doktor baru UNPAR


Selamat ya pak Adhijoso !

Hari Rabu, tanggal 14 November 2007, program pascasarjana meluluskan kembali doktor baru teknik sipil. Untuk bidang kekhususan struktur maka pak Adhijoso menjadi yang ke-2 setelah mbak Retno tempo hari.

Disertasi penelitian beliau berjudul:

Perilaku Sambungan Kayu dengan Baut Tunggal
Berpelat Sisi Baja akibat Beban Uni-Aksial Tarik

Behaviour of Single-Bolted Timber Connections
with Steel Side Plates under Uni-Axial Tension Loading

Dengan demikian karena pak Adhi juga dosen tetap di UNPAR maka tentunya akan bertambah juga jajaran dosennya yang bergelar doktor. Jadi sejak hari Rabu kemarin maka sebutan Dr. Ir. Johannes Adhijoso Tjondro M.Eng. , secara resmi berlaku. O ya, M.Eng-nya beliau ambil dari University of Canterbury, New Zealand.


Penguji dan promotor dari kr-kn : Dr. Paulus Karta Wijaya, Dr. Naresworo Nugroho, Prof. H.M. Surjono Surjokusumo, Ph.D., Iswandi Imran, Ph.D. (ko-promotor), Prof. Bambang Suryoatmono, Ph.D. (promotor)


Ucapan selamat, tampak ibu Cecilia Lauw (Rektor Unpar) meninggalkan sidang.

Akhirnya ya pak Adhi. Rampung juga.

O ya ada yang menarik dari penelitian beliau, yaitu KAYU. Kalau berkunjung ke ruang kerja beliau maka akan tampaklah apa-apa yang beliau teliti tanpa harus bertanya panjang lebar. Secara visual sudah nyata bahwa perkayuan adalah bidangnya, dimana kita tahu ahli struktur kayu di Indonesia sangat jarang. Apalagi kalau dilihat buahnya, belum memberi pengaruh yang signifikan dengan perkembangan industri konstruksi yang berjalan. Oleh karena itu kelulusan pak Adhi sebagai doktor dengan fokus penelitian struktur kayu dapat memberi penyegaran dan semangat baru bagi teman-teman peneliti struktur kayu.

Akhirnya kita semua berharap agar pak Adhi setelah lulus doktor tetap mengabdi pada bidang ilmunya dan tidak habis ditelan oleh jabatan birokratis yang umumnya memang telah menunggu.

Untuk yang ingin ‘bermain kayu’, pak Adhi adalah ahlinya.😀

8 thoughts on “doktor baru UNPAR

  1. Selamat…selamat…kalau pak Wir targetnya kapan pak?.

    Saya kepengen lanjut juga S3 tapi bingung karena waktu S2 topik saya bener-bener gak ngetop, dosen pengujinya juga ngantuk semua alias gak ngerti saya ngoceh apa hehehehe. Saya maunya nyambung tapi kayanya gak akan ada yang mau membimbing nanti jadi susah sendiri.

    Btw baru kali ini saya lihat pak Iswandi pake jas hehehe.

    Wir’s comments: Iya, memang sekarang untuk kekhususan struktur di UNPAR yang segera menyusul tinggal saya dan pak Nathan. Doain ya, kita berdua tahun depan.

    Anda nyusul pak Nathan aja, di UNPAR. Mumpung kelompoknya masih kecil, jadi pioner gitu. Kalau di ITB calon doktornya khan udah banyak, nggak kelihatan gitu. He, he, he cari temen.😀

    Suka

  2. pak adhijoso gelar s2-nya ME pak🙂

    iya nih, baru kali ini liat pak is pake jas, keren yah beliau.

    wah donald, iya, ayo lanjut studi ke unpar, kita ngumpul bersama. btw, alamat emailmu apa ya pak? thanks, salam.

    Suka

  3. Saya doakan pak.

    Pak Nathan kan topiknya FEM ya pak..nyerah saya dengan numerik2 gitu. Bukan kasihan otaknya pak kasihan mata saya :p.

    Di ITB calon doktornya memang banyak tapi yang gak lolos ujian kualifikasinya juga banyak pak (denger2 sih jadinya takut juga). Saya liat lah sampe akhir tahun depan..menjajaki dulu apa bidang yang saya benar minati. Saat ini masih bimbang dan gak menentu mau konsentrasi kemana.

    Susahnya saya mau belajar tapi keluarga maunya saya cari uang yah begitulah pak.

    Suka

  4. Halo pak Aji..hebat euy langsung lanjut S3. Ajak-ajak Andreas Bobby juga donk biar rame hehe. Email via sms udah kan. Saya tertarik dengan program yang kamu buat untuk kolom kalau gak salah. Interfacenya dapat dari mana sih? apa program sendiri hebat lah. Mesti belajar ama pak Nathan ama pak Wir nih kaya ginian.

    Suka

  5. Waduh..ternyata ada posting pak wir yang “lolos” dari saringan ku hehe…

    Wah..saya ingat kembali (sekitar tahun 2005/2006) –> saat itu saya masih magang di Lab Struktur dan Bahan ITB, saya masih ingat ketika pak Adhijoso datang sabtu siang ke Lab untuk asistensi/kuliah mengenai plastisitas dengan pak Iswandi (dengan tampang khas Pak Adi -> rambut berantakan) Hehehe… kayaknya udah hampir “plastis” otaknya hehe…

    @Mas Donald
    Ayo..kuliah S3 lagi… ke taiwan aja ( sedikit promosi n cari2 teman). Saat ini ada dua univeritas top disini yang lagi menjaring sebanyak2nya mahasiswa dari Indonesia (dengan beasiswa tentunya), yaitu National Taiwan University dan National Taiwan University of Science and Technology

    @ Aji
    Mmmm.. apakah anda Mas Aji? yang dulu pernah tinggal di kost ciumbuleuit 73? bareng2 Aswin dan Tiffani ?

    Ps. : Pak Is memang keren… cerdas sekali ^_^

    salam,
    erwin
    ITB-lulus 2005

    Suka

  6. To Erwin

    wah mesti ngomong mandarin lancar nih kalo gak bisa jadi orang ilang disana mana orang taiwan terkenal pinter2 lagi bisa di DO aku:p. Tapi gimana ya daftarnya? apa Prof. nya datang langsung?..tertarik bgt nih S3 apalagi bisa keluar tapi mau kumpulin duit dulu deh beberapa tahun ini sambil mendalami ilmu praktek..

    Kayanya udah banyak ilmu yang kamu serap dari pak Is nih..tapi percayalah didunia konstruksi ini ilmu di atas segala ilmu teknik sipil adalah estimasi biaya proyek jadi harus sering2 sit in di MRK jangan cuma struktur terus:p

    Suka

  7. numpang pak wir,

    Dear Mas Donald :

    Halo, Mmmm..kalo untuk National Taiwan Uni of Sci and Tech (NTUST)–> banyak kuliah yang disajikan baik dalam inggris maupun mandarin. Jadi mhs int’l bisa ambil yang inggris.
    Kalo untuk National Taiwan Uni (NTU), baru ada kebijakan dari jurusan teknik sipil yang menyatakan bahwa ” jika ada mhs asing, kuliah akan disajikan dalam bhs inggris”. Hehe…maklum, uni nya termasuk uni tua hehe..
    Jadi, bisa berbahasa mandarin adalah suatu nilai lebih(dalam berinteraksi dengan teman2), namun bukan keharusan.
    Yang harus itu ialah…buka kembali buku2 kreyszig haha…

    Untuk daftarnya, bisa contact Pak Is hehe… (kalo saya gak salah, lagi ada kerjasama antara ITB dan NTU(taiwan)) atau juga langsung kirim aplikasi ke uni nya.

    Kumpulin duit dulu ? Mmmm emang bisa cukup yach (manusia khan gak pernah puas hehe..), but anyway…. one’s never too old learn hehe..

    Banyak ilmu yang diserap dar pak is ? Mmmm..waduh…otak saya tidak seperti spongebob hehe.. jadi… yach… biasa2 aja.. Masih harus banyak belajar hehe…

    Mmmm..estimasi biaya yach? ok..ok.. thx for the advice

    salam,
    erwin

    Suka

  8. pak, saya boleh minta soft copy penelitian beliau? atau bahan rujukan beliau?
    karena saya sedang mengerjakan Tugas Akhir untuk gelar sarjana saya, yg berjudul “Kajian perbandingan sambungan antar kayu dengan kayu dan antar kayu dengan pelat baja berdasarkan PKKI-NI-5-2002
    secara teoritis dan eksperimental”

    atas kesediaan bapak saya ucapkan terima kasih..

    Wir’s responds: penelitian Dr. Adijoso ya. Saya tidak punya softcopynya, monggo kontak beliau langsung. Saat ini beliau adalah ketua jurusan teknik sipil Unpar Bandung.

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s