Lomba Jembatan Tahan Gempa UPH


Sebelumnya jika ada perlombaan Jembatan di universitas lain, maka pasti para mahasiswa kami sudah pada ribut ingin mengikutinya. Ya gimana lagi, bayangannya adalah untuk memenangi perlombaan tersebut, karena fakta dari tiga kali ikut, semuanya pasti membawa pulang sertifikat juara. Intinya mereka yakin bahwa mereka-mereka nggak kalah dengan yang lain, hanya sayang saja kemarin yang di PNJ tergelincir, proposalnya dianggap kurang siap, fokusnya pada perlombaannya sih.

Mungkin karena kecewa nggak bisa ikut perlombaan tahun lalu, padahal apa-apanya sudah siap. Mungkin juga karena suasana kompetisi benar-benar merasuk pada sebagian besar mahasiswa-mahasiswa saya tersebut, daripada menunggu orang lain menyelenggarakan perlombaan tersebut maka akhirnya mereka sendiri yang menyelenggarakannya.

Mungkin juga karena kreativitasnya berlebih (nggak mau kalah dengan dosen-dosennya) maka mahasiswa UPH akan menyelenggarakan perlombaan jembatan yang berbeda dengan yang sudah ada. Hebat lho, hadiahnya sampai Rp. 5 juta, nggak kalah dengan lomba yang di PNJ kemarin, hanya hebatnya acara yang dibikin UPH tidak memerlukan sponsor dari pemerintah, benar-benar mandiri gitu. Gimana lagi, swasta, koneksinya kurang.

Ini lho poster tentang acara tersebut

kalau mau detailnya lihat langsung ke web-nya anak-anak mahasiswa Teknik Sipil UPH daftarnya murah koq, per team hanya Rp 300 ribu. Siapa tahu berhasil memenangkan Rp. 5 jt. Kembali modal khan. O ya, nanti katanya dapat mengikuti seminar dan workshop SAP2000 juga. Lha nanti ketemu saya disana.😆

Sampai ketemu nanti di kampus Lippo Karawaci.

22 thoughts on “Lomba Jembatan Tahan Gempa UPH

  1. Biaya pendaftaran 300 ribu rupiah sudah termasuk fasilitas untuk peserta (maks 3 mahasiswa) berikut ini:
    1. Biaya registrasi lomba
    2. Penginapan dan transportasi selama acara
    3. Konsumsi
    4. Free workshop SAP 2000 oleh Wiryanto Dewobroto
    5. One day national confference (seminar sehari) “Indonesia Future Development of Concrete Structural Engineering”
    Menghadirkan pembicara:
    – Prof. Dr.-Ing Harianto Hardjasaputra (Guru Besar Teknik Sipil dan Ketua LPPM UPH)
    – Prof. Ir. Sofia W Alisjahbana, M.Sc., Ph.D. (Direktur Program Pasca Sarjana Univ. Tarumanegara)
    – Dr. Ir. Iswandi Imran, M.Sc., Ph.D. (Guru Besar Teknik Sipil ITB)
    – Dr. Ir. Hari Nugraha Nurjaman, MT. (Ikatan Ahli Pracetak dan Prategang Indonesia)
    – Ir. Lanny Hidayat, M.Si. (Dept. Pekerjaan Umum)

    undangan lebih lanjut akan dikirimkan segera ke instansi masing-masing..

    Informasi lebih lanjut hub: Joey (0817-199-389)

    Suka

  2. Penginapan dan transportasi selama acara

    eh yang bener, rp 300 rb dapat itu, murah banget lho. Dapat sponsor dari siapa ?

    Nanti nginapnya di tenda ?😆

    Catatan : o mungkin lima pendaftar pertama gitu ya ? Kalau yang daftar 50 group, bisa bangkrut lho cuma untuk menyediakan fasilitas tersebut.

    Suka

  3. yap betul MURRRAAHHHH .. 😆

    dan TIDAK terbatas untuk sekian pendaftar pertama, tapi berlaku untuk SELURUH peserta yang RESMI dinyatakan sebagai peserta kompetisi ini…

    Tapi ingat, tempat terbatas (Limited) jadi buruan daftar deh…

    Suka

  4. Salut buat anak2 sipil UPH, yg mau belajar lebih tentang jembatan, dan me-raja-i perlombaan beberapa tahun terakhir..

    ntar kalo udah kerja, jadi konsultan spesialis jembatan dong.. jangan setelah lulus malah kerja di bank, atau di bidang non struktur lainnya.. kasian kan ilmunya..🙂 hehehe…

    -Rp-

    Suka

  5. Salut buat kreatifitas anak-anak sipil UPH, btw untuk One day national confference (seminar sehari) “Indonesia Future Development of Concrete Structural Engineering” terbuka untuk umum?

    Hari H nya kapan ya?

    Suka

  6. Salam Pak Badaruddin..
    seminar sehari dan workshop SAP 2000, ada exhibition, dan bazaar juga terbuka untuk umum..
    hari kamis 21 Februari 2008..
    dalam minggu ini harusnya undangan telah sampai di instansi terkait..
    untuk lebih mempermudah form pendaftaran dapat kami kirimkan via email kalau bapak bersedia, atau dapat di download di http://hmjsipiluph.wordpress.com
    namun untuk saat ini belum di update.. segera menyusul…
    terima kasih pak..
    ditunggu partisipasinya..

    Suka

  7. Dear Pa Wir dan HMJS UPH,

    Semoga acara Lomba Jembatan Tahan Gempa UPH berlangsung sukses dan terus difollow up secara berkala agar produktif mengahasilkan Bridge Engineer Indonesia yang berkualitas di masa depan.

    Syallom..

    Suka

  8. to teman-teman sekalian (pak Robby, pak Badar, pak Donny, juga Richard alumni UPH)

    Terima kasih atas perhatiannya, moga-moga juga dapat dibantu mensosialisasikan ke yang lain yang nggak sempet mbaca blog ini.

    Ya bagaimanapun acara yang diselenggarakan oleh anak-anak UPH tadi dengan harapan agar selalu tercipta suasana ilmiah dengan bertemu rekan-rekan lain yang sebidang untuk membicarakan hal-hal yang memang mendukung segi profesionalitas. Juga sebagai acara agar terjadi link dan mungkin juga match dengan dunia industri (di luar dunia kampus).

    Suka

  9. Ping balik: workshop SAP2000 - detail « The works of Wiryanto Dewobroto

  10. CEW (Civil Engineering Week) ini terdiri serangkaian acara. Antara lain :

    1. National Conference “Indonesia Future Development of Concrete Structural” pada tanggal 21 February 2008. Open for student, profesional and public. (contact person :0856 1415 731 -Freddy)

    2. Earthquake Resistant Bridge Competition pada tanggal 20 – 22 February 2008. For all university student over all Indonesia. (contact person : 0856 8055 316 / 0859 5982 1151- Evelyn)

    3. Workshop CEW ; Photoshop, AutoCAD, SAP 2000 pada tanggal 18 – 20 February 2008. Open for public. (contact person : 0819 526 122 99 – Ardyka)

    4. Board Game Competition ; Scrable, Uno-Block, Sudoku, & Othelo pada tanggal 22 February 2008. For UPH student only. (contact person : 0856 921 44 66 5 – Frengky)

    5. Pameran teknik sipil,18 – 22 February 2008. Open for public. (at UPH Building).

    6. Bazzar , 18 – 22 February 2008. Open for public. (Park Hall Building D UPH).

    Further information:
    Visit http://hmjsipiluph.wordpress.com

    Suka

  11. UPDATED ANNOUNCEMENT

    One day national confference (seminar sehari) “Indonesia Future Development of Concrete Structural Engineering”
    Menghadirkan 6 pembicara:

    Prof.Dr.-Ing Harianto Hardjasaputra —- UPH
    Prof.Ir. Sofia W Alisjahbana, M.Sc., Ph.D. —- Untar
    Dr.Ir. Iswandi Imran, MASc., Ph.D. —- ITB
    Dr.Ir. Hari Nugraha Nurjaman, MT. —- IAPPI
    Ir. Hadi Rusjanto —- HRT Widya Konsultan
    Ir.Lanny Hidayat, M.Si. —- Dept.Pekerjaan Umum

    Suka

  12. Hallo,…apa kabar pak???

    Wah……Sipil UPH tambah keren en kreatif2 mahasiswanya,…

    btw sy minta dikirimkan poster (One day national confference (seminar sehari) “Indonesia Future Development of Concrete Structural Engineering”) ama workshop SAP2000. via japri aja.

    Semoga acaranya sukses……

    Wir’s respond: to panitia, mohon ditindak lanjuti, jika perlu langsung poster aslinya. Rustama kakak kelas anda ini mungkin bisa bantu promosiin lebih luas. Tolong ya Rus, adik-adik kelasmu. Kalau nggak dari kita-kita juga, siapa yang membesarkan almamater kita. Sukses untuk kamu ya Rus, o ya kalau ada proyek-proyek menarik infokan ke adik-adik kelasnya untuk kerja praktek.

    O ya ini emailnya berangketr (at) conwag (dot) com

    Suka

  13. Ping balik: PROTES, kenapa nggak lolos pak ! « The works of Wiryanto Dewobroto

  14. selamat buat UPH semoga tetap jaya,

    kompetisi dibidang apa saja, saya rasa baik sehingga memacu kreatifitas dan profesionalisme. Jadi silahkan saya masyarakat akademik berlomba-lomba karena itu semua untuk kemajuan bangsa dan negara.
    Yang terbaik dalam penyelenggaraan even akan disenangi oleh masyarakat

    Selamat buat Pak Wiryanto atas buku2 yang disusun dan diterbitkan. Apa kiat-kiatnya agar dapat menyusun buku dan dapat diterbitkan ditoko buku. tk

    oiya selamat juga kabarnya bapak jadi juri di KJI PNJ.

    Suka

  15. yth Pak Kusumo,
    Terima kasih atas kunjungannya.

    Tentang kompetisi maka kami hanya mengikuti jejak dari langkah positip yang telah Politeknik Negeri Jakarta (PNJ) lakukan, yaitu dengan KJI, untuk itu kami ucapkan juga agar PNJ juga tetap jaya. Sehingga kita dapat saling membangun demi kemajuan negeri ini.

    Ttg menulis buku, kelihatannya kiatnya sih sederhana, yaitu menulislah yang terbaik dari apa-apa yang kita kuasai dengan benar, selanjutnya yakinkan bahwa apa-apa yang baik tersebut adalah terbaik dibanding yang ada sekarang (minimal menurut anda) lalu yakinkan penerbit bahwa karena ini baik (terbaik) maka pasti akan dibeli oleh orang-orang lain dan si penerbit pasti untung. Tentu saja sesuaikan dengan tema penerbit yang bisa dia jual.

    Tentang meyakinkan penerbit adalah proses yang paling berat, bahkan sekedar perkoncoan adalah tidak efektif, ini khan masalah resiko menanam investasi. Jadi yang paling penting adalah produk buku yang kita tulis, harus perfect, minimal menurut kaca mata anda sendiri.

    Bagaimana menulis perfect, kelihatannya hampir sama dengan tema-tema yang biasa saya tulis.

    Tentang juri KJI, wah saya pertama kali membaca komentar anda jadi tertarik siapa anda. O ternyata dosen PNJ, pantes tahu, wong status tersebut belum ada SK-nya. Terus terang senang diajak kerja sama, moga-moga berlanjut sampai hari H-nya nanti.

    Moga-moga dari event tersebut dapat dikembangkan lagi kerja sama yang erat antara UPH dan PNJ, semoga.😀

    Suka

  16. Mohon konfirmasinya, ada beberapa str engineer yang yakin betul bahwa periode2 natural struktur sekaligus analsis respons spektrum gedung bertingkat tinggi beton bertulang konvensional dapat dilakukan oleh SAP dan ETABS dgn mengaktivkan semua (6) D.o.F.

    Suka

  17. Ping balik: alumni sipil UPH mulai dicari ! « The works of Wiryanto Dewobroto

  18. Ping balik: aktivitas mahasiswaku « The works of Wiryanto Dewobroto

  19. Ping balik: perlunya berprestasi « The works of Wiryanto Dewobroto

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s