penembakan terjadi lagi di kampus


Berita terbaru dari kampus NIU Chicago 

6:50 p.m. CST, 2/14/08
At approximately 3 p.m. Thursday, February 14, 2008, a gunman, carrying one shotgun and two handguns, opened fire in Cole Hall on the campus of Northern Illinois University in DeKalb.

NIU Police officers were on the scene in less than two minutes and the gunman was found dead of a self-inflicted gunshot wound a short time later. Police have not released the identity of the gunman. At this time, there is no known motive.

Eighteen students were transported to Kishwaukee Community Hospital in DeKalb.

Info lengkap di sini.

Beberapa kali saya mengulas tentang anarki yang terjadi di sekitar kita, semuanya berpikir itu disebabkan adanya kesulitan ekonomi. Jadi menjadi semacam pelarian begitu, sehingga strategi penanganan yang tuntas adalah meningkatkan kesejahteraan.

Jika sudah sejahtera dan menjadi negara maju maka anarki tadi diyakini pasti hilang dengan sendirinya.

Tetapi kenyataan berbicara lain, kita baru saja membaca berita di atas, di Amerika, yang notabene dianggap sebagai patron negara demokrasi, maju dan sejahtera, ternyata yang terjadi tidak demikian adanya. Anarki masih bisa saja terjadi, bahkan itu terjadi di lingkungan yang menjadi simbol intelektualitas, yaitu di kampus.

 

Dengan demikian apa yang sebaiknya kita lakukan ?

Satu-satunya cara adalah waspada. Tidak bisa lain, hanya waspada.

Therefore keep watch,
because you do not know the day or the hour.
Matthew 25:13

Berkaitan dengan waspada, ada yang perlu diungkapkan disini yaitu bahwa kampus UPH di Lippo Karawaci telah melakukannya, yaitu bahwa kampus dijadikan tertutup (dipagar) dan di setiap pintu masuk ditempatkan penjaga yang dilengkapi dengan detektor keamanan. Mulai dari pejalan kaki sampai yang bermobilpun tidak luput dari incaran petugas. Apa ada kampus seperti itu di Indonesia, mungkin di Amerika saja nggak semua.

Awal pula memang terasa ribet, tetapi dengan berjalannya waktu, dan adanya fakta-fakta seperti itu, maka terasalah bahwa kebijakan yang dilakukan oleh kampus UPH memang tepat adanya. Kecuali kualitas akademik, maka di UPH lingkungan yang aman juga menjadi prioritas yang diutamakan.

Jadi bagi orang tua yang sayang anak, yang ingin anaknya ‘jadi’, maka lingkungan kampus UPH dapat menjadi bahan pertimbangan.

Saya nggak tahu apakah NIU di Chicago juga telah memakai kebijakan seperti di UPH atau nggak, tapi mestinya jika sudah, maka kejadian “orang bawa senjata masuk kampus“, rasanya bisa dihindari.

Sebagai bagian dari institusi pendidikan, saya pribadi ikut prihatin dengan jatuhnya korban di NIU tersebut. Semoga yang menjadi korban, dosanya diampuni dan diterima disisi-Nya. Semoga juga menjadi peristiwa yang terakhir dan tidak terulang lagi.

Berita terkait dengan artikel di atas:

3 thoughts on “penembakan terjadi lagi di kampus

  1. Ping balik: Education » penembakan terjadi lagi di kampus

  2. wah betul-betul jadi sarang kriminal juga kampus di AS yah…
    apa tidak diperiksa dulu masuk kampus, bawa senjata apa kagak?

    oia pak kalo sempat baca tulisan rektor saya (kalo bisa juga ngoment pengen tau juga seperti apa tanggapan bapak), kebetulan saya masukkan di postingan saya kutipan artikelnya di sini
    terima kasih🙂

    Wir’s responds: yoi, udah dong mas Arul, di sini.

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s