Sinopsis Buku


Anda sering berkunjung ke mall ?

Tentu, apalagi yang tinggal di Jakarta. Mall merupakan tempat rekreasi pilihan terbaik bagi keluarga, khususnya pada hari libur atau hari minggu. Mengapa ? Yah, yang jelas jaraknya nggak terlalu jauh, ya paling-paling 2-3 km, coba bayangkan kalau harus ke Ancol atau Ragunan. Berapa kilometer itu (rumahku di Bekasi).  Mall favorit di Bekasi adalah Metropolitan Mal, itu juga menjadi favorit keluargaku.

Ngapain sih di Mall. So pasti : toko buku Gramedia.

Ke toko buku merupakan acara positip yang murah meriah, anakku senengnya minta ampun. Bisa melihat buku-buku baru, membaca berjam-jam dan tidak harus beli 😉 . Khan murah. Paling-paling nanti kalau capek maka pulangnya mampir cari makanan / minuman.

Pengalaman berjam-jam di toko buku menunjukkan bahwa mencari buku bagus adalah gampang-gampang susah. Umumnya sebagian besar buku yang dipajang dibungkus plastis, ada yang terbuka hingga dapat dilihat isinya tapi banyak yang masih tertutup plastik.

Lalu gimana tahu bahwa buku tersebut bagus. Yah cara satu-satunya adalah dengan membaca sinopsis buku pada sampul belakangnya. Jadi sukses tidaknya buku (laku atau tidaknya) ditentukan oleh teknik menyajikan sinopsis buku tersebut. Ternyata menulis sinopsis (1 halaman) sama sukarnya dengan menulis penuh satu buku (590 halaman). Gimana tidak, karena tulisan 1 halaman tersebut menentukan apakah buku itu jadi dibeli atau tidak.

Akhirnya setelah dikoreksi habis oleh mbak Eli dan mas Ari (Elex Media), jadi juga sinopsis untuk bukuku yang segera terbit yaitu SAP2000 Edisi Baru, mau tahu …

Aplikasi Rekayasa Konstruksi dengan SAP2000

** Edisi BARU 2007 **

(590 halaman plus CD)
Penerbit PT. Elex Media Komputindo, Gramedia Group, Jakarta 

sinopsis – sampul belakang buku

Buku ini adalah Edisi Baru hasil pengembangan buku Aplikasi Rekayasa Konstruksi dengan SAP2000 yang terbit tahun 2004 dan yang mendapat tanggapan positip dari kalangan akademisi maupun praktisi konstruksi.

Materi tambahan dalam edisi baru ini bersifat advance, sehingga materi buku lama tetap dipertahankan sebagai pengantar memahami materi baru. Materi lama yang out-of-date ditulis ulang agar relevan dengan kondisi terkini. Jadi pembaca buku edisi pertama tetap mendapatkan sesuatu yang baru karena selain membahas lebih lengkap element FRAME, masih ada tambahan tiga bab baru lainnya (sekitar 150 halaman), yaitu :

  • Element SHELL untuk memodelkan struktur membran dalam menyelesaikan kasus-kasus tegangan-bidang / plane-stress (Bab 7).

  • Engineering judgement berdasarkan ilmu-ilmu dasar teknik untuk menginterprestasikan secara benar hasil keluaran komputer (Bab 8).

  • Pembahasan advanced structural analysis dengan SAP2000 terbaru untuk membahas keruntuhan tekuk / buckling (Bab 9). 

Penyusunan buku dengan sistematika modul, yaitu : menyajikan soal, contoh penyelesaian lengkap dan pembahasan hasil, bertujuan agar buku ini lebih mudah dipahami dan memungkinkan pembaca langsung menuju bab atau bagian yang dibutuhkan saja. Soal-soal dipilih sedemikian rupa agar dapat mengekplorasi sebanyak mungkin opsi-opsi yang tersedia pada SAP2000, sekaligus menunjukkan trik-trik yang berguna untuk menghindari kesalahan dalam pemakaian structural analysis software SAP2000 atau yang sejenis.

Satu testimoni terbaru yang menarik dari pakar rekayasa struktur kelahiran Indonesia yang telah lama tinggal dan bekerja di luar negeri, adalah:

Salah satu bagian sangat penting buku ini adalah Bab 8 : ENGINEERING JUDGEMENT, karena memberikan beberapa contoh jebakan yang ‘menanti’ para pemakai SAP2000 yang percaya buta akan hasil analisa komputer. Contoh-contoh tersebut juga menunjukkan pentingnya mata kuliah mekanika rekayasa yang mengajarkan pemahaman dasar perilaku struktur bangunan. Bab itu sendiri saja merupakan sumbangan yang sangat berarti bagi pemakai program metode elemen hingga (m.e.h) di Indonesia. Semoga dengan adanya buku ini, banyak pembaca dapat menggunakan paket m.e.h secara bijaksana.

Lip H. Teh BE., Ph.D., CPEng.
Senior Structural Engineer, Dematic Asia Pacific, Australia.
Honorary Associate, Department of Civil Engineering, University of Sydney, Austral
ia.

15 thoughts on “Sinopsis Buku

  1. Mas Wir bisa beli on line ngak, soalnya aku jauh nih…tak apa plus ongkos kirim dech…bisa yach..
    ini alamatku…
    91,Inang V
    Jl H Sirat, Bandar Bukit Raja
    Klang
    Selangor Darul Ehsan
    Malaysia.

    Oh yach no rek….sms aja yach +60163505639

    Salam.

    Sani

    Suka

  2. Terima kasih atas tanggapan Sani dan Edi yang positip.

    Saya sedang meminta bantuan mas Ari atau mas Vincent di Elex Media Komputindo untuk mewadahi permintaan buku via on-line. Agar dapat ditindak-lanjuti dengan baik. Nama Sani udah di catat.

    Yang lain ?

    Suka

  3. Pak Wir, saya juga ingin pesan buku barunya secara online.
    daripada ntar kehabisan di toko buku…

    Catat juga nama saya di daftar pemesan ya Pak…

    Terima kasih…

    Suka

  4. Makasih pak Wir, tapi apakah sudah tersebar di seluruh Indonesia ??

    Wir’s responds : he, he, he itu sudah cukup lama. Bukunya sendiri di beberapa toko buku besar sudah habis. Tapi kalau tertarik, jangan khawatir, kata penerbit “mau cetak ulang”.

    Suka

  5. Pak, saya tertarik membeli bukunya. Tapi selama setahun ini apakah ada kan pengembangan yang lebih baru tentang aplikasi SAP2000 dalam konstruksi bangunan. Apakah nanti akan segera terbit edisi revisi atau edisi yang lebih baru lagi? Kalau ada dan dalam waktu dekat kan lebih baik saya menunggu edisi yang terbaru… he3x Thx

    Suka

  6. Salam Pak..
    Pak Wir….
    Saya mau tanya tentang buku Aplikasi Rekayasa Konstruksi dengan SAP2000.
    Apakah dibuku tersebut ada penjelasan tentang analisa Pushover, pak?
    Terima kasih banyak pak.

    Wir’s responds: Tidak ada pak. Materi untuk level S1 penekanannya statik-elastis-linier. Itu saja sudah terlalu banyak (kira-kira 500 halaman), jumlah halaman sudah dibatasi oleh penerbit. Saya ada tentang push-over, tetapi hanya makalah seminar di unika semarang. Silahkan lihat di daftar publikasi saya.

    Suka

  7. wah bukunya bikin pengen beli.saya pesen satu pa.bisa ndak lewat ol?

    salam

    Wir’s responds: yah .. terlambat ! Sudah habis mas.🙂
    Ini sedang menulis lagi, tapi tentang buku inspiratif untuk engineering, artikel-artikel pilihan dari blog ini, nggak ada hitungan-hitungannya. Mau khan nanti.

    Suka

  8. slm knal p.wir …
    software sap pada buku sap 2000 edisi 2007 versi brp ya pak?
    dan bisa tidak diaplikasikan untuk struktur tower/antene (BTS) atau apa ada software lain buat BTS?
    Standart untuk BTS apa ya p.wir selain TIA?
    trim bgt atas infonya p.wir

    Suka

  9. Salam Kenal Pak Wir..
    Sebelumnya saya minta maaf, mungkin saya orang yang paling telat yang mengetahui buku-buku bapak, maklum saya masih baru didunia konstruksi.
    Perkenalkan nama saya Candra Prasetyo Mahasiswa Unbraw Malang.
    Saya mau tanya apakah buku bapak yang berjudul “Aplikasi Rekayasa Konstruksi dengan SAP 2002 Edisi Terbaru” masih ada, soalnya saya sudah mencari diseluruh toko buku di Surabaya dan Malang tidak menemukan satupun. Kalau boleh saya minta info dimana saya bisa mendapatkan buku tersebut, kalau bisa edisi yang terbaru kalau memang ada.
    Atas perhatian dan bantuannya saya sampaikan terima kasih.

    Suka

  10. Salam Pak..
    Pak Wir….
    Saya mau tanya pak tentang sap2000….
    Apakah sap 2000 bisa memodelkan struktur yang modelnya busur atau pelengkung…..end pake sap2000 versi berapa ya pak,….????

    makasi

    Suka

  11. aku cari2 di Gramed malang skarang sdh habis, ada yang tau ada dimana buku “Aplikasi Rekayasa Konstruksi dengan SAP2000 (Edisi Baru), trimakasih

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s