setahun nge-BLOG


Tepat pukul 1.00 dinihari di tahun 2008, suasana hingar bingar mercon menyambut Tahun Baru usai sudah. Aku menulis ini bukan karena begadang menyambut pergantian tahun, tetapi karena terbangun oleh hingar bingar mercon, jadi sebenarnya tidak ada yang khusus bagiku menyambut malam tahun baru ini.

Malam tahun baru bagiku adalah sama saja, seperti malam-malam sebelumnya dan juga esok, setiap hari aku mencoba memberi makna, untuk selalu tumbuh dan berkembang. Meskipun itu hanya sedikit tetapi yang penting adalah konsisten. Itu juga terjadi dengan kegiatan saya nge-blog. Tidak terasa sudah lebih setahun saya menulis dan mengelola blog ini, yaitu sejak bulan November 2006.

Menulis Blog di WordPress ini memang luar biasa, sangat sederhana dan relatif mudah. Saya yakin bagi orang yang menguasai MS-Words maka pasti bisa menaklukkannya. Apalagi jika punya kompetensi lebih. Tapi saya kira itu tidak diperlukan, yang penting punya niat untuk menulis dan punya ide. Pasti deh punya Blog.

Keuntungan dengan WordPress ini adalah diberinya alat statistik untuk mengetahui pertumbuhan dan perkembangan dari Blog ini. Wah jadi cocok dong dengan pemahamanku di atas yaitu tentang tumbuh dan berkembang.

Ini statistik pembaca blog saya selama setahun yang telah direkam oleh engine ini.

 

Jadi sejak setengah tahun ini, setiap bulan, Blog ini dikunjungi oleh sekitar 31 ribu orang. Jika satu bulan ada 31 hari maka jelaslah dapat dikatakan bahwa rata-rata setiap hari, Blog ini ditengok oleh sekitar 1000 orang per hari. Lumayan juga ya. Pernah dalam satu hari dikunjungi lebih dari itu yaitu 2,699 kunjungan orang (Thursday, November 15, 2007). Hebat juga ya, kayak lihat pengumuman penerimaan lapangan kerja. Kalau nggak ada teknologi internet, wah susah itu.

Selama setahun ini ada sekitar 209 artikel yang aku tulis dalam 32 kategori topik. Jadi selama lebih setahun ini sudah sekitar 370,870 kunjungan ke blog ini dan itu menghasilkan sebanyak 3039 tanggapan tertulis berupa komentar. Jadi respon pembaca yang berani memberi respons tertulis hanya sekitar 0.8 %. Sedikit sekali ya, dan orangnya itu-itu saja.

Jadi benar juga ya, bahwa membaca lebih mudah daripada menulis, bahkan meskipun itu hanya komentar saja. Bagaimana kalau itu untuk menuliskan suatu artikel. Jadi bisa menuliskan suatu artikel secara rutin adalah sesuatu keistimewaan ya. Syukurlah aku mendapatkan keistimewaan seperti itu. (wah ini narsis ya ….). Juga untuk para komentator yang telah berani memberi tanggapan tertulis. Saya kira mereka cukup istimewa juga bukan. Untuk itu, dengan tulus saya ingin mengucapkan beribu-ribu terima kasih, bagaimanapun tanpa anda rasanya susah blog ini menjadi seperti sekarang ini.:mrgreen:

Tetapi apakah betul bahwa menulis itu perlu suatu keistimewaan ?

Ada yang menganggap bahwa untuk itu perlu dibiasakan dengan menuliskan pada buku diary. Jadi intinya seorang penulis juga mestinya mempunyai buku diary.

Apakah aku seperti itu.

Rasanya koq nggak pernah ya. Sepertinya itu kegiatan cewek, itu menurutku waktu muda dulu. Kemampuan menulis koq rasanya tiba-tiba ya. Muncul gitu aja. Percaya nggak ?

Tapi memang begitulah menulis bagiku, yaitu sejak kepulanganku selama 3 bulan dari  Stuttgart. Sejak itu, menulis rasanya mudah. Apa itu yang dinamakan pencerahan ya. Nggak tahulah.

Tapi mengapa artikel pada blog Bapak dikunjungi, yang artinya ada yang membaca.

Wah nggak tahu itu.

Memang sih, agar dapat menulis maka harus banyak wawasan, baik sebagai pengalaman inderawi langsung maupun akibat dari banyak membaca. Bagiku membaca memang suatu kebiasaan, bahkan telah menjadi suatu hiburan di kala senggang. Buku bagiku adalah suatu hiburan, nggak afdol rasanya kalau tidak membaca. Jadi banyak membaca adalah salah satu secret untuk dapat menulis. Rasanya setiap orang paham hal tersebut. Jadi berbahagialah jika anda mempunyai hobby membaca, tinggal satu langkah untuk menjadi penulis.

Kemudian yang kedua, adalah motivasi kita menulis. Itu harus ditumbuhkan benar-benar.

O ya, untuk tema apa yang sebaiknya ditulis sebenarnya sederhana, yaitu adalah tulislah tema-tema yang anda kuasai dan yang membuat anda senang. Itu saja. O ya untuk nulis di wordpress, kayaknya pemilihan judul tulisan sangat penting. Itu hal yan utama yang membuat orang meng-klik tulisan anda dan membacanya. Hanya ingat jangan cari judul aneh-aneh yang tidak sesuai isi hanya sekedar hit-trick. Jangka panjangnya pasti akan ngebalik ke kita juga.

Ok, itu kesan dan pengalamanku dengan menulis blog selama setahun ini.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s