Presenter di ITS Surabaya


Lokakarya Nasional : “Pengajaran Konstruksi Beton dan Mekanika Teknik” (13 – 14 Juli 2005), yang diselenggarakan oleh Jurusan Teknik Sipil, Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan, Institut Teknologi Sepuluh Nompember, Kampus ITS, Sukolilo, Surabaya.

Judul Makalah:
Masih Perlukah Mempelajari Mekanika Teknik Klasik dalam Era Serba Komputer ?

Abstrak Mata kuliah Mekanika Teknik adalah salah satu mata kuliah wajib pendidikan S1 Teknik Sipil. Sebagian besar materi yang diberikan adalah metoda klasik dengan penyelesaian manual, metode matrik yang berbasis komputer juga diberikan tetapi umumnya terbatas pada masalah-masalah yang relatif sederhana yang dapat juga diselesaikan dengan cara manual.Sisi lain melihat perkembangan di dunia industri konstruksi yang nyata, ketersediaan program komputer untuk analisa struktur semakin canggih dan relatif semakin mudah digunakan. Menu pengoperasiannya sangat user-friendly seperti sistem operasi Windows yang umum dipakai. Untuk mendapatkannyapun sekarang ini juga relatif mudah, dari yang termahal sampai termurah ditawarkan, bahkan ada yang tersedia gratis di internet untuk dapat di down-load. Sehingga dalam prakteknya, khususnya di perusahaan konsultan perencanaan penggunaan program komputer untuk analisa struktur adalah mutlak. Akibatnya metoda-metoda klasik tertentu yang diajarkan di tingkat S1 tidak perlu digunakan dan bahkan sampai terlupakan.Melihat fenomena tersebut, masih perlukah mempelajari mekanika teknik klasik dalam era serba komputer seperti saat ini ?Tulisan ini mencoba mengungkapkan salah satu pengalaman dalam pembelajaran mekanika teknik klasik yang ternyata membantu mengidentifikasi suatu kesalahan dari hasil program komputer yang sebelumnya dianggap selalu reliable. Penulis menyimpulkan bahwa metoda mekanika teknik klasik merupakan salah satu cara yang relatif sederhana dan efektif untuk mengajarkan dasar-dasar mekanika teknik dan untuk melatih intuisi rekayasa atau engineering judgement yang diperlukan untuk mengevaluasi hasil dari program komputer canggih. Semakin canggih suatu program maka semakin kompleks pemahaman yang diperlukan untuk mengetahui apakah hasilnya betul atau salah.

Kata kunci : mekanika teknik, engineering judgement,  mekanika klasik / berbasis komputer.

(down-load versi PDF 180 kb)

7 thoughts on “Presenter di ITS Surabaya

  1. Syallom

    Ditunggu next booknya ? structual Analysis III

    Wir’s comment : maksudnya ? bukunya atau kedatangannya ke ITS lagi.

    Suka

  2. Buku mekanika teknik atau structural analysis begitu mas Frangky ?

    Khan udah banyak to, misalnya Hibbeller atau C.K. Wang.

    Nanti nggak ada yang mau beli.😦

    Suka

  3. Ping balik: perlunya berprestasi « The works of Wiryanto Dewobroto

  4. Buku untuk Aplikasi Rekayasa Konstruksi dengan SAP2000 Edisi Baru, jarang sekali didapatkan di toko Gramedia Semarang, selalu habis terjual.

    Suka

  5. Ping balik: SAP2000 ver 7.40 student version « software structure

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s