believe in GOD


terus terang saya memakai istilah dalam bahasa Inggris di atas karena lebih merasa ‘sejuk’, dibandingkan dengan ‘istilah lain’ yang sering dipakai di sini (Indonesia) pada umumnya yang kadang-kadang membuat saya merasa ‘takut’, khususnya pada pemakai istilah tersebut.

Nggak tahu kenapa ya.

Saya tertarik membahas kalimat tersebut karena membaca berita tentang Prof. Yohanes Surya yang mengikat perjanjian dengan petinggi-petinggi di BSD, bahwa mereka merencanakan membangun pusat pelatihan FISIKA. Dalam kesempatan tersebut beliau menyatakan mimpinya sewaktu pertama kali kembali ke Indonesia yaitu untuk menjadikan juara Olimpiade Fisika, dan akhirnya terwujud, pada kesempatan tersebut juga beliau menyatakan mimpinya lagi bahwa nantinya di Indonesia akan lahir peraih nobel Fisika.

Jika tidak mengenal beliau dari dekat, tentu banyak yang meragukan hal tersebut. Demikian juga saya, seperti pada saat awal-awal saya mengenal beliau di UPH, yaitu sekitar tahun 1998-1999. Beliau diperkenalkan oleh bapak Yohannes Oentoro (rektor UPH saat itu) di rapat pimpinan, dan selanjutnya beliau sering mengikuti kebaktian pagi tiap-tiap hari Selasa. Pada masa-masa itu, sampai diangkat jadi profesor, beliau masih menyempatkan diri untuk mengajar Fisika di UPH, satu-satunya kelas di luar jurusan Fisika yang diajar beliau adalah di Jurusan Teknik Sipil UPH, di jurusan lain beliau tidak mengajar. Sayang karena kesibukan beliau saat ini, maka beliau sudah tidak aktif di UPH lagi.

Apa yang dapat diambil hikmahnya dengan mengenal beliau selama itu.

Sebagai sesama dosen, kami merasa beliau biasa-biasa sajam, bahkan sepintas lalu terlihat sederhana. Mengenai bidang fisika, waktu itu sudah ada dua profesor fisika di UPH, jadi terlihat, tidak ada yang istimewa. Waktu itu kami hanya sering mendengar kegiatan beliau yang aktif mengajarkan fisika ke sekolah-sekolah tingkat menengah, juga keaktifan beliau mengikuti lomba-lomba fisika tingkat internasional. Yang membedakan menurut saya adalah pada saat-saat beliau memberikan kesaksian pada kebaktian hari Selasa.

Seperti biasa bagi umat kristen protestan dalam kebaktian untuk saling memberikan kesaksian (umat kristen katolik rasanya jarang). Teman-teman kristen protestan umumnya memberi kesaksian tentang kesembuhan, terlepas dari bahaya, atau lain-lain, tetapi umumnya jarang membahas tentang pekerjaan yang ditekuninya. Sedangkan Prof. Yohanes Surya ini lain. Beliau memberi kesaksian tentang pekerjaannya, yaitu membimbing siswa utk lomba-lomba fisika. Setiap beliau selesai mengantar siswa dari lomba (umumnya ke luar negeri) beliau selalu memberi kesaksian, kesaksian tersebut tidak hanya yang berhasil saja, tetapi juga yang gagal.

Intinya dari kesaksian tersebut adalah

  • syukur kepada Tuhan bahwa telah diberi kesempatan untuk ikut lomba …. 
  • bahwa segala daya upaya telah dilakukan yang kadang-kadang dalam mengupayakan hal tersebut beliau sering menjumpai pertolongan-pertolongan yang tidak disangka-sangka (misal : ada sponsor, keluar ijin, dll) yang dirasa itu adalah berkat jamahan Tuhan.
  • apabila ada keraguan dari segelintir orang, beliau selalu yakin bahwa tindakan yang dilakukannya itu merupakan bentuk penghormatannya pada Tuhan sehingga dalam hal tersebut beliau yakin bahwa Tuhan akan memberkati dan memberi jalan bagi maksudnya yang mulia tersebut
  • dalam mengakhiri kesaksiannya, beliau selalu menyampaikan target mendatangnya (impiannya)

Jadi selain ahli dalam bidang fisika (beliau adalah Doktor fisika) maka beliau adalah motivator ulung yang dapat mensinergikan keyakinannya kepada Tuhan (believe in GOD) dengan bidang kompetensinya.

Jadi saya juga yakin bahwa impian beliau untuk menghasilkan hadiah Nobel dapat terwujud. Karena janjinya itu bukan kepada manusia tetapi kepada Tuhan-nya. Amin

Sukses Prof.

7 thoughts on “believe in GOD

  1. Saya sangat menghargai segala usaha dan perjuangan Prof. Yohanes Surya. Semoga pusat pelatihan Fisika yang akan dibangun di BSD dapat segera terwujud dan impian agar di Indonesia lahir peraih nobel Fisika juga dapat terwujud.

    Suka

  2. saya sangat menyukai bapak Prof. Yohanes Surya. saya sudah lama ingin sekali bertemu dengan bapak Prof. Yohanes Surya. dan saya ingin sekali dibimbing oleh bapak. boleh kan saya mewujudkan impian saya ?

    Suka

  3. Jika Tuhan Yesus yang menjadi landasan kita, apakah yang tidak mungkin kita raih. Semoga sukses dan Tuhan Yesus selalu besertamu.

    Suka

  4. Sebuah penjabaran yang luar biasa dari Prof. Yohannes Surya tentang Sabda Tuhan: “ketuklah, maka pintu akan dibukakan” dan MESTAKUNG-nya.

    Sukses untuk Prof. Yohannes Surya.

    Suka

  5. Salam Pak Wir.

    Jika lagi suntuk, coba baca komiknya Prof Yohanes Surya. Judulnya Archie n Meidy. Isinya bagus dan menyenangkan. Sapa tau dapat ide untuk karya berikutnya.

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s