workshop SAP2000


Himpunan Mahasiswa Teknik Sipil, Universitas Pelita Harapan merencanakan untuk mengadakan CIVIL ENGINEERING WEEK, yaitu kegiatan seminar, pameran, lomba dan workshop.

Workshop yang dimaksud adalah WORKSHOP SAP2000. Aku diminta sebagai instrukturnya, seru khan.:mrgreen:

Pikiranku, kalau workshop khan sangat terbatas. Paling hanya sebatas 20-30 orang.  Agar efektif ! Kalau terlalu banyak, dan ada masalah pada tiap-tiap peserta pasti instrukturnya akan pusing sendiri. Lebih baik sedikit tapi bermutu daripada banyak nggak jelas. Iya khan. Bahkan kalau sukses nanti bisa diulang, gitu khan.

Jadi untuk itu aku sedang mengusulkan bahwa sebelum workshop tersebut diadakan semacam intro, seperti seminar gitu. Jadi nggak perlu pakai komputer. Kalau acara seperti itu khan bisa hanya 1-2 jam saja termasuk diskusi, pesertanya bisa banyak. Biasanya yang ingin acara ini adalah yang sudah punya pengalaman dengan program SAP2000 dan ingin wawasan atau diskusi tentang strategi pemodelannya. Ini bisa tingkat pemula sampai menengah gitu.

Selanjutnya untuk yang belum puas dengan intro seminar tersebut bisa dilanjutkan ke workshop. Diskusi bisa lebih detail lagi, karena jumlahnya dibatasi. Cara membatasinya ya dengan tiket yang berbeda gitu lho.

Teman-teman pembaca blog ini setuju nggak. Ada yang tertarik.

O ya lokasinya di kampus UPH Lippo Karawaci, Tangerang.

Sukseskan ya kegiatan mahasiswaku ini.

**UP-DATED 7 Feb 2008**
Berita terbaru tentang Seminar dan Workshop SAP2000 ada di sini.

12 thoughts on “workshop SAP2000

  1. UPH akan menjadi kampus pelopor bidang structural engineering software bersama P.Wir karena begitu intens-nya workshop, pelatihan dan seminar buat pembelajaran engineering software di kampus UPH.
    Workshop yang bermanfaat sekali……..
    Kalau boleh materi workshopnya diupload nanti ya Pak, sehingga pembaca blog Bapak bisa mendapatkan manfaatnya juga…

    … Salut buat P.Wir…
    Kegiatan dikampus padat, aktif jadi pembicara seminar, blogger aktif, dan penyusunan disertasi lancar…….Kalau boleh tahu bagaimana cara membagi waktu (terutama konsentrasi) agar bisa fokus terhadap semua hal yang berbeda itu?..

    Suka

  2. acara tepatnya kapan pa…………?

    Wir’s responds : wah itu anak-anak yang punya rencana, kelihatannya pertengahan bulan Februari. Nanti kalau mereka sudah sepakat pasti segera di beritakan brosurnya.

    Ini materi diarahkan untuk level mahasiswa S1, ya untuk memberi falsafah / strategi pemakaian komputer untuk penyelesaian rekayasa. Intinya hanya ingin menegaskan bahwa meskipun software bidang rekayasa semakin canggih tapi hanya engineer berkualitas aja yang bisa memanfaatkan dengan benar. Nggak sembarang orang bisa. Gitu lho.

    Untuk guru-guru mekanika teknik juga boleh, karena materinya mendukung proses pembelajaran. Yang jelas kita usahakan orisinil tidak sekedar copy-paste dari buku manualnya. Sorry kalau hanya seperti gitu.

    Suka

  3. Selamat Hari Natal 2007 & Tahun Baru 2008..:D
    M..m….Acara yang bagus…Pak Wir…Nanti Materi pelatihannya tolong di upload ya..Pak😀
    Kalau sekiranya…nih Pak….Bapak di undang jadi Instruktur Pelatihan SAP untuk luar Jawa Gimana Pak?😀..Trimakasih

    Wir’s responds: makasih, selamat juga ya untuk anda, natal dan tahun baru. Selalu dalam berkat dan lindungan Tuhan.
    **sekiranya . . . ** , lha namanya aja engineer, semuanya khan dipertimbangkan dulu, resiko dan untungnya. Seperti memilih sistem struktur gitu lho. Kalau udah mantap, jalan terus. OK.:mrgreen:

    Suka

  4. acaranya pasti keren banget!!
    Kapan ya kampus UNS solo bisa menyelenggarakan acara kayak gitu???
    kami di daerah sangat ketinggalan informasi, kapan bapak bisa menyempatkan diri datang ke solo??
    memberikan pelatihan atau sharing pengetahuan di kampus kami ??
    thanks

    Wir’s responds: Kalau ada yang mengundang. Ya, siapa tahu !:mrgreen:

    Suka

  5. Pertama-tama saya perkenalkan nama saya Yani alumni teknik sipil. Dan saya mengucapkan terima kasih atas web ini yang bisa menjadi berkat bagi orang lain. Saya masih awam ttg aplikasi sap2ooo dan jembatan. saya ingin bertanya kepada Pak Wir bisakah menggunakan sap200o untuk mendesign struktur jembatan gantung tipe rigid model amarta karya ? atas perhatiannya diucapkan terima kasih

    Wir’s responds: kalau melihat opsi-opsi yang tersedia pada program SAP2000, saya yakin program tersebut dapat digunakan untuk analisis struktur jembatan yang anda maksud. Sedangkan untuk design hanya berdasar code-code standard AISC yang umum, secara spesifik untuk jembatan gantung rasanya belum ada.

    Suka

  6. Syaaaaloooomm Pak Wir….

    Saya baru beli nich buku karangan Pak Wir yang judulnya “Aplikasi Rekayasa Konstruksi dengan SAP 2000 Edisi Baru“. Saya sudah lama banget cari2 tuh buku, eeehh dapatnya di Bandung pas lagi main2 aja ke sana.

    Bukunya seeepp banget, banyak banget bantu ilmu teknik sipil ku. Kebetulan saya senang juga ngotak-ngatik SAP 2000, meskipun belum mahir banget…

    Oh..iya Pak Wir, Saya mo minta tolong nich…Saya lg pingin hitung Tower Transmisi dengan SAP 2000, tp saya masih bingung spesifikasi pembebanannya. Saya sudah cari buku referensinya kemana2, tp blum saya dapat…

    Tolong bantuin saya ya Pak….
    Sebelumnya terima kasih banyak Pak, Sukes Selalu Ya. JBU

    Suka

  7. Pak Bennaron, Untuk loading pada tower transmisi anda bisa dapatkan di TIA/EIA-222 Rev-g (structural standard for steel antena tower and antena supporting structure). untuk mendapatkannya anda bisa membelinya online diiternet, kalau yang gratis saya juga belum dapat.

    salam
    badar

    Suka

  8. Ping balik: Lomba Jembatan Tahan Gempa UPH « The works of Wiryanto Dewobroto

  9. Ping balik: workshop SAP2000 - detail « The works of Wiryanto Dewobroto

  10. CEW (Civil Engineering Week) ini terdiri serangkaian acara. Antara lain :

    1. National Conference “Indonesia Future Development of Concrete Structural” pada tanggal 21 February 2008. Open for student, profesional and public. (contact person :0856 1415 731 -Freddy)

    2. Earthquake Resistant Bridge Competition pada tanggal 20 – 22 February 2008. For all university student of Civil Engineering over all Indonesia. (contact person : 0856 8055 316 / 0859 5982 1151- Evelyn)

    3. Workshop CEW ; Photoshop, AutoCAD, SAP 2000 pada tanggal 18 – 20 February 2008. Open for public. (contact person : 0819 526 122 99 – Ardyka)

    4. Board Game Competition ; Scrable, Uno-Block, Sudoku, & Othelo pada tanggal 22 February 2008. For UPH student only. (contact person : 0856 921 44 66 5 – Frengky)

    5. Pameran teknik sipil,18 – 22 February 2008. Open for public. (at UPH Building).

    6. Bazzar , 18 – 22 February 2008. Open for public. (Park Hall Building D UPH).

    Further information:
    Visit http://hmjsipiluph.wordpress.com

    Suka

  11. Ping balik: perlunya berprestasi « The works of Wiryanto Dewobroto

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s