the untouchables


Tanpa membuang waktu, mobil-mobil KPK memepet mobil Urip yang saat itu melawan. Mobil Urip ditabrak dari belakang sehingga bempernya penyok. Ia baru menyerah diborgol ketika empat personel Brimob yang memburunya menjatuhkan dirinya ke jalan aspal dan menekan kepalanya agar tak bisa bergerak lagi.
[Kompas , Selasa 4 Maret 2008]

Bisa dibayangkan apa yang terjadi pada saat itu, pasti cukup ‘keras’ dan itu dilakukan kepada orang yang tahu benar apa artinya keadilan, karena terdakwa adalah seorang jaksa yang pernah mengadili kasus terkenal pula. Jadi kalau KPK tidak mempunyai dasar argumentasi yang sangat kuat rasanya mustahil untuk dilakukan.

Tentang apa yang dilakukan oleh KPK saya setuju. Meskipun sampai saat ini tuduhan terhadapnya belum tuntas, tetapi dengan tertangkap basah jaksa tersebut ketika membawa 660 ribu U$ yang dikatakannya hasil jual beli permata adalah suatu fakta yang memang menarik untuk dikaji. Apakah anda bisa membayangkan orang mempunyai omzet jual beli permata seharga 660 ribu U$ , tetapi mau hidup sebagai jaksa dengan meninggalkan sanak keluarganya di tempat lain. Ha, ha, rasanya orang bodoh juga tahu.

Jikapun dia punya permata tersebut, darimana permata tersebut dia dapat. Padahal dia sehari-harinya khan di kejaksaan yang mungkin hanya segelintir bahkan nggak ada yang mau memperbincangkan tentang permata, kecuali jika itu dapat digantikan dengan penyelesaian perkaranya.

Juga, yang bisa membeli batu permata seharga seperti itu khan hanya segelitintir orang di negeri ini. Pokoknya ini fakta yang sangat istimewa, fakta yang sudah dapat bercerita banyak tanpa perlu cari argumen-argumen yang lain.

KPK sebagai penegak hukum kini semakin pintar, mencari fakta yang seperti itulah yang sekarang sedang diusahakan. Kenapa ? Karena tempo hari, jika hanya didasarkan pengakuan seseorang maka ternyata itu mudah dipatahkan. Adalah fakta juga bahwa membuat orang mengaku kesalahannya adalah susah atau dikatakan mustahil.

Apalagi yang mempunyai anggapan bahwa korupsi adalah bukan sesuatu yang aneh, dulu-dulu juga begitu koq. Di dalam agama tidak ada tuh disebutkan kata korupsi, yang berdosa itu khan jika kita melakukan zinah, memakan riba, makan makanan yang haram dll.  Pekerjaanku ini basah koq, iri ya ?

KPK sekarang juga cukup strategis yaitu membidik yang besar-besar, yang dapat menyebabkan efek heboh. Ini merupakan strategi yang penting, jika yang kuat aja nyerah, bagaimana yang bawah, pasti sip lah. Juga ditambah adanya dukungan yang baik dari pak SBY, syukurlah Bapak Presiden akhirnya mau mengeluarkan pernyataan sikap terhadap kejadian real dan tidak hanya berwacana lagi . Dukungan  seorang Presiden sebagai orang no.1 di negeri ini adalah sangat penting sekali bagi kelangsungan dan kesuksesan KPK.

Progress seperti di film the untouchables sudah dimulai. Jika sukses maka sudah ada titik cerah bagi Indonesia, tapi ini perlu dukungan terus menerus oleh masyarakat dan aparat penegak lainnya.

Mari kita beri dukungan moril dan doa kepada KPK.

16 thoughts on “the untouchables

  1. Wah…seperti di film-film Hollywood aja ya Pak, dan biasanya yang di film-film itu based on the true story, apakah ini pertanda sistem peradilan kita akan jurdil seperti di amrik sono, Who knows…amin…

    tidak tebang pilih dan tidak bermuatan politis dan asas praduga tak bersalah yang dijunjung tinggi.

    btw mw nanya Pak, tapi out of topic, gimana caranya mindahin tulisan-tulisan wordpress yang localhost (instalan) supaya bisa online
    makasih sebelumnya…

    ciao…

    Suka

  2. @Fajar,

    caranya mindahin tulisan-tulisan wordpress

    Kurang jelas maksudnya, tetapi pengalaman punya beberapa blog ditempat lain maka untuk mindahin maka saya masuk mode HTML, dari situ pilih semua dan copy, simpan di notepad.

    Dari situ copy-paste ke mode HTML di tempat lain. Selama ini hasilnya JOSS.

    Selamat mencoba.

    Suka

  3. makasih pak… i’ll tri it!!!
    sekalian makasih tuk semua link2 materi ketekniksipilannya selama ini (saya mahasiswa teknik sipil di salah satu PTS di Malang)…

    very usefull for me dan kawan2

    , tapi blon sempat beli buku SAP2000-nya hehehe …
    Semoga Tuhan selalu memberkati anda dan keluarga. Amin.

    Wir’s responds : lho kenapa belum ngoleksi bukuku, bantu nglarisin dong.😛

    Suka

  4. to Mikhael

    mulai semangat mengulas hal – hal berbau sosial dan politik ya….

    Lho emangnya ada yang aneh Mike, memang sih kalau di kelas di UPH aku pakai peran sebagai engineering lecturer, sehingga kamu-kamu terkecoh bahwa aku hanya seperti itu.

    Tetapi ingat masih ada peranku yang lain yang bisa aku manfaatkan yaitu researcher-writer-speaker juga christian-faith. Itu khan jelas-jelas ada di pojok kanan atas ketika aku mengenalkan diri khan.

    Jangan khawatir, meskipun perannya bisa beda-beda, tetapi itu semua tetap ada pada diri pak Wiryanto, dosen UPH yang kamu kenal itu.😛

    Suka

  5. Semakin banyak yg menulis, menurut saya makin menunjukkan kalo banyak peduli dan mendukung KPK.
    Harus terus dipantau nih beritanya…..
    Semoga tangis Kajagung bukan cuma tangisan ala sinetron…..

    Suka

  6. Banyak orang mengira untouchables itu justru menunjuk pada orang-orang pelaku tindak kejahatan (kriminal) yang kebal hukum.

    …..

    Nah, yang mungkin tidak anda ketahui, sebetulnya istilah The Untouchables sendiri bukan merujuk pada sosok Al Capone dan kerajaan Mafia-nya, melainkan justru pada sosok penegak hukum, Elliot Ness dan sepuluh rekannya.

    lengkapnya di http://dennybaonk.multiply.com/journal/item/243

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s