mistery blue energy or banyugeni terungkap sudah !


Yah akhirnya satu kebenaran lagi terungkap. Universitas Muhammadiyah Yogyakarta dibantu para ahli dari Universitas Gadjahmada membongkar sendiri semua teknologi yang diklaim oleh penemu akbar tahun ini yaitu pak Joko cs.

Informasi lengkap silahkan baca sendiri di sini :

Dengan fakta-fakta di atas, pupuslah sudah yang mempunyai mimpi-mimpi menikmati hasil inovasi dari anak bangsa terkreatif tahun ini bapak Joko Suprapto, ternyata penipuannya tidak mempan ke orang Jogja. Hidup orang Jogja.

Satu sisi lega, karena nalar dan logika yang kugunakan dalam menuliskan topik tersebut beberapa saat lalu masih dapat diandalkan. Juga keberanian yang menyertainya. Untunglah sekarang di era demokrasi. Coba kalau tidak, maka jika hal tersebut sudah masuk ke tampuk kekuasaan, bisa-bisa kekal itu hasil penipuan, dan pada akhirnya jadi tipuan nasional. Ada gunanya ya alam demokrasi seperti sekarang ini.

Meskipun demikian, penulis tetap prihatin terhadap kondisi masyarakat yang ada, khususnya bila membaca tulisan-tulisan komentar terhadap tulisan-tulisan saya tersebut. Umumnya mereka menanggapi secara emosional mengandalkan rasa nasionalis sempit, bahkan nalar dan logika yang aku gunakan sebagai argumentasi dalam menulis tersebut jarang mereka sentuh. Pokoknya teriak dulu, urusan belakang. Hal-hal seperti itulah, yang memaksa saya harus mempertebal keberanian dalam mengungkapkan hal-hal yang menurut saya tidak benar dan tidak hanya ditujukan ke kelompok masyarakat tertentu saja, misal engineer, tetapi harus lebih luas cakupannya.

Lho khan bapak keahliannya hanya bidang civil engineering ?

Betul, itu adalah formal keilmuan yang aku geluti, oleh karena itu pula maka saya mengajarnya juga di jurusan teknik sipil, sesuai bidang keilmuan formal tersebut. Meskipun demikian, karena bidang ilmu yang aku pelajari adalah eksak, sehingga nalar dan logika secara umum juga terlatih, maka tidak ada salahnya jika nalar dan logika tersebut saya gunakan untuk membedah hal-hal lain. Minimal dapat menjadi bahan pemikiran baru bagi orang lain begitu.

Falsafah jawa ada yang mendukung ide tersebut, perhatikan :

Ngelmu iku kelakone kanthi laku.
senadjan akeh ngelmune,
lamun orang ditangkarake lan ora digunakake,
ngelmu iku tanpa guna.

Kanthi laku, artinya memang mencari ilmu itu tidak gampang. Tapi disisi lain, ada-ada juga orang yang ingin jalan pintas, ingin cepat kaya, ingin cepat terkenal. Perhatikan para peneliti banyugeni yang di UMY tempo hari, mereka semua orang ‘berilmu’, maksudnya bergelar, mempunyai pendidikan. Tapi apakah berilmu betulan. Apa sih definisi berilmu tersebut, yang menurutku adalah “orang yang tahu apa yang dia tahu, dan tahu apa yang dia tidak tahu“.

Coba kita telaah para peneliti tersebut dengan kriteria tersebut. Perhatikan pula, statement-statement mereka, yang bahkan menyitir kitab suci pula. Itu khan pelecehan.  Sebenarnya mereka itu tahu nggak sih dengan statement-statement yang mereka buat. Kalau nggak tahu, lalu apa motivasi mereka mau ikut kegiatan tersebut. Paling-paling ingin cepat dikenal / terkenal (dan jadi kaya) jika proyek tersebut sukses. Karena motivasi seperti itulah, mereka kena ‘dolop’ pak Joko CS. Arti lain dari kondisi tersebut adalah mereka belum berilmu.😦

Tapi kalau dia tahu benar, khan katanya peneliti, tetapi ketika dibongkar diam aja. Itu berarti mereka adalah PENIPU.

Perhatikan pengakuan dari pihak UMY yang saya sitir dari detik.com

Sementara itu Humas UMY Ahmad Maruf menambahkan saat demo Banyugeni bulan Februari 2008, bahan bakar yang dinyalakan untuk kompor, lampu teplok dan motor bukan dari hasil penelitian di lab Pusper. Namun bahan bakar itu sudah dibawa Purwanto sendiri. “itu yang kami tahu, tapi masih perlu dichek lagi” kata Maruf

Jadi dengan diungkapnya situasi tersebut maka para peneliti banyugeni tersebut bisa mendapat dua hal DITIPU (karena termotivasi jalan pintas, arti lain tidak berilmu, tidak berkompeten) atau PENIPU. Wah dua kondisi yang nggak enak.

Memang, suatu kebenaran itu adalah mahal. Tetapi UMY sebagai universitas yang menjunjung tinggi kebenaran maka akan tahu benar bagaimana harus bertindak. Bagaimanapun reputasi harus dijaga, karena itu menyangkut harkat hidup orang banyak. Jangan sampai nila setitik, merusak susu sebelangga.

Itu semua menjadi pembelajaran, bahwa kita semua harus hati-hati.

Tulisanku sebelumnya berkaitan dengan blue energy

 

49 thoughts on “mistery blue energy or banyugeni terungkap sudah !

  1. Bukan kejutan, dari awal saya sudah pesimis tentang blue energy, masakan seseorang yang kurang jelas sejarah penelitiannya, tiba2 bisa menghasilkan riset super yang mungkin klo dijual pasti bisa byar smua utang2 negara ini

    Lucunya, sebagian besar masyarakat terbius dengan blue energy, untungnya cepet ketauan sbelum bnyak yang dikadalin, hehehe. Jadi inget kek cerita2 dongeng jaman dulu, tentang penipu yang seolah2 menggandakan emas dst

    Peace, maju terus riset di Indonesia

    Suka

  2. Ha .. Ha..
    Kena deh, ini saya kasih oleh oleh buat kamu kamu para jawara penipu di jagat Indonesia. Tapi sebelumnya aku ucapkan selamat atas kesuksesannya buat Joko cs dan tim banyugeni untuk menipu orang nomer 1 di jagat indonesia dan para menterinya serta buat kampus UMY yang banyak orang pinternya tapi keblinger.

    Tapi untuk bung Wir jangan sombong (maaf) atas kecermatan anda dalam menganalisa fenomena ini dengan mengatakan:

    “..khususnya bila membaca tulisan-tulisan komentar terhadap tulisan-tulisan saya tersebut. Umumnya mereka menanggapi secara emosional mengandalkan rasa nasionalis sempit..”

    karena penulis atau komentator blog anda adalah suatu kekayaan atau melatih untuk berdiskusi dan menulis seperti kamu sering gembar gemborkan. Karena kamu pembuat artikel, sebaiknya jangan merendahkan opini yang berseberangan dengan kamu, dunia ini dipenuhi positif negatif atau salah dan benar jadi hal ini wajar aja.

    Aku menulis ini baru pertama kali di blog mu, sambil berkenalan dengan kau. Sorry lagi, kau punya otak cerdas dan pandai buat kata kata kayak kami orang medan tapi jangan mudah salahkan orang, coba belajar jangan dengan logika aja, tapi dengan hati kudus kamu.

    Buat Joko cs dan tim banyugeni, aku minta tolong diberi resep donk, untuk tipu presiden berikutnya…. ha..ha..

    Suka

  3. Benar seperti apa yang dikatakan oleh no.1

    Temuan ilmiah haruslah terbuka untuk ujicoba (oleh pihak yang independen tentunya), apakah temuan itu benar-benar “Ilmiah” atau bukan.

    Menarik jika kita melihat sepak terjang kehidupan bapak Joko Suprapto (akhir-akhir ini), yang selalu menggentarkan. Entah Ia menghilang ketika semestinya tampil di peringatan 100 tahun kebangkitan nasional, atau ketika Ia pingsan ketika diwawancarai oleh stasiun tv.

    Inovasi haruslah berawal dari serangkaian proses yang benar-benar matang, serius, dan cukup persiapan. Inovator-nya pun harus memiliki kompetensi dan kredibilitas yang jelas.

    jaya terus ilmu pengetahuan Indonesia.

    Suka

  4. Lah ini kan PLTJ (Pembangkit Listrik Tenaga Jin), Pak?! Ya kalau dibongkar jelas ngga berfungsi, jin-nya kan kabur hhihihihi…

    Suka

  5. Di closed gimana Mas Wim, disini forum diskusi dan tergantung artikel yang dimuat Bung WIRYANTO dan kau sendiri tahu ada panel komentar di paling bawah.

    Don’t be emotion about this case, if you don’t like it and you know there are many news in internet and papers about this one. How to close?

    Karena hal ini menyadarkan kita, apakah begitu lemahnya di lingkaran ke presidenan sampai tertipu mentah mentah? Aku sendiri berkesimpulan, pemerintahan kita tidak punya jati diri dan pegangan yang kuat dimana dengan mudahnya tertipu orang seperti Joko, kalau memang kuat sudah ada lapisan intelegen dan para ahli kepresidenan yang akan menscreen.

    Suka

  6. Alhamdulillah….
    akhirnya UMY bersedia bergerak.

    Sebenarnya,
    gak ada yang salah dengan ketertarikan presiden. Bila saya jadi presiden, saya pasti juga tertarik..

    Tapi ada tetapinya…
    untuk investasi dan sebagainya? Saya mesti minta 2nd opinion dulu dong. Untuk apa jadi presiden kalau gak bisa memanfaatkan orang2 di Ristek, BPPT, LIPI?

    Suka

  7. @ Semua

    Yang saya bingung kok sampe pak SBY juga ikut ketipu sih ? ini bukan yang pertama kali loh, sebelumnya aja oknum RMS aja bisa sampe masuk ke Ring 1 kepresidenan😕 dan terakhir pengurus al-irshad saja bisa masuk istana, aneh!!!

    Suka

  8. Ehm, ini klimaks bagi yang skeptis dari awal (bener-benar puas deh ngakaknya), anti klimaks bagi yang percaya dengan membabi buta.

    ternyata penipuannya tidak mempan ke orang Jogja. Hidup orang Jogja.

    loh UMY jogja juga toh ? Mungkin yang lebih pas itu “Orang UGM lebih cerdas daripada orang IPB ?” hihihi

    Di closed gimana Mas Wim, disini forum diskusi dan tergantung artikel yang dimuat Bung WIRYANTO dan kau sendiri tahu ada panel komentar di paling bawah.

    Ini blog, bukan forum.

    *nitpicking*😀

    Wir’s responds: Ini bukan mentang-mentang karena saya orang jogja lho, tetapi terus terang karena saya salute kepada teman-teman di UMY, pimpinan dari oknum-oknum yang mensosialisasikan Banyugeni, untuk berani bersikap, mengambil keputusan tegas sehingga tidak terombang-ambing oleh situasi yang nggak jelas. Bandingkan dengan ‘orang Jakarta’, masih klamak-klemik, meskipun duit 10M udah keluar, maklum duitnya tinggal minta ke rakyat sih. Kelihatannya presidennya harus orang jogja lagi ya.😛

    Sekali lagi hidup orang Jogja, semoga orang Nganjuk juga bersikap sama.

    Suka

  9. Senyum dan Optimis
    Sah-sah aja mempunyai ide dan gagasan bahkan impian. Boleh jadi ide pak joko memberi inspirasi kepada pihak lain untuk meneliti dan mengembangkan bahkan membuktikan bahwa bisa saja ide itu benar.

    Energi itu Kekal, tidak bisa hilang tapi bisa berubah. Begitu banyak sumber energi di alam ini.

    Menurut aku udara, air, dsb yg ada dialam ini bisa diolah menjadi blue energy.

    Bahkan kelak kendaraan gk perlu susah2 isi bahan bakar. krn akan ditemukan sistem untuk merubah udara, air menjadi sumber energi.

    Dunia ini dibangun dari sebuah khayalan dan impian bahkan ide2 gila.

    Contoh : Dulu waktu aku masih kecil suka nonton film star trek di tv yang waktu itu masih hitam putih. Awak pesawatnya menggunakan alat komunikasi tanpa kabel, dan dipake ditangan dan bisa keluar gambar.

    Saat sekarang jadi kenyataan ternyata ada dan bisa.

    Jadi ide pak joko menurut saya benar. Cepat atau lambat pasti terbukti.

    Salam Senyum

    Wir’s responds: Ide sih boleh-boleh aja. Negara demokratis !
    Tapi ya jangan merugikan orang lain, bahkan menipu. Itu khan kasihan dosen jogja yang tergabung dalam team Banyugeni. Itu mukanya mau ditaroh kemana, gembar-gembor ngaku sebagai penemu. Padahal….. Itu khan hasil dolopan banget dari si Joko. Itu baru dari sisi psychology, belum kerugian materiil atau uang yang tertanam.

    Juga strategi anda menanggapi, ibarat di depan ada jurang, tapi dari jauh nggak berani bersikap “awas hati-hati ada jurang”. Khan kasihan orang lain. Ingat, orang itu miskin bukan karena nggak punya modal, tetapi karena miskin karena “mereka tidak tahu”. Jadi yang namanya mendidik itu tidak hanya sekedar memberi ijazah, tetapi membukakan mata mereka, meskipun itu mula-mula sakit. Gitu bung.🙂

    Suka

  10. Ini ada orang bodoh sekali (blackenedwing), semua orang tahu ini namanya blog, tapi untuk tiap artikel yang masuk ada sarana untuk berdiskusi melalui jendela komentar yang telah disediakan. Coba kau buka kamus besar bahasa indonesia forum adalah tempat, wadah atau sarana untuk membicarakan sesuatu (tergantung konteksnya). Lha kita ini sedang berada diforum diskusi dengan sarana blog nya Bung Wir di salah satu artikelnya.
    Sorry Bung Wir, kalau komentar ini keluar dari konteks yang dibahas.
    Okay sekali lagi hebat buat Mas Joko dan Bapak Presiden, yang bikin kami bisa tertawa.

    Suka

  11. Kenapa mesti ribut dengan kasus banyugeni alias bahan bakar air (konon) temuan pak Joko?
    sesuatu yang biasa saja akan menjadi luar biasa jika situasi dan kondisinya memungkinkan, seperti puntung rokok yang membakar hutan ketika seserorang melemparkannya di hutan yg kekeringan, di siang bolong yg panas dan angin kemarau menerpa, jadilah kebakaran hutan. negara ini sesungguhnya hampir mendapatkan krisis moneter jilid 2 jika saja pemerintah tidak nekat menaikan harga BBM, dan kalimat BBM saat ini bagaikan puntung rokok yang masih menyala, dan indonesia adalah hutan tropis di musim kering dan berita tentang pak Joko laksana geledek yang menyambar sehingga seantero penghuni hutan berharap turunnya hujan.

    Jika isu ini saja sampe ditanggapi presiden, maka ini adalah sesuatu yg bisa bikin sedunia gempar, bahkan NASA akan mengalihkan teropong satelitnya ke pelosok sudut kampung dan rumah pak Joko. Jika ini benar, maka harus sesegera mungkin diselamatkan untuk aset bangsa, caranya? presiden kan orang militer, masa sih gak tahu strategi?

    Jika ini hanya hoax dan berita bohong? Maka tertawalah karena Tuhan masih menyayangi kita dengan memberi kita hiburan bermutu macam ini. Tapi kok, sempet-sempetnya pak Joko cs bersusah payah untuk bikin banyolan ini?

    Tidak susah untuk menyeret dan menahan pak joko cs lalu lakukan test kebohongan dan semacamnya lalu jadikan ia tersangka utama kasus mempermalukan presiden dan martabat bangsa ini dengan kekonyolannya, gampang kan?

    Air, bagaimanapun masih mengandung misteri, ia sumber kehidupan, darinya segala yg hidup berasal dan tergantung, agama manapun dan falasafah manapun tidak akan mengingkarinya, kecuali atheis barangkali.

    Sebelum manusia ada dengan segala kesempurnaan akalnya, ia telah menggenangi bumi ini dengan kesejukannya. Dari manakah para fosil cikal bakal minyak bumi bertahan hidup? Tidakkah air juga sumber kehidupan mereka?

    Saya bukan ahli fisika, bukan pula membela pak Joko cs, hanya seorang yg berharap sumber bagi segala kehidupan di bumi ini tetaplah air. Murah, mudah, sejuk, segar dan hidup.

    Mari tetap menjalin mimpi ini, karena mimpilah yg bisa membuat bangsa ini hidup untuk meraihnya.
    —————–
    http://www.masbadar.co.cc

    Wir’s responds: yah, namanya juga usaha, siapa tahu bisa berhasil, kalau belum. Itu namanya nasib.😦

    Gitu aja koq repot, yang penting rumah gede di nganjuk udah dibangun, udah bisa invest di perusahaan (stasiun radio). Daripada ngomong nglantur di blog, belum tentu orang juga paham, atau mau paham. Buang-buang enerji. Gitu khan mas Badar maksudnya.

    Suka

  12. Ini ada orang bodoh sekali (blackenedwing), semua orang tahu ini namanya blog, tapi untuk tiap artikel yang masuk ada sarana untuk berdiskusi melalui jendela komentar yang telah disediakan

    Marah, marah. Becanda lho, kan gue dah tulis nitpicking😀

    Atau anda sudah kehilangan selera humor ?

    Suka

  13. yang menherankan kenapa proyek tipu2 macam gini bisa sampe ke pak presiden, “filter” alias orang-orang ahli di sekitar pak presiden harus lebih meningkatkan kinerjanya.

    Salam Pak Wir

    Suka

  14. weleh……ternyata…..!!!
    Tapi, sejauh mana sih Presiden kita tertipunya ? kalau boleh, diperjelas lagi Oom Wir, thank’s

    Wir’s responds: Wah pertanyaan anda sudah out-of-date, yang sudah ya sudah. Kasihan. Tetapi kalau masih penasaran, silahkan baca-baca tulisan saya yang lama. Link-nya udah ada di atas itu khan.

    Suka

  15. Terlepas dari kebohongan besar Blue Energy, waktu aku baca majalah Wired, disitu disebutkan bahwa “Blue Energy” versi Amerika sendiri ternyata sudah dijalankan sebagai usaha. Kalau tidak salah, beberapa merek mobil ternama pun sudah menerapkan teknologi H2O.

    Tapi waktu aku baca beberapa puluh halaman kedepan, aku mendapatkan beberapa konspirasi terkait usaha penjualan mobil yang bernada sama dan teknologi yang serupa.

    Saya makin bingung.😀

    Suka

  16. Menciptakan lagu/ musik tidak perlu sekolah, tidak perlu penelitian/ riset dll, hanya perlu duduk termenung dan mengkayal. Ilham bisa datang dari langit.

    Apakah inovasi sama dengan menciptakan lagu ???????????

    Wir’s respond: Jangan sepelekan, inovasi memang bermula dari perenungan dan pengkhayalan. Tentu sebelumnya ada baiknya jika banyak membacanya. Agar terwujud dengan baik, maka hasil membaca, merenung dan mengkhayal tadi, itu masih di alam pikiran masih abstrak dan harus diwujudkan dalam bentuk yang pasti yaitu dapat dituliskan, lalu proses diulang lagi, membaca, merenung dan mengkhayal lalu dikulminasikan dalam tulisan. Begitu seterusnya sampai tulisan tersebut mantap, untuk dapat diwujudkan secara fisik, sehingga dapat dievaluasi ulang, dituliskan hasil evaluasi, lalu berulang lagi.

    Jangan sepelekan prosedur di atas. Saya sangat yakin jika pak Joko mengikuti prosedur tersebut, maka dia dapat dengan mudah menjawab pertanyaan orang-orang lain, bahkan profesor sekalipun.

    Sayang, kelihatannya dia lupa prosedur menuliskan. Jadi ya begitu, masih ada dipikiran beliau. Masih di angan-angan. MIMPI.😉

    Suka

  17. Lumayan, paling tidak lumayan buat artikel utama (Berita Utama) di media masa.
    Maklum Pemilu kurang dari 1 (Satu) tahun, bentar lagi mereka khan pada cuti, sudah pada tidak konsentrasi pada tugas.

    Memang kita bangsa besar ya.

    Suka

  18. Salam kenal..Mas..

    Kasus yang memalukan, gak tanggung2 yang ditipu orang no 1 di Indonesia, padahal dah habis2an ngasih penerangan di konferensi tingkat dunia di Bali itu. Para pelajar Indonesia di Jepang sudah sejak awal dah gak percaya dengan si Joko ini, bahasan ini sudah gak laku…

    Bagusnya kasus ini diusut tuntas, yang malu semua orang Indonesia, di mata dunia.

    Wir’s responds: untung saja masih banyak orang Indonesia yang nggak tahu, karena masih pusing dengan BBM, kalaupun tahu banyak juga nggak punya malu.

    Yah, begitulah mas, sudah jatuh ketimpa tangga. Itupun masih banyak yang mikir, untung aku nggak kena. Sedang bagi yang kena, bilangnya “memang nasib”.

    Maklum😉

    Coba kalau itu kejadian ada di Jepang, bisa ada “hara-kiri” khan.

    Suka

  19. Yang menipu ini kurang ajar banget. Sial… mungkin karena ada event internasional, dia memanfaatkan keadaan.

    Mungkin karena pak SBY mungkin lagi mikir gimana cari nama buat Indonesia di konferensi, eh.. ada tawaran. Tidak sempat di uji benar apa gak, diambil aja ( karena tidak ada waktu mungkin )

    Yach… lain kali pemerintah dan masyarakat harus sama-sama hati-hati. Setidaknya jadi pengalaman bersama nich…

    Padahal saya dulu termasuk yang percaya banget😦

    Suka

  20. Pak Wiryanto Dewobroto…

    Salam kenal, saya Nurhana Tirtaamijaya…

    Saya tidak mau ikut komentar soal penipuan dan yang kena tipu, karena sudah terlalu banyak komentar yang disampaikan, sampai saya tertawa geli membacanya…kok bisa terjadi begitu ya??? …apakah ini tanda tanda alam bahwa kiamat sudah dekat..???

    Artikel bapak sangat menarik untuk dibaca dan dikomentari…memancing komentar pro dan kontra…strategi penulisan blog yang lihai untuk memancing komentar…saya harus belajar banyak dari tulisan bapak…

    Saya kagum pada bapak yang memiliki latar belakang insinyur tapi berwawasan filosofi bahkan juga spritual yang tinggi…mungkin karena wong Jogya ya…

    Sampai jumpa lagi…

    Suka

  21. @Abdul Aziz: er… ga ada link lain yg lebih meyakinkan ya? Link yg anda kasih kok isinya penuh dengan video yg “tidak umum” (baca: conspiracy theory video… seriously?)

    Mungkin itu kali kenapa Pak Joko panas dingin (sakit parah?) pas deadline produksi masal alat tersebut pas kebangkitan nasional kemarin. People will do just about anything to be recognized…

    Suka

  22. PS: penipuan seperti ini sudah ada notion untuk diusut dari pemerintah? Kalau tidak segera diusut bakalan banyak nih bermunculan pihak2 yg menjanjikan mimpi-mimpi surga…

    Suka

  23. Sebenarny Bapak Presiden tidak usah capek2 bikin pabrik blue energy , tinggal “nyiduk” aj lumpur lapindo trus , siramin k bapak Joko S. dan bilang “Nih , temuan gw , mau ap lu …. ??? Bisa buat nyalain orang ….” . hahahahaha ……. !!!!!
    *Kabuuuuuuuuurrrrrr … !!!!! *😀

    Suka

  24. tulisannya agak subjektif *maksudnya terlalu banyak mengiklankan subjek penulisnya.. hehe*
    peace🙂

    Wir’s responds: mengiklankan ?
    Emangnya saya jualan apa mbak.

    Suka

  25. Wah, masalah blue energy ini benar-benar menguras perhatian masyarakat Indonesia, bahkan RI 1 pun ikut tertarik dalam masalah ini, tapi masalah kebenarannya itu memang perlu diragukan.

    Setelah membaca artikel di atas saya menjadi sangat menyesal karena apabila memang benar hal itu bisa terjadi seperti halnya di Jepang tentunya bukan seperti yang dilakukan oleh bapak Joko itu, tapi saya berharap kedepan memang benar-benar terdapat orang yang mampu menciptakan / menemukan bentuk energi alternatif untuk bangsa Indonesia ini.
    http://indramgl.wordpress.com

    Suka

  26. AKU BACA KOMENTAR ORANG-ORANG MASALAH BLUE ENERGY KOK LUCU-LUCU…APALAGI KOMENTAR ORANG JOGJA, SEOLAH-OLAH NGENYEK BANGSANE DEWE ?

    LA KALO BLUE ENERGY BISA DIBUKTIKAN BENERAN, OPO WONG YOGYA ORA ISIN.

    KALO MASALAH PENEMUAN HAL YANG BARU ITU SAKJANE TIDAK HARUS ORANG AKADEMISI MAS MAS ATAU MBAK MBAK KABEH. JADI KITA SEBAGAI INTELEKTUAL YA OJOK SOMBONG ATAU NGENYEK KARO SING SEKOLAHE ORA DUWUR. MENGKO KISINAN DEWE.

    WASSALAM
    ZAUHARI/JOUWORK

    Suka

  27. @Zauhari
    Menilai atau mengevaluasi adalah suatu pekerjaan yang gampang-gampang susah. Tidak setiap orang bisa melaksanakan dengan baik, karena apapun nilainya itu mempunyai konsekuensi.

    Jika anda selalu memberi nilai 100 padahal kenyataaan bahwa itu tidak sesuai ekspetasi orang lain, itu juga dipertanyakan, meskipun yang dinilai senang-senang saja. Apalagi kalau anda memberi nilai 0 tanpa bisa mempertanggung-jawabkan, bisa-bisa dilabrak.

    Dalam menilai ada baiknya untuk seobyektif mungkin. Jangan masukkan unsur emosi, atau asal-usul, seperti karena sama-sama orang jawa, atau lainnya. Kalau begitu, lebih baik abstain. Netral.

    Apa yang saya lakukan di atas, juga demikian, selalu ada argumentasi yang mendasari. Saya juga sadar bahwa hasil penilaian saya tersebut bisa saja berbeda dengan yang lain. Jika ada perbedaan, silahkan ajukan argumentasinya. Siapa tahu ada pemikiran saya yang tidak tepat atau bahkan salah.

    Penilaian atau pendapat saya di atas tentang banyugeni adalah penting dan serius. Minimal menjadi bahan pemikiran untuk bersikap hati-hati dan mengandalkan logika dan nalar.

    Jika tidak, maka bisa seperti ini hasilnya.

    Detik.com : “Rektor UMY Mundur Karena Pertanggungjawabkan Banyugeni

    Suka

  28. Hahahaha, lucu juga nih mas Joko blue energy, tp kita liatlah gmana sepak terjangnya. Anehnya knapa sampe skarang dia gaq brani tunjukin di depan para ahli buat buktiin kbenarannya, toh klo dia punya bukti2 riwayat penelitiannya, gaq mngkin bsa penelitiannya dipaten orang laen, he3

    Duhhh angin surga, enak bngett :p

    Suka

  29. Awalnya memang saya seneng dan bangga akan informasi penemuan blue energy. Apalagi bapak saya (baca: presiden) telah menginformasikan pada suatu perhelatan yang level dunia. Jadi semakin mantab dan sangat berharap.

    Seiring waktu informasi-informasi tentang blue energipun semakin menjejali telinga, mata dan otak. Semakin lama kok semakin nggak karuan. Mana yang harus dipercaya. Ditelevisi tayang begini, dikoran muat begitu, di blog ada yang bilang ini dan itu, begitu juga di milinglist. Terus terang saya awam akan ilmu keenergian dan cekak pengetahuan fisika, kimia dan matematika.

    Apalagi ketika dandim di tv ngomong tentang cahaya dan kecepatan segala. Malah bikin mumet.

    Dan “gendheng”nya saya walau bingung tetep aja ngikuti informasi-infirmasi tentang blue energi.

    Sepertinya buanyak juga orang-orang seperti saya. Mengikuti dan menunggu entah sampai kapan kepastian blue energy.

    Kalau toh blue energi itu nyata dan akan dijual harga Rp. 3.000 /liter ya mbok direalisasikan.

    Nggak segampang itu, investor kan belum yakin kalau tidak dijelaskan.
    Ya monggo dibuktikan dan dijelaskan.

    Investor juga tidak mau kehilangan investasinya oleh karenanya mereka juga punya team ahli untuk pembuktiannya.
    Wah kalo dijelaskan secara detil nanti ditiru.

    Ya kalo takut ditiru dipatenkan saja. Kan sudah ada hukum dan badan yang menangani itu. Jadi kalau ada yang meniru bisa dituntut.

    ???
    Kok sepi ngga ada informasi selanjutnua ?

    Bingung End.

    Suka

  30. @mihael,
    blue energy seperti yang di AS itu memang ada, dan bukan bohong. tapi mereka memanfaatkan air dengan melepaskan atom H+ dari molekul air (H2O).

    gimana air mau jadi bensin (senyawa karbon), air kan hanya H2O, mau dapat atom C dari mana?
    joko itu pembohong.

    kasihan bangsa kita, masih gampang ditipu.

    Suka

  31. Saya berusaha mau “open mind” terhadap semua penemuan, walaupun itu terkesan aneh. Tapi sifat “open” juga mesti di tunjukkan oleh yg menemukan hal baru itu, agar terjadi diskusi yg terbuka dan transparan.

    Suka

  32. pusingku lenyap seketika….
    sekalian aja ngrubah tanah jadi emas kaya’ sunan kalijaga (tapi saat ini kaya’nya ga ada dech yng sekelas wali
    paling wali murid…

    Suka

  33. salut buat joko cs,anda orang hebat dgn modal cekak tapi bisa meyakinkan presiden dan parA AHLI ,tapi secara keilmuan memang bisa dibuktikan bahwa air memeng bisa dijadikan energi tapi bukan ilmu weton asal kedaton,perlu kita renungkan bahwa ide gila itu sebagai awal perkembangan tehnologi maupun peradaban

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s