wir si penulis


Lagi di tol dalam kota, HP bunyi, nomer baru, jadi nggak tahu siapa yg nelpon. Tahu-tahu ada suara merdu “Selamat siang. Besok Sabtu datang ya ?”

“Siang juga . Ada apa mbak?”  **agak  bingung**

“Itu ada acara temu penulis di Bentara Budaya!” **cepat nangkap bahwa ‘penulis’ dan ‘Bentara Budaya’ = Slipi Pal Merah= Gramedia = PT. Elex Media Komputindo=mbak Elizabeth atau mas Vincent sbg editornya**

“O ini mbak Elly ya, Elex ? . Ok mbak, tapi aku belum terima undangannya. Tak usahain dateng.”

**besoknya**
Ini undangannya, dikirim via pos.

Apa aja acaranya ?   ada koq sehari penuh dari pk. 08.30 – 16.30

Ini daftar acaranya :

Bagi penulis Elex yang lain, jangan lupa lho ada acara tsb.

He, he, he setelah cukup lama mengaku diri sbg writer (di blog ini aja lho) ternyata baru sekarang dapat undangan resminya🙂 .

Bisa menulis atau penulis itu enak lho. Coba aja , contohnya

  • menulis buku, laku, di undang penerbit (biar nulis lagi dan laku lagi –> keuntungan penerbit)
  • menulis surat cinta, berhasil, di undang oleh gadis pujaannya (hidup berbahagia🙂 )
  • menulis lamaran pekerjaan, berhasil, di undang perusahaan untuk test wawancara dll (nggak jadi penganggur)
  • menulis jawaban essay ujian, berhasil meyakinkan dosen penguji, lulus –> akhirnya dapet gelar (bisa cari kerja atau nglamar anak gadis yg tadi ngundang, he, he, …) **aku dulu juga gt**
  • menulis proposal permintaan sponsor utk suatu kegiatan, berhasil, ada tambahan finansial utk kegiatan tsb.
  • menulis BLOG di WordPress, berhasil  —->> lalu ngapa hayo, emangnya ada yang ngundang, yg jelas tagihan SPEEDY mbengkak, istri ngomel-ngomel, he, he, he
    **yah itu resikonya hobby nulis **

**updated**  Sabtu 20 Jan 07

Ternyata acara cukup ramai, ketemu penulis-penulis Elex yang lain yang rata-rata masih muda, pak Safir Senduk (keuangan), pak Ponijan Liaw (public speaking), pak Budi Permana (pengarang lebih dari 70 buku Elex), pak Firmansjah Saftari (managing partners kemangnet.com penulis buku ttg otomobile http://saft7.com ) , Ibu Ning Harmanto (Herbalist di www.ningharmanto.com ), Irawan Sardi (senior manager PT. BBI Tbk.,  penulis solusi kasus-kasus menajemen), pak Ari Satriyo Wibowo (chief blogging officer, penulis buku marketing dan biografi, jg entrepreneur di  http://arisat.blogspot.com ), Ali Salim (dosen Trisakti ekonomi, karena hobby juga Multimedia Designer , penulis buku flash di www.geocities.com/alisalim  ) dan Bernard Hartanto (penulis buku flash dan pengelola  http://AsikBelanja.com ).

Sedang dari Pihak Elex, baru sekarang tahu nama-nama beliau yang sudah sering didengar nama tapi belum tahu orangnya. Mulai dari direktur Elex yaitu bpk Al. Adhi Mardhiyono, lalu pimpinan lain seperti Wakil Manager Eksekutif bpk Alusius Arisubagijo, sekretaris redaksi mbak Nana, marketing mbak Digna, editor komputer mas Vincent, mbak Elly, lalu yang web mas Eko dan lainnya.


Direktur PT. Elex Media Komputindo, Ir. Al. Adhi Mardhiyono memberi sambutan pada pembukaan acara Elex Writers Gathering 2007.

Pengarang Elex kira-kira ada 500 orang, sedangkan yang diundang yang ada di ja-ba-bo-be-ta-pok  ada sekitar 150 orang, wah bayangin ketemu satu penulis saja ceritanya banyak, bagaimana dengan lebih dari 100 penulis. Yang jelas semuanya PD-PD, kayaknya ekstrovet semua, sayang nggak bawa kartu nama banyak, eh setiap ketemu, mereka dengan bangga membagi kartu nama lalu tanya nulis buku apa, lalu cerita (promosi). Wah waktu sehari rasanya nggak cukup lho untuk mengenal semua. Ketemu satu pengarang aja ceritanya banyak, bagaimana semua.

Saya melihat Elex cukup bagus mengelola acara tsb, bayangkan penulis-penulis itu khan kebanyakan udah level guru ke atas **atau merasa seperti itu** jadi kalau mereka bikin acara yg kayaknya ngguruin, pasti para penulis pada bosan **bisa ngantuk juga**. Jadi tema-nya adalah sharing / berbagi pengalaman. Menarik juga lho.

 
**sharing dari mas Arisubagijo yang mantap, mas Laras Husodo di bagian promosi (duduk sabar) menunggu giliran**

Event tsb perlu karena : diperlukan komunikasi yg baik antara penerbit dan pengarang; pengarang perlu tahu dunia penerbitan; keduanya perlu saling kerja sama; para pengarang sendiri perlu kerjasama.

Yg membuat Buku berhasil : buku tsb harus berguna; harus menjadi top 1, 2 atau 3 di kategorinya; perlu audience besar; perlu penerbit yang mau mempromosikan; pengarang terus menulis krn buku dipengaruhi umur.

Situasi pasar: kira-kira ada 1000 penerbit berebut tempat di 77 toko buku (itu Gramedia aja, karena menurut pak Subagijo fokusnya memang toko buku tsb, beliau memberi gambaran bahwa keberadaan 1 toko buku Gramedia itu kira-kira sama dengan 30 toko buku kecil-kecil lainnya). Jadi kita pengarang diminta membayangkan bagaimana buku-buku pengarang bersaing disana. Jadi ada persaingan display buku. Toko hanya memperhatikan judul kuat (kelas A). Buku baru lebih laku dari buku lama.

Promosi & Pemasaran di industri penerbit : iklan buku tsb di koran, majalah,internet, media lain (brosur / poster); meresensi buku di media; mendisplay buku di banyak toko buku (ini penting krn penjualannya mencakup 80% dibanding media lain).

Usaha promosi yang akan diberikan penerbit: menyelenggarakan event / kegiatan promosi, pameran buku, talk show, interview, dll ; menyediakan ruang (media) bagi pengarang untuk berjumpa dengan calon pembaca.

Tips mempromosikan buku:

  • menjadi pembicara
  • menulis artikel
  • mengajar
  • menjadi expert
  • membentuk kerja sama dengan penulis lain
  • membuat web atau newsletter
  • bangga dgn hasil bukunya : sertakan cover buku di balik kartu bisnis anda; sertakan informasi bhw anda penulis buku di signature email anda; ikuti milis profesional; jadikan buku sbg identitas .

Kerja sama promosi dan penjualan

  • fasilitas diskon bagi pengarang
  • event / kegiatan talk show; interview
  • mengakses komunitas pengarang
  • mendesain kegiatan bersama
  • menawarkan penjualan partai besar ke perusahaan

**kontak-kontak penting bagi calon pengarang**

ini saya dapatkan kontak-kontak yang dapat dihubungi di Elex bagi yang tertarik untuk menjadi penulis / bukunya mau diterbitin. utk email sy sengaja pakai (at) sebagai pengganti @ –> menghindari spam. Ok

  • Sekretariat: ibu Adriana Dwi S. email di nana (at) elexmedia.co.id  Tlp 021-5483008 ext 3365
  • Redaktur buku manajemen: ibu Sri Tjandra Arwati email di … nggak jelas… Tlp 021-5483008 ext 3368
  • Redaktur buku komputer: bpk Vincent Sugeng Hardojo email di vincent (at) elexmedia.co.id Tlp 021-5483008 ext 3323
  • Redaktur buku parenting: ibu Yulia Suzana telp di 021-5483008 ext 3318
  • Redaktur buku anak (Elex Kidz): bpk Paulus Eko Nugroho email di ekon (at) elexmedia.co.id Tlp 021-5483008 ext 3367
  • Redaktur Fiksi Remaja: ibu Retno Kristi email di retno (at) elexmedia.co.id Tlp 021-5483008 ext 3315
  • Redaktur Komik: ibu Sari Ratnasari email di sari (at) elexmedia.co.id Telp 021-53677834 ext 3381, 3386, 3387

Bagi anda-anda yang perlu promosi dari Elex, silahkan kontak bagian promosi, mereka ramah-ramah lho. Pokoknya jika ada win-win solution, mereka pasti tanggap, yaitu

  • mbak Digna Maria email di digna (at) elexmedia.co.id   ;
  • mas Wahyu email di wahyu (at) elexmedia.co.id dan
  • mas Bernardus Bagus W email di bagus (at) elexmedia.co semuanya dapat dihubungi di telp di 5483008 ext 3317

O ya ada masukan baru ttg istilah PENULIS: Semua orang bisa saja bilang bahwa hobbynya menulis, bisa di buku harian, di blog atau di seminar-seminar ilmiah atau konference. Tetapi yang mempunyai sebutan penulis jika dia punya link ke penerbit (langsung atau tidak langsung). Jadi penulis dan penerbit satu kesatuan.

Masih ada sharing dari mas Budi Permana, penulis 72 judul buku elex, beliau adalah dosen bidang TI. Pengalaman beliau meskipun menulis penghasilannya tidak tetap (tergantung dari produktivitas) tetapi sering kali lebih besar dari gaji beliau sebagai dosen. Beliau menceritakan, telah menulis buku lama yaitu sejak ada Lotus 123 dan nulisnya pakai disket 5.5 inch, kalau ngirim disket makalah bisa-bisa 10 disket, waktu itu. Pantas jumlah bukunya banyak, udah lama sih. Tapi ya memang hebat sih, satu tahun bisa lebih dari dua **aku belum bisa**.

Selanjutnya mas Safir Senduk yg gantian sharing.


yg sedang duduk sambil bawa mic itu mas Safir Senduk, masih muda tapi meyakinkan lho omongannya, beliau tidak ngomong mengenai keuangannya tetapi bagaimana strategi dia sehingga banyak orang mengenalnya. Caranya yaitu “menulis”, mula-mula ke kolom majalah Tiara, lalu pindah lagi, sekarang Nova, lalu dari kolom di jadikan buku dsb. Sampai jadi selibritis kayak sekarang ini. Menurut beliau penulis=pembicara. Salah satu strategi yang diusulkan adalah selalu bicarakan keuntungan pihak yang akan menerima bantuannya, jadi seakan-akan kalau beliau menulis di majalah atau pembicara di forum atau radio , bicarakan kira-kira apa keuntungan yang dapat diperoleh oleh pihak yang menyelenggarakan tsb. Ada keuntungan dari kedua belah pihak. Win-win solution. Jangan sekali-kali menjelek-jelekan mereka, tidak juga dibelakangnya pula.
**good aku setuju, cari teman dan bukan musuh**

**ttg public speaking, menyiapin penulis sekaligus menjadi pembicara, minimal bisa promosi buku yang ditulisnya, oleh ahlinya yaitu mas Ponijan Liaw.**

 
mas Ponijan Liaw, penulis ttg motivasi dan juga staf ahli menpora, sedang memberi tip-tip public speaking. Salah satunya tentang Verbal dan Non-Verbal

Verbal Communication (dengan tutur kata) yaitu ingat PICTURE

  • Picth = ketinggian suara
  • Intonation = intonasi
  • Courtesy = kesopanan
  • Tone = nada
  • Understanding = pengertian
  • Rate = kecepatan
  • Enunciation = lafal ucapan

Non-Verbal Communication (bahasa tubuh / sikap tubuh) untuk itu perhatikan

  • Eye contact 50%-70% = kontak mata
  • Facial expression = ekspresi wajah (merengut, senyum, tampang marah dsb)
  • Body posture = postur tubuh
  • Touch = sentuhan (tapi hati-hati)
  • Special sign = tanda khusus

Proporsi komunikasi Verbal dan Non-Verbal dalam public speaking adalah

  • Intonasi Suara = 35%
  • Bahasa Tubuh = 58%
  • Kata-kata = 7%

Ada satu lagi yang cukup menarik , yah kayak ramalan ttg seseorang. Saya ingat karena ternyata tebakan beliau benar. Caranya: “coba kedua tangan anda saling berkatup, pegang erat-erat, pastikan ibu jari anda saling memegang tangan yang lain, ibu jari tidak boleh saling sejajar. Jadi intinya ibu jari kiri menutup (di atas) ibu jari kanan atau sebaliknya. Kondisi itu dapat digunakan untuk membaca perilaku orang tersebut apakah orangnya sentimentil atau logis (to the point). 

Anda mau tahu apa kecenderungan anda ? Silahkan beritahu nanti saya ramal.

**foto rekan-rekan Elex Media bersamaan – tapi nggak lengkap, udah sore sih fotonya**

di akhir acara pimpinan Elex berpose bersama, dari kiri-kanan yang aku masih hapal  ** tadi udah kenal semua sekarang koq udah lupa**  adalah (1) bapak Arisubagijo, … (3) bag keuangan / royalti …(5) mbak Nana, sekretaris Redaksi, (6) mas Laras Husodo (wakil manajer marketing/promosi) … (8) mbak Digna (ujung tombak promosi) … (10) mas Vincent (editor komputer)

**up-dated 22 Jan 07**

informasi telpon, alamat surat atau untuk datang bertamu

PT. Elex Media Komputindo
GRAMEDIA Bld. Jl, Palmerah Selatan 22-28, 6th Floor, Jakarta 10720 – Indonesia
Phone: 021 – 548 3008, 548 0888, 549 0666 ext. 3311-3323

@lex klub : Langganan & Direct Selling
Phone 021 – 585 1473-74 , 536 99123-24 
Fax: 021 – 585 1474
Redaksi Chip ext. 3370-72
Redaksi Chip Foto Studio Digital ext. 3373
Iklan Majalah ext. 3366
Direct Iklan 53696673-74
Web : www.elexmedia.co.id ; www.chip.co.id
Email :  elexklub (at) elexmedia.co.id, customer (at) elexmedia.co.id, langganan (at) elexmedia.co.di

SHOWROOM BUKU

  • Taman Meruya Plaza Blok E/14 No.38-40 Komp. Taman Meruya Ilir
    Telp. 021-5851473-74, 53699123-24, Fax. 585 1475, Jakarta Barat 11620
  • Ruko Ngagel Jaya Indah, Jl. Ngagel Jaya Utara No. 69 Blok 3G Surabaya
    Telp. 031-505 5237  Fax. 031-505 5238

Pokoknya mantaplah jadi penulis Elex Media Komputindo. Pulang dapet tanggalan, buku agenda dan yang hebat juga dapet jacket eksklusif (dalamnya kayak jas) semuanya berlogo Elex Media Komputindo.

**biar penulis-penulisnya pada loyal semua, he, he, he**

25 thoughts on “wir si penulis

  1. Oh yach.. P Wir ngomong ngomong soal tulis menulis..kapan karya besar P wir di Unpar dipublikasikan (Disertasi)….mungkin lagi dalam proses yach…
    Apa sering ketemu P Nathan? salam dari ku yach..

    Salam.

    Sani

    Suka

  2. Iya Sani,
    Betul sekali, aku memang berharap itu akan menjadi karya besarku, Prof Sahari tentu memahaminya. Ini sedang in-progress.

    Ttg pak Nathan. Yak, ketemu sekali-kali, beliau kelihatannya lebih laju jalannya. Moga-moga aku juga menyusulnya. Nanti tak sampaikan salammu jika ketemu.

    Note: Aji lebih sering nongol ketemu pak Nathan.

    Suka

  3. He, he mas Agung

    Anda terlalu asyik nulis sih, tetapi ya gimana ya, nulis memang asyik sih.

    Acara tersebut menurut saya cukup baik, karena yang mengisi adalah para penulis sendiri jadi kesannya adalah tidak saling menggurui tetapi sekedar sharing gitu mas.

    Lumayan dapat jaket hitam dengan tulisan elex-media, bisa untuk bergaya gitu.

    Eh, sekarang lagi sibuk nulis apa nih, kayaknya nggak sekedar hobby mas Agung ini, sudah menjadi industri content gitu ya.

    Ok lah, selamat ya. Semoga semakin sip.

    Best regards
    wir

    Suka

  4. wow
    HWEBAT HWEBAT YA KALIAN ITU
    AKU NGIRI DECH
    oya aku juga senang nulis, but hobiku belum tersalurkan
    gimana nih.
    kasih ide donk!

    Suka

  5. alo…mas baru ketahuan web-nya iseng-iseng lagi cari data di google masuknya ke situs ini. saya kebetulan juga penulis buku komputer, saya ikut pula acara Elex Writer Gathering.acaranya ok…karna kita bisa tahu editor buku, redaksi elex dan tentunya teman-teman penulis semua, bisa mempererat persaudaraan tentunya. buku yang pernah saya tulis diantaranya : kupas tuntas, css, desain web dengan fireworks dan dreamweaver 8, tip dan trik desain web untuk pemula. btw buku yg pernah mas tulis apa yach kalo boleh tahu??

    Suka

  6. salam kenal juga mas Juju.

    buku saya baru 4, yaitu 2 ttg pemrograman visual basic dan 2 lagi ttg program SAP2000. Detailnya lengkap ada semua di blog ini.

    Bahkan buku yang paling baru terbit April kemarin dengan tebal kira-kira 500 halaman.

    Punya blog juga nggak mas?

    Suka

  7. Ping balik: reuni ex-PTW « The works of Wiryanto Dewobroto

  8. Ping balik: pekerjaan tiang bor « The works of Wiryanto Dewobroto

  9. Ping balik: pelajaran bahasa Indonesia « The works of Wiryanto Dewobroto

  10. Situs pertemanan makin banyak bertebaran di internet. Dari sekian banyak nama, friendster, adalah satu nama yang paling populer. Sebab, dari situs ini, kita bisa banyak mendapat teman, dan bahkan mencari teman yang sudah lama tidak berhubungan dengan kita. Situs pertemanan, bagi sebagian orang memang telah menjadi semacam media yang sangat menyenangkan. Selain bertemu teman, berkenalan, hingga saling mengirimkan undangan pertemuan, menjadikan media ini bukan sebatas media maya belaka.

    Nah, bagi yang mempunyai hobi sama, situs pertemanan bisa jadi juga memberi kemudahan untuk saling bertukar informasi, Salah satu situs petemanan khusus satu hobi ini bisa ditemui di Penulis-Indonesia.com. Seperti namanya, situs pertemanan ini memang hendak mengumpulkan jaringan para penulis di seluruh Indonesia yang tersebar di berbagai penjuru dunia.

    Menulis, belakangan memang menjadi sebuah fenomena yang makin berkembang di Indonesia. Makin banyak bermunculan penulis berbakat di tanah air yang tak hanya berbicara di tingkat lokal. Sebab, ada pula yang telah berhasil di ranah internasional. Hebatnya lagi, penulis di Indonesia itu sangat variatif usia pegiatnya, dari anak kecil hingga usia dewasa.

    Dengan situs pertemanan Penulis-Indonesia.com, para penulis ini hendak dikumpulkan dalam satu wadah pertemanan untuk saling dukung, saling dorong, saling bina, saling bantu, hingga suatu saat nanti, akan makin banyak penulis berkelas internasional di Indonesia. Tentunya, harapan ini bukan harapan kosong belaka. Sebab, hanya dengan kekuatan pertemanan dan relasi, kita bisa saling bantu menumbuhkembangkan dunia kepenulisan ini. Jadi, siap bergabung di PenulisIndonesia.com?

    Suka

  11. Ping balik: menulis pak ? « The works of Wiryanto Dewobroto

  12. Ping balik: review buku ttg Roosseno - 1 « The works of Wiryanto Dewobroto

  13. Ping balik: Berita Basi dari Elex Writter Gathering - MataMaya Studio

  14. Ping balik: pentingnya menulis ! « The works of Wiryanto Dewobroto

  15. Ping balik: penulisan buku - jembatan Indonesia « The works of Wiryanto Dewobroto

  16. Ping balik: perlunya berprestasi « The works of Wiryanto Dewobroto

  17. Ping balik: membuat tulisan ilmiah | The works of Wiryanto Dewobroto

  18. Ping balik: menulis itu pribadi sifatnya | The works of Wiryanto Dewobroto

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s