UPH Global Campus – Karawaci


Visit our campus !

Education at its best in Indonesia constantly on the move and growing.

Your home and your path to a meaniful and rewarding life.

Right direction, right principles and values, right priorities and choices making it happen to glorify God.

Main Campus

Menara UPH, Lippo Karawaci
Jl. M.H. Thamrin Boulevard 1100
Tangerang 15811 –  Indonesia
Telp. (021) 546 0901 (Hunting)
546 1047, 546 1048
Fax. (021) 546 0910

Graduate School Campus

Wisma Slipi 2nd and 4th floor
Jl. Let. Jend. S. Parman Kav 12
Jakarta 11480
Telp. (021) 530 7141 / 7130
Fax. (021) 530 7152

website : www.uph.edu

e-mail : infomhs (at) uph.edu

23 thoughts on “UPH Global Campus – Karawaci

  1. Ijin bertanya Pak Wir: Yang dimaksud “kampus global” itu apa tho? Apa buka cabang di seluruh dunia? Atau mahasiswanya dari seluruh dunia? Atau sekedar lambang universitasnya bunder sehingga mirip bola dunia *halah* ? Ini nanya beneran lho, Pak, bukan ngetes…😀

    Suka

  2. Mas Cahyadi,

    Kata-kata global saat ini memang sedang trend di UPH, adalagi kata lainnya yaitu world-class campus.

    Apa maksudnya, memang tidak terlihat pernyataan tertulis yg jelas, ttg definisi global di UPH.

    Tapi saya ingat akan pidato pak James T. Riady (salah satu pendiri UPH) dalam pertemuan menyambut mahasiswa baru tahun 2006 yang lalu, bahwa beliau ber-komitmen akan meningkatkan UPH menjadi kampus unggulan, tidak hanya di Tangerang, atau Banten atau Jabotabek, tetapi juga di Jawa, di Indonesia, bahkan beliau bermimpi akan menjadikan UPH menjadi salah satu universitas unggulan di dunia. Apa ini ada kaitannya dengan kata global **mungkin**.

    Note: bapak Rektor Jonathan L. Parapak, dalam beberapa kali kesempatan mengemukakan juga ttg global campus

    Saya kurang jelas maksud beliau pada waktu menyampaikan pidato tersebut, maklum karena terbiasa mendengarkan pidato-pidato politik di Indonesia, jadi saya menganggapnya juga sebagai bunga-bunga untuk memuaskan pendengarnya saja.

    Tetapi ternyata tidak ! **ada sesuatu yg dapat dirasa ke arah itu**

    Saat ini di UPH sedang dilakukan pembangunan-pembangunan, yang kami-kami sendiri kadang-kadang tidak tahu (karena tidak dilibatkan). Tahu-tahu jadi aja. Seperti yang ada pada gambar yg saya scan, itu yg bagian depan udah jadi, lalu lapangan yang kelihatan hijau spt permadani itu ternyata juga udah jadi. **saya sendiri jg terkagum-kagum**

    Bangunan-bangunan fisik UPH, menurut saya yang relatif awam, cukup berkelas. Lingkungan di sekitarnya , spt taman-taman juga dibangun dengan baik, setiap hari ada pemotong-pemotong rumput khusus. Saya belum pernah melihat kampus serupa di Indonesia yg seperti itu, jadi di dalam kampus, sepintas lalu kayak di LN lho (sepengetahuan saya doang, mungkin kalau ada yang tahu beritahu ya?). Saya nggak tahu apa itu ada kaitannya dengan kata global tadi.

    Di sisi lain, kami di UPH setiap minggu selaku mengadakan kebaktian bersama, semua dosen, staf dan lain-lain sekitar 600 orang kumpul semua. Jika dulu orang asing yang ada (jadi dosen, pengelola gim dsb) bisa dihitung dengan jari, sekarang cukup banyak. Bahkan waktu ada kotbah sekarang dalam dua bahasa (Indonesia dan Inggris). Sy nggak tahu apa itu ada kaitannya dengan global.

    Dari sisi pengajar lokal, seperti saya ini juga kedap-kedip. Saat ini kami-kami staf dosen / pengajar di test TOEFL-nya. Bener di test lagi kayak mahasiswa, kalau nggak nyampai 550 di suruh kursus (intern). Saya nggak tahu apa ini juga ada kaitannya dengan global.

    Ttg mahasiswa-nya yg global, ditempatku belum ada. Tetapi di Komunikasi sudah ada mhs asingnya, kebanyakan dari Korea (tapi aku hanya dengar sepintas).

    O ya, ada beberapa program studi yang telah mengikat kerja sama dengan universitas di luar (singapore atau australia) tetapi detailnya aku belum jelas.

    Note: kami dulu antar dosen saling kenal, sekarang banyak yang muda-muda, doktor-doktor lagi, dan banyak yang nggak kenal. **Lama-lama mungkin hanya dikenal lewat id card -nya aja ya**

    Jadi kalau mas Cay bertanya ttg global memang pantas, kita juga bertanya-tanya apakah global itu juga berdampak ke kami-kami di sini yang lokal ini. Hi, hi, i i i bisa-bisa ke delete.
    **shg kami disini juga ada tuntutan berkopetensi global –> apa itu ?, apa hanya TOEFL 550 aja, atau gimana, terus terang kalau soal TOEFL saya nggak PD, ya biasa aja, kemarin awal tahun 2006 nyampai 530 aja, belajarnya belain-belain lagi secara khusus, jadi ini mau siap-siap kursus mas**

    Jadi kata GLOBAL seperti yang dicanangkan oleh rektor sangat berdampak bagi kami disini. Tidak hanya sekedar slogan.

    Suka

  3. main aja ke UPH, sekalian nglihat suasananya cocok nggak, ketemu bagian divisi marketing (lebih baik janjian dulu via telpon, lihat nomer di atas) tanyakan jadwal-jadwal usm atau info lain.

    Silahkan tanya prosedurnya disana (telah dipusatkan), sy fokus hanya ngajar dan berkaitan dengan jurusan masing-masing.

    Suka

  4. Hallo Pak Wiryanto,

    Sebelumnya kenalan dulu nama saya Sendy F. Tantono, kebetulan sekarang sedang melihat kemungkinan untuk mengajar (+research) selepas October 2007. Saya tertarik dengan jurusan teknik sipil di UPH setelah sekilas membolak-balik web Bapak dan ingin tahu lebih ttg research (+teaching + lab. + commercial/own software-code) yg berjalan di jurusan ini, khususnya ttg geotechnical.

    Unfortunately, saya tidak bisa menemukan website dari sipil UPH, apakah bisa dibantu dengan link-link lain yg ada ? Apakah ada dosen sipil UPH lain yg juga mempunyai blog seperti Anda ? Kalau ada, bisa bagi address-nya ?

    regards.

    note: salute for your amazing and extensive blog.

    Suka

  5. Salam kenal juga mas Sendy,

    Ttg website dari institusi atau dosen lain di Jurusan Teknik Sipi UPH belum ada, teman-teman belum sempat.

    **Informasi tentang geotechnical di UPH**
    Kalau melihat usia UPH / jumlah muridnya maka kelengkapan lab geoteknik yang ada dapat dikatakan **lengkap sekali**. Mengapa ?

    Belum lama ini atas kemurahan Prof. Wiratman maka semua kelengkapan laboratorium tanah milih PT. Wiratman & Associates di pindahkan ke UPH. Intinya win-win, peralatan milik perusahaan tersebut akan di maintenance oleh UPH dan dapat dipakai untuk riset dan pengajaran, tetapi kalau ada proyek fifty-fifty, bahkan untuk proyek besar akan dibackup PT. Wiratman. Jadi kalau dari sisi peralatan laboratorium yang terpasang di UPH maka standarnya adalah standar industri.

    Saat ini sudah cukup banyak pekerjaan kecil-kecil penyelidikan tanah dikerjakan oleh UPH. Lab tanah tadi dibawah koordinasi oleh kepala lab tanah yaitu bpk. Rene K. MSc, seorang pakar muda lulusan dari S1 UI dan S2 dari Uni Hannover, Jerman.

    O ya, salah satu senior kami, yaitu Prof. Harianto H. , meskipun basic-nya adalah struktur beton adalah juga pakar ttg pondasi karena aktifitas beliau yang lama sebagai expert di perusahaan tentang pengetestan pondasi milik PT. Indopora.

    Dengan modal seperti itu, saya sangat yakin, UPH divisi geoteknik akan maju dan tidak kalah dengan universitas lain yang sudah lama berdiri.

    Bagaimana tertarik🙂

    Suka

  6. Ya bisa via HRD atau Kajur. Tetapi itu bila ada posisi yang kosong, misal dosen yang lama retired atau hal lain.

    Saat ini saya melihat posisi tsb sudah terisi penuh. Tetapi meskipun demikian ada baiknya menghubungi Prof. Harianto H. seniornya sipil uph, siapa tahu beliau punya rencana lain, apalagi kalau S3 dan punya visi khusus yang mendukung UPH Global Kampus.

    Suka

  7. Hallo Pak Wir,

    ***Belum mas.***
    Pak Wir, langsung dipanggil nama saja, tidak perlu ‘Mas’. Saya masih jauh lebih junior dibandingkan Pak Wir.

    ***Ada pengalaman dengan program tersebut mas Sendy.***
    Saat ini saya masih berkesempatan untuk pakai program Abaqus (dari Univ.). Saya hanya memakai sebagian kecil function dari Abaqus 6.3. Mainly my work is related to owned constitutive equation and corresponding algorithm for quasi-static problem. Saya pakai Abaqus untuk solving the global equation and or the meshing (though I ever heard that Abaqus is not as good as SOLIDWORKS or NASTRAN for element meshing —> wanna learn about SOLIDWORKS or NASTRAN, but not in the next few months).
    Saya juga tertarik untuk diskusi ttg Abaqus or fe.

    Suka

  8. Hallo Sendy,

    istilah ‘mas’ bagi orang jawa merupakan bentuk kesopanan, yah tidak harus tua gitu. Maklum saya asli jawa, baru di jakarta ketika cari makan, jadi rasanya kalau ada yang manggil dengan kata depan ‘mas’ rasanya lebih enak di dengar dari pada istilah jawanya ‘ngoko’. Tapi ok lah Sendy, gitu khan.

    Wah cocok, kita bisa berdiskusi. Saya cari sparring partner utk ndalami program-program seperti itu agak susah.

    di komputer saya udah terinstall Abaqus 6.5 yah belum bisa ngendaliin secara baik, baru pada tahap validasi njalani data-data yang udah jadi. Juga udah nyoba SOLIDWORKS untuk membuat model 3D, lebih gampang dari AutoCAD lho utk 3D-nya jadi kayaknya akan didalami juga. O ya pernah dengan FEMAP nggak, kayaknya untuk meshing paling hebat ya.

    Saya perlu program-program tersebut untuk membuktikan materi disertasiku , jadi sebelum pakai eksperimental nya maka aku bikin simulasi numerik. Tentang baja sih. Nastran gimana, lebih gampang ya.

    Sendy ambil tema apa risetnya, geoteknik, di mana ?

    Suka

  9. Hallo Pak Wir,

    Untuk SOLIDWORKS dan NASTRAN, saya belon pernah mencoba. Hanya tahu lewat milist bahwa keduanya cukup baik di meshing. Sedangkan saya belon pernah tahu tentang FEMAP.

    Karena saya bukan bermain di detail meshing maka saya masih belon mengenal liku-liku bermain di program-program di atas.

    Untuk pengetahuan tentang baja, he..he.. mungkin nilainya 2 for the range of 1(very poor)-10(excelent).

    Topic research saya basically similar to those I wrote for Martin, elsewhere in this blog. My main interests area are on the shearing of structure on granular material and modeling of creep deformation/stress relaxation of broken rock. The minor includes solution algorithm for very simple hypoplastic model, how to ‘manipulate’ the tension criteria for granular like-sand.

    At the moment for my thesis I am writting about kind of soil reinforcement, namely soil bag. In detail, it is about the numerical simulation of unconfined compression of single soil bag system, in order to have a sight on the behavior of soil inside the bag. I always consider 2D plane strain analysis for user defined material and element (reason: just because it’s simpler than 3D; however it won’t work for particular problems with very high 3D effect); therefore the example problems are also the plane strain problem.

    Saat ini saya belajar di TU Graz (Austria) di Institute of Applied Mechanics.
    Semoga thesis ini bisa selesai within next October.

    Suka

  10. Hallo Sendy,

    Setahu saja problem rock atau beton untuk mensimulasinya sampai kondisi ultimate, lebih sulit ya dibanding baja. Kapan-kapan saya minta tip-tip pengalamannya, saya mau simulasi keruntuhan balok beton dengan ABAQUS. Saya dulu pernah nyoba pakai ADINA, lumayan deh, tapi kasusnya relatif sederhana.

    Iya deh Sendy, semoga cepat selesai, ada rencana balik ke Indonesia nggak. Atau mau muter-muter dunia dulu.

    Suka

  11. Hallo Pak Wir,

    ***Setahu saja problem rock atau beton untuk mensimulasinya sampai kondisi ultimate, lebih sulit ya dibanding baja.***
    Saya setuju bahwa untuk mensimulasikan softening behavior sangat sulit, not only the constitutive equation but the algorithm for solving the global equation is difficult especially when users wanna do stress control simulation (imagine the stress-strain curve; especially in solving the sharp softening part —> the negative or zero gradient —> (Modified)/Riks method is introduced in Abaqus, but it’s still difficult and one needs to play with the convergence criteria). Setahu saya untuk rock/granular material the ultimate strength is not material constant ‘cauze it’s influenced by the initial density (i.e void ratio, degree of compaction), current pressure, inhomogeneity of material (i.e. shape,roughness,crack/initial weathering effect). As far I know, some constitutive equations take into account some of those factors in one set of equation, but not all of them, at least up to now.
    In addition to the difficulty in simulating the ultimate condition, it’s also difficult to deal with the very small mean pressure (=S_ii/3) condition (imagine the principal stress space and deal with the pressure closed to origin) when plasticity model of rock/soil is considered. As far I understand the tension cut-off (i.e. cohesion) is also one of the tricks but it does not solve the real problem of it.

    ***Kapan-kapan saya minta tip-tip pengalamannya, saya mau simulasi keruntuhan balok beton dengan ABAQUS.***
    Pak Wir, saya belum pernah memakai concrete (smear crack) model di Abaqus. Kalau memang saya tahu sesuatu about it it’s my pleasure to share it with you; otherwise I am sorry for lack of knowledge about it.

    ***ada rencana balik ke Indonesia nggak***
    Setelah selesai study saya rencananya sih balik ke Indonesia (istri ingin di Indonesia). Saya mencoba untuk apply ke UPH. Seperti saran dari Pak Wir saya kontak Pak Harianto dan sekarang sedang menunggu response dari beliau.

    ***Atau mau muter-muter dunia dulu.***
    Kalau muter-muter —-> pusing Pak.😉

    regards.

    Suka

  12. Selamat siang Pak Wir,
    Tidak sengaja saya sedang hunting info eh…ketemu blog Bapak, cool dech Pak. Jadi sedikit mengetahui mengenai keberadaan UPH. Yang saya hendak tanyakan, apakah ada program di UPH yang off campus seperti di HITS?
    Dari tahun 2004 saya hendak masuk ke HITS untuk jalur off campus tidak jadi2, karena terkendala jarak yang cukup jauh di pedalaman.
    Tolong info lanjutnya ya Pak ke e-mail saya, trimsk. Dan sukses buat Bapak.

    Wir’s responds: dik Noveny ttg program off campus maupun HITS saya kurang tahu. Maklum fokusnya di engineering.

    Suka

  13. assalamualaikum pak…saya mahasswi teknik sipil unsyiah aceh bidang manajemen rekayasa konstruksi,,semester ini mengambil tugas akhir,tapi sampai sekarg saya masih bingung karena blum mendapatkan judul..saya mohon kiranya bapak bisa membantu saya mencari judul2 yang tepat,,sekali lg saya mohon bantuannya pak..terima kasih sebelum dan sesudahnya

    Suka

  14. Hallo Pak Wir

    Wassalam
    Saya,,mau nanyak apa Uph tidak mengadakan Program beasiswa keguruan,,tahun ini atau tahun 2011 nanti,,Tolong konfirmasikan ya pak,,
    lewat email,dan di mana saya bisa mendapatkan formulirnya,
    karna saya tinggal di Provinsi Riau,kota kerinci

    Trimakasih pak

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s