Burj Dubai selagi telanjang


Judul di atas adalah benar, tidak menipu ! Ada beberapa foto yang mendukungnya, tapi ingat ini blog-nya engineer, sehingga foto-foto yang didukung oleh kata-kata di atas adalah dari kaca mata engineer. Jadi bukan salah saya, jika anda menemukan bahwa ternyata tidak seperti yang anda duga. 

Apakah anda ingin tahu interprestasi engineer terhadap judul di atas ?

Burj Dubai adalah nama proyek gedung yang direncanakan akan tertinggi di dunia yang sekarang ini sedang di bangun di Dubai. 

Gambar di atas adalah imajinasi artis bilamana Burj Dubai telah selesai berdiri, yang diperkirakan setelah era tahun 2009. Sangat megah bukan.

Tampilan pada gambar artis tersebut tentulah kondisi final, dimana struktur bangunan gedung telah ditutup oleh skin penutup sehingga tidak terlihat jelas, apakah terdiri dari struktur baja atau struktur beton, dan bagaimana konfigurasinya.

Meskipun bukan termasuk daerah gempa, tapi dengan ketinggian seperti itu, yaitu 629 m (2,064 ft), dengan total sebanyak 164 lantai lengkap tentulah diperlukan ketahanan lateral yang mencukupi, minimal terhadap angin yang mestinya didaerah gurun cukup kencang (benar nggak sih ?).

Jika gambar di atas saya ambil dari internet di sini. Tetapi gambar disamping adalah asli dari foto, yang mungkin belum ada di internet kecuali di blog ini. (** wah mulai narsis nih**).

Tentu saja bukan aku sendiri yang kesana, tetapi adalah dari Richard mahasiswaku (sekarang sih sudah alumni) yang sudah hampir setahun ini kerja di sana, dimana saat sekarang ini sedang pulang untuk ikut wisuda, sekaligus mau mengajak rekan alumni UPH lain yang menemaninya di sana. Wah ini yang disebut mendapat pekerjaan dari perkoncoan, baik nggak sih.😛

Ada banyak foto-foto Richard yang diberikan ke saya, yaitu sekitar 420 MB tentang situasi di jazirah Arab tepatnya di Dubai tersebut. Tapi nggak semua aku up-load. Pengalaman menunjukkan bahwa kalau hanya sekedar di up-load tanpa diberi komentar, maka ya nggak menarik. Lebih baik sedikit tetapi ada latar belakang ceritanya. Itu akan lebih menarik. Iya khan.

Mana pak yang selagi telanjang ?

Waduh kamu ini mengingatkan terus, emangnya yang telanjang itu menarik ?

Ya tergantung pak, kalau dari kaca mata bapak, jadi seperti apa sih yang akan ditampilkan ?

Jadi tergantung sumbernya ya. Memang sih, kata telanjang sudah mempunyai konotasi tertentu, coba aja di googling, bisa dapat apa dengan kata tersebut. Tetapi bagiku tentu kata tersebut masih bisa diaplikasikan untuk menunjukkan suatu fakta rekayasa yang memang seperti itu keadaannya.

Misalnya seperti ini, yang merupakan tampak Burj Dubai dari atas. Kelihatan khan, struktur-strukturnya, masih telanjang lho.

Itu gambar Burj Dubai pada ketinggian 2070 feet, sudah lebih tinggi dari rencana. Untuk mendapatkan gambar seperti itu tentunya tidak mudah, hanya yang mempunyai keberanian yang bisa mendapatkannya, jadi sangat istimewa sekali.


Ini saya zoom, bandingkan pekerja yang duduk dengan bangunan bertingkat di sebelah kanan yang kelihatan jauh dibawahnya. Kayak di luar angkasa ya.


Yang ini sengaja saya zoom lagi, untuk memperlihatkan kondisi pekerja di ketinggian tersebut. Mungkin bagi para pembaca peminat K3 (yang kelihatannya cukup banyak) maka gambar ini pasti menarik. Ini mah bukan hanya keberanian tetapi juga pengetahuan tentang K3 jika masih ingin ketemu dengan keluarganya lagi. ini mungkin golongan pekerja yang termasuk dalam high-risk-high-payment.😀

Saya nggak tahu apakah itu sudah ada di internet atau belum. Yang jelas itu adalah hasil kontribusi kenalanku yang jadi structural engineer profesional di negerinya paman SAM. Lho koq jauh sekali dari Dubai tempatnya di foto. Memang aneh manusia ini.

Trims ya Okie, sukses selalu kamunya disana, sering-seringlah bagi pengalaman untuk teman-temanmu di Indonesia. Via aku juga nggak apa-apa, sekarang tugasku khan nggak ngitung lagi kayak dulu, sekarang sudah waktunya bagi-bagi pengetahuan ke yang lain. Menjadi berkat begitu lho katanya.😛

Tulisan terkait lain yang cukup menarik untuk dibaca :

66 thoughts on “Burj Dubai selagi telanjang

  1. wow keren..
    pak wir, kapan ya di tanah air kita dapat membangun bangunan dengan teknologi teknik sipil modern sprti ini???
    dan menurut bapak, apakah para sarjana local mampu menyerap teknologi seperti ini??
    ^_^

    Suka

  2. @paijo
    wah ini mirip yang di selebriti blog, ada pertamax-nya. Padahal aku biasanya pakai premium aja.

    @dimas
    moga-moga nanti ada muridku yang bisa mewujudkannya di sini. Memotivasi agar engineer kita nanti mampu membuat seperti itu khan merupakan salah satu tugas utama seorang guru bukan. Semoga !

    Suka

  3. Ya, bangunan tinggi yang hebat.
    Perencanaan, Pelaksanaan dengan Keuangan yang hebat pula.

    Cukup banyak pekerja dan engineer Indonesia bekerja di negara tsb. Kalau untuk bangunan tinggi, pekerjaan sipil tentu lebih sulit dipelaksanaannya, untuk perhitungan sarana dan teknologi sudah sangat menunjang.

    Menjadi lebih sulit adalah sarana pendukung hidup untuk bangunan tersebut seperti; air, ac, lift, listrik, komunikasi, keamanan dan limbah. Pemilihan teknologi dan aplikasinya (operasional dan perawatan) tidak mudah karena mahal (lebih mahal nilainya dari nilai pekerjaan sipilnya).

    Cuma saya heran ya, apa ada yang mau tinggal di bangunan setinggi itu.

    Suka

  4. kayanya sudah ada yang ngalahin tingginya burj dubai..
    itu tuh tower crane-nya😀

    Kalo pekerjanya kebelet tuh, gimana ya turunnya?
    Nice pics.

    Suka

  5. wah, keren paak…😀
    salut buwat para pekerja yg di zoom itu..
    kalok saya mah, udah manggaretek… lha wong perbaiki atap rumah 1 lantai aja udah gemeteran..😕

    Suka

  6. saya tahu info ini dari wiki beberapa bulan yang lalu, ketika iseng2 lagi nyari2 info ttg bangunan tertinggi di dunia.. dubai tuh emang gila-gilaan bikin gedung..

    Suka

  7. @ aRuL
    OOT: Memang temennya siapa mas? Yang sempat ramai di metrotv ya?
    Kemarin 3 pekan sempat singgah juga kesana, tapi hanya main ke burj al arab, ga sempet ke burj dubai, cuma ngeliat dari kejauhan.

    Suka

  8. semoga tidak jatuh, karena jaman dulu ada kelompok yang sangat angkuh. mereka membangun istana sebagaimana istana di surga. tetapi ketika hendak diresmikan, semua tenggelam di dasar bumi. cerita ini dutulis oleh Ibnu Kholdun dalam bukunya yang berjudul ” Mukoddimah Ibnu Kholdun“.

    Suka

  9. ada gambar yang kelihatan pendulumnya gak mas.. gedung tinggi katanya perlu penyeimbang..
    pengen tau seperti apa sih..
    juga katanya ada gedung yg pendulumnya kelihatan bukannya diumpetin. tapi bukan gedung dubai yg ini.

    Suka

  10. Saya tertarik melihat scaffolding tempat orang bekerja yang ditempelkan pada struktur (scaffoding gantung)… tentunya ada aturan khusus untuk mebuatnya walaupun kelihatan sepeleh tapi kalau gagal resikonya nyawa orang..

    ada yang bisa sharing masalah scaffolding ini??

    Suka

  11. Luar biasa sekali !

    Luar biasa buat penulis blog ini.
    Luar biasa buat photographer-nya
    Luar biasa juga buat yang komentar di sini.

    Salam hormat

    Suka

  12. Klo liat view yang diambil pakai lensa fisheye jadi merinding yah… tinggi sekali..

    jadi teringat..

    Pertama kali kerja di lapangan, bangunan masih cor-coran beton, rangka doang, naik tangga kayu buatan tukang udah merinding luar biasa. (pengalaman pertama sih..) Apalagi ini.. tinggi sekalee…

    Wah, klo konsultan pengawasnya mau cek di bagian atasnya bagaimana ya?

    Berarti di lowongan kerja konsultan pengawas pasti tertulis syarat meskipun kecil tulisannya :

    Mempunyai keberanian dan jiwa yang tegar.

    Hehehe..

    Btw, like usual Pak Wir..
    nice photograph shot, and nice article..

    Thx.

    Suka

  13. Wow,,, Ajib-ajib plus keren euy
    Mudah2an Indonesia segera menyusul bikin Burj Dubai versi Insinyur dalam negeri,, Amin…

    Suka

  14. Salam
    Wah bagus banget, keren abiz Pa, tapi liat foto yang dari atasnya itu lho ngeri juga, artikel yang sangat menarik , jadi tambah tahu nie, trims ya🙂

    Suka

  15. insyaAllah dech, di tanah air kita bisa ada yang mau investor bangunan tinggi kayak begini, apalagi dijakarta kan jumlah tanah terbatas,so kalo di buat apartemen seperti ini, apalagi harga nya murah..
    pasti banyak yang mau beli…
    hahahaha
    ***hei JANGAN MIMPI DUNG DISIANG BOLONG*****
    ^_^

    Suka

  16. wah, kemegahan..
    bisa kita bangun di Indonesia dgn tehnik militer, oops, sipil.., asalkan bisa maksimal mengeksplorasi kekayaan perut bumi nusantara, hasilnya buat biaya pendidikan. apa kek, teknik sih kalo bisa, biar Indonesia maju, banyak insinyurnya…

    agak aneh sih, timur tengah, buminya disedot, buat nguruk sebegitu tinggi kok gak ada lumpur yang nyembur…

    lha kita, sumur minyak dikeruk, gunung diurug, eh perut pejabat yg makin gendut dan sidoarjo yang keblebek lumpur..

    salam pak wir..

    Suka

  17. kalo di indonesia kayaknya bahaya dech… rumah satu lantai aja ada yang ketabrak pesawat apalagi kalo yang 164 lantai…????

    trus bayarnya mahal itu buat yang cleaning service bersihin kaca luarnya dari lantai 1 sampai lantai atas,
    lantai 1 mulai dilap, trus naik sampai lantai atas, lantai 1 sudah harus dibersihkan lagi karena kotor lagi, banyak debu padang pasir kan ya disana?

    Tapi ngomong-ngomong tiang pancang yang dipakai kayak apa ya?? dalamnya sampai berapa itu untuk nahan momen guling..???

    tapi hebat-hebat…

    Suka

  18. kapan indonesia kayak begono.seandainya ada gambar2 lebih lengkap lagi dari pondasi ampe keatas kan lumayan dapet pengetahuan juga.apa pake baja semua ya kayaknya yang putih2 ntu pake beton ya????

    Suka

  19. salam kenal Pak Wir,

    Nama saya Hanif. tukang insinyur di UAE.

    saya tadi (11/5) barusan dari Dubai Tower (45 lantai) krn diundang kontraktornya utk diskusi masalah pinnacle-nya. Dubai tower ini terletak di depan Burj Dubai (sekitar 200 m). Meskipun artinya sama, Burj Dubai (arab) = Dubai Tower (english), tapi bangunannya beda.

    Waduh Pak Wir, baru jam 11 am suhunya sudah mencapai 45 derajat. Itu di ground, nggak tahu waktu saya di atapnya. Pusing kepala saya.

    saya kira ada yg kurang di artikelnya Pak Wir.

    1. Suhu Dubai sangat panas di musim panas. Sekarang belum musim panas, baru musim agak panas. Kalau musim panas, suhu bisa exceed 50 C. Tapi di koran selalu dtulis max. 49 C. Kenapa? Kalau exceed 50 C, maka SEMUA proyek harus berhenti. Kan rugi kontraktornya

    2. Gaji labour (bukan professional, lho) di Burj Dubai, dan UAE pada umumnya, bisa dibilang minim. Lihat di Wikipedia. Mereka pernah mogok kerja lho. Padahal harga minyak sudah exceed 125 USD per barel. Dulu cuman 35 USD.

    3. Teman bilang, ada sebagian labour di UAE yg bunuh diri krn nggak tahan biaya hidup yg > ketimbang London tapi bergaji standard malaysia. Sudah gitu nggak bisa pulang ke negri asal krn paspor disita employer. Labour office pun nggak banyak membantu.

    Terkadang, kemewahan bangunan di dunia ini harus dibayar mahal oleh pekerjanya. Misalnya piramid di mesir dan Burj Dubai sendiri. Mending piramid, ada yg menghuni, lha skycrapers di UAE bisa dibilang >70% kosong.

    Ada anekdot, Dubai = Do Buy. Krn semuanya mahal

    A+,

    Hanif
    ingenieur structurel
    aux E.A.U

    Suka

  20. halo pak wiryanto,
    sebenarnya saya mau tanya sesuatu yang tidak berhubungan dengan topik ini…mungkin bapak bisa bantu saya.
    Saya diminta oleh paman saya untuk menghitung struktur suatu bangunan rumah tinggal..sejauh ini sih tidak ada masalah dengan menghitung struktur bangunan..cuman bangunan ini agak berbeda, luas bangunan sekitar 40mx30m. nah pertanyaan sekarang adalah rangka atap apa yang cocok…biasanya untuk rumah tinggal memakai rangka baja ringan merupakan solusi bagus disamping bisa menahan kekuatan yang lebih dan juga mempunya penampilan yang rapi…cuman kalau memakai rangka baja ringan apakah baja ringan sanggup untuk dipasang selebar 30m?…perhitungannya gimana? ada referensi ga pak..soalnya saya cari2 di search engine dengan kata “baja ringan” dan ternyata yang keluar hanya iklan2 yang tidak membantu…tolong dibantu pak…
    salam

    Wir’s responds: sdr Yanky, hebat betul ada rumah tinggal dengan bentang 30 m. Apa benar itu. Gudang kali ? Ok, jika itu betul, maka saya tidak merekomendasikan memakai atap baja ringan. Sebaiknya konvensional saja.

    Suka

  21. PAK, SAYA MAU TANYA. BULAN AGUSTUS SAYA BERANGKAT AGUSTUS UNTUK KERJA DI DUBAI JADI GENERAL LABOUR. GAJI YANG SAYA TERIMA SEKITAR 6 SAMPE 7 JUTA. UNTUK TEMPAT TINGGAL DAN TRANSPORTASI KE PERUSAHAANNYA SUDAH DIBIAYAI OLEH PRSHN JD SY TINGGAL MENGELUARKAN BIAYA UNTUK MAKAN. UNTUK GAJI SEGITU TERLALU SEDIKIT G YA? BISA UNTUK NABUNG G? SY MOHON INFONYA SEGERA. TQ

    Suka

  22. Dear Sir, Mdm, friends

    Yang anda lihat semua disini adalah sebagian dari apa yang ada di Dubai, emang gila2an dubai itu, sangat ajaib, ini berkat Visi dan Misi dari pemimpin (Raja Dubai) itu sendiri, yang mempunyai rasa memiliki, dan menginginkan negara atau kotanya menjadi salah satu kota yang akan menjadi satu2nya di planet ini sebagai tempat pariwisata dan busines berskala GLOBAL bukan internasional lagi. Coba bila anda sekalian berminat untuk mengetahui dan melihat perkembangan di kota Dubai ini, anda bisa mengunjungi website kami di http://www.Harvia-online.com Tq

    Suka

  23. Gimana sih.. ini kan jamannya gempa..
    gak takut tuh bangunan ambruk gara2 gempa?
    Trus apa ada yang mau sewa kantor di tempat setinggi itu..? Kan ngeri banget kalo dpt lantai yang teratas… sereeemmmmmm

    Suka

  24. memang megah banget bngunan itu,saya ikut bangga apa yang sedang di kerjakan oleh pemerintah dubai.karna bangunan setinggi itu terletak di daerah uni emirat arab.smoga sucses

    Suka

  25. Yth Pak Wir, Salam kenal.

    WOW, mantep banget emang skyscrapper-nya.
    Dubai memang membuat semua terpana dg bangunan2nya. idaman para engineer.
    Dulu saya sempat bermimpi juga, tapi skrg salah sasaran malah masuk tambang.

    Oya Pak, fotonya fisheye yg diambil dr 2070 ft mantep dan artistik, masuk di fotografer.net saja Pak. Di sana banyak teman2 fotografer dari junior sampai sueniorrr…

    Oya, bagaimana dengan aspek safety alias K3-nya? Apa ada pembahasan lain mengenai hal ini?
    Mengingat High rise building sangat high risk dan semoga memang high payment.
    ingat kan, baru2 ini sudah berapa orang bekerja di high rise dan mati karena gondolanya jatuh…

    Terima kasih dan salam.
    leko

    Suka

  26. Keren banget Pak Wir…
    Saya aja naek di Piernya Jembatan Suramadu yg tingginya cuman 30m udh ketir2 pak..
    HSE nya kudu sering2 inspeksi tuh hehehehehehehe…

    Suka

  27. Wah..wah…g kebayang kl gawe dilantai plg atas,bs ketiduran tuh kayaknya di lift.Kudu bawa bekal nasi g ya?Apalagi kalo lift-ya macet,mantaaapp…
    Tapi emang keren.Baru liat fotonya aja udah merinding,dari ga phobia jadi phobia deh!

    Suka

  28. Waduh keren banget ni bangunan Pak….

    kagum sekali saya dengan kota Dubai…. setahu saya kota ini akan menjadi pusat bangunan-bangunan yang tidak dapat diterima oleh logika struktur, karena akan terus dibangun bangunan-bangunan dengan struktur yang cukup bahkan sangat rumit….

    whuuuuuuhhhhhhhhh……

    Suka

  29. Keren bangaet.. mari kita bersama sama mulai hari ini u
    kita mulai dari yang kecil aja dulu .. biar itu terjadi di negara tercita ini …

    Suka

  30. Pak Wir… kra2 jenis pondasi apa yg diterapkan pd burj dubai ya? brp besar? di test ga ya.. hehehe. brp beban kerja dan benan test nya… thanks..

    Suka

  31. Keren, sayang banget profil scaffoldingnya kurang jelas, saya tetarik dengan rancah bangun scaffolding.
    Buat P. Badaruddin, mungkin kita bisa sedkit sharing mengenai scaffolding, bisanya dipakai jenis material (tube-nya) BS material, cuma tipe fittingnya kurang terlihat jelas, mungkin jenis lock, bukan menggunakan coupler/clamp.
    ada plus minusnya, dan tergantung juga dengan kebiasaan pemakaian.
    di beberapa tempat di indonesia telah menggunakan material tube JIS, karena lebih ringan sesuai dengan postur scaffolder indonesia tetapi tidak mengurangi kekuatannya/faktor safety-nya. dan bergantung pada scaffolding standard yd digunakan pada proyek tsb

    Suka

  32. Pak, ulas sedikit dong mengenai Sistem strukturnya. Kalau di SNI 2847-2002 digolongkan kemanas sih sistem strukturnya? Apa dinding struktural khusus, sistem ganda? Kalau SRPMK ga mungkin. Soalnya yang saya perhatikan, Strukturnya memiliki dinding geser.

    “Ajari Kami Guru!”

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s