AISC 2005 gratis


Sebagai structural engineer atau insinyur (mahasiswa) teknik sipil yang menggeluti perencanaan konstruksi baja tentu akan mengetahui bahwa literatur bermutu untuk perencanaan struktur baja di Indonesia relatif susah didapat. Meskipun sudah ada SNI 03-1729-2000, tetapi keberadaaannya belum mencukupi. Dengan demikian bagi yang profesional, acuan asing masih menjadi rujukan utama. Salah satu yang populer adalah dari AISC (American Institute of Steel Constructions).

Bagi yang belum memiliki atau ingin dokumen yang teranyar , yaitu AISC 2005 (cetakan ke dua) ternyata dapat di down-load secara gratis di internet.


Dokumen yang dimaksud adalah:

Specification for Structural Steel Buildings, March 9, 2005

(ANSI/AISC 360-05)

2005 Specification provides the generally applicable requirements for the design and construction of structural steel buildings and other structures. This ANSI-approved specification is the first edition to incorporate ­both allowable stress design and load and resistance factor design methods. The design provisions for single angles and hollow structural sections are also included. Dual-units format provides for both U.S. customary and S.I. units.

Jika tertarik . KLIK aja INI

<<up-dated 9 April 2011>>

Catatan : jika ada kesulitan dengan link di atas untuk versi terbarunya, maka masih ada yang versi cetakan ke-2 dengan ukuran sekitar 6.92 Mb, di sini.

41 thoughts on “AISC 2005 gratis

  1. pak saya akan mengambil tugas akhir tentang kuda kuda yg menggunakan profil curcular hollow sections dengan square hollow sections,nah saya bingung menentukan sambungan tg sesuai untuk kedua profil tersebut,barangkali bapak bisa membantu kesulitan saya tersebut

    Suka

  2. Amanda,

    Yang pernah saya lihat dan saya kerjakan untuk truss yang terbentuk dari circular hollow section (pipe) atau square hollow section , biasanya menggunakan welding joint (sambungan las) atau menggunakan joint ball. Untuk type welding joint bisa anda temukan di AWS D.1.1, sambungan ini sering kita jumpai pada konstruksi jacket platform 3 leg.

    salam
    badar

    Suka

  3. Untuk Mas Hananto khususnya dan Pak Wir serta seluruh pengunjung BLOG ini pada umumnya, emang kayanya di sini belom ada ya yang posting British Standard, ini saya baru upload-in di rapidshare:

    upload ternyata lama juga ya..speednya kok ngedrop tinggal 10 kbps..

    ya sudahlah, semoga terbantu..

    Daftar isi file:
    BS 5950-1 : 2000 Structural Use of Steelwork in Building
    Part 1 : Code of Practice for Design – Rolled and Welded Sections

    BS 8110 Structural Use of Concrete
    Part 1 : Code of Practice for Design and Construction (1997)
    Part 2 : Code of Practice for Special Circumstances (1985)
    Part 3 : Design Charts for Singley Reinforced Beams, Doubly Reinforced Beams and Rectangular Columns (1985)

    linknya di sini nih..

    http://rapidshare.com/files/66491073/British_Standard.rar

    oh iya, Pak Wir..
    Bapak punya standard (peraturan) untuk ngitung chimney ga?
    seperti CICIND Model Code for Concrete Chimneys, atau ACI 307-88?

    apa di perpus UPH ada?
    bisa dicopy ga ya kalo ada?

    terima kasih..

    Wassalam.

    Wisnu Kusumoaji

    Suka

  4. salam kenal pa wir….langsung saja, kan judul TA aku adalah struktur baja dengan menggunakan sni 2002 trus ada tidak dasar dari sni 2002 selain aisc 2005. aku dengan ada panduan aisc 2000 ata 89 mohon klo ada link. makasih

    Suka

  5. pagi pak wir..
    salam kenal dari saya.
    bisa kasih referensi tentang perencanaan PC-I girder menurut standart (ACI, SKBI, AASHTO, BMS, BS, PCI, NI 2 PBI). Buat laporan KP ku.
    coz, sulit banget browsing nya (mungkin mang ako gak tau aja…he.he), yng penting standar perencanaan PC-I girder, klo bisa sech yang komplit. (maaf ngrepotin). blsnya di (jack_sipil@yahoo.com). maturnuwun sanget

    Suka

  6. Pagi Pak Wir, Salam kenal
    lansung saja, saya mahasiswa UNS sedang mengerjakan skripsi menggenai analisis drift dengan kombinasi bracing type X dan type inverted V, mohon diberikan referensi yang memuat kedua jenis bracing tersebut. Thanks

    Wir’s responds: salam kenal juga Maschun, rasanya diskusi tentang bracing, bahkan EBF ada koq, juga ada engineer yang mengusahakan materi journalnya. Tapi di mana ya, koq saya nggak ingat tempatnya.🙂

    Suka

  7. Ping balik: ASD atau LRFD « The works of Wiryanto Dewobroto

  8. Salam Kenal Pak Wir!
    Saya design struktur Gable dengan tinggi kolom 14 m yang terbagi atas 8m kolom beton dan 6m kolom baja yang diangkur diatas kolom beton.
    Saya design dengan SAP 2000. Bagaimana cara yang benar memodelkan hubungan kolom beton dan baja pada angkur?
    Thanks for your advice!
    SALAM EKO

    Suka

  9. slm knal pak wir, sya msh bingung untk mnentukn jnis smbungan yg sesuai untk profil Hollow terutama CHS dan SHS, mgkin bpk bs mmbntu ksulitan sy tersebut:-)makasih
    Amanda

    Suka

  10. @Eko,
    Berbicara tentang cara pemodelan, wah bisa sangat banyak sekali variasinya. Tentu itu dipengaruhi oleh pengalaman, wawasan dari si perencana.

    Meskipun demikian, ada kata kunci, yang kelihatannya menjadi benang merah dari setiap strategi tersebut, yaitu : (a) carilah model yang sederhana yang mudah dipahami cara kerjanya oleh si perencanan tersebut, jangan ikuti cara orang lain jika anda sendiri bingung; (b) konsisten-lah terhadap pemodelan yang anda pilih, mulai dari saat analisis, design, bahkan pada tahap pelaksanaannya. Jika ada yang menurut anda tidak konsisten maka cari tahu mengapa, dan apa resikonya. Jika tidak tahu jangan coba-coba melawan prinsip “konsisten” tersebut.

    Berkaitan dengan problem yang anda hadapi, maka ada beberapa strategi yang dapat anda pilih.

    Cara pertama, yang menurut saya cukup konservatif adalah :

    * Pisahkan keduanya menjadi dua struktur yang berdiri sendiri. Dalam hal ini gable baja ketinggian 6 m tersebut dianalisis sebagai struktur gable-tumpuan-sendi-sendi. Baik terhadap gaya vertikal maupun lateral.

    * selanjutnya, struktur kolom beton dianalisis sebagai struktur kantilever (Bawahnya terjepit). Reaksi-reaksi hasil analisis dari gable baja dipindahkan ke kantilever dan dijadikan beban.

    Perlu diperhatikan bahwa sambungan kolom baja dan beton harus dapat mengatisipasi gaya lateral, yaitu aka ditahan oleh baut. Juga tempatkan baut dibagian dekat garis netral, ingat kita khan menganggapnya sebagai sendi.

    Kalau anda menganggapnya sebagai jepit, ya bisa saja, tetapi detailnya lebih “berat”. Anda harus chek pengangkurannya segala.

    Cara kedua: Ingin lebih aman lagi, yaitu anggap sebagai struktur gable sendi-rol, cara ini akan lebih boros, tetapi juga tergantung bentangnya. Rafternya akan lebih besar dibanding cara pertama. Hanya saja, gaya lateral reaksi pada kolom baja pada bagian bawah tidak ada.

    Jadi nanti untuk perencanaan kolom beton, maka gaya lateral yang ditinjau hanya akibat beban sementara aja. Jika gable-nya bisa diganti dengan truss, mungkin cara ini cukup efektif.

    Pada cara kedua ini, sistem pondasi pada kolom beton akan lebih ringan dari yang cara pertama.

    Yak, itu mungkin dua cara yang umum di pakai.

    @Amanda
    detail sambungan profil Hollow memang menarik. Tentu saja ini tergantung dari fungsinya, apakah sebagai kolom tarik atau tekan, atau sebagai balok.

    Ingat hollow cocok untuk batang tekan, karena punya r (radius girasi) yang paling besar untuk A yang sama.

    Sistem hollow untuk kolom besar banyak dikembangkan di Jepang. Konsep sambungan yang sering diadopsi adalah dibuat stub khusus, dimana detail sambungan dipindahkan tidak pada satu titik yang sama. Biasanya yang dipilih adalah sistem sambungan end-plate.

    O ya itu tadi sambungan baut, maksudnya adalah baut untuk di lapangan, sedang las untuk di fabrikasi. Adapun strategi perencanaan las, rasanya sama seperti yang lain. Jika bisa dengan las tumpul penuh maka bisa dianggap sekuat pelat tersebut. Hanya jika las sudut, maka harus dihitung.

    O ya, untuk las, yang penting adalah pelaksanaannya harus baik.

    Mungkin begitu amanda.

    Suka

    • selamat malam pak wir. salam kenal.
      saya larisa masih mahasiswa.
      pak, saya mau nanya kalau hubungan bracing baja dengan kolom beton bagaimana ya pak? saya bingung dengan detail nya pak.
      makasih ya pak.. ^^

      Suka

    • selamat malam pak wir. salam kenal.
      saya larisa masih mahasiswa.
      pak, saya mau nanya kalau hubungan bracing baja dengan kolom beton bagaimana ya pak? saya bingung dengan detail nya pak..
      makasih ya pak.. ^^

      Suka

  11. trima ksh byk y p.wir udh mnjwab prtanyaan sya.Yang saya tanyakan lagi ttg sambungan las untuk kuda kuda yg menggunakan profil hollow CHS dan SHS, mungkin bapak bs memberitahu sya literatur yg berkaitan dgn hal tersebut. Sebelumnya sya sampaikan terima kasih banyak ya pak wir:-)

    Suka

  12. Ping balik: Good References - All About Structural Engineering For Free « gatotsipil

  13. Pak wir makasih banyak ya….
    Smoga tuhan membalas kebaikan Bapak…

    Wir’s responds: itu semua dari temen-temen pembaca koq. Bukan dari saya pribadi. Saya hanya menyalurkan saja.😉

    Suka

  14. Salam Pak Wir!,
    saya Alumni UAJY..
    sekarang ini kan udah marak bangunan atap yang mengunakan profil baja ringan, karena dinilai lebih praktis dan waktu pengerjaanya singkat, akan tetapi mengapa masih sering terjadi kegagalan struktur, terutama pada sambungan join nya. yang saya tanyakan berapa toleransi sudut yang diijinkan pada tiap sambungan tepi dan ada gak SNI tentang profil baja ringan…

    trims…

    untuk masukan…

    apakah sudah ada mata kuliah di UPH menganalisis tentang Baja ringan..
    apa ada modulnya….

    Suka

  15. Mengenai baja ringan , kemarin ada seminar di kampus saya di Medan. Dan kata mereka Indonesia belum ada peraturan tentang baja Ringan, tapi di Australia sudah ada loh…. bahkan program perhitungan baja ringannya juga sudah ada..

    Suka

  16. Dh,

    Senang dengan adanya bloq spt ini shg saya sbg Civil engineer merasa ada dihabitat. Sy berprofesi sebagai konsultan MK sehingga mau tidak mau harus mengetahui banyak hal baik tentang referensi spt SNI, ACI, AISC, teknik/model struktur, metode kerja, macam2 material, penjadwalan proyek, maupun alat-alat penunjang. Persoalannya adalah berurusan dengan ‘pemilik’ proyek yang komplain apa aja pada siapa saja yang tdk mungkin menguasai semua hal diatas, yang sering mengajukan pertanyaan/perintah konyol dan kalau diterangkan sptnya menjelaskan pelajaran pada anak STM, pdhl ybs bertitel S2.

    Saya usul agar ada juga sharing pengalaman MK masing dari yang sdh senior dan kenyang dengan pertanyaan/perintah konyol dari ‘pemilik2’ proyek ini. Persoalannya ‘kan kalau tidak dijawab/ditanggapi dengan bijak juga ikut konyol.

    Terima kasih

    Suka

  17. makasih banget ya pak, AISC-nya sukses di down load
    mdh-mdhan saya ada ksempatan ngebales kebaikan bapak
    Skali lg makasih buuuaaangeeeet….

    Suka

  18. met kenal p wiry… saya adalah engineer structure yang rutin membuka web ini

    Wir’s responds : met kenal juga. jangan bosen ya.🙂

    Suka

  19. salam kenal, saya mhs smster akhir UII, saya mau tnya ttg desain gedung baja dg AISC 2005,
    saya pakai T.Segui literaturnya, pak wir punya manual AISC 2005 gak??? trus bukunya steel desain T.Segui bisa d download d mn y??? mksh infonya

    Suka

  20. Salam kenal, saya ingin enanyakan 1 hal, yg ingin saya tanyakan ada tidak contoh dari probabilitas dengan metode LRFD.?
    terima kasih.

    Suka

  21. Ping balik: pengaruh sambungan pada batang tekan dan batang tarik | The works of Wiryanto Dewobroto

  22. Wag terima kasih pak wir, kebetulan saya juga sedang mencari AISC terbaru. Eh ternyata ada di sini. Terima kasih pak!

    Suka

  23. Ping balik: Download Berbagai Pedoman Peraturan Dalam Teknik Sipil | Argajogja's Blog

  24. halo pak wir,,
    saya seorang mahasiswa yang sedang menyusun TA. saya kesulitan untuk me-download AISC 2005 seperti yang bapak sebutkan diatas bisa di download.
    AISC 2005 berkaitan dengan TA saya yang harus saya selesaikan dalam waktu yang dekat ini. apa bapak mempunyai file downloadnya pak..?
    terimakasih pak wir,

    Suka

  25. pak wir, klu bisa kami bisa mendapatkan peraturan baja ringan, karen kami mengalami kendala isi kurikulum bisa memmuat peraturan yang dimaksud, atas bantuan bapak kami ucapkan terima kasih. puji Tuhan. Amin

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s