WordPress lebih hebat dari Tripod


Dalam era digital seperti sekarang ini, keinginan untuk membuat personal-website bertambah besar. Bagaimanapun juga, personal-website yang dibuat dengan menarik dapat digunakan sebagai sarana eksistensi diri, menambah teman dan bersosialisasi, khususnya bagi orang-orang tertentu yang mungkin lebih senang memakai media tulis-menulis daripada media suara (lesan / tampil langsung), seperti saya ini.

Berkaitan dengan website gratis, ada dua media yang pernah saya coba, yaitu pertama kali adalah Tripod (http://sipil-uph.tripod.com) , dan terakhir adalah WordPress (https://wiryanto.wordpress.com), dari dua penyedia gratis tersebut aku mencoba melaporkan bagaimana hasil memakai keduanya.

Tripod telah aku pakai sejak tahun 2002 sampai bulan November 2006. Saat itu, jumlah pengunjung yang terekam selama hampir empat tahun tersebut ada sekitar 3000 pengunjung. Pada waktu itu aku aktif untuk mempromosikan isinya, ke mahasiswa-mahasiswaku, ke teman-temanku dan lainya yang aku kenal, banyak keluhan yang datang, misalnya aksesnya lambat (mungkin dikarenakan banyak iklan), dan materinya tidak secara otomatis dapat dengan mudah ditemukan lewat Google. Sehingga waktu itu aku mencoba membaca-baca bagaimana strategi agar dapat dengan mudah ditemukan via mesin pencari tersebut.

Selanjutnya pada bulan yang sama (akhir Nov. 2006) aku mengenal WordPress, setelah mantap aku memindahkan isi materi pada website lamaku ke WordPress ini. Selama lebih dari lima (5) bulan ini (sampai April 207) , website ini ternyata telah dikunjungi oleh lebih dari 42 ribu pengunjung. Rata-rata dikunjungi oleh sekitar 200-300 tamu, dimana pada saat-saat tertentu dapat melonjak sampai 800 hit perhari sebagaimana diperlihatkan oleh rekaman statistik pengunjung selama 30 hari terakhir sbb:

Hebatnya semua itu GRATIS , isinya langsung dapat ditemukan lewat GOOGLE , aksesnyapun relatif cukup CEPAT dan TANPA IKLAN. Pokoknya memuaskan.

**up-dated 27 April 2007**

Note : hari ini, blog The Works of Wiryanto Dewobroto mencatat rekor dapat menembus angka 1000 pengunjung dalam 1 hari, meskipun materi yang ditampilkan tetap konsisten sesuai visi-misi yang diemban dan tidak terpancing untuk mengetengahkan tulisan yang sekedar mencari sensasi belaka.

**up-dated 5 Mei 2007**

**up-dated 7 Juni 2007**

akhir-akhir ini pengunjungnya sudah mulai tetap yah 0.5 juta tiap harinya, sudah bisa jadi tempat iklan kalau begitu ya .

Jadi teman-teman, cepat-cepatlah mendunia bersama WordPress ini. Jadilah terang dan menjadi berkat bagi sesamamu. Amin.

12 thoughts on “WordPress lebih hebat dari Tripod

  1. Saya juga merasakan ngeblog pake WP, kok mudah penggunaannya dan mudah dikenali oleh orang lain. Dengan GOOGLE pun blog saya bisa muncul di halaman pertama pencarian.

    Suka

  2. ada kok pak…
    Pak saya mau tanya-tanya tentang blog wordpress boleh pak?
    dimana saya bisa korespondensi dengan Bapak?

    thx

    **jawab**

    Mikhael, kalau WordPress banyak ahlinya, coba surf di blog lain.
    Saya nggak terlalu banyak tahu, kecuali yang kelihatan di blog ini saja, itupun nyonto orang lain koq. 😉
    Kalau mau diskusi bagaimana mengisinya yaitu tulis menulis, ok-lah. Ketrampilan “menulis” penting lho untuk engineer

    Suka

  3. Pak, ada yang mau saya tanyakan. Seperti Bapak bilang, alamat web saya ketika diklik belum ada. Saya cari di google juga nggak ada. Baru dapat keluar kalo kita input langsung dari explorer. kenapa ya pak?

    Suka

  4. kalau wordpress sih alamatnya harusnya adalah http://godlove.wordpress.com .

    Nggak boleh pakai huruf besar atau kecil digabung, tetapi huruf kecil semua. Coba !

    Benar khan !🙂

    Bagus juga tulisan-tulisanmu, ada alamat blogku lagi. Tapi kayaknya kamu salah sebut, harusnya alamat blog ini adalah https://wiryanto.wordpress.com
    Gitu Mike.

    Note : bagus juga muridku ini, mulai tertarik nulis, ngikutin gurunya, ya. Siapa nyusul Mike ?

    Suka

  5. aduh saya lagi kesulitan banget..mas tolongin saya..sayakan mau supaya wordpress saya bisa di temuin di google. tapi kok sampai sekrang belum bisa.. saya dah coba cara yang Add url di google itu yang klick serba serbi google..

    tolong pencerahannya..

    untuk jawabanya nya tolong kirim lewat email saya. force.amarok@yahoo.com

    terima kasih banyak.

    salam

    Wir’s responds: saya juga nggak tahu mas, bahkan tidak kenal dengan om google. Kenapa ya, rasanya saya juga tidak usaha apa-apa. Kenapa ya. koq bapak tanya saya.

    Suka

  6. @Binsar
    Suatu website bisa di-index ke google atau ke search engine manapun, jika melakukan salah satu dari cara berikut

    1. Daftar ke:

    http://www.google.com/addurl/

    2. Ada blog yg telah terdaftar di google dan nge-link ke blog anda, nanti secara berkala google akan menelusuri link2 yg telah ada di cache google dan akan mengindex ulang yg smua link2 tersebut

    Untuk memastikan blog anda sudah ada di google atau belum, ketikkan dengan detail alamat blog anda. Contoh

    http://apa_aja.wordpress.com

    Bila blog anda belum populer, maka tentu saja blog anda tidak ada di tampilan teratas di hasil pencarian google

    Tapi kalau sudah setara blog pa wir ini, tidak usa repot2, cukup ketik “wiryanto” maka blog pa wir ini ada di urutan teratas. Gaq perlu lengkap2 lagi

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s