closed examination


Bagi para pembaca tentang artikel KJI08 sebelumnya tentu cukup kesel, artikel tersebut belum selesai tapi ternyata sekarang sudah dilanjutkan dengan menulis artikel lain.

Ya memang begitulah, waktu bergulir sangat cepat, jika di KJI, penulis bertindak sebagai penilai, maka ketika hari berganti yaitu pada hari Rabu ini, tanggal 13 Agustus 2008 maka posisinya dengan cepat berpindah, berganti menjadi posisi yang dinilai. Itu betul, karena sekarang penulis sedang berperan sebagai kandidat doktor yang sedang menjalani proses evaluasi atau tepatnya adalah proses Ujian Sidang Tertutup untuk mempertahankan disertasinya.

Seru juga ya.

Menurut prosedur pada program pascasarjana di UNPAR, maka Ujian Sidang Tertutup merupakan salah satu ujian penentu (bobot SKS-nya paling besar) seseorang agar dapat diluluskan sebagai Doktor. Hal tersebut tadi diungkapkan secara jelas oleh Direktur Program Pascasarjana yaitu bapak Prof. Bambang Suryoatmono mengawali sidang.

Acara hari ini bersamaan dengan awal masuknya mahasiswa baru UNPAR, jadi ramai sekali. Pengaruhnya jelas, yaitu untuk parkir jadi sulit. Itu menyebabkan para penguji ada beberapa yang datang agak terlambat, tapi untunglah hanya dalam hitungan menit. Coba kalau terlambatnya berjam-jama, bisa-bisa penguji yang lain jadi kesel, ujung-ujungnya bisa ngasih nilai pelit.

Acara sidang berlangsung dari pk 11.00 dan tidak terasa berjalan sampai pukul 14.00. Acara berjalan lancar, para penguji mempertanyakan hal-hal yang cukup jelas untuk dapat dijawab.

Setelah terjadi tanya jawab dengan tim penguji selama lebih dari dua jam maka akhirnya mereka memutuskan bahwa kandindat (saya) lulus dengan perbaikan minor dan dapat menyiapkan Rancangan Disertasinya menjadi Disertasi .

Hore e e e e. :)

Ini adalah para Panitia Ujian Disertasi Tertutup, sesaat setelah menyatakan keputusan di atas.

Dari kiri ke kanan :

  • Dr. Ir. Ananta Sofwan (ITB) selaku Penguji Luar
  • Dr.Ir. Paulus Kartawijaya (Unpar) selaku Ko-Promotor
  • Prof. Moh. Sahari Besari, M.Sc., Ph.D. (ITB, UNDIP) selaku Promotor
  • Ir. Muslinang Moestopo, M.Sc.,Ph.D (ITB)
  • Prof. Bambang Suryoatmono, Ph.D (Unpar)

Dengan demikian tahapan yang harus saya lalui untuk dapat menyandang gelar Doktor adalah tinggal Ujian Sidang Terbuka dihadapan para hadirin sekalian. Semoga Tuhan berkenan. Amin.

Artikel lain yang terkait dengan disertasiku di UNPAR

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s