hidup dan ilmu


Komentar seorang pembaca dalam salah satu artikelku

Tujuan hidup tertinggi adalah kembali (kepada sang Pencipta), selain dari itu adalah tujuan yang semu.

Kembalinya ruh kepada pencipta adalah diambilnya wahyu dari yang bersangkutan, karena memang itulah kehendaknya. Karena hidup itu sendiri adalah sebuah karomah / karunia yang seharusnya diisi dengan ilmu dari yang maha berilmu yaitu Tuhan sekalian alam.

Ilmu apapun yang dimiliki oleh manusia pada hakekatnya ilmu DIA, karena tidak mungkin akan ada ilmu didalam diri seseorang , jika tidak ada hidup. Oleh sebab itu sangatlah hina jika seorang berilmu bangga dengan ilmunya, karena sesungguhnya hidup itu adalah ilmu.

Sudah cukup lama komentar tersebut singgah, tidak aku tanggapi karena kesan awalnya memang demikian adanya. Tetapi setiap menjawab banyak komentar-komentar lain, sehingga terbaca lagi, aku selalu terantuk pada komentar di atas. Sudah ada beberapa kali ini terjadi. Ada apa, kenapa menggelitik dan bergejolak menjadi beberapa pertanyaan sesudahnya.

Saya mencoba merenungi tiap-tiap kata yang membentuk kalimat di atas, saya coba rangkum kembali menjadi sebagai berikut :

Hidup = untuk kembali ke pencipta, yang lain adalah semu.
Hidup = karomah, karunia, sehingga itu harus diisi ilmu dari Tuhan-nya
Hidup = ilmu
Ilmu = pasti asalnya dari Dia

Jadi bisakah disimpulkan menjadi

Hidup = carilah ilmu untuk kembali ke Tuhan.
Apapun ilmunya, jangan kuatir itu pasti dari Tuhan.

Kelihatannya suatu pernyataan yang menarik, sejuk dan dapat diterima semua orang. Tetapi setelah meresapi dalam-dalam, ternyata aku tidak sependapat.

Baiklah, aku mencoba mengungkapkan keberatannya, tetapi karena ini berkaitan dengan sang pencipta, mohon ijin jika aku mengungkapkannya melalui kaca mata imanku. Semoga ini menjadi peneguh bagi diriku maupun teman seimanku.

Apapun ilmunya itu pasti dari Tuhan“, suatu pernyataan yang indah dan mestinya diamini setiap orang. Tetapi ini harus disikapi secara hati-hati, misalnya :

Setan juga berilmu, sehingga dia mempunyai kemampuan memperdaya manusia. Ingat, setan pada awal mulanya adalah malaikat juga, yang dicipta oleh Tuhan dan setara dengan malaikat yang lain. Setan dikenal istimewa mempunyai banyak ilmu, tapi akhirnya jatuh dalam dosa dan diusir dari surga. Mungkin karena banyak ilmu itu yang menyebabkan si setan jatuh dalam dosa, yaitu dengan kesombongannya untuk setara dengan Tuhan

Juga tentang ilmu agama, siapa bangsa di dunia ini yang mempunyai ilmu agama tertua dan sampai sekarang masih ada. Jelas, Yahudi dengan kitab Taurat-nya yang berisi banyak ilmu-ilmu agama untuk dipelajarinya. Meskipun sudah ada ilmu seperti itu, tetapi mengapa Yesus Kristus perlu mati di kayu salib dan menjadi penggenapan hukum Taurat.

Kejadian di dunia ini, ketidak-adilan, kemiskinan, umumnya disebabkan oleh orang-orang berilmu : ilmu untuk berperang, ilmu untuk menaklukkan , mengeksploatasi bangsa atau alam secara serakah, dan sebagainya.  

Jadi pernyataan tentang ilmu itu sendiri seperti yang diungkap di atas, mempunyai banyak kelemahan, atau dengan kata lain tidak benar.

Jadi mempunyai  banyak ilmu tidak bisa menjadi jaminan untuk dapat kembali ke Tuhannya.

Jadi kalau begitu apa dong ?

4 thoughts on “hidup dan ilmu

  1. Perkenalkan, nama saya Ali, mahasiswa Teknik Sipil Universitas Islam Indonesia.

    Beruntung sekali saya dapat mengetahui blog bapak ini yang penuh dengan khasanah keilmuan. Walaupun kita berbeda keyakinan, itu tidak penting bagi saya, karena agama saya menganjurkan untuk mencari ilmu dimana saja, kapan saja dan dengan siapa saja. Trimakasih sekali pak Wir telah membagi ilmunya dengan gratis.

    Masalah ilmu ini memang sangat menarik, manusia dispesialkan oleh penciptanya karena manusia memiliki ilmu yang dapat meninggikan derajat dihadapan tuhan-Nya, bagi kami umat Islam Surga itu hanya untuk orang yang berilmu dan beramal nyata.

    Khusus kita orang civil engineer dituntut untuk mengembangkan ilmunya agar memudahkan manusia menjalankan aktifitasnya dengan cara merencanakan dan membangun prasarana fisik yang dapat mendukung aktifitas manusia dalam beribadah dan beramal.

    Orang akan beribadah lebih khusyuk apabila yakin masjid yang digunakananya tidak akan rubuh seketika jika terjadi gempa. Siapa yang dapat merencanakan bangunan tahan gempa kecuali civil engineer ?

    Matur Nuwun pak wir.
    Mohon Mampir ke kampus kami jika sedang liburan di Jogja.

    Wir’s responds: Salam kenal juga Ali, terima kasih atas undangannya. Siapa tahu bisa mampir dan bertemu jika Tuhan berkenan.

    Suka

  2. Kalau mau menjadi orang berilmu yang benar, seseorang harus mengingat Tuhan setiap kali berpikir, berkata-kata dan bertindak.

    Sadar bahwa Tuhan akan meminta pertanggungjawaban kita masing masing terhadap apa yang kita pikirkan, katakan,dan lakukan.

    Semua yang kita lakukan , meskipun tersembunyi, semua akan dibukakan pada hari penghakiman Tuhan

    Suka

  3. Semua ilmu milik Tuhan.

    Setan di cipta secara sengaja oleh Tuhan agar dunia ini ada. Coba bayangkan seandainya tidak ada setan bisa kah kehidupan dunia ini ada.

    Lebih nyata lagi, bayangkan kalau semua orang tidak ada yg jahat maka ribuan polisi dan tentara pun dihilangkan, pembuatan senjata pun hilang dll banyak yg tiada.

    Jadi baik dan buruk sengaja di buat untuk adanya dunia jadi kesimpulannya semua ilmu tetap milik Nya.

    Suka

  4. pak ada murid saya berkata” pak kalau semua baik nanti neraka siapa penghuninya,apa gak rugi menciptakan neraka? ” apa jawabnya ya?

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s