program LOB gratis for CM


Kata Pengantar Wiryanto Dewobroto

Sdri Rima Kiswanto, mahasiswi jurusan teknik sipil UPH, baru saja menyelesaikan skripsi di bawah bimbingan Ir. Minawaty Tanujaya, MT.  Hasilnya adalah sebuah program komputer yang dapat digunakan untuk manajemen proyek.

Catatan : Rima adalah mahasiswi anggota team UPH yang merebut juara 1 Lomba Jembatan ITB 2007, baca ini. Merupakan satu dari empat mahasiswa angkatan 2004 yang lulus semester ini, jadi masa studinya kurang dari 4 tahun.

Program tersebut menurutnya cukup berguna membantu me-manage proyek-proyek yang mempunyai item pekerjaan yang berulang (repetitif), seperti misalnya pekerjaan pemancangan tiang.

Adapun program ditulis dengan memakai program Visual Basic 6.0, hasil pembelajaran yang saya berikan selama ini di JTS UPH. Jika anda tertarik ingin melihat materi pembelajaran tersebut, jangan kuatir sudah aku tulis dalam bentuk buku, informasinya ada di sini.

Dengan maksud agar orang lain mendapat manfaat dari program tersebut, juga untuk menunjukkan hasil pembelajaran mata kuliah pemrograman yang aku beri, maka aku meminta sdri Rima membuat ringkasan skripsinya dan menyiapkan program dan petunjuk pemakaiannya untuk di down-load pada blog ini.

Semoga berguna.

Intro 

Untuk mendapat gelar ST dari teknik sipil UPH, tentunya dibutuhkan banyak hal. Setelah melalui berbagai macam rintangan yaitu mengambil 142 sks mata kuliah temasuk 2 sks untuk kerja praktek, mahasiswa diwajibkan membuat skripsi (6 sks) sebagai final project atau tugas akhir yang menentukan kelulusan.

Tugas akhir yang saya ambil berjudul “Pengembangan Program LOB untuk Proyek Perumahan Yang Repetitif“. Dalam tugas akhir yang saya buat ini ternyata mengatakan secara tidak langsung kepada saya, bahwa mata kuliah yang diajarkan oleh Pak Wir, yaitu “Bahasa Pemrograman Visual Basic” ternyata sangat berguna.  Dengan menggabungkan ilmu dari VB dan juga tentunya dari bidang manajemen konstruksi, maka skripsi yang menjadi dasar pembuatan program ini telah rampung dibuat.

Apa itu LOB ?

Metode Line of Balance  pertama kali diaplikasikan oleh Goodyear Company pada awal tahun 1940, lalu dikembangkan oleh U.S. Navy pada awal 1950 untuk mengendalikan proyek yang bersifat repetitif. LOB pertama kali digunakan di pabrik industri dengan tujuan untuk mengetahui atau mengevaluasi kecepatan produksi barang.

Namun berkat jasa dari Philip Lumsden, seorang Inggris yang telah mempraktekkan LOB secara nyata pada proyek pembangunan perumahan yang bersifat repetitif, LOB pun menjadi perhatian banyak orang karena proyek pembangunan yang dilakukan tersebut berada di dalam wadah organisasi terkenal di Inggris pada saat itu, yaitu NBA (National Building Agency).

Proyek yang bersifat repetitif pada dasarnya memiliki hubungan dan aktivitas yang sama yang akan terus berulang sampai proyek selesai, sehingga akan terdapat keadaan linear yang terjadi pada kurun waktu tertentu dengan sejumlah unit aktivitas tertentu. Hal inilah yang menjadi teori dasar dari metode LOB.

Prinsip pemakaian metode LOB

Tujuan dari metode LOB adalah untuk menjamin bahwa sumber daya yang diperlukan baik dalam bentuk material ataupun tenaga kerja selalu tersedia dalam jumlah yang tepat pada waktu yang diperlukan sesuai dengan penjadwalan aktivitas pekerjaan setiap unit. Sehingga tidak terjadi penumpukan material atau tenaga kerja yang berlebihan ataupun kekurangan yang dapat mengakibatkan penundaan waktu kerja.

Namun metode LOB belum dikenal secara meluas bahkan di dalam dunia konstruksi, oleh karena itu dibuatlah program komputer yang menggunakan metode LOB, sehingga metode LOB akan menjadi lebih mudah untuk dimengerti dan digunakan oleh para praktisi yang melaksanakan proyek – proyek yang repetitif.  Penggunaan program komputer pada saat ini tentunya sudah sangat meluas, karena komputer dapat mempermudah pekerjaan manusia, apalagi untuk suatu pekerjaan yang sifatnya berulang.

Oleh karena itu untuk mengoptimalkan penjadwalan suatu proyek, penggunaan program komputer sangatlah efektif. Sebelum ini telah dibuat suatu program penjadwalan proyek yang bersifat repetitif dengan metode line of balance, tetapi program tersebut belum dapat memberikan hasil penjadwalan dengan kecepatan pekerjaan yang berubah – ubah dan memperbolehkan terjadinya aktivitas – aktivitas paralel. Selain itu setiap aktivitas yang ditambahkan secara langsung didahului oleh aktivitas sebelumnya, sehingga tidak dapat ditentukan predecessor dari aktivitas yang baru ditambahkan.

Materi skripsi dan tujuan pemrograman

Berdasarkan hal-hal di atas, dosen pembimbing tugas akhir ini yaitu Ir. Minawaty Tanudjaja, MT. mencetuskan kepada saya untuk membuat program LOB versi 1.01 dengan saran dan dukungan terutama dalam bentuk ilmu manajemen konstruksi. Program LOB v1.01 ini merupakan hasil pengembangan dan penyempurnaan dari program yang telah ada sebelumnya.

Tujuan dari program LOB ini adalah:

  1. Untuk mempermudah penggunaan metode line of balance sehingga mendapatkan waktu penjadwalan secara cepat dan optimal.
  2. Supaya metode penjadwalan line of balance dapat meminimalkan waktu penundaan pada proyek karena penundaan akan merugikan kontraktor dalam hal waktu dan uang.
  3. Agar metode line of balance dapat lebih dikenal masyarakat luas sebagai metode yang efektif untuk proyek repetitif.

 Keuntungan Program LOB v1.01:

  1. Meminimalisasi durasi proyek
  2. Mempersingkat waktu penyusunan jadwal 

Kelemahan Program LOB v1.01:

  1. Hasil grafik LOB pada studi kasus agak sulit dibaca karena banyak aktivitas paralel
  2. Kurang presisi karena adanya pembulatan

Contoh Studi Kasus

Suatu proyek pemancangan diketahui memiliki data konstan sebagai berikut:

  • Target (R) = 8 unit per hari
  • Working Hours/Day (W) =  8 jam per hari
  • Total Units (T)  = 80 unit

Dengan tabel data variansi setiap aktivitasnya adalah sebagai berikut:

Langkah pertama yaitu memasukkan data-data konstan sebagai berikut:

Setelah itu dimasukkan data-data variansi sesuai dengan tabel

Pada kondisi naik atau turun dimasukkan data tambahan untuk merubah kecepatan pekerjaan.

Hasil akhir dalam bentuk tabel adalah sebagai berikut:

Hasil dalam bentuk grafik:

Komentar Wiryanto :

Demikian semoga dapat menjadi inspirasi atau bahkan dapat di down-load untuk di coba, siapa tahu memang berguna. Hanya saja, terus terang saya tidak menyediakan konsultasi penjelasannya kecuali panduan yang memang telah disiapkan oleh sdri. Rima. Maklum bukan bidang kompetensinya.

Jadi ini semacam etalase karya murid-muridku gitu.

Materi yang akan atau dapat di down load:

  • user manual PDF 433 kb
  • program ?? (program EXE-nya ternyata terhapus oleh antivirus komputerku, pelajari user manual, jika tertarik nanti saya upload lagi, OK ! )

12 thoughts on “program LOB gratis for CM

  1. Kalau yang begini, saya banyak tahu, banyak sistem Scheduling dikembangkan berdasar kebutuhan militer kemudian diadaptasi untuk keperluan sipil. Dan scheduling ada yang mudah diaplikasikan di dunia nyata (proyek) atau hanya untuk simulasi durasi atau pembiayaan.

    LOB, baik untuk simulasi, tapi untuk aplikasi ke proyek (kontraktor) kurang biasa, mungkin untuk pabrik precast atau kontraktor dengan sistem precast (banyak pekerjaan berulang) bisa digunakan.

    Suka

  2. @Johny
    ttg BPPS-nya teman-teman UNDIP, ya tahu aja. Itu mas Hanggoro salah satu dedengkotnya khan ngasih testimoni di bukuku.

    Untuk programming aku develop di tingkat S1 melalui mahasiswa-mahasiswiku, kalau programnya baik maka biasanya kalau aku nguji aku kasih extra nilai, biasanya tidak segan-segan aku kasih nilai tinggi. Agar memotivasi yang lain mau ngulik pemrograman. Tapi meski demikian nggak banyak juga. Jadi saya coba promosikan di blog ini. Siapa tahu lebih berhasil.

    Tentang komunitas programmer saya kira sudah banyak, materi kita khan kebanyak metode numerik dan grafis. Itu aja khan, jadi kurang ramai dibanding komunitas IT, juga teman-teman yang suka relatif sedikit.

    Rasanya teman-teman engineering yang menyukai bidang programmer dan menulis, menurut saya jarang. Ngisi blog ini aja rutin setiap hari juga gampang-gampang susah.

    Kalau memang ada yang mau promo karyanya di blog ini ya monggo aja. Prinsipnya win-win, blognya dapet materi baik, dan yang punya jadi dipublikasikan secara luas. Selain itu khan bisa diakses lain waktu via internet. ‘Abadi’ gitu.😆

    Suka

  3. maaf saya dari pengurus bpps 2008,.ingin menyampaikan bahwa memang benar website kami di ourfamily telah mati,namun kami tengah menyiapkan penggantinya,diharapkan bulan agustus sudah rampung.

    Suka

  4. Pak Wir, saya minta bantuannya sekali ! saya juga sedang menyelesaikan skripsi berjudul ” Analisa Waktu pelaksanaan proyek dengan Metode Line Chart Pada proyek Perumahan “.
    kalau boleh saya ingin menanyakan banyak hal tentang skripsi saya pada blog bapak ini.

    Suka

  5. Pak Wir, saya butuh sekali bantuan bapak. Sabtu ( 12 Juli 200 saya baru saja seminar judul TA namun ditolak oleh penguji dan diberi waktu sampai tanggal 25 Juli Untuk perbaikannya .
    kesalahan fatal karena saya belum terlalu paham apa itu metode line chart /line skedul/line of balance.
    saya saya mengharapkan bantuannya karena ini adalah tahun terakhir saya di kampus.
    kalau boleh saya bertanya sedetilnya :

    1. Tujuan Metode Line chart ini apa?
    2. Langkah kerjanya bagaimana ?
    3. data-data apa saja yang dibutuhkan untuk mengolah LIne chart ini

    dari yang saya buat sebelumnya : saya menampilkan data-data kemajuan proyek per minggu lalu saya tampilkan dalam grafik eksel ( itu saja)
    HARUSNYA bagaimana Pak?

    NB:
    1. Dosen Pembimbing saya tidak paham metode ini ( saya disuruh mandiri)
    2. Buku referensi ( edisi bhs indonesia) yang cocok untuk referensinya? ( saya hanya mengandalkan skripsi yg judulnya mirip eh ternyata skripsinya itu banyak perbaikan)

    Saya saya berterima kasih jika bapak memberi jawabannya

    Evan

    0815 3287 1323

    Wir’s respons: sayang sekali, pertanyaan yang anda ajukan bukan bidang keahlian saya. Mungkin ada teman lain yang bisa membantu !?

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s