya masih belajar, belum tenaga ahli, dan masih bau kencur lah, ternyata masih banyak kekurangan yang harus ditambah. Masih butuh bimbingan jg dari rekan2 sekalian.

    Pa Wir, thank’s again, hope can see you soon. Take care and God bless.

    Frans Alexander Poltak (Civil Eng. UPH 1999)
    CIVIL AND STRUCTURAL ENGINEER
    TY LIN INTERNATIONAL Pte Ltd
    3791 Jalan Bukit Merah.
    #06-18, E-CENTRE REDVIEW
    Singapore

    Suka

  4. @Frans Alexander Poltak
    Jangan heran, kamu saya jadikan model untuk memotivasi adik-adikmu belajar di UPH.

    Ingat nggak dulu, kamu merupakan “pengunjung” setia perkuliahan yang aku berikan. Teman-temanmu pasti tahu itu, bagaimanapun khan kamu dulu lintas angkatan.🙂

    Tapi jangan lupa, itu juga berkat doa mama kamu. Saya ingat, ada tiga orang tua mahasiswa yang waktu itu dipanggil untuk diskusi kemajuan belajar. Salah satunya yang datang khan mama kamu, betul khan. Itulah kalau Tuhan berkehendak, apapun dapat terjadi. Demikian juga seperti kamu sekarang.

    Kecuali hal-hal di atas, saya menemukan ciri-ciri perilakumu yang mendukungmu untuk mencapai sukses, yaitu :
    (1). tekun, tidak mudah menyerah.
    (2). berpandangan optimis, ceria, ekstrovet (tidak malu bertanya). Ingat dulu, gimana kamu minta tolong Merry.🙂
    (3). berani mengambil keputusan penting, tidak takut resiko.

    Di dukung oleh ukuran fisik kamu yang gede, maka ke tiga hal tersebut mendukungmu untuk tampil penuh Percaya Diri. Faktor itulah yang membuat orang dapat dengan mudah menemukan kesuksesan. Jadi meskipun IP-nya 4.0 tetapi tidak percaya diri, maka saya kira juga nggak mudah untuk sukses.

    Kecuali itu, satu faktor penting yang lain, yang umum dipakai orang-orang sukses di bidang Profesional adalah setelah lulus maka langsung bekerja pertama kali pada institusi yang profesionalitasnya diakui.

    Lha sudah, beres, tinggal sekarang kamu bekerja keras dan mampu berprestasi atau minimal dapat bertahan.

    O ya, jangan lupa. Rencanamu untuk mengambil studi lanjut di NUS tolong diusahakan dengan kuat. Saya sangat yakin sekali, itu akan mendukungmu menjadi lebih baik. Bagaimanapun juga, selaku dosen guru, saya berharap banyak untuk melihat lahirnya pakar-pakar rekayasa yang hebat alumni dari UPH.

    Semoga Tuhan memberkati anda dan keluarga.
    Salam dari kampus Karawaci.

    Catatan : o ya, sudah baca artikel saya yang ini belum ?
    https://wiryanto.wordpress.com/2007/10/31/kunci-sukses-menjadi-seorang-engineer/

    Suka

  5. @ Pak Wir,

    Wah, ternyata bapak masih inget semuanya, hehehe, itu yang saya bilang kalo liat sejarahnya kayaknya jauh banget dari sekarang, saya lintas angkatan, hampir berapa generasi tuh? Sampe dulu mama saya dipanggil jg masih inget, hahaha…

    Dan lebih kagetnya bapak tau tentang 3 point di atas, dan memang itu yang buat saya jadi begini sekarang, masih sama pak, bahkan kadang nanyanya lebih gak tau malu lagi, mau disangka bolot kek, bodo amat, orang bener gak tau dan pengen tau.

    Tentang masalah IPK, hehehe… gmn bilangnya yah ??? hmmm… rekan2 sekalian, untuk sekedar informasi, IPK saya ketika lulus S1 itu gak sampe 2.5 (bukan maksud untuk dicontoh) dan kuliah baja ulang 7 kali, ada yang kuliahnya kelas pak Wir ampe 5 kali, coba. Tapi saya tetap ngotot harus lulus. Dan setelah lulus, hanya bermodalkan point 3 yang dikatakan pak Wir di atas, itu yang buat saya sekarang memijakkan kaki saya dimana2.

    Saya akan cerita kapan nanti pengalaman saya setelah lulus dan kerja di bidang sipil dari awal sampe sekarang, dari yang bodoh2nya sampe yang sukses2nya.

    Btw, thank’s again, sir.

    Suka

  6. salam kenal…
    wah hebat semuanya, gak gurunya gak muridnya…

    klo boleh q mau minta saran, atau masukan, q mw bikin skripsi tapi bingung mau ngambil spesifikasi apa, q interest ma struktur. kira2 dari dunia struktur itu, pa yah yg lagi ngetrend untuk dibahas? tolong masukannya, mungkin sebagai orang yang sangat berpengalaman bisa kasih masukan yang sangat berarti.

    aku ingin bisa seperti pak Frans, sangat ingin sekali.
    terima kasih banyak.

    Suka

  7. Wuih… gak heran deh kalo muridnya pak Wir hebat hebat..
    @Pak Wir
    kuliah baja sampai 5 kali ????? berarti pak Wir agak kejam juga ngasih nilainya ya…hehe.. sama kayak dosen saya… tapi untunglah saya cuma 3 kali.. hehe

    tapi IPK 2.5 kok bisa sesukses gitu (jadi konsultan pula) ??? apakah dengan 3 point diatas bisa sukses? tolong di bagi bagi kiat kiatnya dong….

    Trima kasih

    Suka

  8. Wah, memang super duper impressive.

    Mas Frans, ayo, bagi-bagi cerita lagi.
    Pak Wir, ayo juga bagi-bagi tips. Soalnya saya pengen jadi engineer, tapi dikritik. Katanya unmotivated, padahal nggak bodoh (ini dosen saya banyak yang bilang gitu).

    Pengalaman kerja saja malah dua kali di radio, jadi produser. Dulu pengennya jadi penulis novel (sebenernya ini semacam bakat yang sudah dipendam, habis, nggak berguna).

    Tapi sejak saya mulai ambil master degree di ITS, rasanya jadi semangat lagi untuk mencintai civil engineering. Apalagi waktu thesis. Tapi karena saya telat lulus dengan IP kecil (kuliah S1 7 tahun), saya jadi belum pernah punya pengalaman kerja sama sekali. Tapi baca sukses story-nya mas Frans bener-bener bikin semangat terlecut lagi.

    Saya mau baca tips-nya Pak Wir dulu ah.

    Suka

  9. Wah..cerita2 dari Mas Frans sangat seru & menginspirasi. Ternyata engineer kita juga punya nilai jual yang tinggi di dunia internasional. Mas Frans juga bisa ke Dubai dan TY Lyn jg bo…keren bgt pasti. Apalagi baca suratnya Mas Frans ttg cerita sewaktu masih kuliah.

    Saya jadi bisa belajar bahwa masa lalu sebenarnya tidak terlalu penting, yang penting adalah mau kemana tujuan kita di masa mendatang..

    Thanks juga bwt Pak Wir, cerita2 yang diangkat di blog ini sangat menambah pengetahuan dan tidak jarang membangkitkan semangat saya untuk menjadi engineer yang profesional dan punya daya saing.

    Saya mahasiswa T.Sipil Semester akhir di ITS Surabaya. Saya sangat ingin setelah lulus nanti bisa bekerja di Konsultan / Kontraktor di Luar Negeri. Nah, sepertinya saya harus kontak Mas Frans nih. Mas frans bisa dihubungi di mana ya ? Atau kalau mas ada waktu sempatin email saya ya ? saya mau konsultasi. Thanks.

    Saya bisa dihubungi di andrik.themanager@yahoo.com

    Salam…

    Suka

  10. Ping balik: apakah sekolahku unggulan ? « The works of Wiryanto Dewobroto

  11. Pa Wir,
    Nama saya Rio Indrawan, saat ini saya sedang mengambil Msc Civil Engineering di NUS dengan spesialisasi Offshore Engineering. Saya baru pertama kali membaca blog bapak,dan saya merasa terkesan dengan sharing2 yang bapak berikan. Apalagi soal kata “motivasi” dan “kepercayaan diri” yang bapak sering tekankan. Semoga dari blog sini saya bisa belajar menjadi engineer yang lebih baik lagi.

    nb : Untuk mas frans poltak, kebetulan saya berdomisili di Singapore dan sedang mengambil Msc di NUS, barangkali kita bisa berkenalan…ya manatau suatu saat kita bisa bertemu apalagi dunia engineering itu kan sempit.

    Suka

  12. Ping balik: kabar dari murid #2 « The works of Wiryanto Dewobroto

  13. Ping balik: alumni sipil UPH mulai dicari ! « The works of Wiryanto Dewobroto

  14. Pak Dosen masak sih percaya sama keberhasilan murid bapak yang katanya kerja di Dubai itu ?

    sayang pak semua itu terlalu dibesar – besarkan memang murid bapak itu kerja di luar negri (dubai dan katanya di singapur) tapi kemampuannya seperti yang bapak ketahui sewaktu di bangku kuliah, jeblok.

    maaf pak bukan mau menghina tapi kita juga harus realistis. dunia engineering itu kecil kok banyak teman saya yang pernah kerja dengan murid bapak tersebut. setelah membaca di blog ini jadi tertawa geli.

    ma’af loh pak. hanya klarifikasi bahwa jangan terlalu dibesar-besarkan.

    Suka

  15. Hmmm….. setahu saya yang mengerjakan disain Reflection Keppel Bay tower adalah kklim associates (di-subkan). Dia adalah mantan TYLIN’s principal yang kemudian membuka jasa konsultan sendiri. Sedangkan TYLIN International hanya mengerjakan area groundfloor nya saja.

    Setahu saya, ex-colleague saya, Tan Eng Hong (associate level) yang in-charge secara langsung proyek tersebut dibawah seorang principal wanita, Ms. Serena Yap.

    Pekerjaan konstruksi proyek tersebut sedang berlangsung dibawah supervisi seorang Senior Resident Engineer, Chia Teck Suan.
    Sekedar meluruskan berita terdahulu mengenai proyak Reflection Keppel Bay Tower.

    (JJ yang mendisain sekaligus mensupervisi Keppel Carribean Condominium beserta seawallnya)

    Suka

  16. qoute comment from frans alexander: “I am a leader on my parts design and have 10 engineers that I need to lead, for checking their drawing, check their calculation, divide every part of the project wisely”

    ckckckck…gimana bapak satu ini yahh???
    terlalu berani berbohong di media publik.apalagi internet.

    Suka

    • @kiling_buntet
      Ah kamu, selalu saja berpikir negatif. Posting diatas khan diawali dari kebahagiaan seorang guru terhadap muridnya.

      Jadi kalau ada data lain, yah, anggap dulu itu masukkan, bahwa itu semua yang diatas adalah baru CITA-CITA-nya. 🙂

      Kalau gurunya aja nggak complaint, udah deh, amati aja terus. Saya yakin yang bersangkutan juga telah membacanya, dan saat ini saya yakin dianya sedang mewujudkan CITA-CITA-nya tersebut. Bagaimanapun membohongi guru seperti yang kamu sangkakan di atas adalah sebenarnya membohongi DIRI SENDIRI-nya. Dia tahu koq itu.

      Waktu sajalah nanti yang akan membuktikan, bisa-bisa dia nanti lebih besar dari yang disampaikan di atas. Bagaimanapun dia adalah dulu muridku, dan aku tetap bangga padanya.🙂

      Suka

  17. wuihhh, memang kalau guru cara pandangnya lain hehehehe….wise banget.
    thank’s pak wir.

    salam kenal juga buat pak frans semoga terwujud cita-cita bapak.
    mudah2an juga tulisan negatif diatas cuma isu belaka….

    Suka

  18. Ping balik: perlunya berprestasi « The works of Wiryanto Dewobroto

  19. Ping balik: Jurusan Teknik Sipil di Indonesia dengan Peringkat A (versi BAN-PT) | The works of Wiryanto Dewobroto

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s